Review iPhone 13 Pro

Review iPhone 13 Pro

techradar.id – Peningkatan kecil, tetapi paket yang tampak hebat

Penilaian Kami

IPhone 13 Pro adalah salah satu smartphone terbaik tahun 2021, meskipun tidak cukup untuk menjamin peningkatan dari 12 Pro. Daya tahan baterai adalah yang terbaik yang pernah kami lihat di iPhone Pro Apple, dan Anda mendapatkan kinerja tingkat atas, susunan kamera yang hebat, dan layar 120Hz yang sangat mulus.

Meskipun tidak ada peningkatan tahun 2021 yang besar sendiri, mereka menambahkan untuk memberikan pengalaman smartphone yang luar biasa.

Kelebihan

  • Kinerja yang luar biasa
  • Daya tahan baterai yang kuat
  • Mode pemotretan makro yang menarik

Kekurangan

  • Perubahan desain terbatas
  • Sangat mahal
  • 4K ProRes dibatasi hingga 128GB

Ulasan 2 Menit

IPhone 13 Pro bukan hp kelas atas Apple saat ini, tetapi ia menawarkan pengalaman menyeluruh yang hebat, dengan beberapa masa pakai baterai terbaik yang pernah kami lihat di iPhone, dan beberapa kinerja terbaik yang kami miliki.

Yang pernah ada di ponsel full-stop mana pun, menjadikannya bersama dengan beberapa peningkatan kecil, ini adalah smartphone yang benar-benar sempurna.

IPhone 13 Pro Max mungkin menjadi pilihan bagi siapa saja yang mencari yang terbaik dari Apple, tetapi banyak hal yang membuat smartphone ini hebat juga tersedia di sini, dengan harga sedikit lebih murah $999 / £949 / AU$1.699.

Jika Anda sudah memiliki iPhone, iPhone 13 Pro mungkin merupakan peningkatan besar – kecuali Anda saat ini memiliki iPhone 12 Pro atau Pro Max tahun lalu – dengan peningkatan pada hampir semua fitur.

Satu pengecualian adalah desainnya, yang tetap mirip dengan iPhone 12 Pro. Ada lapisan matte di bagian belakang ponsel dan tepi stainless steel, yang membuat ponsel terlihat premium dengan tepat.

Chipset Bionic A15 baru yang dipasangkan dengan RAM 6GB memberikan lebih dari cukup daya untuk menjalankan aplikasi paling berat sekalipun yang akan Anda temukan di Apple App Store, sementara hp mulai dengan penyimpanan 128GB, dengan opsi hingga 1TB bagi mereka yang membutuhkan paling banyak dari luar angkasa.

IPhone 13 Pro juga menawarkan pengalaman kamera yang luar biasa, dengan beragam kamera yang dapat menangani fotografi siang dan malam dengan mudah. Kamera telefoto dan makro berarti Anda juga dapat memotret pada berbagai jarak.

Daya tahan baterai adalah salah satu peningkatan terbesar, dan kami menemukan iPhone 13 Pro mampu bertahan sehari penuh, apa pun yang kami lakukan. Ini tidak akan bertahan selama iPhone 13 Pro Max, tetapi akan bertahan lebih lama daripada iPhone yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

Jadi iPhone 13 Pro adalah smartphone yang sangat bagus – seperti semua hp iPhone 13, dan jika anggaran Anda tidak mencapai Pro, iPhone 13 ‘standar’ kehilangan beberapa spesifikasi dan fiturnya, jadi Anda mungkin menemukan bahwa perangkat yang lebih murah cocok untuk Anda.

Tetapi jika Anda menoleh dengan semua yang ditawarkan iPhone 13 Pro — layar 120Hz, kamera yang ditingkatkan, dan sedikit lebih banyak RAM atau ruang penyimpanan — itu mungkin hp yang sempurna untuk Anda, terutama jika Anda tidak menginginkan atau membutuhkannya. layar sebesar iPhone 13 Pro Max.

  • Baca ulasan tangan kami di iPhone 13 mini
  • Baca ulasan iPhone 13 Pro Max kami

Tanggal dan Harga Rilis iPhone 13 Pro

IPhone 13 Pro diluncurkan pada 14 September, dan Anda dapat membeli hp sekarang dari Apple, serta dari berbagai pengecer dan operator. Tanggal rilis iPhone 13 Pro adalah 24 September 2021.

Harga mulai dari $999 / £949 / AU$1.699, yang memberi Anda penyimpanan 128GB. Jika Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan, Anda dapat memilih dari model 256GB seharga $1.099 / £1.049 / $1869, atau model 512GB dengan harga $1.299 / £1.249/$2.219, atau Varian 1TB dengan harga $1.499 / £1.449 / AU$2.569.

Ini adalah pertama kalinya kami melihat iPhone 1TB, dan harganya juga tinggi. Jika Anda menginginkan hp dengan spesifikasi sedikit lebih tinggi dengan layar dan baterai yang lebih besar, ada juga iPhone 13 Pro Max, yang dibanderol mulai dari $1099 / £1.049 / AU$1.849.

Desain

IPhone 13 Pro adalah perangkat paling premium perusahaan hingga saat ini yang tidak menyertakan Max dalam judulnya, dan tidak seperti iPhone 13 Pro Max, yang satu ini lebih realistis dalam ukuran untuk penggunaan satu tangan.

Jika Anda mencari iPhone berukuran sedang yang baru, ponsel atau iPhone 13 ini akan sangat cocok untuk Anda. Desain Apple telah ditingkatkan dari iPhone 12 Pro, tetapi perbedaannya minimal.

Muncul dengan bezel stainless steel, lapisan matte di bagian belakang, dan Apple Glass Ceramic Shield di bagian depan dan belakang. Apple mengatakan perlindungan membuatnya empat kali lebih kecil kemungkinannya untuk rusak saat terjatuh, dibandingkan dengan iPhone tanpanya.

Kami tidak menyarankan menjatuhkan hp Anda untuk melihat apakah itu benar, tentu saja, tetapi ini akan memberi Anda sedikit ketenangan pikiran jika ponsel Anda macet.

Lapisan matte di bagian belakang terasa sangat luar biasa, terutama jika dibandingkan dengan kaca biasa pada iPhone 13.

Di zaman kita dengan iPhone 13 Pro, kami menemukan desain yang terasa nyaman di tangan; Ini memiliki sentuhan lebih berat daripada iPhone 13, yang membantunya duduk dengan nyaman di tangan kita.

Ukuran iPhone 13 Pro dan iPhone 13 hampir identik, tetapi Anda tidak dapat beralih di antara kedua casing karena memiliki housing kamera belakang yang sedikit berbeda.

Matriks belakang iPhone 13 Pro sedikit menonjol dari bodinya, yang dapat menjadi masalah bagi sebagian orang – terutama terlihat saat ponsel diletakkan di permukaan, jadi jika Anda ingin mengetik di layar saat hp berbaring, harap sentuhan bolak-balik.

Tepi kanan hp menampung tombol daya, sedangkan sisi kiri adalah rumah bagi penggeser bisu, tombol volume, dan baki kartu SIM. Di tepi bawah hp terdapat speaker dan port Lightning untuk mengisi daya.

HP ini tersedia dalam Graphite, Silver, Sierra Blue atau Gold – warna yang digambarkan selama ulasan ini. Opsi Sierra Blue baru tahun ini, dan ini adalah salah satu warna baru yang lebih keren yang telah kami lihat dari Apple dalam beberapa saat. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda menginginkan ponsel Pro premium.

Sebuah Penawaran

Seperti iPhone 13, iPhone 13 Pro hadir dengan layar Super Retina XDR OLED 6,1 inci. Layar ini tidak memiliki peringkat piksel per inci terbaik untuk seluruh rentang iPhone 13 – jadi lihatlah iPhone 13 mini – tetapi layar ini memiliki 460 piksel per inci, dan kualitas gambarnya pun jernih.

Salah satu pembaruan penting di sini adalah pengenalan kecepatan refresh maksimum 120Hz, yang berarti bahwa gambar di layar diperbarui 120 kali per detik untuk pengalaman yang lebih lancar daripada yang kita lihat di iPhone sebelumnya; Ini lebih terlihat saat menggulir menu atau aplikasi sistem.

Ini adalah kecepatan refresh dinamis, sehingga menyesuaikan secara otomatis berdasarkan aplikasi yang Anda gunakan – misalnya, sebagian besar game akan menggunakan kecepatan refresh 120Hz, sementara jika Anda membaca e-book, kecepatannya bisa turun hingga 1Hz.

Idenya di sini adalah untuk menghemat masa pakai baterai saat menggunakan aplikasi yang tidak memanfaatkan kecepatan refresh yang tinggi.

Kami telah menemukan bahwa teknologi layar baru bekerja dengan baik, meskipun ketersediaannya terbatas saat ini karena banyak aplikasi yang tidak dioptimalkan untuk 120Hz.

Menyertakan fitur ini adalah sesuatu yang dapat diakses oleh pengembang, dan kami berharap untuk melihat fitur tersebut diperkenalkan di lebih banyak program dari waktu ke waktu.

Kecepatan refresh yang lebih cepat bekerja dengan baik dengan aplikasi yang mendukungnya, dan ini adalah perubahan yang akan Anda lihat saat menggulir menu atau aplikasi Apple yang dibuat oleh perusahaan.

Tidak cukup alasan dengan sendirinya untuk memutakhirkan, tetapi ini adalah fitur yang bermanfaat, dan itu akan menjadi lebih karena dukungan ditambahkan untuk lebih banyak aplikasi.

Apple juga telah mengurangi ukuran takik pada iPhone 13 Pro. Tidak, belum ada kamera di bawah layar, tetapi takik di sini 20% lebih kecil dari iPhone 12 Pro, yang berarti Anda memiliki lebih banyak real estat layar untuk digunakan.

Setiap sedikit membantu, tetapi Anda tidak akan menyadarinya kecuali Anda memegang hp ini di sebelah model tahun lalu — jangan berharap akan terkesan dengan ukuran takik saat Anda mengeluarkan iPhone baru dari kotaknya.

Kamera

Pengaturan kamera pada iPhone 13 Pro mencakup tiga fotografer 12MP: kamera lebar utama dengan aperture f/1.5, kamera telefoto dengan aperture f/1.8 yang mampu melakukan zoom optik 3x, dan kamera ultra lebar dengan f/1.5. bukaan. /1.8 dan bidang pandang 120 derajat.

Ada juga pemindai LiDAR 3D, yang mengukur kedalaman. Ini membantu membuat fokus otomatis lebih akurat, dan meningkatkan akurasi efek bokeh dalam mode potret dengan membedakan antara subjek dan latar belakangnya. Selain fotografi, pemindai juga bekerja dengan banyak aplikasi augmented reality.

Kamera utama sangat bagus, dan meskipun mungkin tidak terlihat sangat berbeda dari kamera utama iPhone 12 Pro di atas kertas, kamera ini menawarkan beberapa peningkatan signifikan yang menjadikannya salah satu kamera ponsel pintar terbaik di luar sana.

Kualitas gambar secara keseluruhan sangat baik, dengan bidikan yang diambil dalam cahaya yang bagus yang menunjukkan banyak warna dan detail, dan mode malam yang bagus ketika Anda ingin memotret sesuatu yang lebih gelap.

Kamera telefoto pada iPhone 13 Pro mampu melakukan zoom optik 3x, sedangkan pada hp 2020 hanya 2x – perbedaannya tidak terlalu mencolok, tetapi kami menemukan kualitas foto yang diperbesar sangat bagus.

Apple juga memperkenalkan stabilisasi optik untuk menggeser sensor ke model Pro tahun ini, yang memudahkan pengambilan foto dengan cepat tanpa terlihat buram.

Kami menemukan ini secara signifikan lebih baik daripada stabilisasi pada iPhone 12 Pro, tetapi kami harus mencatat bahwa stabilisasi optik juga tersedia pada iPhone 13 yang lebih murah.

Mode makro baru adalah peningkatan besar, memungkinkan Anda mengambil foto close-up bunga, serangga, dan target kecil lainnya yang menakjubkan. Ini adalah fitur yang telah kami lihat di banyak hp Android, dan sangat menyenangkan melihat Apple memperkenalkannya di sini.

Untuk menggunakan mode makro, Anda hanya perlu mendekatkan jendela bidik ke subjek dan itu akan aktif secara otomatis. Mungkin sulit untuk menjaga kamera tetap diam untuk bidikan ini, tetapi kami bisa mendapatkan beberapa foto menarik, dan ini adalah salah satu mode kamera Apple yang mudah diakses.

Gaya Fotografi adalah tambahan baru lainnya dengan iPhone 13 Pro, dan ini memungkinkan Anda untuk menerapkan tampilan khusus ke foto Anda, dengan opsi Kontras Kaya, Vibrant, Hangat, dan Keren.

Tidak seperti filter, ini menerapkan penyesuaian ke elemen gambar yang berbeda daripada gambar secara keseluruhan. Idenya di sini adalah Anda dapat menambahkan tampilan khusus ke foto Anda – misalnya, menghangatkan potret atau meningkatkan warna dalam lanskap.

Ini tidak akan mengubah cara Anda memotret dengan kamera utama, tetapi ini adalah alat yang menyenangkan untuk dicoba. Sulit untuk melihat bagaimana ini benar-benar berbeda dari filter tradisional, tetapi ini mungkin sesuatu yang dapat Anda gunakan dalam gudang fotografi Anda.

Baca selengkapnya: iPhone 13 dan iPhone 13 Pro: 7 fitur kamera baru terbesar

Di bagian depan ponsel terdapat kamera lebar 12MP f/2.2 (“lebar” yang disebut Apple sebagai kamera hp utama, selain “lebar”), yang kami temukan bekerja dengan baik selama panggilan video dan untuk pemotretan satu potret.

Ini tidak penuh fitur seperti kamera belakang, tetapi mudah untuk mengaktifkan opsi seperti mode potret dan mendapatkan bidikan yang bagus.

Jangan mengharapkan perubahan besar pada kamera selfie jika Anda memiliki iPhone terbaru, tetapi Anda masih akan mendapatkan kualitas gambar yang bagus dalam semua skenario yang Anda inginkan untuk menggunakannya.

Untuk perekaman video, iPhone 13 Pro mampu memotret 4K pada 24, 30 dan 60 frame per detik, sedangkan untuk Full HD, dapat memotret pada 30, 60, 120 dan 240 frame per detik.

Ada dukungan Dolby Vision HDR, yang membuat video benar-benar menonjol. Pada saat yang sama, Mode Sinema baru Apple memungkinkan Anda merekam video dengan efek bokeh juga, dengan subjek dalam fokus dan latar belakang buram, dan secara otomatis mengalihkan fokus antar subjek untuk efek “dalam fokus”.

Ini bekerja dengan baik dalam pengujian kami, karena kamera secara akurat menentukan siapa yang ingin kami fokuskan dalam adegan. Jika ini tidak bekerja persis seperti yang Anda inginkan secara otomatis, Anda dapat mengedit video setelah acara untuk menyesuaikan fokus.

Ini adalah fitur yang mungkin populer di kalangan pembuat film, vlogger, dan pembuat konten lainnya, meskipun mungkin kurang menarik bagi mereka yang hanya merekam video sesekali. Saat ini, ini seperti iterasi pertama dari mode foto Portrait, tetapi kami berharap ini akan meningkat pesat selama beberapa tahun ke depan.

Baca Selengkapnya: Apakah GoPro Hero 10 Black Peninggalan Era Video Sinematik iPhone 13?

Lalu ada Video ProRes Apple, yang tidak tersedia untuk pengujian saat ini, karena Apple mengatakan fitur ini akan tiba nanti pada tahun 2021. Ini adalah format video yang dirancang untuk lebih mudah diedit, dan harus bagus di komputer Anda saat saya mentransfer rekaman dari hp Anda ke komputer untuk mengeditnya tanpa merusak kualitas video.

Tip: Jika Anda ingin dapat merekam video 4K ProRes, jangan membeli model penyimpanan 128GB terkecil dari iPhone 13 Pro, karena Apple telah mengkonfirmasi bahwa formatnya tidak akan kompatibel dengannya. Ini menunjukkan bahwa snapshot ProRes akan memakan banyak ruang penyimpanan, jadi Anda mungkin ingin memilih 512GB atau 1TB jika fitur ini menarik bagi Anda.

Spesifikasi dan Kinerja

Seperti semua iPhone baru, iPhone 13 Pro berjalan pada chipset elektronik Apple A15, yang diklaim perusahaan sebagai prosesor smartphone terbaik di pasaran saat ini.

Dalam pengujian kami, ia dapat menjalankan setiap aplikasi yang kami muat dengan mudah, dan kami tidak mengalami masalah gagap. Game di ponsel juga lancar, dengan setiap judul yang kami mainkan dimuat dengan cepat.

Anda tidak akan melihat banyak perubahan di sini jika Anda memiliki iPhone 12 atau ponsel Android terbaru, tetapi jika Anda meningkatkan dari iPhone yang lebih lama, Anda akan melihat perbedaannya. Chipset A15 dipasangkan dengan RAM 6GB, yang membantu menjaga semuanya berjalan dengan lancar.

Dalam benchmarking, kami menemukan bahwa iPhone 13 Pro mencetak 4.718 di Geekbench 5 – itu lebih tinggi dari iPhone 13, yang mencetak 4.688. Ini juga jauh lebih tinggi dari iPhone 12 Pro, yang mencetak 3.669.

Perbedaan ini tidak akan terlalu terlihat dalam penggunaan sehari-hari, tetapi jika Anda mendorong ponsel Anda hingga batasnya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda menghargai jumlah kekhawatiran ekstra yang dapat diberikan oleh iPhone 13 Pro.

Anda dapat memilih antara penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB, atau 1TB di iPhone 13 Pro. Kami tidak menyarankan untuk memilih opsi 1TB kecuali Anda benar-benar membutuhkan ruang ekstra itu – misalnya jika Anda merekam banyak video – sementara di ujung lain skala banyak pengguna mungkin menganggap 128GB agak terbatas, tetapi kebanyakan Orang akan dilayani dengan baik oleh salah satu dari dua opsi tengah.

iPhone 13 Pro sudah siap 5G, dan Anda akan dapat menggunakan standar panggilan generasi berikutnya selama paket Anda mendukung teknologi dan Anda berada di area dengan jangkauan.

Pemrograman

iOS 15 bekerja pada iPhone 13 Pro di luar kotak. Ini adalah peningkatan kecil dari iOS 14 – pembaruan 2020 telah mengubah tampilan dan nuansa platform iPhone, sementara iOS 15 hanya menawarkan beberapa penyesuaian dan fitur tambahan.

Misalnya, mode Fokus baru memungkinkan Anda menyesuaikan notifikasi yang Anda terima pada waktu tertentu dalam sehari — jadi jika Anda ingin membatasi notifikasi Twitter selama jam kerja, misalnya, Anda dapat melakukannya di sini.

Perangkat lunak ini berfungsi dengan baik di iPhone 13 Pro, dan kami tidak menemukan bug tertentu yang menghambat pengalaman kami.

Kami berharap iPhone 13 Pro juga didukung dengan pembaruan perangkat lunak baru di tahun-tahun mendatang; iOS 15 kompatibel dengan iPhone sebelum iPhone 6S dari tahun 2015, sehingga Anda dapat menantikan pembaruan setidaknya selama lima tahun.

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai pada iPhone 13 Pro lebih baik daripada apa yang telah kita lihat pada hp Pro sebelumnya dari merek tersebut, tetapi tidak sebaik yang Anda dapatkan dari iPhone terbaik tahun ini, 13 Pro Max.

Kami telah menemukan bahwa iPhone 13 Pro mampu bertahan sehari penuh untuk penggunaan normal. Jika Anda mendorong hp Anda sedikit lebih keras, Anda mungkin mendapati hp itu perlu diisi ulang sebelum akhir hari.

Pada hari-hari penggunaan rendah, hp umumnya akan memiliki sisa 10-20% saat dihidupkan di penghujung hari — itu adalah masa pakai baterai yang jauh lebih baik daripada yang pernah kita lihat di iPhone 12 Pro dan hp Pro lainnya sebelumnya.

HP ini mendukung pengisian cepat hingga 20W (tergantung pada jenis pengisi daya yang Anda gunakan), yang seharusnya dapat mengisi daya ponsel dari kosong hingga penuh hanya dalam satu jam. Kami menemukan bahwa pengisian daya selama 15 menit memberi kami 25% baterai, sementara 30 menit membuat kami mencapai 53%.

Ini bukan pengisian tercepat yang pernah kami lihat di smartphone — tidak jauh, dengan beberapa ponsel Android terbaru naik hingga 120W atau bahkan lebih cepat — tetapi itu akan baik-baik saja untuk sebagian besar pengguna.

Namun, perhatikan bahwa tidak ada pengisi daya di dalam kotak, karena Apple terus berperang melawan limbah elektronik, jadi Anda harus membeli pengisi daya jika belum memilikinya.

Ada juga pengisian nirkabel pada iPhone 13 Pro hingga 15W saat menggunakan pengisi daya MagSafe Apple, atau hingga 7,5W dengan bantalan pengisian nirkabel Qi standar.

Haruskah Membeli iPhone 13 Pro?

Beli Kalau

Anda menyukai fitur kamera baru

Mode makro iPhone 13 Pro adalah opsi baru yang menarik untuk fotografi, sementara fitur baru seperti Mode Sinematik dan ProRes akan menarik bagi videografer yang mencari alat yang lebih “profesional”.

Ingin daya tahan baterai yang baik

Daya tahan baterai pada iPhone 13 Pro lebih baik dari apa yang telah kita lihat di hp perusahaan sebelumnya, karena hp ini dapat berjalan seharian penuh untuk penggunaan normal.

Anda membutuhkan smartphone yang kuat

Semua model iPhone 13 Apple semuanya kuat, tetapi iPhone 13 Pro adalah salah satu smartphone paling kuat yang pernah kami gunakan. Jika Anda menginginkan hp yang benar-benar dapat Anda dorong melampaui batasnya hari demi hari, ini bisa menjadi pilihan yang sempurna.

Jangan Beli Kalau

Anda memiliki iPhone 12 Pro

Ada banyak perubahan di sini dari iPhone 12 Pro, tetapi sebagian besar kecil, dan mereka tidak mungkin menambahkan hingga peningkatan besar untuk Anda jika Anda sudah memiliki hp cerdas 2020. Anda mungkin ingin menunggu hingga 2022 di paling awal untuk peningkatan berikutnya.

Ingin alternatif yang lebih murah

IPhone 13 Pro dari Apple sangat bagus, dan begitu juga iPhone 13. Jika Anda menginginkan alternatif yang lebih murah daripada Pro yang lebih mahal, iPhone 13 adalah pilihan terbaik Anda, karena menawarkan banyak fitur model Pro.

Jika Anda tidak yakin tentang versi Pro, bandingkan dengan iPhone 13 untuk melihat apakah Anda benar-benar membutuhkan fitur tambahan ini.

Ingin layar 120Hz yang berfungsi dengan semua aplikasi favorit Anda

Sudah lama sejak refresh rate 120Hz diperkenalkan di iPhone, tetapi sejauh ini kami menemukan itu tidak didukung di berbagai aplikasi. Jika Anda sangat membutuhkan ini sebagai fitur, temukan Android World untuk ponsel Anda berikutnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

How To Restart Iphone 13 Pro Max Samsung Galaxy S22 Ultra Vs Iphone 13 Pro Max Iphone 13 Pro Max Weight Iphone 13 Pro Max 256 Samsung S22 Ultra Vs Iphone 13 Pro Max Iphone 13 Pro Weight Iphone 13 Pro Spesifikasi Iphone 13 Pro Max Size In InchesIphone 13 Pro Max Height Iphone 13 Pro Max Camera Specs Iphone 13 Pro Indonesia Iphone 13 Pro Ibox Iphone 13 Pro Harga Di Indonesia Iphone 13 Pro Harga Iphone 13 Pro Gsmarena Warna Iphone 13 Pro Max

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *