Review Samsung Galaxy S21 Plus

Review Samsung Galaxy S21 Plus

techradar.id – Versi Samsung S21 yang sedikit lebih besar, tetapi apakah itu cocok untuk Anda?

Penilaian Kami

Galaxy S21 Plus adalah hp hebat dengan keunggulannya sendiri, tetapi menawarkan sedikit yang tidak Anda dapatkan dengan Galaxy S21 biasa dan lebih murah, selain dari layarnya yang lebih besar.

Tetapi jika ukuran layar adalah pemecah kesepakatan untuk Anda, dan Anda senang membayar lebih untuk real estat ekstra, Anda akan lebih dari puas dengan saudara tengah dalam keluarga S21.

Kelebihan

  • Desain baru yang keren
  • Kinerja yang luar biasa
  • Kamera yang kuat

Kekurangan

  • Tidak ada dukungan microSD
  • Mahal
  • Tidak ada pengisi daya di dalam kotak

Ulasan 2 Menit

Mengapa membeli Galaxy S21 Plus jika Anda bisa membeli Galaxy S21 atau Galaxy S21 Ultra yang lebih murah, semuanya bernyanyi dan menari?

Ini pertanyaan yang wajar, dan yang memiliki jawaban sederhana: beli S21 Plus jika Anda mencari hp dengan layar lebih besar dan baterai lebih besar daripada Galaxy S21, tetapi Anda tidak memerlukan semua — kebanyakan fotografi — lonceng dan peluit Ultra.

Samsung kini telah menjadikan versi Ultra dari flagships Galaxy S-nya sebagai perangkat untuk dibeli jika Anda menginginkan teknologi terbaru dan terhebat yang dapat ditawarkan oleh raksasa elektronik Korea, meninggalkan Galaxy S21 Plus dalam posisi yang sedikit canggung, dengan uang ekstra yang Anda bayarkan lebih dari S21 “standar”.

Anda mendapatkan sedikit lebih dari layar yang lebih besar dan baterai yang lebih kuat. Apakah S21 Plus $200/£180/AU$300 lebih mahal dari S21? Mungkin, tapi itu tergantung pada apa yang Anda butuhkan.

Dan mungkin tampak aneh bahwa Anda benar-benar mendapatkan beberapa spesifikasi jelek dengan S21 Plus tahun ini dibandingkan dengan Galaxy S20 Plus tahun lalu. Meskipun layar 6,7 inci di sini jauh lebih besar daripada layar 6,2 inci pada S21, resolusinya tidak lagi QHD+, dengan Samsung turun ke Full HD+ untuk ponsel ini dan S21.

Namun, kami menemukan bahwa ini bukan masalah besar, karena ketika kami berbicara tentang layar dengan ukuran ini, resolusi yang lebih tinggi tidak terlalu terlihat. HP ini masih menampilkan layar AMOLED yang cantik dan cerah, yang juga menawarkan kecepatan refresh dinamis cerdas 120Hz.

Juga tidak ada dukungan kartu microSD pada kisaran Samsung Galaxy S21, sesuatu yang dapat menunda mereka yang menghargai memiliki opsi untuk menambah penyimpanan internal hp mereka.

Dari segi kamera, pada dasarnya tidak ada yang berubah sejak tahun lalu, tetapi itu bukan masalah jika Anda meningkatkan dari hp yang lebih lama dari salah satu hp Galaxy S20. Anda mendapatkan kamera utama ultra-lebar yang keduanya 12MP, serta lensa zoom 64MP.

Ini adalah kombinasi kamera yang hebat, dan kami akan memberi peringkat ini dan Galaxy S21, yang memiliki pengaturan yang sama, di antara hp kamera terbaik kami, tetapi Anda tidak perlu meningkatkan ke S21 Plus untuk pengalaman memotret jika Anda sudah memiliki sebuah S20 Plus; dan jika Anda juga menginginkan hp kamera terbaik dari Samsung, lihat Galaxy S21 Ultra.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy S21 Plus dirancang untuk mereka yang menginginkan kombinasi yang sama dari keterjangkauan dan fitur yang ditawarkan Galaxy S21, tetapi dalam paket yang lebih besar.

Ini bukan untuk siapa saja yang menginginkan yang terbaik dari Samsung, tetapi jika Anda membutuhkan layar yang lebih besar dari Galaxy S21, Anda akan menikmati hp ini.

