Review Google Pixel 5

Review Google Pixel 5

techradar.id – Google Pixel 5 adalah unggulan yang terjangkau dengan beberapa kompromi

Penilaian Kami

Google Pixel 5 kehilangan beberapa fitur yang lebih canggih dari pendahulunya untuk menjaga biaya tetap rendah, dan hasilnya adalah hp yang disederhanakan dengan perangkat lunak kamera yang hebat dan antarmuka Android yang bersih.

Tetapi tanpa beberapa fasilitas premium itu, seperti lensa telefoto, yang terlihat di hp lain dengan harga yang sama, Pixel 5 berjuang untuk membedakan dirinya dari pesaing. Ini adalah hp yang bagus dengan harga yang ramah konsumen – tetapi itu juga berlaku untuk hp 2020 lainnya.

Kelebihan

  • Perangkat lunak kamera lebih baik dari sebelumnya
  • Casing logam mengganti kaca yang menyegarkan
  • Bersihkan antarmuka Android

Kekurangan

  • Tidak ada kamera telefoto
  • Fotografi malam sedang

Ulasan 2 Menit

Google Pixel 5 mewakili perubahan strategis untuk raksasa teknologi: hp tidak cukup memiliki spesifikasi dan fitur untuk bersaing dengan flagships papan atas, tetapi hp yang lebih terukur dengan biaya yang lebih rendah.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy S21s di dunia, Pixel 5 berfokus pada hal terbaik yang dilakukan hp Pixel: menghadirkan pengalaman kamera yang disederhanakan dan luar biasa kepada pengguna dan antarmuka Android yang sangat bersih.

Ini adalah jalan yang dikejar Google Pixel 5a, dan mengingat kesamaan antara kedua hp (keduanya akan mendapatkan Android 12 akhir tahun ini), satu-satunya hal yang Pixel 5 dibandingkan dengan saudara kandungnya yang lebih murah adalah ukuran yang lebih kecil dan lebih halus.

Jika Anda menginginkan hp Pixel yang lebih premium, Anda mungkin ingin menunggu Google Pixel 6 — Google telah secara resmi mengungkapkan desain dan mengonfirmasi bahwa itu akan mengemas SoC internal pertama perusahaan, chipset Tensor, dan menyarankan harganya mirip dengan hp kelas atas lainnya.

Meskipun kami senang dengan hp ini, itu masih berarti bahwa jika Anda menginginkan hp yang lebih sederhana dengan harga lebih rendah yang masih mengguncang versi Android terbaru, Google Pixel 5 adalah pilihan hp yang bagus dan ramping.

Kata “disederhanakan” dapat berlaku untuk seluruh telepon, sungguh: Ini memiliki sasis serba bisa yang melengkung di belakang di sekitar sisi, dan itu logam, jadi Anda tidak perlu khawatir akan pecah.

Google juga membawa kembali sensor sidik jari di bagian belakang hp, yang lebih mudah ditemukan tanpa melihatnya daripada pemindai dalam layar. Dan dengan versi Android 11 yang paling murni, tidak ada komplikasi bloatware atau OS.

Penyederhanaan juga bisa berarti kekurangannya, dan Google telah memotong beberapa sudut dalam desain Pixel 5 untuk menurunkan harga ke flagships yang lebih mahal seperti Samsung Galaxy S20 Fan Edition dan OnePlus 9.

Dalam banyak hal, itu bagus, tetapi ada beberapa kompromi yang mencegahnya terasa seperti turnamen slam dunk yang terjangkau. Chipset Pixel 5 tidak akan cukup mengimbangi prosesor di S20 FE atau hp OnePlus baru, dan kamera mereka tidak memiliki kemampuan zoom yang serius.

Tapi itulah eksklusivitas yang kami lewatkan juga: Penggemar sensor kedalaman Soli Google Pixel 4, yang mengaktifkan gerakan di udara, akan sedih melihatnya menghilang.

Dalam langkah langka bagi pembuat hp, Google telah meninggalkan teknologi daripada mereplikasinya; LG melakukan hal yang sama ketika membuang sensor kedalamannya, yang diperkenalkan pada LG V50, ketika mengeluarkan LG V60.

Secara pribadi, kami tidak merindukan Sully, meskipun kami merindukan pengalaman unik Google. Tetapi sementara beberapa teknologi kelas atas telah ditinggalkan, itu bukan kemunduran total: Pixel 5 memiliki pengisian nirkabel, tampilan kecepatan refresh 90Hz, dan 5G, sementara baterai 4.000 mAh-nya jauh lebih besar, dan karenanya bertahan lebih lama. banyak, baterai 2800 mAh di Pixel 4.

