Review iPhone 12 Pro

Review iPhone 12 Pro

techradar.id – iPhone 12 Pro masih menjadi salah satu iPhone terbaik dengan spesifikasi yang luar biasa.

Penilaian Kami

Sekilas, iPhone 12 Pro terlihat seperti hp yang terjepit di antara dua kursi. Dengan dimensi dan chipset yang sama dengan iPhone 12, mudah untuk bertanya-tanya apakah Pro sepadan dengan uang ekstra — terutama ketika iPhone 12 Pro Max hadir dengan sensor kamera yang lebih baik dan masa pakai baterai yang lebih lama.

Ada beberapa peningkatan yang berguna di sini — paling tidak kamera, penyimpanan hingga 128GB pada model termurah, dan juga hadir dalam warna yang lebih redup dan tampak hebat. Ini jelas merupakan iPhone yang paling matang — tetapi sulit untuk mengatakan bahwa itu cukup untuk mendorong Anda untuk meningkatkan.

Kelebihan

  • Pilihan warna yang bagus
  • Smartphone paling kuat
  • MagSafe bekerja dengan baik

Kekurangan

  • Tidak ada blok charger di dalam kotak
  • 5G masih merupakan kemewahan yang mahal
  • Baterai bisa lebih baik

Ulasan 2 Menit

IPhone 12 Pro adalah salah satu iPhone paling kaya fitur yang dapat Anda beli sekarang. Ini memiliki fitur terbesar Apple di dalamnya, dan itu pasti model yang perlu dipertimbangkan jika Anda bertanya-tanya apakah iPhone 12 memiliki kekuatan mentah yang cukup untuk Anda.

Meskipun bukan lagi hp Apple terbaik yang bisa Anda dapatkan sekarang karena iPhone 13 Pro telah dirilis, karena cara Anda menambahkan fitur, Anda akan aman menggunakan iPhone 12 Pro jika Anda dapat menemukannya sedikit lebih murah.

Apple telah menghapus 12 Pro dari jajaran resmi, jadi Anda hanya dapat membelinya dari pengecer pihak ketiga.

Upgrade besar iPhone 12 Pro telah diumumkan melalui iPhone 12 standar bersama iPhone 12, iPhone 12 mini dan iPhone 12 Pro Max, dan mereka halus: Ada sedikit lebih banyak RAM, tetapi chipset yang sama di dalamnya.

Ada tiga sensor kamera di bagian belakang, bukan dua, jadi Anda sekarang bisa lebih dekat dengan subjek dan pemandangan dengan 2x optical zoom.

Penambahan LiDAR – sensor baru di kamera belakang untuk menilai jarak – memberikan lebih banyak opsi pemfokusan, dan membuka jalan bagi fitur augmented reality yang lebih canggih di masa mendatang.

Tapi selain itu, Pro hampir sama dengan iPhone 12 ‘standar’ – ukurannya persis sama, bentuk, teknologi layar dan resolusinya, dan debutnya 5G dan teknologi MagSafe Apple di iPhone juga.

Desain iPhone 12 Pro futuristik dan retro pada saat yang sama: layar OLED 6,1 inci jernih dan cerah dan meluas ke tepi hp, yang berarti bahwa 12 Pro sebenarnya lebih kecil dari iPhone 11 Pro di telapak tangan.

Namun, Anda akan segera melihat bahwa tepi melengkung telah digantikan oleh sisi yang datar, dan tampak seperti industri — Anda kehilangan nuansa hp jatuh ke tangan Anda saat Anda mengangkatnya, tetapi hp ini terasa jauh lebih ringkas.

5G adalah tambahan yang menarik tahun ini. Apple jelas tahu bahwa perlu membawa standar konektivitas ultra-cepat ke massa non-Android, dan dengan memasukkannya ke dalam setiap iPhone baru, itu memberikan teknologi yang relatif baru peluang besar.

Namun, kami sedang berjuang untuk menemukan begitu banyak tempat untuk menggunakannya sekarang, dan ini menguras daya tahan baterai – karena 5G menjadi lebih umum dan lebih murah, sehingga iPhone 12 Pro akan menjadi hp yang lebih berguna.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang cincin MagSafe baru di bagian belakang hp. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai aksesori ke iPhone Anda, dan dengan cerdas akan mengetahui apa saja aksesori itu.

Saat ini Anda terbatas pada charger nirkabel cepat, kasing yang memberi tahu hp warnanya, dan dudukan kartu kredit terpasang, tetapi kami senang dengan kemungkinan teknologi ini – dan seperti halnya 5G, lebih banyak item MagSafe dibuat, jadi kegunaan 12 Pro akan meningkat.

Hal utama yang akan Anda beli Pro adalah kameranya, dan foto serta video yang mereka ambil sangat bagus. Kemeriahan film yang kami rekam, kejernihan dan penanganan bidikan yang cerdas, membuat kami bersemangat untuk berbagi dengan teman, dan mendorong kami untuk lebih bereksperimen dengan kamera.

Mode malam juga cukup memukau, jika tidak sedikit lambat dalam memproses bidikan Anda. Daya tahan baterai pada Pro bisa lebih baik – ini jelas rata-rata di lingkungan smaertphone 2020.

Tidak apa-apa jika Anda tidak banyak bergerak, tetapi jika Anda sedang bepergian dan menggunakan hp secukupnya, Anda akan melihat muatannya meteran turun sedikit lebih cepat dari yang Anda inginkan. Rasanya seperti pertukaran untuk menambahkan 5G, jadi Anda harus memutuskan apakah ini kompromi yang ingin Anda buat.

Namun, jika Anda meningkatkan dari iPhone tiga atau empat tahun yang lalu, Anda masih akan melihat peningkatan dalam masa pakai baterai.

Kami telah berjuang untuk melihat apa yang sangat hebat tentang iPhone 12 Pro baru, terutama dibandingkan dengan iPhone 12. Pengalaman kamera adalah hal utama yang menonjol, dan perangkat keras tambahan dalam bentuk zoom 2x dan LiDAR terasa alasan yang baik untuk menghabiskan sedikit lebih banyak.

Jika hal-hal ini tidak penting bagi Anda, iPhone 12 mungkin adalah yang terbaik untuk dibeli; Tetapi, jika Anda menginginkan hal-hal ini dan lebih banyak lagi, Anda mungkin ingin menghabiskan lebih banyak dan memilih iPhone 12 Pro Max sebagai gantinya.

Tentu saja, jika Anda belum menikah dengan Apple, ada juga alternatif Android untuk dipertimbangkan, seperti rentang Samsung Galaxy S21 dan OnePlus 9, yang juga menawarkan pengalaman unggulan yang menarik.

Tetapi iPhone 12 Pro sebagian besar bertahan – meskipun hp ini lebih baru dari Apple. Jika Anda hanya menginginkan hp terbaik dari merek apa pun, pada saat penulisan ini adalah Samsung Galaxy S21 Ultra.

Pembaruan: Apple telah mengkonfirmasi bahwa iPhone 12 Pro akan menerima iOS 15 ketika mendarat akhir tahun ini, jadi Anda akan mendapatkan fitur terbaru di hp ini.

Harga dan Tanggal Rilis iPhone 12 Pro

IPhone 12 Pro diumumkan bersama iPhone 12, iPhone 12 mini, dan iPhone 12 Pro Max pada 13 Oktober 2020. Meskipun awalnya kami berharap untuk melihat hp di acara Apple pada bulan September, sejalan dengan jendela peluncuran khas iPhone, handset telah dijadwalkan untuk diluncurkan dan terungkap sebulan kemudian, kemungkinan karena dampak wabah virus corona pada jadwal produksi dan pasokan.

Tanggal rilis iPhone 12 Pro adalah 23 Oktober 2020, dan iPhone 12 Pro Max menyusul kemudian pada bulan November, tetapi tentu saja keduanya sekarang tersedia secara luas.

iPhone 12 Pro mulai dari $999 / £999 / AU$1.699 untuk model 128GB – itu adalah penyimpanan minimum yang ditingkatkan pada iPhone 11 Pro dan model dasar iPhone 12 baru – dengan harga naik menjadi $1099 / £1.099 £1.869 untuk 256GB, $1.299 / £1.299 / AU$2.219 untuk 512GB.

Seiring waktu, harga tersebut mungkin turun sedikit – setidaknya di toko pihak ketiga – tetapi pada Mei 2021 harganya masih sama seperti saat diluncurkan, dan kami tidak berharap untuk melihat penurunan yang signifikan hingga peluncuran kisaran iPhone 13.

Desain

Desain iPhone 12 Pro berbeda dengan iPhone 11 Pro tahun lalu. Seperti semua hp di jajaran iPhone 12, ia memiliki sisi datar dengan tepi 90 derajat yang tajam.

Sulit untuk mengatakan apakah ini adalah sesuatu yang terutama fungsional – lebih lanjut tentang ini di bawah – atau hanya perubahan dalam bahasa desain, untuk mengonfirmasi ini adalah iPhone baru, dan peningkatan dari model tahun lalu.

Ini sebenarnya agak penting, karena jika tidak, iPhone 12 Pro terlihat serupa ukurannya dengan 2019 Pro, dan banyak pembeli akan menginginkan sesuatu yang berteriak ‘Hei, lihat aku! iPhone baru! ‘ Jadi merancang jajaran iPad Pro baru adalah langkah yang cerdas.

Juga tidak pasti apakah desain datar memungkinkan kekuatan sinyal 5G yang lebih baik – karena Apple ingin jajaran iPhone baru menjadi identik dengan standar panggilan cepat baru, Apple akan tertarik untuk menerapkan apa pun yang membantu di area ini.

Tambahan baru lainnya adalah pelindung keramik di bagian depan, yang menggantikan kaca dari iPhone 11.

Apple telah bekerja sama dengan Corning untuk membuat sasis yang katanya sebenarnya bukan kaca, tetapi “nano-kristal” yang memiliki empat kali lipat kekuatan layar tahun lalu, sehingga akan sulit untuk memecahkan iPhone baru Anda.

Dan sementara bagian belakang iPhone 12 Pro masih menggunakan kaca yang sama dengan yang digunakan pada 2019, desain bezel baru tampaknya akan membuatnya dua kali lebih fleksibel dari pendahulunya jika jatuh.

Penting untuk dicatat bahwa Apple tidak menyebut iPhone ini tidak dapat dipecahkan – itu hanya mengatakan bahwa mereka lebih kuat.

Peringkat IP68 telah ditingkatkan untuk memungkinkan Anda merendam iPhone 12 Pro Anda lebih dalam dari sebelumnya, yang sebenarnya berarti lebih tahan air (dan tentu saja tidak tahan air).

Jika iPhone 12 Pro mendarat di sudut yang salah setelah tergelincir atau jatuh, itu masih bisa pecah — unit pertama kami mengalami retakan melalui kaca belakang setelah mendarat di beton setelah terpeleset dari meja dan goresan kecil yang mendarat di tepi.

Jadi, jika Anda berpikir bahwa Anda dapat melakukannya tanpa kasing dan/atau pelindung layar, pikirkan lagi – layar iPhone 12 Pro yang baru masih dapat tergores oleh benda tajam, atau pecahan kaca, meskipun memiliki tingkat perlindungan yang jauh lebih tinggi. (terutama di layar depan) dan lebih tahan air daripada sebelumnya) daripada kisaran iPhone 11.

Tepi datar hp ini dengan layar 6,1 inci memudahkan untuk menekan tombol di samping, karena terlihat lebih tajam; HP ini tidak lebih nyaman untuk dipegang daripada iPhone 11 Pro tahun lalu, tetapi sedikit lebih mudah digunakan.

Dan jangan lupakan warna baru: iPhone 12 Pro hadir dalam warna grafit, perak, emas, dan biru Pasifik, yang lebih redup dan terlihat profesional daripada opsi mencolok yang ditawarkan dengan iPhone 12.

Satu berita besar lainnya di sini adalah penghilangan blok pengisian daya dan EarPod di luar kotak. Apple mengklaim bahwa ini akan memiliki dampak lingkungan yang signifikan (dan mungkin akan terjadi), dan percaya tidak perlu menyertakan pengisi daya karena semua orang sudah memilikinya.

Itu benar – kebanyakan dari kita memiliki laci yang penuh dengannya. Dan jika kabel Lightning masih berfungsi dengan baik, jangan khawatir.

Namun, jika Anda memerlukan kabel Lightning baru dan Anda sedang menunggu iPhone baru untuk mendapatkannya, atau jika ini adalah iPhone pertama Anda, Anda harus membeli blok pengisi daya baru, karena kabel di kotak 12 Pro adalah USB-C ke Lightning, Ini adalah jenis koneksi yang lebih baru, dan saat ini relatif sedikit orang yang memiliki pengisi daya USB-C.

Kami memahami bahwa Apple mencoba mengurangi dampak lingkungan dari produknya, meskipun tidak menggunakan banyak blok pengisi daya ini – tetapi apakah masuk akal bagi Apple untuk melakukannya begitu blok USB-C ada di mana-mana?

Jika tidak, ini sepertinya upaya untuk membuat orang meningkatkan ke pengalaman pengisian daya yang lebih cepat, yang ditawarkan oleh blok pengisian USB-C $19/£19/AU$29.

Tampilan

IPhone 12 Pro pada dasarnya memiliki teknologi layar OLED yang sama seperti tahun lalu. Perubahan signifikan pada ukuran layar, yang meningkat dari 5,8 inci menjadi 6,1 inci tanpa menambah ukuran bodi iPhone 12 Pro dibandingkan model tahun lalu.

Sekarang ukurannya sama dengan layar iPhone 12, yang mengejutkan. Kami berharap Apple berbuat lebih banyak untuk membedakan kedua model ini, mengingat keduanya memiliki desain yang sama, dan layar yang sedikit lebih besar akan menjadi cara yang baik untuk melakukannya.

Dengan teknologi OLED yang digunakan di sini, Anda akan mendapatkan salah satu layar terbaik di luar sana; Ini mampu menampilkan hitam pekat, putih cerah, dan berbagai warna, terutama saat melihat rekaman HDR.

Kami menemukan bahwa apa pun yang mengemas ledakan selalu terlihat bagus di HDR, karena bola api yang terang terlihat, sementara wajah atau objek gelap lainnya di dekatnya masih terlihat.

Namun, kami tidak sepenuhnya yakin bahwa HDR benar-benar diperlukan di telepon – beberapa konten Netflix non-HDR yang kami tonton tampak hebat, tetapi beberapa film di iTunes (yang secara otomatis ditingkatkan ke HDR gratis) tampak sedikit terlalu gelap di beberapa bagian.

Namun layar iPhone 12 Pro adalah salah satu yang terbaik, baik Anda mencari fotografi Instagram berkualitas tinggi atau hanya ingin menikmati film rumahan, yang dapat ditangkap dalam format Dolby Vision kelas atas dalam 4K, pada 60fps.

Sangat menyenangkan melihat teknologi layar 120Hz untuk pertama kalinya di iPhone dengan Pro dan Pro Max.

Kecepatan refresh yang tinggi ini membuat pengguliran di sekitar ponsel Anda terlihat dan terasa lebih lancar, dan mengingat banyak hp Android kelas atas sekarang memiliki fitur ini, sayangnya fitur ini hilang dari model teratas Apple pada tahun 2020.

Jaringan 5G

5G telah menjadi fitur yang sulit untuk ditinjau, karena beberapa orang akan menganggapnya hebat, dan yang lain tidak akan dapat menggunakannya sepenuhnya, jika sama sekali.

Jika Anda membeli salah satu jajaran iPhone baru, Anda mendapatkan konektivitas 5G sebagai standar, yang sangat bagus. Apple menyelundupkan teknologi konektivitas generasi berikutnya ke telepon Anda berikutnya, apakah Anda mau atau tidak.

Ketika Anda bekerja sekeras yang Anda bisa, itu mengubah aturan main. Mengunduh buku audio 110MB hanya membutuhkan waktu 30 detik dan dengan ponsel 4G kami tidak dapat terhubung ke Spotify berkat kemacetan jaringan di pusat kota, kami segera dapat terhubung dan mulai streaming melalui 5G di iPhone 12 Pro kami (di EE di London, Inggris Raya) ).

5G mungkin terdengar mencolok, dan sulit untuk tidak terpesona oleh janji kecepatan hingga 200Mbps saat bepergian, tetapi sebenarnya ini adalah teknologi yang sangat berguna dan kuat.

Ini akan memungkinkan Anda untuk terhubung dengan mulus ke internet di lingkungan yang ramai – jika Anda pernah mencoba menjelajahi web di acara olahraga, atau mengunggah foto saat di konser, Anda akan menghargai dapat melakukan hal-hal ini dengan mudah melalui koneksi 5G.

Setidaknya, begitulah teorinya. Masalahnya di sini adalah bahwa sementara iPhone 12 Pro dapat terhubung ke berbagai macam jaringan 5G yang berbeda, termasuk mmWave di AS dengan Verizon, jaringan tersebut belum sepenuhnya digunakan ke banyak lokasi.

Kami harus berpindah kota untuk mencoba kecepatan 5G, dan meskipun menyenangkan untuk memilikinya saat Anda dapat mengaksesnya, jika Anda tidak memiliki 5G di rumah Anda, atau dapat mengandalkannya untuk perjalanan Anda, saat ini tidak layak untuk mendapatkan ponsel 5G hanya untuk teknologi itu.

Tetapi mereka akan ada di mana-mana suatu hari nanti — dan paket data juga akan menjadi lebih murah, sehingga iPhone 12 Pro akan menjadi lebih berguna dari waktu ke waktu.

Jangan berpikir sekarang bahwa teknologi 5G akan mengubah hidup Anda. Ini adalah kemewahan yang mahal, seperti yang akan Anda lihat nanti, dengan mengorbankan masa pakai baterai — tetapi ketika itu terjadi, itu adalah generasi berikutnya.

MagSafe

Kami telah memperhatikan berkali-kali bagaimana Apple jarang menciptakan teknologi baru – sering kali mengambil teknologi yang sudah ada dan memberikan capnya sendiri (karenanya dunia tampaknya berpikir bahwa Apple benar-benar menciptakannya).

Demikian halnya dengan MagSafe, yang merupakan kumpulan magnet di bawah casing di bagian belakang iPhone 12 Pro.

Dinamai setelah adaptor daya magnetik yang disertakan dengan MacBook generasi lama: Magnet yang aman ini (tunggu…kami baru saja mendapatkan namanya) akan meledak jika kami merusaknya dengan catu daya, daripada menyeret laptop ke tanah.

MagSafe baru bekerja sedikit berbeda, memastikan stabilitas ekstrem saat aksesori dipasang. Untuk saat ini, aksesori tersebut hanya sebatas sarung, charger, dan dompet ekstra. Aksesori MagSafe juga dapat mengomunikasikan apa adanya ke iPhone Anda, yang memiliki sejumlah manfaat.

Dengan pengisi daya MagSafe, misalnya, magnet menyelaraskan hp langsung di tengah bantalan pengisi daya, dan karena iPhone 12 Pro tahu itu pengisi daya yang kompatibel, itu akan memberi daya pada hp Anda dua kali lipat daya nirkabel tahun lalu.

Kembali ke poin kami tentang Apple menempatkan cap pada teknologi saat ini, banyak penggemar smartphone akan mengingat aksesori magnetik hp dasar, atau set tambahan Moto Mods.

Ini adalah jaket aksesori clip-on, terutama dalam kasus Moto Mods, yang sekarang dihentikan dan dapat ditemukan untuk dijual di situs web Motorola – kami menyesalkan fakta bahwa mereka tidak pernah lebih dari sukses.

Sebenarnya, ini tidak adil. Moto Mods telah mengeluarkan banyak ide hebat: speaker pintar clip-on, kamera kelas atas, dan bahkan proyektor.

Sementara Motorola tidak dapat membangun ruang lingkup untuk membuat sistemnya layak, Apple tentu saja bisa, dan dalam beberapa bulan kami mungkin akan memperhatikan aksesori MagSafe pihak ketiga.

Tetapi, seperti halnya 5G, ini sepertinya fitur untuk masa depan, bukan fitur yang menarik untuk saat ini. Saat ini, membeli iPhone 12 Pro agar Anda dapat menikmati manfaat MagSafe hanya akan masuk akal jika Anda juga berinvestasi dalam charger nirkabel, yang berharga $39/£59/AU$89, dan salah satu kasing yang lebih baru (dan sedikit lebih mahal) yang memiliki MagSafe ‘pass-through’ sehingga Anda dapat membiarkan penutup tetap menyala saat masih mengisi daya secara nirkabel.

(Bagi kami, ini adalah pengubah permainan, dan akan mendorong pengguna untuk meninggalkan kasing pelindung, daripada akhirnya menyerah dan meninggalkannya setelah harus melepasnya untuk keseratus kalinya untuk mengisi daya ponsel mereka secara nirkabel.)

Menggunakan MagSafe sangat menyenangkan saat Anda merasakan pengisi daya terpasang pada tempatnya — seperti melempar Apple Watch 6 ke bantalan pengisi dayanya, tetapi dengan magnet yang jauh lebih kuat.

Namun kami sarankan menunggu beberapa saat untuk melihat aksesori baru apa yang muncul – jika ekosistem benar-benar berkembang, itu akan menjadi alasan yang bagus untuk meningkatkan.

Kamera

Susunan kamera iPhone 12 Pro terdiri dari tiga jepretan berbeda: ada opsi “lebar” normal, sensor ultra lebar, dan zoom zoom 2x untuk lebih dekat ke subjek Anda (yang membuat mode potret iPhone 12 Pro lebih efisien).

Ada sensor keempat di sini: iPhone 12 Pro dan Pro Max keduanya dilengkapi dengan pemindai LiDAR, memudahkan iPhone untuk mengetahui apa yang dicarinya.

Meskipun ini terdengar seperti Anda akan dapat memindai dan mengatur ulang seluruh ruangan secara default misalnya (dan agar adil, kemampuan itu sekarang tersedia, hanya saja, pada dasarnya, tidak ada aplikasi yang memanfaatkannya), sebenarnya lebih berguna untuk mendeteksi wajah orang Dalam cahaya redup, memungkinkan kamera untuk fokus otomatis dengan cepat.

Saya memiliki pencahayaan yang baik, kami tidak menyadari bahwa kamera fokus lebih cepat berkat sensor LiDAR, tetapi ketika menyangkut foto mode malam (yang akan kita bahas sebentar lagi), itu adalah fitur yang sangat berguna.

Perubahan besar lainnya di iPhone 12 Pro dan Pro Max, dalam hal kamera, adalah pengenalan format file ProRAW. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentangnya, lihat penjelasan yang luar biasa dari Editor Kamera Mark Wilson.

Pada dasarnya, ini mirip dengan format mentah yang digunakan oleh banyak fotografer, yang menyimpan semua informasi gambar yang ditangkap oleh sensor untuk memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar saat mengedit.

Namun, jika Anda tidak tahu bagaimana memanfaatkan informasi tambahan ini dengan memproses foto mentah Anda, mereka dapat terlihat datar dan pudar dibandingkan dengan JPEG, diproses di kamera Anda atau di hp Anda.

ProRAW Apple menjembatani kesenjangan, karena foto ditingkatkan secara komputasi oleh perangkat lunak hp, tetapi Anda masih dapat mengedit dan menyempurnakannya di aplikasi pengeditan foto favorit Anda, atau tampaknya langsung dari dalam foto itu sendiri.

Kami mengatakan “tampaknya” karena ProRAW tidak tersedia ketika iPhone 12 Pro pertama kali diluncurkan, dan sebagai gantinya ditambahkan kemudian sebagai pembaruan perangkat lunak. Karena belum siap ketika sebagian besar ulasan ini ditulis, kami belum sepenuhnya mengujinya.

Sementara kamera iPhone 12 Pro tidak tampak seperti peningkatan besar dari jajaran 11 Pro tahun lalu, dengan sensor 12MP yang sama pada ketiganya, berita besarnya adalah Anda sekarang dapat menggunakan mode Malam dengan semuanya, bukan hanya kamera utama.

Mode malam adalah fitur yang sangat keren ketika mendarat di iPhone 11 tahun lalu, dan dapat secara dramatis mencerahkan foto apa pun — bahkan yang diambil dalam kondisi sangat hitam, selama Anda dapat menahan hp selama 1,15 detik (tergantung pada tingkat kegelapan).

Ini benar-benar mengesankan ketika Anda melihat hasilnya, karena benar-benar dapat mengubah malam menjadi siang (di layar hp Anda).

Namun, jika ada getaran di tangan Anda saat mengambil bidikan, itu dapat dengan cepat berubah menjadi buram, terutama saat menggunakan kamera zoom atau ultra-lebar.

Kamera lebar utama iPhone 12 telah ditingkatkan untuk kinerja cahaya rendah yang lebih baik – berkat aperture f/1.6 yang lebih lebar, membuat foto dalam ruangan rata-rata sedikit lebih cerah di malam hari, serta memberikan fungsi Mode Malam awal yang lebih cerah ke foto dari.

Mode malam telah diperluas untuk menyertakan kamera depan juga, sehingga Anda dapat mengambil foto narsis yang lebih baik dalam kondisi gelap. Anda juga dapat menggunakan mode potret dalam gelap, dengan peredupan Retina Flash (di mana layar menyala untuk mencerahkan wajah Anda) secara perlahan untuk mengabadikan momen.

Ini adalah salah satu area di mana iPhone 12 Pro memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan iPhone 12: sensor LiDAR tambahan memungkinkan Anda mengambil foto Night Mode yang jelas dan terfokus, di mana iPhone 12 tidak dapat menyerap cukup cahaya untuk menerapkan efek blur latar belakang yang tepat.

Kamera selfie secara umum merupakan peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya — kamera ini memiliki hampir semua fitur yang ditawarkan sensor belakang, dengan hal-hal seperti Smart HDR 3 untuk pemrosesan gambar yang lebih baik, perekaman video Dolby Vision, dan pengoptimalan gambar Deep Fusion juga.

Namun, kami masih melihat sesuatu yang mengganggu seperti helaian rambut yang digelapkan sebagai bagian dari latar belakang, dan terkadang efek “halo” lembut di sekitar subjek.

Salah satu fitur besar yang dipromosikan Apple untuk iPhone 12 Pro dan Pro Max adalah kemampuan untuk merekam, mengedit, dan menonton konten Dolby Vision dalam 4K pada 60 frame per detik, yang merupakan keluhan besar dari iPhone 12 Pro.

Karena kami bukan pembuat film yang berpengalaman, agak sulit untuk mengujinya dengan percaya diri, tetapi stabilisasi gambar, bahkan ketika kami telah menjalankannya, layak untuk dilihat; Hasilnya sangat nyata, dan terlihat jauh lebih realistis saat memotret pada 4K dan 60fps, sehingga terlihat lebih realistis.

Spesifikasi dan Kinerja

Karena iPhone telah menjadi salah satu smartphone paling kuat di dunia untuk sementara waktu sekarang, berbicara tentang mendengkur iPhone 12 Pro hampir berlebihan. Namun, karena banyak yang akan membelinya karena alasan ini, ada baiknya menyelami.

HP ini ditenagai oleh chipset Bionic A14, dan tampaknya hadir dengan RAM 6GB (menurut diagnosis kami) untuk memungkinkan daya maksimum saat melakukan hal-hal seperti pengeditan video yang disebutkan di atas dengan cepat.

Itu lebih dari cukup kekuatan untuk menyelesaikan hampir semua tugas, meskipun iPhone 12 tampaknya membutuhkan waktu yang singkat untuk memproses gambar untuk membuatnya sangat tajam dan tampak hebat sebagai bagian dari peningkatan Deep Fusion — sesuatu yang kami komentari tahun lalu, dan anehnya itu belum diperbaiki.

Namun, jangan bertele-tele: iPhone 12 Pro adalah smartphone paling kuat yang pernah kami uji, mengalahkan persaingan dalam hal daya mentah.

Apakah kebanyakan orang akan bisa mendapatkan hasil maksimal dari kekuatan ini adalah pertanyaan lain, tetapi jika Anda tahu Anda akan membutuhkan hp yang dapat menangani aplikasi yang paling menuntut, ini adalah hp untuk Anda (meskipun penasaran, kami tidak perhatikan perbedaan kinerja antara iPhone 12 dan iPhone 12 Pro, meskipun yang terakhir memiliki RAM 6 GB, dibandingkan dengan 4 GB – ini biasanya memberikan peningkatan daya yang signifikan).

Ada juga penyimpanan yang ditingkatkan untuk dibicarakan: iPhone 12 Pro mulai dari 128GB, dan naik hingga 512GB untuk opsi yang lebih mahal.

Ini sepertinya salah satu alasan paling kuat untuk menghabiskan lebih banyak untuk membeli 12 Pro – iPhone 12 berharga $799 / £799 / AU$1.349, dan itu hanya untuk model 64GB, dan naik ke 128GB mutlak diperlukan jika, katakanlah, Anda akan mencatat banyak file video HD.

Pemrograman

Kami tidak akan masuk ke perangkat lunak, seperti semua iPhone jarak jauh modern, ini berjalan pada versi terbaru iOS, yang pada saat penulisan adalah iOS 14.5.

Ini adalah beberapa pembaruan kecil dari perangkat lunak iOS 14 yang diluncurkan hp, dan penyesuaian ini telah menambahkan hal-hal seperti Apple Fitness Plus, yang memberi pelanggan akses ke berbagai video latihan, ProRaw, yang telah kami perinci di bagian Kamera, aplikasi transparansi pelacakan, emoji baru, dan banyak lagi.

iOS 14 sendiri secara bersamaan menambahkan widget UI layar beranda, pustaka aplikasi, dan lusinan fitur, perubahan, dan peningkatan lainnya.

Sekali lagi, Anda tidak benar-benar membutuhkan salah satu iPhone terbaru untuk mendapatkan sebagian besar dari barang-barang ini, tetapi jika Anda mendapatkan iPhone 12 Pro, Anda dapat yakin akan pembaruan perangkat lunak untuk tahun-tahun mendatang — dengan iOS 15 nanti pada tahun 2021 menjadi besar berikutnya.

Daya Tahan Baterai

Masa pakai baterai iPhone 12 dan 12 Pro sedikit menjadi misteri, mengingat kami mendengar laporan (saat ini belum dikonfirmasi) bahwa iPhone terbaru memiliki baterai yang lebih kecil daripada generasi sebelumnya.

Itu mungkin menambahkan bahwa, secara mengejutkan, Apple mengkonfirmasi bahwa iPhone 12 Pro bekerja satu jam lebih sedikit untuk pemutaran video daripada 11 Pro dari 2019.

Dalam hal masa pakai baterai secara keseluruhan, kami memperhatikan bahwa dengan penggunaan yang ringan (seperti tidak banyak menggunakan telepon di siang hari untuk menjelajah dan bermain game, hanya fotografi dan mendengarkan musik melalui Spotify) kami dapat dengan mudah mencapai tengah malam lebih dari setengah. baterai tersisa, dan ponsel dapat bertahan hingga 48 jam sebelum sangat membutuhkan pengisian daya.

Namun, jangan biarkan ini membodohi Anda dengan berpikir bahwa masa pakai baterai iPhone 12 Pro sangat baik – tidak.

Hanya ketika mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam keadaan siaga, jangkauan iPhone 12 menjadi sangat efisien — jadi jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di rumah terhubung ke Wi-Fi yang indah dan stabil, Anda mungkin senang mengetahui bahwa Anda tidak. Anda tidak perlu terus-menerus khawatir tentang tingkat baterai.

Tetapi ketika Anda bepergian, itu bisa menjadi tas campuran. Apalagi saat kita menggunakan hp untuk browsing web, bermain game, atau secara umum menjaga layar tetap menyala saat keluar masuk sinyal 5G (hal yang biasa terjadi saat jaringan masih digulirkan), masa pakai baterai ‘lebih licin’ .

Saat keadaan tenang di kantor atau di rumah, iPhone 12 Pro tidak akan menarik banyak daya sama sekali; Tetapi ketika Anda bergerak, Anda akan kehilangan 10-15% per jam, bahkan jika Anda tidak menggunakan telepon terus-menerus (dan lebih banyak lagi jika Anda memainkan game online yang intens atau menjelajahi web, misalnya).

Ini tidak sebagus beberapa iPhone terbaru, seperti iPhone 11 atau iPhone XR, dan tentu saja tidak sebagus banyak ponsel Android – tetapi kami menyebutnya “dapat diterima.”

Dalam tolok ukur pengujian kami, ada juga pengurangan yang jelas dalam masa pakai baterai saat menggunakan jaringan 5G dibandingkan dengan 4G, yang berarti bahwa salah satu fitur baru besar iPhone 12 Pro hadir dengan sesuatu yang cacat.

Anda akan mendapatkan masa pakai baterai 15-20% lebih sedikit jika Anda hanya menggunakan sinyal 5G di iPhone 12 Pro, itulah sebabnya Apple menambahkan mode data pintar yang memperlambat kecepatan 5G ke level 4G jika 5G tidak diperlukan .

Satu hal yang perlu diingat: Jika Anda tidak memiliki kabel Lightning lama dan blok charger yang tergeletak di sekitar, Anda harus keluar dan membeli blok pengisian cepat, karena iPhone 12 Pro tidak disertakan dalam kotak. .

Ini bukan akhir dunia, karena harganya lebih murah dan Anda benar-benar akan mendapatkan pengalaman pengisian daya yang jauh lebih cepat. Namun, harus membayar ekstra $19/£19/AU$29 tampaknya sedikit mengganggu, terutama ketika Anda membayar begitu banyak untuk iPhone 12 Pro.

Kesimpulan

Sepintas, iPhone 12 Pro adalah penjualan yang sulit dibandingkan dengan iPhone 12 andalannya. HP terlihat identik, dan melihat sekilas lembar spesifikasi menunjukkan bahwa mereka juga serupa di bagian dalam.

Namun, ada beberapa area utama yang paling mengesankan kami: warna iPhone 12 Pro tampak hebat, dengan Pacific Blue salah satu warna tercantik yang pernah kami lihat di hp.

Gores permukaannya dan Anda akan melihat ponsel yang lebih menarik. Zoom telefoto sangat berguna – bisa dibilang lebih dari sensor ultra-lebar.

Pemindai LiDAR, saat masih dalam masa pertumbuhan sebagai teknologi untuk iPhone, telah terbukti berguna saat memotret dalam cahaya rendah, dan ada masalah penyimpanan ini juga – dimulai dengan 128GB lebih dapat diterima daripada 64GB untuk pengguna smartphone modern.

Jika Anda merasa membutuhkan sedikit RAM ekstra, atau hanya ingin memastikan Anda mendapatkan salah satu ponsel terbaik yang pernah dikeluarkan Apple, Anda mungkin merasa perlu membayar ekstra itu. Jika Anda menginginkan lebih dari itu, Anda mungkin lebih suka iPhone 12 Pro Max.

  • Apa iPhone baru yang tepat untuk Anda? Keempat model iPhone 12 dibandingkan

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Iphone 12 Pro Max Iphone 12 Pro Max Pacific Blue Iphone 12 Pro Max Silver Iphone 12 Mini Iphone 12 Pro Max Harga Iphone 11 Pro How To Restart Iphone 12 Pro Max Iphone 12 Pro Specs Iphone 12 Pro Tmobile Iphone 13 Pro Iphone 12 Pro Spesifikasi Cuanto Mide El Iphone 12 Pro Max Iphone 12 Pro Ibox Iphone 12 Pro Harga Iphone 11 Pro Max T Mobile How Long Is Iphone 12 Pro Max How Big Is Iphone 12 Pro MaxIphone 13 Pro Max Screen Size

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *