php hit counter Apa itu VRR? Penjelasan Kecepatan Refresh Variabel - TechRadar

Apa itu VRR? Penjelasan Kecepatan Refresh Variabel

Apa itu VRR Penjelasan Kecepatan Refresh Variabel


techradar.id – Kami menyelidiki apa arti VRR untuk TV gaming hari ini 
Apa itu VRR? Ini adalah salah satu dari banyak akronim yang berputar di sekitar fungsi TV akhir-akhir ini. 

Tetapi Anda harus memutarnya untuk memastikan Anda sepenuhnya sadar saat membeli TV game baru — terutama jika Anda akan menggunakannya untuk bermain di Xbox Series X / Xbox Series S atau PS5 Anda.

VRR, atau “Variable Refresh Rate”, seperti yang diketahui, adalah fitur penting untuk gambar yang mulus dan bebas kesalahan selama bermain game – memastikan gambar yang bersih untuk game offline dan kompetitif.

Tapi bagaimana cara kerjanya, dan seberapa efektif sebenarnya? Anda akan menemukan semua jawaban dalam panduan di bawah ini.

Apa Itu VRR?

Tugas utama VRR adalah menghilangkan robekan layar saat bermain game. Ripping adalah sejenis kesalahan optik, di mana gambar di TV berkedip di tengah bingkai sebelum melanjutkan seperti sebelumnya. Tapi apa yang sebenarnya terjadi di sini?

Layar robek terjadi saat TV Anda menyegarkan gambarnya tidak sinkron dengan kecepatan kartu grafis atau konsol komputer Anda merender bingkai. Anda berakhir dengan gambar di layar yang Anda lihat, misalnya, bagian atas layar menunjukkan satu bingkai dan bagian bawah berikutnya.

Ini terjadi karena TV tidak segera memperbarui seluruh gambar layar. Driver layar dengan cepat memindai layar, biasanya dari atas ke bawah, untuk memperbarui status setiap piksel. Itu terjadi begitu cepat sehingga mata dan otak kita tidak menyadarinya, bahkan menyebabkan penyimpangan visual.

Robekan menjadi terlihat, misalnya, saat menggunakan TV 60Hz dan kecepatan bingkai game berayun antara 45fps dan 60fps. Ini terutama terlihat dalam game yang bergerak cepat seperti penembak orang pertama. Putar dengan cepat dalam permainan dan perbedaan informasi yang muncul di layar dapat sangat bervariasi dari bingkai ke bingkai.

Ini adalah tampilan disonan.

VRR menghilangkan ini dengan menyinkronkan kecepatan refresh monitor dengan kecepatan output konsol. Anda tidak akan mendapatkan banyak hambatan, tanpa kinerja yang terjadi karena konsol atau PC adalah pengatur kecepatan, bukan monitor.

VRR Melalui HDMI 2.1

Konsep pencocokan lebar ini diperbarui untuk bingkai yang ditampilkan dalam sesuatu yang baru, tetapi baru-baru ini teknologinya telah ditingkatkan dan lebih mudah diakses.

VRR sekarang menjadi bagian dari standar HDMI 2.1 – yang juga mendukung eARC – dan merupakan fitur konsol Xbox Series X, Series S, dan PS5 generasi berikutnya.

Sinkronisasi bingkai tidak lagi hanya untuk penggemar game PC – VRR mendukung resolusi hingga 4K dan kecepatan bingkai hingga 120 bingkai per detik, yang merupakan batas tertinggi dari apa yang dapat dihasilkan oleh konsol dan TV paling populer saat ini.

VRR melalui HDMI 2.1 adalah penyatuan proses standar, karena sebelumnya kami harus mengandalkan G-Sync dan FreeSync sebagai gantinya. Mereka adalah teknologi eksklusif dari Nvidia dan AMD, dan hadir jauh sebelum HDMI 2.1. Saat Anda mendapatkan G-Sync di TV LG OLED, misalnya, itu tidak lazim di TV pintar seperti VRR.

Dukungan VRR: Apa Itu TV, Kartu Grafis, dan Konsol?

Nah, kita sudah tahu bahwa konsol Sony dan Microsoft terbaru mendukung VRR. Tapi apa lagi yang Anda lakukan?

Mungkin yang mengejutkan, Xbox One S dan Xbox One X juga berfungsi. Mereka menggunakan AMD FreeSync, karena mereka memiliki prosesor grafis AMD, tetapi mereka juga telah diperbarui untuk mendukung VRR melalui HDMI.

Orang yang paling paham teknologi mungkin bertanya-tanya bagaimana mencapai ini ketika Xbox One X dan One S bukan konsol HDMI 2.1.

Di sinilah hal-hal menjadi lebih membingungkan. HDMI 2.1 bukan standar tunggal, tetapi sekelompok teknologi. Ini agak mirip dengan 5G dalam hal ini. Beberapa perangkat HDMI 2.0 mendukung VRR melalui HDMI, tetapi bandwidth HDMI 2.0 yang lebih rendah berarti perangkat ini beroperasi pada 60 Hz, bukan 120 Hz di Xbox One X.

Fragmentasi HDMI ini juga merupakan alasan mengapa beberapa TV HDMI 2.1 modern tidak mendukung VRR: ini tidak diberikan hanya karena Anda memiliki soket HDMI 2.1. Ini akan menjadi lebih mudah pada akhir tahun 2021, ketika VRR melalui HDMI kemungkinan akan menjadi fitur standar untuk TV kelas menengah dan lebih tinggi.

Tetapi karena ini merupakan campuran dukungan saat ini, berikut adalah ikhtisar dari TV kelas atas dan seri konsol/GPU paling populer yang mendukung VRR.

Konsol

  • Xbox Series X: HDMI / FreeSync
  • Xbox Series S: HDMI / FreeSync
  • Xbox One X: HDMI / FreeSync
  • Xbox One S: HDMI / FreeSync
  • PS5: port HDMI
  • PS4 Pro: T / A
  • PS4: Tidak tersedia
  • Nintendo Switch: N / A

Kartu Grafis

  • Nvidia RTX 3000 Series: HDMI / G-Sync
  • Seri Nvidia RTX 2000: HDMI / G-Sync
  • Nvidia GTX 1000 Series: G-Sync (hanya konektor DisplayPort)
  • AMD Radeon RX 6000 Series: HDMI / FreeSync
  • AMD Radeon RX 5000 Series: HDMI / FreeSync
  • AMD Radeon RX 500 Series: FreeSync

Televisi

  • LG OLED CX / GX Rentang: HDMI / FreeSync Premium / G-Sync
  • Rentang LG OLED BX: HDMI / FreeSync Premium / G-Sync
  • Sony OLED A8: N / A
  • Panasonic HZ2000: T/A
  • Panasonic HZ1000: T/A
  • Samsung Q90T / Q95T: HDMI / FreeSync Premium
  • Samsung Q80T: HDMI / FreeSync

Apa ini memberitahu kita? TV kelas atas Samsung dan LG adalah yang terbaik dalam hal menawarkan fitur konsol generasi berikutnya. Namun, ada beberapa faktor rumit lainnya.

Masalah Pertama: Rentang Kecepatan Refresh

Setiap TV atau monitor yang mampu VRR memiliki jangkauan kerja, dan berbagai kecepatan refresh yang dapat dijalankan saat VRR sedang digunakan. Ini biasanya sekitar 40-120 Hz, seperti halnya dengan LG CX OLED yang hebat.

Ini berarti bahwa ini tidak akan berfungsi dengan game yang sangat memprioritaskan kualitas visual daripada kecepatan bingkai, dan bertujuan untuk kinerja 30fps. Namun, ada solusi.

Beberapa monitor VRR memiliki fitur yang disebut LFC (Low Frame Rate Compensation). Ini menyebabkan layar di-refresh dua kali lebih cepat dari frame yang ditampilkan. Jadi tetap sinkron, tetapi TV bekerja dua kali lebih keras.

Itu penting karena sementara Xbox Series X dan PS5 dipasarkan sebagai konsol “120 fps”, game kemungkinan akan berjalan pada 30 fps. mengapa? Dengan menargetkan frekuensi gambar yang lebih rendah, dan bahkan mungkin resolusi yang lebih rendah dari 4K, pengembang dapat menggunakan lebih banyak daya konsol untuk pencahayaan ray tracing lanjutan, efek tekstur, atau bayangan. Mereka mungkin akan meningkatkan imersi lebih dari kecepatan bingkai tinggi dalam game petualangan yang berjalan lambat.

Masalah Kedua: Reseptor AV

Kami punya berita buruk. Anda mungkin juga perlu memutakhirkan receiver bioskop rumah Anda jika Anda memiliki pengaturan suara surround tradisional, karena juga memerlukan dukungan VRR. Dan kecuali Anda memiliki receiver baru, hampir pasti sekarang tidak.

Untungnya, ada solusi alternatif.

Anda dapat menghubungkan PC atau konsol game langsung ke TV, dan menggunakan output audio optik TV atau jack HDMI yang mendukung ARC atau eARC untuk mengirim audio ke receiver Anda.

ARC dan eARC kemudian mengubah salah satu input HDMI TV menjadi output audio.

eARC (Enhanced Audio Return Channel) lebih baik dari keduanya. Koneksi bandwidth tinggi memungkinkannya melewati format bit rate yang sangat tinggi seperti Dolby TrueHD dan DTS-HD.

Tunggu, Bagaimana dengan FreeSync, V-Sync, dan G-Sync?

Untuk memahami sepenuhnya mengapa VRR menonjol di atas HDMI 2.1, ada baiknya merujuk pada pendahulu teknologi ini. Mari kita mulai dengan V-Sync, solusi orisinal untuk masalah robeknya gambar.

V-Sync membalikkan keadaan dengan membuat prosesor grafis berjalan pada kecepatan refresh layar yang cepat, yang biasanya 60Hz. Prosesor grafis menghitung waktu rendering frame agar sesuai dengan kemampuan layar untuk menggambarnya.

Robekan teratasi, tetapi masalah visual yang mengganggu juga muncul jika kecepatan penyaji tidak sesuai dengan frekuensi penyegaran layar. Anda akan melihat titik di mana bingkai yang sama ditampilkan dua kali atau lebih berturut-turut, yang menghasilkan guncangan yang disebabkan oleh setengah (atau seperempat) kecepatan bingkai yang terputus-putus.

Ini telah diatasi oleh Adaptive V-Sync, yang diperkenalkan oleh Nvidia pada tahun 2012. Ini hanya mematikan V-sync ketika jumlah frame per detik turun di bawah kecepatan refresh layar.

Tidak ada metode yang sempurna, yang menyebabkan pengenalan Nvidia G-Sync pada tahun 2013 dan AMD FreeSync pada tahun 2015. Ini sangat mirip dengan penerapan VRR di HDMI 2.1, membuat monitor mengubah perilakunya daripada PC.

Masalah VRR OLED

Kami sekarang telah memberi Anda gambaran tentang sejarah teknologi ini, kami perlu melangkah mundur untuk memberi Anda pandangan yang lebih teknis tentang apa yang terjadi di balik layar. Dalam beberapa hal, VRR, G-Sync, dan FreeSync sebenarnya tidak mengubah perilaku monitor seperti yang Anda bayangkan.

Sebagian besar perilaku layar masih ditentukan oleh kecepatan refresh maksimum. Mari kita ambil TV 120 Hz sebagai contoh.

Itu dapat menyegarkan gambarnya di layar 120 kali per detik, atau sekitar sekali setiap 8,3 milidetik. Setiap interval adalah jendela waktu di mana TV dapat menggambar gambar, dan tetap sama tidak peduli berapa kecepatan refresh yang ingin disimulasikan oleh VRR.

Layar hanya menunggu jendela selesai dan kemudian membukanya di salah satu jendela 8.3ms ini.

Tidak ada banyak masalah di sini untuk TV LCD, karena cara kerjanya. Keadaan piksel di layar LCD dan cahaya yang meneranginya agak independen. Layar LCD, termasuk QLED Samsung, memiliki rangkaian lampu latar LED yang terletak di belakang piksel atau di kedua sisi layar.

TV OLED memiliki piksel pemancar cahaya dan ini tampaknya memengaruhi kinerjanya saat menggunakan VRR. Berikut adalah beberapa kesan dari penulis sering TechRadar John Archer, di Forbes:

“Masalah terbesar yang mempengaruhi rentang LG OLED 2019 dan 2020 adalah ketika VRR dihidupkan, gambar mengalami perubahan kecerahan/gamma yang membuat area gelap dalam game terlihat lebih abu-abu dan lebih lebar dibandingkan dengan VRR dimatikan. Saya’ telah melihat ini sendiri baru-baru ini di LG OLED48CX”.

Mengubah kurva gamma dapat menjadi teknik yang digunakan untuk mengatur kecerahan layar dan menghindari kedipan VRR yang dapat terjadi pada beberapa jenis panel. Oh, dan beberapa pemilik LG OLED juga mengeluh tentang kedipan yang terkait dengan VRR.

Apa artinya ini? TV OLED yang sempurna untuk game VRR belum dibuat. Tetapi Anda dapat yakin bahwa itu adalah pengaturan.

  • Apa itu OLED? Teknologi panel TV dijelaskan

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Apa Itu Vr Apa Itu Vrr Apa Itu Vrm Apa Itu VrioApa Itu Vrindavan Apa Itu Vrf Apa Itu Vram Dan Ram Apa Itu Vram Apa Itu Vr Scan Apa Itu Vr Pada Lensa Nikon Apa Itu Vr Handphone Apa Itu Vr Game Apa Itu Vr Dan Ar Apa Itu Vr Box Dan Kegunaannya Apa Itu Vr Box Apa Itu Vr 360 Apa Itu Vrz

Check Also

11 Aplikasi yang Wajib Diinstal di HP, Nomor 6 Harus Kalian Coba

11 Aplikasi yang Wajib Diinstal di HP, Nomor 6 Harus Kalian Coba

techradar.id – Investasi saham jadi makin terkenal di kelompok masyarakat, khususnya karena ada program saham …