Pada akhirnya, Pixel 5 adalah tas campuran, dengan beberapa kelalaian aneh di hp yang solid. Ini dirancang untuk mencapai ceruk untuk tipe konsumen tertentu yang suka melupakan beberapa fitur utama untuk pengalaman foto yang disempurnakan, dan memang demikian.

Tetapi itu adalah sesuatu yang dimiliki hp lain, seperti Google Pixel 4a 5G, yang memiliki kemampuan foto yang hampir identik, ditawarkan dengan harga yang lebih rendah secara signifikan.

Tetapi Google Pixel 5 menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh kebanyakan flagships lainnya: terlihat seperti salah satu hp terkecil di pasaran, meskipun memiliki layar OLED 6 inci yang tidak terlalu kecil, dan dapat digunakan dengan nyaman dengan satu telapak tangan.

Dengan kedatangan iPhone 12 mini yang akan segera terjadi, ia akan menghadapi beberapa persaingan serius di ruang “mini-flagship”.

Harga dan Tanggal Rilis Google Pixel 5

Google Pixel 5 dirilis di AS, Inggris, dan Australia pada 15 Oktober.

Dengan harga $699/£599/AU$999, Google Pixel 5 hadir hanya dalam satu konfigurasi, dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Ini tersedia dalam dua warna: hanya hitam dan Sorta Sage hijau.

Ini lebih murah daripada Pixel 4, yang dimulai dari $799 / £669 / AU$1.049; Meskipun, seperti yang disebutkan, biaya ini disertai dengan beberapa konsesi.

Itu menempatkan harga Pixel 5 di ujung bawah kisaran harga utama, dengan Pixel 4a 5G, opsi berikutnya turun, rata-rata $ 499 / £ 499 / AU $ 799 – meskipun spesifikasinya hampir sama (Snapdragon 765G, 6GB RAM RAM, 128 GB penyimpanan) dan kamera, 4a 5G memiliki banyak gangguan dengan Pixel 5 meskipun biayanya lebih rendah.

Desain

Google Pixel 5 adalah hp pertama yang memiliki bagian belakang metalik — industri telah beralih ke kaca untuk memungkinkan transmisi sinyal yang lebih baik (dan pengisian nirkabel).

Bungkus logam di sekitar sisi untuk sasis all-in-one yang juga langka saat ini, dan kami berharap desain ini lebih tahan aus, baik karena aus atau jatuh yang lebih serius.

Logam itu sendiri memiliki lapisan matte yang membuatnya terlihat sedikit lebih seperti polikarbonat daripada bingkai aluminium biasa. Teksturnya terlihat menarik tetapi tidak begitu menarik, meskipun satu hal yang pasti: ini memungkinkan kami untuk menggenggam hp dengan lebih kuat.

Ini penting karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, hp ini terlihat kecil: meskipun memiliki layar 6 inci, sasis all-in-one dan bezel kecil berarti hp ini terasa lebih ringkas – dan dengan ketebalan 8mm, hp ini juga salah satu hp yang tertipis di pasar.

Tidak semua aspek format mikro dirancang dengan sempurna: tombol pengunci logam dan tombol volume di sisi kanan hp hampir tidak menonjol dari bodi hp dan memiliki ketahanan lebih dari yang Anda harapkan, membuatnya agak sulit untuk ditekan.

Ini adalah perubahan dari tombol plastik besar dan menonjol pada Pixel 4 dan Google Pixel 4a (serta 4a 5G), yang lebih mudah ditangani. Ini adalah kritik yang aneh tapi patut dicatat. Saat ini, kami jarang mengeluh tentang tombol.

Jika bingkainya terbuat dari logam, bagaimana cara kerja pengisian daya nirkabel? Ternyata Google cerdik, mengebor lubang kecil di panel belakang di atas koil pengisi daya, lalu menutupinya dengan resin dan melumasinya, seperti yang ditemukan Daniel Bader dari Android Central.

Di bagian belakang atau ponsel adalah susunan kamera persegi yang hampir identik dengan yang ada di Pixel 4, meskipun lampu kilat bergerak dari atas susunan ke bawah.

Sensor sidik jari terletak di tengah atas belakang dalam lubang melingkar; Ini tidak seakurat yang kami inginkan, dan terkadang kami perlu dua kali mencoba untuk mencetak angka, meskipun mudah ditemukan tanpa melihat.

Ada baki SIM di sisi kiri, meskipun sayangnya tidak ada slot microSD untuk ekspansi penyimpanan. Ada port USB-C di bagian bawah ponsel dan speaker di sebelah kanan. Sayangnya, kualitas suara speaker yang sangat kami puji di Pixel 4 hampir kalah dengan Pixel 5, dan condong ke arah audio yang kecil.

Tampilan

Layar Full HD Plus 6 inci (2340 x 1080) tajam dan cerah, dengan bezel minimal dan lubang punch untuk menampung kamera depan.

Ini berarti rasio layar-ke-tubuh jauh lebih baik daripada Pixel 4, yang memiliki bilah hitam pekat di bagian atas layarnya – tetapi karena bilah itu memiliki sensor yang berbeda, termasuk sensor kedalaman Soli yang mengaktifkan fitur seperti di- kontrol gerakan udara ini adalah fitur pahit untuk memiliki lebih banyak layar real estat di sini.

Layar mempertahankan kecepatan refresh 90Hz yang dibawa Google dengan Pixel 4, dan juga mulus di sini.

Meskipun menguras baterai lebih cepat untuk membuatnya tetap berjalan (Anda dapat beralih kembali ke 60Hz dalam pengaturan), efeknya sepadan ketika Anda menjelajahi internet atau perpustakaan aplikasi Anda tanpa kegagapan yang akan Anda alami pada 60Hz dan layar yang lebih rendah.

Kamera

Google Pixel 5 memiliki sepasang kamera belakang, dan Anda akan dimaafkan jika mengira mereka sama dengan yang ada di Pixel 4, karena hp baru mewarisi blok kamera berlapis kaca hp lama. Ini memiliki penembak utama 12.2MP yang sama, tetapi Pixel 5 menggantikan lensa telefoto optik 2x pendahulunya untuk lensa ultra lebar 16MP.

Sementara lensa ultra lebar berarti meninggalkan Pixel 5 tanpa kemampuan zoom yang tepat, kami lebih suka Anda memiliki opsi untuk mengompresi lebih banyak orang, atau lebih banyak adegan, ke dalam bingkai, meskipun bidang pandang 107 derajat tidak cukup.

Selebar beberapa lensa ultra lebar Amplitudo lebih dari 120 derajat di hp lain. Namun, ketika membandingkan bidikan, kamera zoom optik 2x Pixel 4 tidak berkinerja lebih baik daripada zoom digital pada Pixel 5. Kamera ini mencetak skor lain untuk manfaat ultra-lebar.

Bidikan yang kami ambil dengan Pixel 5 selama periode pengujian kami adalah hasil yang beragam. Fokus adalah masalah dengan subjek yang dekat dengan kita, atau bergerak.

Foto-foto terbaik kami diambil di siang hari bolong – mereka tampak tajam dan memiliki palet warna yang bagus – tetapi foto-foto cahaya rendah memiliki noise yang sama, atau sedikit lebih, daripada foto serupa yang diambil dengan ponsel unggulan lainnya.

Mengingat fokus kuat seri Pixel pada fotografi malam, ini agak mengejutkan. Namun, telepon mengambil warna yang akurat dalam cahaya rendah — dibandingkan dengan foto yang diambil pada iPhone 11 Pro Max, misalnya, yang dapat menunjukkan warna kuning, Pixel 5 menangkap warna yang benar.

Lensa ultra lebar juga menciptakan lebih sedikit distorsi di bagian tepinya dibandingkan foto yang diambil dengan lensa serupa di ponsel lain.

Pixel 5 sudah hadir sendiri dalam perangkat lunak pengeditannya: buka gambar dan klik tombol tiga “level” dan Anda akan menemukan banyak tombol pengeditan, yang disusun ulang dalam antarmuka yang jauh lebih ramah pengguna daripada di Pixel 4.

Di sana adalah trik perangkat lunak baru, Like Portrait Light, yang mensimulasikan pencahayaan penuh untuk mencerahkan wajah dan subjek pada sudut tertentu — berguna jika Anda ingin menambahkan pencahayaan dramatis, atau menonjolkan bagian subjek setelah Anda mengambil foto.

Seperti biasa dengan hp seri Pixel, Pixel 5 mengandalkan perangkat lunaknya untuk menghasilkan bidikan dinamis dengan warna cemerlang, dan bahkan memperkenalkan cara baru yang menarik untuk memproses foto setelah Anda mengambilnya; Namun, itu tidak meningkatkan bidikan rata-rata dalam cahaya rendah.

Spesifikasi dan Kinerja

Spesifikasi Pixel 5 adalah salah satu dari beberapa area di mana Google telah diretas, dan berpotensi menghemat biaya. Chipset Snapdragon 765G tidak sebaik Snapdragon 865 yang mendukung flagships Android 2020, seperti lini Samsung Galaxy S20 atau Snapdragon 865 Plus di OnePlus 8T yang baru, misalnya, tetapi bekerja dengan cukup baik.

Dipasangkan dengan RAM 8GB, Pixel 5 menavigasi tugas mulai dari menjelajah web hingga bermain game dan media. Kami tidak mengalami perlambatan kritis, meskipun setelah memainkan beberapa putaran Call of Duty: Mobile kami melihat beberapa masalah animasi (untungnya tidak di tengah permainan).

Tolok ukurnya adalah cerita lain: dengan skor Geekbench 5 1617, spesifikasi Pixel 5 berkinerja lebih buruk daripada Samsung Galaxy S20 Fan Edition (2928), yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 865.

Itu tidak sepenuhnya mengejutkan, tetapi memang demikian. menunjukkan kecepatan Mengingat bahwa Google Pixel 4a 5G mencetak ~ 1614, kami memiliki lebih banyak dukungan bahwa Google Pixel 5 tidak berkinerja jauh lebih baik daripada rekan yang lebih murah.

Sejak peluncuran Google Pixel 5, sejumlah smartphone yang sangat terjangkau telah muncul dengan skor Geekbench 5 yang lebih baik, yang tidak tercermin dengan baik di hp ini.

Pixel 5 memiliki penyimpanan 128GB dalam satu-satunya konfigurasi, dan seperti pendahulunya, Anda tidak dapat memperluasnya melalui kartu micro SD. Ini membuat frustrasi, dan itu berarti bahwa jika Anda menginginkan lebih banyak penyimpanan, Anda harus memilih solusi cloud.

Pixel 5 menjalankan Android 11 di luar kotak, memanfaatkan fitur baru termasuk perekaman layar bawaan, fitur obrolan yang mengumpulkan semua pesan Anda dari berbagai aplikasi di satu tempat, dan kontrol rumah pintar yang ditingkatkan

Daya Tahan Baterai

Salah satu peningkatan terbesar Pixel 5 dibandingkan pendahulunya adalah baterai 4.000 mAh — dalam pengujian tidak resmi kami, baterai bertahan dengan nyaman pada hari kedua, sedangkan Pixel 4, dengan baterai 2.800 mAh, mencapai nomor satu di sore hari.

Daya tahan baterai adalah keluhan utama dengan Pixel 4, dan Google tampaknya telah menerima pesan tersebut. Selain kapasitas yang diperluas, Pixel 5 juga memiliki fitur perangkat lunak baru: Penghemat Baterai Ekstrim.

Seperti yang Anda bayangkan, ini adalah versi yang ditingkatkan dari Penghemat Baterai standar, yang mengabaikan pengaktifan mode gelap dan menjeda aktivitas latar belakang untuk mematikan hotspot Wi-Fi dan aktivitas menguras baterai lainnya – meskipun yang penting, Anda dapat memasukkan aplikasi ke daftar putih menjaga mereka berjalan normal.

Pixel 5 dilengkapi dengan pengisi daya cepat 18W di dalam kotak, dan mendukung pengisian daya nirkabel Qi. Anda juga dapat menggunakan telepon untuk membalikkan pengisian daya perangkat lain secara nirkabel, dan meskipun kami merasa agak sulit untuk mengisi daya perangkat yang lebih kecil secara terus-menerus (seperti kasing headphone nirkabel), mudah untuk mengisi daya telepon lain.

Haruskah Membeli Google Pixel 5?

Beli Kalau

Anda suka mengambil dan mengedit foto

Pixel 5 tidak memiliki beragam kamera belakang, tetapi perangkat lunak fotonya sangat bagus — terutama dalam hal cara mengedit foto setelah Anda mengambilnya.

Ingin hp andalan yang ringkas

Pixel 5 dapat digunakan dengan satu tangan dengan relatif mudah, yang tidak terjadi pada kebanyakan hp unggulan, dan tidak akan memakan banyak ruang di saku atau tas.

Ingin pengalaman Android murni

Google Pixel 5 menjalankan Android 11, dan ini adalah salah satu hppertama yang melakukan ini, dan seperti biasa pada hp Pixel, itu tidak membengkak dengan aplikasi, pengaturan, atau penambahan antarmuka yang tidak perlu lainnya.

Jangan Beli Kalau

Anda menginginkan hp paling kuat di luar sana

Pixel 5 cepat, tetapi tidak secepat hp paling kuat di luar sana, seperti Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Ingin kamera hp terbaik

Pixel 5 mengambil foto yang bagus, tetapi tidak memiliki set lensa paling canggih. Jika Anda menginginkan fotografi zoom yang kuat, pilih hp dengan lensa telefoto, seperti lini Samsung Galaxy S20.

Ingin layar terbesar di luar sana

Pixel 5 memiliki layar 6 inci yang bagus, tetapi mudah mengering untuk hp yang lebih besar seperti Samsung Galaxy S20 Fan Edition dengan harga yang sama dan OnePlus 8T 6,55 inci, atau, dengan harga lebih tinggi, Samsung Galaxy S20 6,7 inci. Plus.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Google Store Google Pixel 5 Bekas Google Pixel 5 Gsmarena Google Pixel 5 Harga Google Pixel 5 ProGoogle Pixel 5 Pro Harga Google Pixel 5 Review Google Pixel 5 Xl Google Pixel 5a Harga

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *