php hit counter Review Tesla Model 3 Long Range (2021) - TechRadar

Review Tesla Model 3 Long Range (2021)

Review Tesla Model 3 Long Range (2021)


techradar.id – Model 3 lebih baik dari sebelumnya. Model 3 tetap menjadi standar untuk kendaraan listrik.

Ulasan 2 Menit

Tesla Model 3 telah menjadi kendaraan listrik terlaris sejak debutnya pada tahun 2017 — bersama dengan saudara kandung CUV terbarunya, Model Y. Namun tidak seperti pembuat mobil lain, Tesla tidak memperbarui mobilnya setiap tahun.

Sebagai gantinya, ia memperbarui perangkat keras sesuai kebutuhan, dan melakukan perangkat lunak bulanan melalui udara (OTA) – sering kali menambahkan fitur baru secara gratis.

Dengan demikian, Model 3 2017 mungkin terlihat mirip dengan yang dibeli hari ini, tetapi ada perbedaan penting di balik kulitnya.

Kami telah mencetak waktu duduk yang besar pada Model 3 Long Range (RWD) 2018 dengan autopilot yang ditingkatkan, dan kami baru saja menghabiskan tiga minggu di Model 3 Long Range (RWD) pertengahan 2021 dengan akselerasi yang ditingkatkan.

Model 3 Long Range mewujudkan segala sesuatu yang membuat mobil Tesla seperti kendaraan listrik terkemuka di kelasnya: jangkauan luas (353 mil), akses ke jaringan Supercharger Tesla yang luas, kinerja yang mengesankan (0-60 mph dalam 4,2 detik), bantuan pengemudi otomatis – Semua dalam paket mobil kecil, sederhana, cerdas, dan nyaman yang berharga $49.990 / £48.490 sebelum insentif.

  • Ulasan Porsche Taycan 4S: Jika kantong Anda cukup dalam, itu adalah EV yang hebat
  • Ulasan Polestar 1: Intelijen Swedia dengan tampilan berotot Amerika
  • Polestar 2: Ulasan mobil listrik pertama perusahaan

Desain eksteriornya elegan, dengan penekanan pada aerodinamis. Meskipun tidak memiliki keanggunan sedan Model S yang lebih besar, kami menyukai dimensi Model 3. Dan meskipun lebih kecil, masih ada banyak ruang penyimpanan (termasuk kotak penyimpanan kosong).

Interiornya sangat sederhana, dengan kayu berpori terbuka yang membentang lebar dasbor – dan sekarang meluas ke kartu pintu baru dan yang diperbarui.

Konsol tengah juga telah dimodifikasi, memberikan lapisan hitam yang lebih gelap untuk mengurangi bahan yang rentan sidik jari, meningkatkan bantalan pengisian daya ponsel nirkabel, dan mengalihkan konektivitas kabel ke USB Type-C.

Kulit vegan hitam adalah bahan tempat duduk standar, kulit vegan putih berharga $1.000 / £1.100. Kursi depan sangat nyaman, dan interior Model 3 adalah tempat yang sangat menyenangkan.

Bahannya bagus, dan kualitas pembuatannya jauh lebih baik daripada Model 3 2018 yang kami bayarkan sebelumnya.

Dengan hampir tidak ada tombol atau sakelar di luar jendela dan kontrol kursi – dan tidak ada kluster instrumen di depan pengemudi – Model 3 hampir sepenuhnya bergantung pada layar sentuh tengah 15 inci yang besar dan terang untuk sebagian besar fungsi.

Empat tahun kemudian, monitor ini masih yang paling intuitif dan responsif dalam bisnis ini. Ini pada dasarnya adalah iPad raksasa.

Layar besar dan responsif ini juga merupakan rumah bagi sistem infotainment terhubung Model 3 LTE, yang mencakup navigasi, lalu lintas waktu nyata, perencanaan rute dan integrasi jaringan pengisian daya, serta aplikasi seperti Spotify, Netflix (untuk menonton sambil mengisi daya), web browser dan sejumlah game Dan banyak lagi. Sekali lagi, pikirkan iPad.

Autopilot/FSD (Full Autonomous Driving) bisa dibilang merupakan ADAS (Advance Driver Assistance System) Level 2 tercanggih yang ada di pasaran saat ini.

Autopilot adalah standar, tetapi FSD adalah peningkatan satu kali sebesar $ 10.000 / £ 6.800 atau langganan $ 200 per bulan, yang dapat Anda beli kapan saja melalui aplikasi Tesla. Ini termasuk FSD (beta), Navigasi dengan Autopilot, Autopark, dan Summon.

Model 3 dari pertengahan 2021 tidak memiliki FSD, tetapi autopilot (kontrol jelajah adaptif dengan kemudi otomatis) sangat mengesankan.

Ini sangat berguna dalam lalu lintas terputus-putus dan untuk perjalanan jauh di jalan raya, karena mengurangi beban kerja pengemudi, dan mengurangi kelelahan.

Terlepas dari semua teknologinya, Model 3 adalah mobil pengemudi yang layak. Performa memukau, dengan waktu 0-60 mph 5,3 hingga 3,1 detik.

Model jarak jauh Model 3 pada pertengahan 2021 mencakup peningkatan akselerasi, yang merupakan peningkatan $ 2.000 / £ 1.500 (pada dasarnya pembaruan perangkat lunak) yang dapat Anda beli melalui aplikasi Tesla. Ini meningkatkan waktu dari 0-60 mph dengan 4,2 menjadi 3,7 detik.

Model 3 dapat dikendarai dengan stabil tetapi patuh, dan penanganannya sangat baik berkat pusat gravitasinya yang rendah (paket baterai bawah tanah), distribusi bobot 48/52, dan kemudi yang cepat.

Jika ada, ban musiman adalah faktor pembatas di sini, dengan Model 3 jarak jauh pertengahan 2021 ini dengan roda dan ban sport 19-inci opsional seharga $ 1.500 / £ 1.500 (dibandingkan dengan standar 18-inci).

Di atas kertas, Model Jarak Jauh 3 ini memiliki jangkauan EPA 353 mil. Secara realistis, menyetel status pengisian daya hingga 90% dan menyelami performa mobil biasanya mengurangi jangkauan hingga sekitar 275 mil.

Saat tiba waktunya untuk mengisi ulang, dibutuhkan kurang dari 40 menit untuk mengisi daya dari 10 hingga 90% pada 250 kW menggunakan salah satu dari lebih dari 26.000 supercharger Tesla.

Empat tahun setelah debutnya, Model 3 lebih baik dari sebelumnya. Ini terus menjadi standar di mana kendaraan listrik entry-level mewah lainnya diukur, dan ini adalah kendaraan yang tidak dapat dikalahkan oleh pembuat mobil lain – berkat kombinasi unik dari jangkauan superior, infrastruktur pengisian daya yang luas, kinerja luar biasa, dan teknologi canggih.

Masih ada ruang untuk perbaikan, terutama dalam hal fit and finish. Interior yang jarang bukan untuk semua orang, dan beberapa fitur yang diharapkan pada harga ini anehnya tidak ada.

Tetapi pada akhirnya, tidak mungkin untuk tidak merekomendasikan Model 3. Ini mewakili masa depan kendaraan listrik yang dapat dicapai hari ini, tanpa perlu membuat kompromi besar.

Harga dan Ketersediaan Tesla Model 3

  • $49.990 sebelum insentif
  • $10.000 opsional “mengemudi mandiri penuh”
  • Pembayaran Percepatan Opsional sebesar $2000

Pada saat penulisan, harga Tesla Model 3 jarak jauh mulai dari $ 49.990 / £ 48.490 / AU $ 73.400 sebelum insentif. Fitur standar termasuk autopilot, velg Aero 18 inci, interior hitam, dan cat putih.

Pilihannya termasuk self-driving penuh ($ 10.000 / £ 6.800), akselerasi yang ditingkatkan ($ 2.000 / £ 1.500), roda sport 19 inci ($ 1.500 / £ 1.500), dan interior hitam dan putih ($ 1.000 / £ 1.100).), hitam /perak/cat biru ($1.000/£1.100), dan cat merah ($2.000/£2.100).

Tesla Model 3 Long Range pertengahan 2021 yang kami uji berharga $ 54.490 dan dilengkapi dengan Acceleration Boost, velg sport 19 inci, interior hitam standar, dan cat biru.

Desain Tesla Model 3

  • Desain interior yang sederhana dan luas
  • Kursi yang sangat nyaman
  • Masalah pas dan selesai

Tesla Model 3 Long Range

  • Baterai: 82 kWh
  • Kecepatan tertinggi: 145 mph
  • 0-62 mph: 3,7 detik
  • Jangkauan: Hingga 353 mil EPA
  • Harga: 54.490 dolar

Di luar, Model 3 elegan tapi agak generik. Ini menggabungkan proporsi sedan mewah berpenggerak roda belakang yang relatif kecil dengan elemen desain yang sering ditemukan pada pejalan kaki Jepang dan Korea.

Ini tidak terlalu mengejutkan ketika Anda mempertimbangkan bahwa kepala desainer Tesla – Franz von Holzhausen – sebelumnya bekerja di Mazda.

Kami pikir desain ini berfungsi, terutama jendela tanpa bingkai, gagang pintu rata, dan tepi pintu belakang yang dipotong lurus. Namun, Model 3 tidak memiliki keanggunan dan kehadiran sedan Tesla Model S yang lebih besar.

Bagian yang paling kontroversial tentu saja hidung, yang hilang dari kisi-kisi tradisional, dan hanya menampilkan ventilasi di bawah bemper – mirip dengan Porsche.

Di dalam, desain Model 3 sangat sederhana dan sangat Skandinavia. Kayu berpori terbuka membentang selebar dasbor, bersama dengan satu bukaan sempit.

Kap yang lebih rendah membantu pandangan depan, tetapi tidak ada kluster instrumen di dasbor—atau bahkan kontrol dalam hal ini. Hampir semuanya terjadi pada layar sentuh tengah 15 inci yang besar dan terang.

Bahkan lampu depan, wiper kaca depan, dan ventilasi udara dikontrol menggunakan layar. Anda akan menemukan sakelar jendela di panel pintu – yang sekarang menampilkan tampilan kayu berpori terbuka yang sama seperti dasbor – kontrol kursi di sisi kursi, dan tombol bahaya serta lampu peta di atas kaca spion. Bahkan tidak ada tombol untuk kotak sarung tangan.

Kurangnya seperangkat alat, tombol, dan sakelar khusus sejujurnya jauh lebih sedikit daripada yang diterima begitu saja oleh kebanyakan orang.

Meskipun kami menyukai beberapa kontrol tradisional, kami dengan cepat terbiasa dengan layar sentuh pusat yang besar dan responsif — belum lagi roda gulir yang nyaman di roda kemudi, yang mengontrol dasar-dasarnya.

Secara default, roda gulir ini menangani kontrol media (kiri) serta pengaturan autopilot dan input audio (kanan). Kaca spion kiri juga menyesuaikan kaca spion samping dan posisi roda kemudi saat diaktifkan dari layar.

Untuk batang, sisi kiri mengontrol indikator, balok tinggi, dan semprotan kaca depan, sedangkan sisi kanan menangani pemilihan gigi dan aktivasi autopilot.

Setelah mengendarai Tesla apa pun, interior standar mobil terasa sangat berantakan dan ketinggalan zaman. Juga tidak ada tombol start atau tombol start tradisional (opsional).

HP Anda adalah kunci Anda, dan Model 3 dilengkapi dengan dua kartu kunci NFC sebagai cadangan. Sedangkan untuk menyalakan mobil, cukup duduk, tekan pedal rem, dan beralih ke mengemudi. Ini sepenuhnya logis.

Kulit vegan adalah kain favorit Tesla. Ini mencakup kursi dan roda kemudi – yang semuanya dipanaskan, termasuk tiga kursi belakang.

Penumpang belakang harus meminta pengemudi atau penumpang depan untuk mengaktifkan pemanas kursi karena tidak ada sakelar untuk mereka di belakang. Kursi depan sangat nyaman, terutama dalam perjalanan jauh. Posisi duduknya juga bagus.

Sayangnya, pada pertengahan 2021, Model 3 (dan Model Y) tidak lagi menawarkan dukungan lumbar yang dapat disesuaikan untuk kursi penumpang depan, sesuatu yang dulu menjadi standar di kedua mobil.

Ini tampaknya disebabkan oleh masalah rantai pasokan karena pabrikan lain (seperti BMW) juga telah menjatuhkan fitur ini – setidaknya untuk saat ini. Tetap saja, itu menyebalkan.

Terlepas dari peringkat EPA/compact executive (Part D), interior Model 3 lapang. Hal ini semakin diperkuat oleh cowl rendah dan atap kaca besar (fixed).

Karena ini adalah EV, kabin tidak dibatasi oleh komponen mekanis. Ada banyak ruang kepala dan kaki di depan, tetapi bahkan penumpang di belakang mendapat manfaat dari ruang yang luas.

Konsol tengah yang baru-baru ini diperbarui memiliki dua bantalan pengisian daya nirkabel yang kompatibel dengan Qi yang dilapisi Alcantara, kompartemen penyimpanan dalam (dengan dua port USB Type-C) di bawah pintu geser, dua tempat cangkir, dan kompartemen penyimpanan dalam lainnya (dengan stopkontak 12V standar ) di bawah konsol tengah sandaran tangan, plus slot dan sepasang port USB Tipe C lainnya menghadap ke belakang.

Anda juga akan menemukan saku penyimpanan di setiap pintu, termasuk tempat botol kecil di setiap pintu depan, serta sepasang tempat gelas di sandaran tangan tengah kursi belakang yang dapat dilipat.

Kotak sarung tangan kecil, tetapi dilengkapi port USB Tipe-A untuk drive micro USB (tersedia 128 GB) yang digunakan sistem infotainment untuk menyimpan rekaman Dashcam dan Mode Sentry.

Bagasinya cukup besar dan mencakup ruang tambahan di bawah setengah lantai (cukup untuk tas rol kecil) serta kompartemen penyimpanan yang dalam di belakang sumur roda kiri.

Sebagai bonus, kursi belakang dapat dilipat 60/40, dan Model 3 sekarang dilengkapi dengan tutup bagasi elektrik (baru untuk tahun 2020). Panci juga cukup besar untuk tas rol kecil. Secara keseluruhan, ada 15 kaki kubik (425 liter) penyimpanan.

Bahannya umumnya bagus, dan kualitas pembuatannya jauh lebih baik daripada setelah Model 3 memulai debutnya pada tahun 2017.

Sementara semuanya solid, ada ruang untuk perbaikan. Fit and finish, khususnya, masih belum cukup sesuai dengan standar kemewahan entry-level. Interiornya tidak memiliki penyempurnaan seperti yang Anda alami di Audi, misalnya.

Mesin Tesla Model 3, Jangkauan dan Pengisian Daya

  • Kinerja yang luar biasa
  • Kelompok unggul
  • Jaringan Pengisian Besar

Jika Anda suka mengemudi, Anda akan menyukai Model 3. Mobil ini memberikan performa yang serius, dengan waktu 0-60 mph mulai dari 5,3 hingga 3,1 detik (0-100 km/jam dalam 5,6 hingga 3,3 detik), dan kecepatan tertinggi berkisar dari 140 hingga 162 mph (225 hingga 261 km/jam).

Menurut Tesla, Model 3 Long Range mencapai 0-60 mph dalam 4,2 detik, dengan kecepatan tertinggi 145 mph – itu cukup cepat. Tesla Model 3 Long Range pertengahan 2021 yang kami uji hadir dengan Acceleration Boost, peningkatan $2.000 yang dapat dibeli di aplikasi Tesla.

Ini pada dasarnya adalah pembaruan perangkat lunak yang mengurangi waktu dari 0-60 mph menjadi 3,7 detik. Itu hanya 0,6 detik lebih lambat hingga 60 mph daripada kinerja Model 3, yang harganya lebih mahal $ 7.000. Akselerasi dapat disesuaikan (dingin dan sport).

Tapi Model 3 tidak hanya terbatas pada 0-60 mph. Ini adalah kesenangan untuk mengemudi. Kemampuan manuvernya tajam berkat baterai bawah tanah (pusat gravitasi rendah), distribusi bobot 48/52, dan kemudi yang cepat.

Mengemudinya tegas namun konsisten—Tesla jelas melakukan pekerjaan yang baik dalam menyetel suspensi untuk memaksimalkan kinerja tanpa mengorbankan kenyamanan.

Model Jarak Jauh 2021 yang kami ulas pada pertengahan 2021 dilengkapi dengan roda dan ban sport 19 inci opsional seharga $1.500.

Meskipun lebih baik daripada pengaturan default 18-inci, kedua opsi ban musiman memprioritaskan kenyamanan daripada kinerja, menyisakan ruang untuk peningkatan. Ini tidak penting bagi kebanyakan orang, tetapi ingatlah ini jika Anda bersemangat.

Kemudinya presisi dan responsif, dengan umpan balik yang baik (setidaknya untuk mobil modern), dan bobot kemudi dapat disesuaikan (Nyaman, Standar, dan Sport).

Remnya kuat dan mudah disetel, tetapi nuansa remnya tidak ada yang istimewa. Untungnya, Tesla tidak mengacaukan regenerasi dengan pengereman hidrolik di sini. Pemulihan hanya terjadi ketika pedal akselerator dinaikkan.

Ini memperkenalkan fitur lain yang menarik dari Model 3. Meskipun tidak ada mode mengemudi, mode parkir – bagaimana mobil berperilaku ketika pedal dilepaskan – dapat disesuaikan (merangkak, berguling, meraih).

‘Crawling’ berperilaku seperti transmisi otomatis, ‘rolling’ meniru transmisi manual dengan kopling terlepas, dan ‘stabilizing’ membuat kendaraan tidak bergerak.

Kekuatan regenerasi tidak dapat dimodifikasi pada Model 3 saat ini dan sangat kuat (mungkin untuk meningkatkan jangkauan).

Menaikkan throttle mirip dengan mengerem mesin di gigi dua menggunakan transmisi manual. Ini, dikombinasikan dengan pengaturan “roll over”, membuat pengalaman berkendara sangat alami bagi penggemar perpindahan gigi. Kami adalah penggemar berat.

Mengatur mode berhenti ke “ambil” pada dasarnya memungkinkan mengemudi dengan satu pedal.

Namun, apa pun posisi berhenti yang Anda inginkan, menekan pedal rem sebentar saat berhenti akan membuat Model 3 tetap stabil hingga salah satu pedal ditekan lagi, jadi Anda tidak perlu menginjak rem saat berhenti jika Anda tidak mau. (seperti di atas bukit, misalnya).

Model 3 jarak jauh dilengkapi dengan baterai 82 kWh, untuk jangkauan EPA 353 mil/568 kilometer (360 mil/580 kilometer WLTP).

Karena kapasitas penuh baterai tersedia untuk pengemudi, mungkin bijaksana untuk meningkatkan kesehatan baterai dan membatasi status pengisian hingga 90% untuk jarak 318 mil/512 km.

Kami mengendarai Model 3 Long Range selama hampir 600 mil di dalam dan sekitar San Francisco di berbagai jalan (jalan kota, pinggiran kota, jalan pedesaan, jalan raya, dan jalan raya) selama tiga minggu, dan supercharged tiga kali (dari sekitar 25 % sampai sekitar 90%). Ada banyak bukit di area teluk, dan cuacanya cerah tetapi sedang.

Secara keseluruhan, hanya menggunakan 90% dari kapasitas baterai, kami menemukan jarak efektif dengan satu penumpang, AC, dan perjalanan berkendara yang bersemangat adalah sekitar 275 mil/443 kilometer.

Itu mengesankan, dan dengan mudah mengalahkan sebagian besar kompetisi – terutama jika Anda mempertimbangkan jumlah kinerja yang tersedia.

Model 3 tersedia dalam tiga versi – Standard Range Plus (RWD, 0-60 mph dalam 5,3 detik, $39,990) dengan jangkauan 263 mil/448 km, Long Range (AWD, 0-60 mph dalam 4,2 detik, 49990) $ ) dengan jangkauan dan kinerja 353 mil/580 km (AWD, 0-60 mph dalam 3,1 detik, roda lebih besar 20 inci, rem lebih besar, suspensi lebih rendah, $56.990), dengan jangkauan 315 mil/567 kilometer.

Dalam hal pengisian daya, Model 3 Long Range menggunakan konektor berpemilik di AS dan konektor CCS Combo 2 di sebagian besar pasar lainnya.

Ini mendukung pengisian cepat hingga 250 kW dan pengisian daya AC hingga 11,5 kW (level 1 dan 2). Adaptor J1772 disertakan dengan Model 3 di AS untuk memungkinkan pengisian daya AC di stasiun non-Tesla.

Seperti yang Anda harapkan, Model 3 juga dilengkapi dengan konektor ponsel Tesla. Ini terdiri dari wadah tahan air kecil yang terhubung ke kabel pengisian daya 20 kaki (6 meter) dan memungkinkan pengisian daya AC di sebagian besar outlet rumah tangga.

Berbagai adaptor Tesla opsional tersedia untuk menggunakan konektor ponsel dengan outlet lain yang lebih kuat (hingga 7,6 kW).

Pengisian cepat DC dari 10 hingga 90% membutuhkan waktu sekitar 40 menit menggunakan supercharger 250 kW (puncak pada 1.000 mph) dan sekitar 55 menit menggunakan supercharger 150 kW.

Namun, pengisian dari 10 hingga 50% hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit pada 250 kW. Mengisi daya AC dari 10 hingga 90% membutuhkan waktu sekitar 12 jam pada 7,6 kW (tingkat 2) dan sekitar 56 jam pada 1,9 kW (tingkat 1).

Apa yang benar-benar membedakan 3 Long Range dari kompetisi – di luar jangkauan yang sangat baik dan kinerja yang mengesankan – adalah jaringan global Tesla dengan lebih dari 26.000 supercharger, yang saat ini eksklusif untuk mobil Tesla.

Di Amerika Serikat, supercharger berjarak sekitar 150 mil di sebagian besar jalan raya utama dan jalan raya, memungkinkan untuk perjalanan jarak jauh.

Tesla mengoperasikan program rujukan yang memungkinkan pemilik Tesla yang ada untuk memberikan supercharging 1.000 mil (1.600 km) gratis kepada pemilik Tesla baru dan menikmati 1.000 mil supercharging gratis sebagai imbalannya.

Spesifikasi dan Teknologi Tesla Model 3

  • Pembaruan perangkat lunak bulanan
  • Infotainment yang intuitif dan responsif
  • Bantuan pengemudi tingkat lanjut

Empat tahun kemudian, Tesla Model 3 masih dikemas dengan beberapa teknologi tercanggih yang tersedia di mobil mana pun saat ini.

Alih-alih pembaruan model tahun dan pertengahan siklus tradisional, Tesla meningkatkan perangkat kerasnya seperlunya (beberapa kali dalam setahun), dan perangkat lunaknya – dengan fitur baru gratis – secara berkala (kira-kira bulanan) melalui pembaruan OTA (over the air).

Selama bertahun-tahun, beberapa perubahan perangkat keras ini termasuk mengupgrade komputer Autopilot/FSD (Full Autonomous Driving), mengganti pemanas resistif dengan pompa panas yang lebih efisien, sedikit memperbarui interior dan eksterior, meningkatkan kapasitas baterai, dan – yang terbaru – menghapus sensor radar dan mengalihkan sistem yang berfokus pada Visi disebut Tesla Vision.

Sementara Model 3 2017 mungkin terlihat mirip dengan yang baru, ini adalah mobil yang berbeda di bawah kulit. Perubahan perangkat lunak juga banyak, membuat Model 3 yang lebih lama jauh lebih baik daripada empat tahun lalu.

Misalnya, Tesla menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan autopilot/FSD, karena setiap mobil memasukkan lebih banyak data ke dalam sistem.

Konektivitas jelas merupakan kunci agar semua ini berfungsi, dan Model 3 menyertakan LTE basis selalu aktif gratis.

LTE Premium (yang gratis untuk tahun pertama kepemilikan) berharga $10 per bulan, dan sistem infotainment memberikan akses Internet tanpa batas saat bepergian. Model 3 juga mendukung Wi-Fi saat diparkir di rumah.

Tanpa kluster instrumen—dan hampir tanpa tombol atau sakelar di luar jendela dan kontrol kursi—semuanya (instrumen, kontrol, iklim, navigasi, dan hiburan) berputar di sekitar layar sentuh pusat tunggal 15 inci Model 3.

Dengan demikian, layar ini paling baik dianggap sebagai iPad raksasa — lengkap dengan aplikasi. Bahkan, ini intuitif dan responsif untuk digunakan.

Layar berkualitas tinggi ini benar-benar membedakan sistem infotainment Model 3 dari pesaingnya. Selain fungsi biasa — seperti navigasi, lalu lintas waktu nyata, perencanaan rute, dan integrasi jaringan pengiriman — ini mencakup aplikasi untuk Spotify, radio TuneIn, Netflix, Hulu, YouTube, Twitch, dan Disney+ (saat ini diluncurkan).

Selain aplikasi yang berfokus pada media ini, ada juga browser web, kalender, aplikasi karaoke, aplikasi pembuatan musik (Trax), serta banyak video game menyenangkan seperti Polytopia, Solitaire, Asteroids, dan banyak lagi.

Sistem infotainment bahkan mendukung pengontrol permainan (melalui USB) – dengan beberapa permainan menggunakan roda kemudi dan pedal Model 3 sebagai pengontrol.

Sebuah aplikasi (disebut Boombox) memungkinkan Anda mengubah suara klakson, suara yang dihasilkan Model 3 saat mengemudi dengan kecepatan rendah (menggunakan suara yang telah ditetapkan sebelumnya atau bahkan suara Anda sendiri).

Ini semua mungkin tampak sepele, tetapi idenya adalah membuat pengisian daya lebih menyenangkan. Kami mendapati diri kami menonton pesta Star Trek: Voyager di Netflix sambil mengisinya dengan Supercharger.

Konektivitas tambahan termasuk dukungan untuk Bluetooth dan USB (penyimpanan massal), serta kontak, riwayat panggilan, pesan teks, dan sinkronisasi kalender melalui Bluetooth.

Sistem audio Model 3 terdengar hebat, tetapi penggemar radio akan kecewa. Meskipun memiliki radio FM (dan DAB di beberapa pasar), ia tidak memiliki dukungan AM atau Sirius-XM (satelit).

Model 3 juga mendukung perintah suara seperti “Pergi ke San Francisco”, “Tampilkan supercharger”, “Nyalakan wiper kaca depan”, “Setel suhu ke 68 derajat”, “Cari Google untuk cuaca” dan “Hubungi John Smith”, “mainkan Bohemian Rhapsody”, dll.

Ini berfungsi dengan baik dan juga memungkinkan Anda untuk membalas pesan teks. Dalam hal bantuan pengemudi, Model 3 mencentang semua kotak. Ini menawarkan sensor parkir ultrasonik, cruise control adaptif, serta lampu otomatis, balok tinggi, dan wiper.

Fitur keselamatannya lengkap, dan termasuk Blind Spot Warning, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, Forward Collision Warning, dan Automatic Emergency Braking.

Anda juga akan menemukan total delapan kamera di sekitar kendaraan – tiga kamera di belakang kaca depan, satu di belakang (kamera cadangan), satu di setiap spatbor, dan satu di setiap pilar B.

Tesla Vision menggunakan kamera ini (bersama dengan sensor parkir ultrasonik) untuk memberikan bantuan pengemudi dan fitur keselamatan, serta fungsi autopilot/FSD.

Dalam hal ADAS, Autopilot/FSD bisa dibilang merupakan sistem Tier 2 tercanggih yang tersedia saat ini.

Autopilot adalah standar pada Model 3, tetapi FSD adalah upgrade satu kali sebesar $10.000 atau berlangganan $200 per bulan. Ini termasuk FSD (beta), Navigasi dengan Autopilot, Autopark, dan Summon, dan dapat dibeli kapan saja di aplikasi Tesla.

Autopilot pada dasarnya menggabungkan kemudi otomatis (jauh melampaui lane-keep assist) dan cruise control adaptif, menghasilkan ADAS Level 2 di jalan raya dan jalan raya.

FSD (Eksperimental) pada dasarnya adalah autopilot jalan kota, mampu menangani kendaraan lain, pejalan kaki, persimpangan, bundaran, lampu lalu lintas, rambu berhenti, dll.

Meskipun dapat digunakan di AS, FSD tidak sepenuhnya diaktifkan di sebagian besar pasar Karena undang-undang lokal – tetapi ketika/jika itu berubah, Formulir 3 memiliki teknologi untuk segera mengajukannya.

Nav pada autopilot menambahkan perubahan jalur otomatis (dimulai dengan tangkai kiri) serta pemindahan jalan raya otomatis dan navigasi tanjakan on/off ke autopilot standar.

Autopark memungkinkan Anda memarkir sendiri, dan Summon memungkinkan Anda mengontrol Model 3 Anda dari aplikasi Tesla tanpa berada di dalam mobil, yang membantu saat parkir di tempat sempit, misalnya.

Kamera juga digunakan untuk dua fitur lainnya. Dashcam (seperti namanya) merekam video dari kamera depan utama, kamera yang dipasang di fender, dan kamera belakang selama Model 3 tidak terkunci.

Mode penjaga merekam video dari empat kamera yang sama saat kendaraan terkunci, dan gerakan atau benturan terdeteksi – untuk keamanan tambahan.

Video Dashcam dan Sentry Mode disimpan di drive micro USB (termasuk 128 GB) yang dihubungkan ke port USB Tipe A di dalam kotak sarung tangan.

Ada juga dua port USB Type-C (daya dan data) di dalam konsol tengah – yang sulit dijangkau – serta dua port USB Type-C (hanya daya) di bagian belakang konsol tengah penumpang belakang.

Terakhir, aplikasi Tesla (untuk iOS dan Android) sangat berguna. Ini mengubah ponsel Anda menjadi kunci Model 3, melengkapi dua kartu kunci NFC yang disertakan dengan mobil.

Anda juga dapat membagikan alamat atau lokasi dari aplikasi apa pun di ponsel Anda (Peta dan Kontak) menggunakan aplikasi Tesla, yang kemudian mengirimkannya ke sistem navigasi Model 3 Anda – sangat mudah digunakan.

Jelas, aplikasi Tesla juga memungkinkan Anda membuka bagasi atau bagasi, membuka atau menutup jendela, menyesuaikan iklim, mengakses berbagai kontrol (seperti mode Sentry), memantau pengisian daya, menemukan supercharger terdekat, atau memilih Lokasi kendaraan Anda, atau membeli peningkatan seperti FSD atau Akselerasi Tingkatkan dan kelola janji temu layanan dan minta bantuan di pinggir jalan.

Kami ingin melihat HUD (tampilan head-up) di sisi pengemudi, atau tampilan 360 derajat saat parkir – terutama mengingat banyak kamera Model 3.

Apple CarPlay dan Android Auto juga tidak ada di sini, yang mengejutkan, tetapi bukan masalah besar mengingat seberapa mumpuni sistem infotainmentnya.

Beli Kalau

Ingin grup yang unggul

Dengan jangkauan EPA 353 mil, Tesla Model 3 jarak jauh mengungguli sebagian besar kompetisi. Ini juga merupakan kendaraan listrik paling efisien di pasaran saat ini.

Ingin jaringan pengiriman yang luas

Jaringan global Tesla dengan lebih dari 26.000 supercharger memungkinkan perjalanan jarak jauh tanpa rasa khawatir. Dengan kecepatan pengisian hingga 250 kW, juga sangat cepat.

Ingin performa yang luar biasa?

Dengan waktu 0-60 mph 4,2 detik, Long Range Model 3 sangat cepat. Mengemudi di jalan belakang juga menyenangkan, berkat penanganan yang gesit.

Jangan Beli Kalau

Anda ingin tombol dan sakelar

Selain kontrol jendela dan kursi, semuanya terjadi pada satu layar sentuh tengah 15 inci Model 3. Kami tidak keberatan, tapi ini bukan untuk semua orang.

Ingin interior yang lebih halus

Model 3 adalah sedan kompak mewah dengan eksterior bergaya. Tetapi desain interiornya tidak memiliki penyempurnaan seperti yang Anda harapkan dalam kategori ini.

Ingin yang paling pas dan selesai

Kualitas build telah meningkat secara dramatis sejak Model 3 memulai debutnya pada tahun 2017. Sayangnya, fit and finish masih belum cukup sesuai dengan standar kemewahan entry-level.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

2021 Tesla Model 3 Long Range Price Harga Tesla Model 3 Harga Tesla Model 3 Di Indonesia Pajak Tesla Model 3 Tesla Model 3 Interior Tesla Model 3 Long Range Price Tesla Model 3 PriceTesla Model 5

Check Also

11 Aplikasi yang Wajib Diinstal di HP, Nomor 6 Harus Kalian Coba

11 Aplikasi yang Wajib Diinstal di HP, Nomor 6 Harus Kalian Coba

techradar.id – Investasi saham jadi makin terkenal di kelompok masyarakat, khususnya karena ada program saham …