php hit counter Fitur dan Perubahan Terbaru iOS 15 di iPhone - TechRadar
Fitur dan Perubahan Terbaru iOS 15 di iPhone

Fitur dan Perubahan Terbaru iOS 15 di iPhone

techradar.id – iOS 15 sekarang tersedia untuk diunduh. iOS 15 diumumkan di WWDC 2021 pada Juni 2021, tetapi mengalami perubahan signifikan sebelum dirilis pada 20 September. Pembaruan berfokus pada tiga aspek: tetap terhubung, fokus pada produktivitas, dan melindungi privasi.

Tanggal rilis untuk iOS 15 dikonfirmasi pada acara Apple pada 14 September, dan perusahaan mengumumkan iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan perangkat lainnya.

Apple tidak berhenti merilis iOS 15. Sejak itu, iOS 15.1 dan iOS 15.2 juga telah dirilis, menambahkan fitur baru, dan iOS 15.4 akan segera hadir, mungkin setelah acara Maret Apple.

Di bawah ini kami telah merinci semua fitur utama yang ditemukan di rilis awal iOS 15 serta dalam pembaruan yang lebih kecil ini.

Jika Anda kesulitan memperbarui ke iOS 15, kami telah membuat panduan untuk membantu Anda memperbarui iPhone ke perangkat lunak terbaru.

  • Lihat pembaruan lain dari Apple: iPadOS 15 | watchOS 8 | macOS 12

iOS 15: Dipotong untuk Mengejar

  • Apa itu? Pembaruan besar terbaru untuk iOS
  • Kapan kamu keluar? September 20
  • Berapa harga barang ini? gratis

Tanggal Rilis iOS 15

Pada acara 14 September 2021, semua rilis baru diumumkan untuk iPhone 13, Apple Watch 7, iPad baru, dan iPad mini baru, tetapi tanggal rilis untuk iOS 15 belum dikonfirmasi.

Apple mengumumkan setelah acara bahwa iOS 15 akan diluncurkan pada 20 September, empat hari sebelum peluncuran iPhone 13 dan iPhone 13 Pro.

Sebelum memperbarui ke iOS 15, buat cadangan perangkat Anda untuk berjaga-jaga dan ikuti panduan kami tentang cara mengunduh iOS 15 di ponsel Anda.

Tentu saja, sementara kita berbicara tentang iOS 15 di sini, iPadOS 15 juga telah dirilis untuk iPad.

Itu bukan akhir. Pembaruan sekarang tersedia untuk iOS 15.3, dan menurut kami iOS 15.4 akan segera hadir.

Perangkat yang Didukung iOS 15

Menurut bagian utama Apple di iOS 15, pembaruan berfungsi di iPhone 6S dan yang lebih baru.

Namun, jika Anda bertanya-tanya fitur apa yang hilang dari iPhone lama dengan iOS 15, kami telah membuat panduan yang menjelaskan lebih detail tentang ini.

Perangkat apa pun yang bisa mendapatkan iOS 15 juga akan mendapatkan iOS 15.x, dan iOS 15.3 adalah rilis terbaru pada saat penulisan.

iOS 15: Peningkatan FaceTime

Apple memperkenalkan fitur baru ke FaceTime di iOS 15 dan berfokus untuk mempermudah terhubung dengan keluarga dan teman sambil meningkatkan kualitas audio dan visual.

Audio Spasial tersedia di iPhone XS dan versi lebih baru. Dengan kata lain, audio 3D memberikan kesan bahwa penerima berada di ruangan yang sama dengan Anda.

Isolasi Suara sekarang hanya berfokus pada suara Anda dan memblokir suara sekitar lainnya. Ada juga spektrum luas yang berfokus pada Anda dan lingkungan di sekitar Anda.

Dengan tampilan grid yang menunjukkan panggilan grup dan mode potret sekarang tersedia, sekarang ada latar belakang kabur dan tempat bagi pengguna untuk fokus.

Mirip dengan cara kerja tautan Google Meet, ada juga tautan FaceTime yang dapat menghasilkan tautan untuk membantu Anda merencanakan panggilan, dan dapat diakses oleh pengguna lain dengan perangkat Android atau Windows.

iOS 15: Bagikan Mainkan

SharePlay juga baru di iOS 15, memungkinkan Anda untuk berbagi musik, menonton acara TV dan film, dan berbagi layar, sehingga Anda dapat menunjukkan kepada penerima cara menggunakan aplikasi tertentu.

Anda juga dapat memperluas SharePlay ke AppleTV. Ini sangat berguna untuk film. Ini juga merupakan API, jadi aplikasi Anda akan segera dapat menggunakan fitur ini.

Layanan dukungan seperti Disney+, Twitch, ESPN, TikTok, dan lainnya menggunakan SharePlay di iOS 15 dan yang lebih baru.

Namun, SharePlay ditunda untuk rilis iOS 15 di masa mendatang, mungkin iOS 15.1.

iOS 15: Pesan

Peningkatan besar lainnya di iOS 15 adalah penambahan kolase ke obrolan grup, membuatnya mudah untuk menampilkan banyak gambar.

Dibagikan dengan saya di aplikasi Berita menunjukkan apa yang telah dibagikan teman Anda, seperti tautan, yang dapat Anda salin dengan mudah ke obrolan pesan Anda. Juga tersedia di Safari, Musik, dan aplikasi lainnya.

Ini juga memiliki status yang sangat mirip dengan WhatsApp dan aplikasi perpesanan lainnya.

TRENDING  Review iPad 10.2 (2020) Baru

Anda juga dapat membisukan notifikasi untuk obrolan grup satu per satu jika diinginkan. Jadi, jika Anda ingin membisukan selama satu jam atau satu hari, Anda dapat melakukannya sekarang.

iOS 15: Pemberitahuan

Setelah banyak perbaikan selama bertahun-tahun, notifikasi kini didesain ulang untuk iOS 15. Ringkasan pemberitahuan ada di sini. Ringkasan peringatan dapat dijadwalkan untuk muncul pada waktu tertentu atau oleh algoritme pembelajaran mesin Apple sendiri.

Sebagai bagian dari peningkatan, Jangan Ganggu juga akan menunjukkan jika teman dan keluarga telah mengaktifkan diri.

Fokus juga merupakan fitur lain dari Ringkasan Pemberitahuan, yang merekomendasikan pengguna di layar kunci, memperingatkan Anda tentang aplikasi tertentu berdasarkan kalender dan lokasi Anda.

iOS 15: Safari

Peramban web Apple telah didesain ulang secara signifikan di iOS 15, dan ekstensi telah dipindahkan dari macOS ke iPhone.

Bilah alamat sekarang ada di bagian bawah, dan dengan gerakan untuk beralih dengan mudah di antara tab yang berbeda dan kembali ke tampilan layar penuh, Anda sekarang dapat menyegarkan jendela web yang mirip dengan menyegarkan email atau tweet di Safari.

Ada juga layar beranda baru di mana Anda dapat menyesuaikan sesuka Anda dan memilih foto Anda sendiri.

Banyak tombol yang dapat diakses sekarang tersembunyi di balik tombol, jadi antarmuka pengguna ini dapat berubah saat kami mendapatkan versi beta baru dalam beberapa bulan mendatang.

Selama periode beta, Safari melihat banyak perubahan desain, yang menghasilkan desain yang sekarang lebih mencerminkan iOS 14, dengan beberapa peningkatan desain kecil.

Anda dapat menempatkan bilah alamat di bagian atas seperti sebelumnya, atau membuatnya lebih mudah untuk mengakses ibu jari Anda di bagian bawah.

iOS 15: Teks Langsung

Anda sekarang dapat mengambil gambar teks. Ini akan menyorot teks dan Anda juga dapat menyalin atau menerjemahkannya ke dalam dokumen Anda. Anda juga dapat menggunakan LiveText di sini jika Anda memiliki gambar lama untuk menampilkan informasi. Tidak semua foto diambil di iOS 15.

Ini adalah pesaing langsung Google Lens dan sepertinya akan sangat berguna saat mengambil banyak foto atau memesan liburan.

iOS 15: Foto

Foto sekarang ada di Saran Spotlight, jadi Anda dapat menemukan orang-orang tertentu di foto yang baru saja Anda ambil.

Ada juga peningkatan pada Intelligent Photos, yang disebut Memory, yang membuat korsel koleksi foto Anda dengan tayangan slide dan musik baru, bersama dengan musik yang diputar selama itu.

iOS 15: Dompet Apple

Apple Wallet melihat peningkatan lain di iOS 15 yang memungkinkan CarKey mendapatkan dukungan U1 untuk membuka kunci mobil atau membuka bagasi.

Ada juga kemampuan untuk menggunakan dompet Anda untuk masuk ke kantor atau rumah, dan hotel seperti Hyatt akan segera mengaktifkan ini untuk perangkat yang mendukung iOS 15.

Kartu identitas (dirilis di AS), seperti SIM, juga dapat dilihat di Apple Wallet, dan TSA akan segera mengaktifkan pos pemeriksaan keamanan.

iOS 15.1: Bagikan Putar

SharePlay seharusnya diluncurkan dengan iOS 15, tetapi ditunda dan dirilis sebagai fitur utama di iOS 15.1.

Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming film dan acara atau mendengarkan musik selama panggilan FaceTime, menyinkronkan konten dengan semua orang, dan mencakup kemampuan berbagi layar.

Fungsionalitas semacam ini sangat ideal di puncak pandemi, di mana sebagian besar interaksinya jauh, tetapi saya masih dapat membayangkannya sebagai fitur yang berguna bagi banyak orang.

iOS 15.1: ProRes

iOS 15.1 memiliki satu atau lebih fitur besar, dan ProRes juga akan hadir. Ini hanya untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, jadi tidak banyak digunakan.

Ini adalah format perekaman video, yang bukan hal baru, tetapi ini adalah pertama kalinya saya merekamnya dalam format video di smartphone. Hal ini dirancang untuk visual lossless (meskipun secara teknis dikompresi) dan kurang intensif untuk CPU komputer Anda saat mengedit dari format seperti H.264 dan H.265.

Namun, file ProRes memakan banyak ruang, jadi jika Anda memiliki ponsel dengan penyimpanan hanya 128GB, Anda dapat merekam pada 30fps pada 1080p, tetapi untuk model lain, ProRes memiliki kualitas 4K terbaik pada 30fps.

Untuk mengaktifkan ProRes setelah iOS 15.1 diinstal, buka bagian Kamera pada aplikasi Preferensi dan pilih ProRes dari opsi Format.

TRENDING  Review iPhone XS

iOS 15.1: Beralih Makro Otomatis

Fitur kamera yang lebih kecil ditambahkan sebagai bagian dari iOS 15.1 adalah opsi untuk menonaktifkan mode makro otomatis yang ditemukan di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Saat ini, lensa ini mendukung mode makro dan dapat fokus hanya dari jarak 2cm, sehingga lensa ini secara otomatis beralih ke lensa sudut ultra lebar saat pengguna mendekati sesuatu.

Jadi, dalam banyak kasus, mendekat adalah lensa terbaik untuk pekerjaan itu, tetapi mungkin ada saatnya Anda ingin menggunakan lensa yang berbeda, dan menonaktifkan makro otomatis akan memberi Anda pilihan.

iOS 15.1: Audio Lossless dan Dolby Atmos untuk HomePod

Saat digunakan dengan HomePod 15.1, iOS 15.1 dapat memutar audio lossless dan Dolby Atmos dengan Audio Spasial melalui HomePod atau HomePod mini. Fitur-fitur ini sudah tersedia di perangkat Apple lainnya, jadi sudah ketinggalan zaman.

iOS 15.1: Catatan Imunisasi Pandemi di Aplikasi Health & Wallet

iOS 15.1 memungkinkan pengguna untuk menambahkan catatan imunisasi Covid-19 mereka sendiri ke aplikasi Kesehatan. Setelah selesai, Anda harus dapat menambahkan kartu antivirus ke aplikasi dompet Anda. Ini termasuk kode QR yang dapat dipindai oleh bisnis atau organisasi mana pun yang ingin membuktikan status vaksinasi mereka.

Dengan kata lain, fitur ini hanya akan berfungsi jika penyedia layanan kesehatan memilih dan menerapkannya. Tampaknya saat ini terbatas pada penyedia dengan kartu kesehatan pintar, yang saat ini hanya digunakan di negara bagian tertentu dan pusat imunisasi di AS.

iOS 15.2: Laporan Privasi Aplikasi

Bisa dibilang fitur utama iOS 15.2 adalah laporan privasi aplikasi. Ini memungkinkan Anda melihat seberapa sering setiap aplikasi menggunakan izin yang telah Anda berikan (seperti akses lokasi atau kamera). Ini juga menampilkan analisis aktivitas jaringan.

iOS 15.2: Kontak Lama

Fitur iOS 15.2 besar lainnya adalah penambahan kontak lama. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur urusan digital Anda dengan mendaftarkan satu orang atau lebih sebagai kontak tepercaya dengan akses ke ID Apple, akun iCloud, dan data iPhone Anda setelah kematian.

iOS 15.2: Sembunyikan Email Saya di Aplikasi Mail

iOS 15.2 memungkinkan pelanggan iCloud Plus untuk membuat alamat email acak langsung dari app Mail saat menulis pesan. Ini berguna setiap kali Anda tidak ingin mengungkapkan email Anda yang sebenarnya. Ini karena pesan email diteruskan ke alamat default dan alamat acak ini dapat dihapus kapan pun Anda mau.

iOS 15.2: Temukan Peningkatan Saya

Di iOS 15.2 juga ada fitur baru di Find My yang disebut ‘Things that can track you’.

Ini memungkinkan Anda untuk melihat orang tidak dikenal di sekitar yang dapat berkomunikasi dengan Cari Milik Saya, dan tujuan utama dari fitur ini adalah untuk mendeteksi item yang melacak Anda tanpa sepengetahuan atau persetujuan Anda. Ketika menemukan lokasi (dan bahkan dapat memutar suara), Cari Milik Saya dapat memberi tahu Anda cara menonaktifkannya.

Di sisi lain, opsi ‘Bantuan Hilang dan Ditemukan’ memungkinkan Anda menemukan barang-barang terdekat yang mungkin hilang dan mengembalikannya kepada pemiliknya.

iOS 15.2: Komunikasi Pesan yang Aman

Fitur keamanan komunikasi baru memungkinkan aplikasi Perpesanan mendeteksi ketelanjangan dalam pesan yang dikirim atau diterima. Ini akan mengaburkan gambar dan memperingatkan anak. Anda juga harus mengonfirmasi secara manual bahwa Anda ingin melihat atau mengirim pesan. video.

Anak kemudian juga akan diberikan opsi untuk menghubungi orang tua melalui aplikasi, tetapi itu terserah anak. Orang tua tidak secara otomatis diberitahu.

Fitur lain di iOS 15

Seperti yang Anda lihat dalam analisis kami tentang semua fitur iOS 15, kaca pembesar muncul kembali saat Anda menyorot teks, membuatnya lebih mudah untuk melihat huruf dan kata yang ingin Anda manipulasi.

Aplikasi Weather kini telah didesain ulang dengan cuaca yang lebih detail dan akurat, bersama dengan peta cuaca resolusi tinggi yang memungkinkan Anda melihat kondisi cuaca di sekitarnya, memanfaatkan akuisisi Dark Sky tahun lalu.

Sekarang Anda akan diberi tahu saat hujan atau turun salju di waktu berikutnya, dan Anda dapat mengontrol berapa banyak kota tempat Anda bisa mendapatkan notifikasi dengan membisukan kota tertentu yang telah Anda tambahkan di dalam aplikasi. Ditambahkan.

TRENDING  Review iPad 10.2 (2020) Baru

Aplikasi Maps melihat beberapa peningkatan yang berguna di iOS 15, bersama dengan detail baru tentang distrik bisnis dan bangunan. Ketinggian dan skema warna yang segar juga tiba, dan landmark secara khusus disorot.

Pengemudi juga memiliki tampilan yang halus saat merutekan dari satu tujuan ke tujuan lain, membuatnya lebih mudah untuk melihat persimpangan jalan raya dan lalu lintas yang datang.

Anda sekarang dapat membuat bookmark untuk rute angkutan umum sehingga Anda dapat melacak perjalanan Anda, dan bahkan ketika Anda berada di kereta bawah tanah, peta melacak kemajuan Anda dan memberi tahu Anda perhentian berikutnya.

Widget melihat lebih banyak peningkatan di iOS 15, termasuk fitur baru untuk Cari Milik Saya, Game Center, App Store Today, Sleep, Mail, dan banyak lagi.

Pintasan sekarang tersedia di macOS Monterey, jadi apa pun yang Anda buat atau edit sekarang dapat disinkronkan ke iPhone Anda di iOS 15, sehingga Anda dapat terus bekerja di Mac Anda.

Dengan ketersediaan iOS, ada banyak fitur kecil yang sudah ditemukan pengguna.

Fitur Rumble kini tersedia saat bermain game di iOS 15 pada pengontrol DualSense atau Xbox, membuatnya lebih mudah untuk mengontrol game jika Anda memiliki terlalu banyak kontrol yang menutupi layar sentuh iPhone Anda.

Saat Anda memilih tanggal dan waktu saat menyetel alarm, atau saat Anda memilih acara di kalender, kini Anda dapat menggulir waktu-waktu ini seperti pada rilis iOS sebelumnya. Anda sekarang dapat menggulir atau mengetikkan tanggal dan waktu yang perlu Anda tambahkan.

Mirip dengan cara Anda menonaktifkan obrolan di WhatsApp, Anda dapat menyegarkan di Safari yang didesain ulang bersama dengan menonaktifkan notifikasi di aplikasi atau utas pesan selama satu jam atau satu hari.

Di iOS 15, Anda sekarang dapat menggunakan seret dan lepas untuk memilih foto dari file dan memasukkannya ke email Anda, membuat berbagi file dan foto antar aplikasi menjadi lebih mudah.

iOS 15.2 juga memiliki sejumlah fitur kecil, seperti tampilan baru untuk ringkasan notifikasi, penyesuaian aplikasi TV, opsi tambahan tentang cara memicu fitur panggilan otomatis dari layanan Panggilan SOS Darurat Apple, dan kemampuan untuk memilih mode makro secara manual. Saat menggunakan CarPlay, ini aktif di kamera, Paket Suara Apple Music baru, dan peta yang ditingkatkan di kota-kota tertentu.

Ada juga semua jenis perbaikan bug. Misalnya, salah satu bug besar di iOS 15.1 adalah perbaikan bug yang mencegah beberapa pengguna menggunakan fitur buka kunci dengan Apple Watch, yang dirancang untuk memungkinkan pengguna iPhone bertopeng melewati ID Wajah.

Bagaimana Cara Menginstal iOS 15?

Jika Anda memiliki iPhone 6S atau versi lebih baru, Anda dapat mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru Apple untuk iPhone dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

iPhone Mana yang Dapat Diperbarui ke iOS 15?

Semua iPhone 6S dan versi lebih baru, termasuk dua model iPhone SE, dapat diperbarui ke iOS 15.

Apa Saja Fitur Utama iOS 15?

Apple fokus pada produktivitas tahun ini. Focus telah mendesain ulang bagaimana dan kapan notifikasi muncul dan memungkinkan Anda untuk bergabung dengan panggilan FaceTime menggunakan tautan web seperti Google Meet.

  • Temukan aplikasi iPhone terbaik
  • Temui iPad Baru (2021) dan iPad mini Baru (2021)

Check Also

Review iPhone XS

Review iPhone XS

techradar.id – IPhone XS masih merupakan hp yang solid. Dibandingkan dengan iPhone X, speaker iPhone XS …