Tanggal dan Harga Rilis Samsung Galaxy S21 Plus

Samsung Galaxy S21 Plus diumumkan pada 14 Januari bersama Galaxy S21 dan Galaxy S21 Ultra di acara Unpacked virtual perusahaan, dengan Samsung meluncurkan jajaran flagship 2021 sebulan atau lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.

Tanggal rilis Samsung Galaxy S21 Plus adalah 29 Januari 2021 di sebagian besar wilayah, termasuk AS, Inggris, dan Australia. Ini berarti Anda sekarang dapat membeli hp ini di ketiga negara, serta di pasar utama lainnya.

Galaxy S21 Plus secara resmi mulai dari $999 / £949 / AU$1.549 untuk varian 128GB, RAM 8GB telepon. Ada juga versi 256GB/8GB, dan harganya $1049 / £999 / AU$1.649.

Itu jauh lebih murah daripada harga peluncuran Galaxy S20 Plus, khususnya di AS – ponsel ini diluncurkan seharga $1.199 / £999 / AU$1.649 pada tahun 2020. Itu sebagian besar karena perusahaan memilih layar Full HD+ daripada resolusi Panel QHD Atas – Kami ‘ll menyelam ke itu lebih di bawah.

Harga Samsung Galaxy S21 Plus juga telah sedikit turun sejak diluncurkan, dengan ponsel ini tersedia dari sekitar $800 / £720 / AU$1,350 di beberapa toko mulai Juli 2021.

Tidak seperti seri Galaxy S20, semua hp di jajaran Galaxy S21 sudah siap 5G — tidak ada versi 4G yang lebih murah dari S21 Plus, tetapi Anda memiliki konektivitas ultra cepat di mana pun tersedia, jika Anda memiliki perangkat paket data yang kompatibel.

Desain

Desain Samsung Galaxy S21 Plus adalah tempat kami melihat perbedaan paling jelas dibandingkan dengan S20 Plus tahun lalu; S21 Plus, bersama dengan S21 dan S21 Ultra standar, telah diberi bahasa desain yang sama sekali baru.

Menurut pendapat kami, hp yang difoto selama tinjauan ini, dalam warna ungu dengan modul kamera berwarna emas, adalah warna terbaik untuk dipamerkan. HP ini juga tersedia dalam warna hitam, putih, abu-abu, pink dan merah.

Layarnya adalah layar AMOLED 6,7 inci, dan benar-benar datar, sehingga Anda tidak mendapatkan tepi melengkung di kiri dan kanan layar, seperti pada model sebelumnya.

Beberapa mungkin salah dari perspektif desain, tetapi kami tidak yakin banyak orang akan memperhatikan atau keberatan – dan menghilangkan tepi melengkung pada layar dapat berarti lebih sedikit tekanan yang tidak disengaja.

Bagian belakang hp dilapisi kaca, yang memberi model Plus nuansa yang sedikit lebih mewah daripada S21 standar, yang bagian belakangnya dibungkus kaca/plastik hibrida yang oleh Samsung disebut “Glasstic”.

Seperti pada hp ini, ia memiliki lapisan matte yang memberikan tampilan dan nuansa yang tenang dan canggih pada ponsel. Ini adalah hp yang, terlepas dari ukuran dan beratnya, tetap terasa nyaman di tangan.

Sebagian besar pengguna akan merasa mudah untuk mencapai tombol on/off dan volume, meskipun jika Anda memiliki tangan yang lebih kecil, atau jika Anda lebih suka hp yang lebih kecil secara umum, Anda akan lebih senang dengan S21.

Di tepi bawah hp terdapat slot kartu SIM, port USB-C dan kisi-kisi speaker, dan di sisi kanan terdapat tombol daya dan kontrol volume. Jika Anda menahan tombol daya, hp tidak mati (fitur ini malah disembunyikan di menu tarik-turun), melainkan menyalakan asisten pintar Bixby Samsung.

Tampilan

Seberapa pentingkah resolusi layar pada smartphone? Kami mengajukan pertanyaan karena, agak kontroversial, Samsung menurunkan resolusi S21 ke Full HD+, turun dari resolusi QHD+ S20 Plus tahun lalu.

Namun, pada layar hp – bahkan layar yang lebih besar – perbedaannya tidak akan terlihat oleh kebanyakan orang hampir sepanjang waktu, dan resolusi yang lebih rendah menghemat masa pakai baterai serta membantu menjaga harga tetap rendah.

Kerapatan pikselnya cukup untuk membuat layar terlihat sangat tajam, dan meskipun Anda mungkin melihat perbedaan jika menggunakan hp ini dari S20 Plus – mungkin saat menonton film HD – layar ini masih cukup bagus.

Secara khusus, kami penggemar kecepatan refresh tampilan dinamis 120Hz, karena hp secara cerdas menyesuaikan kecepatan refresh tergantung pada apa yang Anda lakukan.

Jika Anda bermain game, misalnya, kecepatan refresh naik hingga 120Hz untuk grafis dan game super mulus, sementara jika Anda hanya memeriksa halaman web atau mendengarkan podcast, kecepatan refresh akan diturunkan sehingga Anda tidak t sia-sia menguras baterai Anda.

Berlawanan dengan perbedaan resolusi yang disebutkan di atas, jika Anda belum pernah menggunakan hp layar 120Hz sebelumnya, Anda pasti akan melihat perbedaannya, dan Anda akan terkesan.

Animasi dan penggulirannya sangat halus sehingga terasa seperti Anda sedang memindai halaman buku atau majalah alih-alih melihat layar smartphone. Pembaruan layar selamat datang lainnya adalah pemindai sidik jari dalam layar, yang 70% lebih besar dari hp tahun lalu dan mudah ditemukan dengan nomor Anda.

Namun, kami merasa murung ketika harus benar-benar mengetahui pengetikan dan membuka kunci hp, dan kami sering kali harus memasukkan kode PIN untuk memicu entri.

Kamera

Pengaturan kamera pada Samsung Galaxy S21 Plus pada dasarnya sama dengan S20 Plus tahun lalu. Tidak apa-apa bagi kami, karena kamera pada S20 Plus sangat bagus, dan tahun ini Samsung telah melakukan peningkatan di sisi perangkat lunak.

Dimulai dengan perangkat keras, Anda akan mendapatkan lagi kamera utama 12MP dan kamera ultra lebar 12MP, dan kamera telefoto 64MP dengan zoom hibrida 3x.

Zoom telefoto ini tidak akan mengesankan seperti alat telefoto ganda pada S21 Ultra yang dapat memperbesar hingga 100x. Atau, ini menawarkan perbesaran digital hingga 30x tetapi hasilnya tidak begitu mengesankan pada perbesaran maksimum.

Namun, kami menemukan bahwa foto dengan pembesaran hingga 10x masih dapat digunakan di media sosial atau saat dibagikan dengan teman.

Kamera selfie 10MP di bagian depan hp tidak begitu mengesankan seperti kamera belakang, tetapi melakukan semua yang Anda butuhkan untuk melakukannya dengan baik.

Kami dapat mengambil beberapa selfie yang terlihat bagus, dan yang terpenting, pada saat kami semakin bergantung pada panggilan video baik untuk bekerja atau kumpul-kumpul sosial, kualitas video dari kamera ini juga bagus.

Fitur baru lainnya di sini adalah mode tampilan sutradara, yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Idenya adalah blogger dan pembuat konten lainnya dapat mengambil snapshot interaktif dari diri mereka sendiri pada saat yang sama saat mereka mengambil gambar utama mereka, dan mengeditnya bersama-sama, dan kami telah menemukan bahwa itu bekerja dengan baik.

Peningkatan perangkat lunak ini mencakup beberapa penyesuaian pada mode Single Take, pengaturan di mana Samsung memungkinkan Anda untuk mengambil berbagai foto dan video menggunakan ketiga kamera secara bersamaan.

Ini sekarang memiliki mode gerak lambat baru, dan seperti sebelumnya, kami menemukan Single Shot sangat berguna saat mengambil foto hewan peliharaan yang tidak terduga karena Anda akan disambut dengan berbagai hasil dengan satu ketukan rana kamera.

Anda juga dapat merekam video 8K pada 24fps dengan tingkat detail yang sangat tinggi, meskipun rekamannya sedikit terpotong menurut selera kami. Lebih bermanfaat adalah opsi 4K pada 30 atau 60 fps, dan Full HD pada 30 atau 60 atau gerakan lambat pada 240 fps.

Spesifikasi dan Kinerja

Spesifikasi Samsung S21 Plus

  • Berat: 200g
  • Dimensi: 161,5 x 75,6 x 7,8 mm
  • Ukuran layar: 6.7 inci
  • Resolusi: FHD + (2400 x 1080)
  • Tingkat penyegaran: 120 Hz
  • Kepadatan Piksel: 394ppi
  • Chip: Snapdragon 888 / Exynos 2100
  • RAM: 8 GB
  • Penyimpanan: 128GB / 256GB
  • Kamera belakang: 12 MP + 64 MP + 12 MP
  • Kamera depan: 10 MP
  • Baterai: 4800 mAh

HP Galaxy S21 adalah salah satu hp pertama yang diluncurkan dengan Qualcomm Snapdragon 888 (di pasar AS) dan yang pertama menggunakan Exynos 2100 (chipset milik Samsung, yang menggerakkan hp yang dijual di pasar di luar AS).

Kami hanya menguji versi Exynos 2100 dari S21 Plus sejauh ini, dan tampaknya membuat lompatan kinerja yang besar dibandingkan chip Samsung generasi sebelumnya.

Di masa lalu, prosesor Exynos cenderung satu atau dua langkah di belakang teknologi Qualcomm, tetapi tahun ini kesenjangan itu tampaknya telah menyempit.

Di Geekbench 5, Galaxy S21 Plus kami mengembalikan skor multi-core 3170, dan skor single-core 1035. Itu pada dasarnya setara dengan Galaxy S21 bertenaga Exynos standar, yang tidak mengejutkan, karena kedua hp berbagi sebagian besar komponen dan fiturnya.

Tes benchmark tidak selalu menceritakan kisah lengkapnya, tentu saja, tetapi seperti S21, S21 Plus terasa lebih cepat dalam penggunaan sehari-hari daripada pendahulunya, menangani tugas-tugas berat seperti multitasking dan menjalankan banyak aplikasi dalam mode layar terpisah dengan mudah.

Galaxy S21 Plus mengemas RAM 8GB. Jika Anda menginginkan lebih, Anda dapat memilih S21 Ultra, yang hadir dengan RAM 12GB dalam konfigurasi dasarnya tetapi juga tersedia dengan RAM 16GB, tetapi 8GB seharusnya cukup untuk kebanyakan orang.

Apa yang berpotensi lebih bermasalah bagi banyak pembeli potensial adalah kurangnya slot kartu microSD. Penyimpanan yang dapat diperluas adalah salah satu keunggulan besar yang dimiliki hp Android dibandingkan iPhone Apple, tetapi ini adalah area lain di mana Samsung telah mengambil jalan pintas tahun ini.

Anda terjebak dengan penyimpanan internal, dan model termurah S21 Plus hadir dengan 128GB, yang cukup buruk menurut standar smartphone modern, dan terlebih lagi jika Anda tidak memiliki opsi untuk memperluasnya.

Anda dapat meningkatkan ke model 256GB dengan tambahan $50/£50/AU$100, tetapi itu masih jumlah yang besar, terutama jika Anda akan merekam banyak video.

Galaxy S21 Plus menjalankan Android 11 dengan antarmuka Samsung One UI 3.0. Kami telah menemukan bahwa itu berfungsi dengan baik, tetapi perlu diketahui bahwa itu bisa memakan waktu hingga satu tahun dari peluncuran sebelum Anda bisa mendapatkan Android 12 di hp ini.

Bahkan jika Google merilis pembaruan pada bulan Agustus – Samsung bisa menjadi sedikit lambat ketika itu datang ke Perintah untuk merilis versi baru Android. Meskipun demikian, kebocoran menunjukkan bahwa perusahaan dapat melakukan lebih baik tahun ini.

Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy S21 Plus memiliki baterai 4800mAh – 800mAh lebih besar dari baterai di Galaxy S21, dan 200mAh lebih kecil dari baterai di S21 Ultra. Secara nyata, ini berarti Anda akan mendapatkan masa pakai yang sedikit lebih lama daripada S21, dan segera sama dengan Ultra.

Daya tahan baterai adalah poin kuat bagi Samsung, dan sekali lagi kami terkesan dengan jumlah penggunaan yang dapat kami peroleh dari hp ini dari pengisian daya penuh. Dengan penggunaan moderat, tetapi dengan hp yang masih berjalan, kami dapat tetap menjalankannya selama lebih dari 48 jam.

Dengan penggunaan reguler, Anda dapat dengan mudah mengelola sepanjang hari dan sepanjang malam sebelum Anda perlu mengisi ulang, dan bahkan jika Anda adalah pengguna berat aplikasi yang haus daya, Anda masih dapat mengelola pekerjaan sehari penuh.

Namun, kami harus mencatat bahwa kami tidak melihat banyak perbedaan dibandingkan dengan versi S20 Plus tahun lalu, jadi jangan berharap untuk meningkatkan mengharapkan peningkatan besar di sini.

Samsung mengikuti Apple dalam memilih untuk tidak memasukkan pengisi daya ke dalam kotak, berpikir kebanyakan orang akan memiliki pengisi daya USB-C di rumah. Jika Anda tidak memilikinya, Anda harus memperhitungkan biaya tambahan untuk membelinya selain harga hp.

Samsung telah memangkas harga chargernya menjadi $ 19 di AS, tetapi di pasar lain harganya masih cukup mahal, jadi itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan.

Beberapa orang mungkin menganggap ini menjengkelkan, tetapi secara keseluruhan kami akan mengatakan ini adalah langkah positif dari Samsung dalam hal mengurangi limbah elektronik, dan kebanyakan orang kemungkinan sudah memiliki charger smartphone yang layak.

Dukungan untuk pengisi daya 45W yang bekerja dengan seri S20 telah dihentikan tahun ini — Samsung mengatakan telah meningkatkan kemampuan pengisian daya 25W untuk hp barunya, sehingga pengisian daya 45W tidak menawarkan banyak keuntungan.

Kami tidak secara khusus menguji klaim itu, tetapi pengisiannya cukup cepat, dan pengisian nirkabel Qi juga berfungsi dengan baik. S21 Plus juga dapat digunakan untuk pengisian daya terbalik, sehingga Anda dapat mengisi daya Galaxy Buds atau aksesori lain yang kompatibel dengan Qi dengan meletakkannya di bagian belakang ponsel.

Haruskah Membeli Samsung Galaxy S21 Plus?

Beli Kalau

Anda pikir Galaxy S21 terlalu kecil

Suka tampilan Galaxy S21 tapi butuh layar yang sedikit lebih besar? Jika demikian, maka S21 Plus adalah hp yang Anda cari, dengan layar 6,7 inci yang jauh lebih besar dari layar S21 6,2 inci.

Ingin Android baru yang kuat

HP Samsung adalah salah satu yang terbaik di pasaran karena suatu alasan, dan S21 Plus adalah salah satu hp paling kuat yang dapat Anda beli. Jika Anda akan membeli hp Android yang hebat, ini adalah pilihan yang sangat baik dengan chipset kelas atas dan banyak RAM.

Anda memiliki hp Samsung yang lebih lama

Jika saat ini Anda memiliki Galaxy S10 atau Galaxy S9, S21 Plus adalah peningkatan yang menarik. Ini cepat, kuat, dan tahan masa depan berkat dukungan 5G.

Jangan Beli Kalau

Anda memiliki S20 atau S20 Plus

Anda tidak akan mendapatkan banyak keuntungan dengan mengganti S20 Plus tahun lalu dengan S21 Plus, dan dalam beberapa hal — layar beresolusi lebih rendah dan kurangnya dukungan microSD — Anda benar-benar akan mendapatkan spesifikasi yang lebih rendah. Tidak berniat mengganti S20 Anda.

Ingin banyak ruang penyimpanan

Seperti disebutkan di atas, slot microSD untuk kisaran Galaxy S21 telah dijatuhkan, dan jika Anda menginginkan penyimpanan internal 256GB alih-alih penawaran dasar 128GB, Anda akan menghabiskan lebih banyak. Ini bukan hp untuk mereka yang membutuhkan banyak ruang.

Anda menginginkan hp Samsung terbaik

Jika Anda menginginkan yang terbaik dari apa yang ditawarkan Samsung pada tahun 2021, Anda akan menginginkan Galaxy S21 Ultra. S21 Plus tidak diragukan lagi merupakan smartphone hebat dengan spesifikasi hebat, tetapi S21 Ultra adalah binatang yang mutlak.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Harga Samsung Galaxy S21 5g Samsung Galaxy S21 Plus 5gSamsung Galaxy S21 Plus Harga Samsung S21 5g Samsung S21 Plus Harga Dan Spesifikasi

Check Also

Justice in Gilbert: How Auto Accident Attorneys Make a Difference

Understanding the Role of Auto Accident Attorneys in Gilbert Auto accident attorneys in Gilbert play …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *