Review OnePlus 9 Pro

Review OnePlus 9 Pro

techradar.id – Langkah kecil atau lompatan raksasa?

Penilaian Kami

OnePlus 9 Pro menawarkan kinerja luar biasa, kamera yang secara signifikan lebih unggul dari smartphone merek sebelumnya, dan berbagai fitur kelas atas yang menjadikannya pesaing serius bagi siapa pun di pasar untuk hp Android premium. Ini tidak akan tersedia untuk semua orang karena harga yang tinggi untuk smartphone ini.

Kelebihan

  • HP Kamera OnePlus Terbaik
  • Kekuatan besar
  • Desain premium

Kekurangan

  • Sangat mahal
  • Tidak ada dukungan microSD
  • Daya tahan baterai rata-rata

Ulasan 2 Menit

OnePlus 9 Pro adalah puncak dari upaya perusahaan selama dua tahun terakhir, dan untuk pertama kalinya smartphone dari perusahaan terasa seperti paket lengkap.

Ini menawarkan kekuatan superior, pengalaman kamera yang luar biasa dan semua lonceng dan peluit yang Anda harapkan dari smartphone terkemuka saat ini. Ini adalah hp yang jujur ​​dapat bersaing dengan ponsel terbaik dari merek terbesar.

  • Baca ulasan OnePlus 9 kami
  • Selain itu, sekarang ada OnePlus Watch

Namun, itu juga datang dengan label harga kelas atas, dan tidak dapat disangkal bahwa OnePlus 9 Pro adalah opsi mahal untuk hp Anda berikutnya.

Tidak ada yang hilang di sini karena kurangnya dukungan microSD adalah salah satu dari sedikit fitur yang tidak ditawarkan smartphone ini jika dibandingkan dengan ponsel lain.

OnePlus 9 Pro memiliki desain premium, dengan layar QHD 6,7 inci yang menghadirkan tingkat kecerahan yang kuat dan detail kelas satu, sementara kecepatan refresh 120Hz yang sangat halus menambah kesan kelas satu.

HP itu sendiri mungkin agak terlalu besar untuk sebagian orang, tetapi desainnya sepadan dengan harganya, dengan kaca belakang dan tiga pilihan warna untuk memastikan OnePlus baru Anda cocok dengan gaya Anda — kami pikir bayangan Morning Mist yang digambarkan selama ini reviewnya sangat tampan.

Peningkatan terbesar OnePlus 9 Pro ada di departemen kamera. Perusahaan ini sangat fokus pada fotografi di sini, termasuk bermitra dengan merek kamera legendaris Hasselblad untuk meningkatkan cara pemrosesan warna.

Kami telah menyukai kamera sepanjang waktu dengan OnePlus 9 Pro – pengaturan serbaguna memberikan hasil yang luar biasa dalam mode otomatis, dan dapat menghasilkan beberapa foto yang menakjubkan untuk menyaingi hp kamera terbaik.

Dalam hal fotografi, ini mungkin bukan pilihan terbaik mutlak untuk semua orang, tetapi OnePlus telah membuat peningkatan penting dan sekarang menjadi pilihan yang dapat bersaing dengan iPhone 12 atau Samsung Galaxy S21.

OnePlus 9 Pro ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888, dan hp ini cukup mampu melakukan semua yang Anda butuhkan. Masa pakai baterai bukan yang terbaik yang pernah kami lihat di smartphone, tetapi sebagian besar akan bertahan sepanjang hari, dan ada dua opsi pengisian cepat.

OnePlus 9 Pro adalah smartphone terbaik yang pernah dibuat oleh merek tersebut, dan meskipun merupakan hp mahal, ia dapat bersaing dengan nyaman dengan opsi kelas atas lainnya, seperti Galaxy S21 Ultra atau iPhone 12 Pro Max, untuk membenarkan harga itu.

Tanggal dan Harga Rilis OnePlus 9 Pro

OnePlus 9 Pro diluncurkan pada 23 Maret 2021 dalam acara virtual dari perusahaan, dan pemesanan di muka dimulai tepat setelah acara berakhir. HP ini sekarang tersedia di Inggris dan Amerika Serikat.

Kami tidak berharap OnePlus 9 Pro mulai dijual di Australia karena perusahaan tidak sering menjual hp di sana. Di AS, Anda hanya dapat membeli varian penyimpanan yang lebih tinggi dari OnePlus 9 Pro sementara kedua opsi tersedia di Inggris.

Harga OnePlus 9 Pro tidak serendah yang diharapkan beberapa orang, dan jika Anda menginginkan RAM 8GB dengan varian penyimpanan 128GB, Anda akan menghabiskan £829 (sekitar $969, AU$1.250).

Ingin lebih banyak penyimpanan dan RAM ekstra? Ada juga model OnePlus 9 Pro 12GB/256GB, yang berharga $1069/£929 (sekitar AU$1,400). Jika harga tersebut tampak agak terlalu mahal, ada juga OnePlus 9, yang terungkap bersama dengan 9 Pro dan mulai dari $729/£629 (sekitar AU$950).

Operator AS T-Mobile menjual telepon, sementara itu akan didukung di Verizon (LTE dan 5G, termasuk mmWave) dan AT&T (LTE hanya untuk saat ini). Jika Anda berada di Inggris, Anda akan menemukan telepon untuk dijual melalui Three.

Desain

OnePlus 9 Pro bukanlah penyimpangan besar dari beberapa hp perusahaan sebelumnya, dan jika Anda telah memiliki hp dari perusahaan tersebut sejak OnePlus 7, Anda tidak akan terlalu terkejut dengan desainnya di sini.

Kelihatannya luar biasa, dan saat Anda menangani perangkat itu rasanya luar biasa. OnePlus 9 Pro memiliki kaca belakang, dan Anda memiliki tiga pilihan warna: Morning Mist (warna perak yang difoto selama ulasan ini), Forest Green, dan Stellar Black.

Anda mungkin dibatasi untuk warna tertentu tergantung di mana Anda berada, jadi jangan terpaku pada warna tertentu sampai Anda melihat apa yang tersedia.

HP ini memiliki tepi logam. Di tepi kanan adalah tombol daya, dan di atasnya ada penggeser senyap yang memungkinkan Anda mematikan hp dengan cepat saat diinginkan. Tombol volume terletak di tepi kiri.

Tepi bawah hp adalah rumah bagi slot pengisian USB-C, bersama dengan baki kartu SIM dan kisi-kisi speaker.

OnePlus telah mengurangi tonjolan kamera pada OnePlus 9 Pro dibandingkan dengan hp sebelumnya, tetapi masih menonjol dari bagian belakang hp. Anda akan menemukan logo Hasselblad timbul pada kamera bersama dengan empat fotografer (Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang kamera, dan tentang koneksi Hasselblad, di bagian kamera ulasan ini).

Bagian belakang hp melengkung dengan lembut di tepinya, dan kami menemukan itu membantu hp duduk dengan baik di tangan kami.

Namun, perhatikan bahwa hp ini sama sekali tidak kecil: ukurannya 163,2 x 73,6 x 8,7 mm, dan berat 197 gram, yang merupakan ciri khas hp jenis ini.

Secara keseluruhan, OnePlus 9 Pro memiliki tampilan dan nuansa premium yang dapat menyaingi hp kelas atas lainnya yang akan Anda temukan di pasaran saat ini. Tidak banyak yang berubah di sini dibandingkan dengan ponsel OnePlus Pro sebelumnya, dan itu tidak masalah bagi kami.

Sebuah Penawaran

OnePlus 9 Pro hadir dengan layar besar beresolusi tinggi yang cocok dengan casing Pro. Ini mengukur 6,7 inci dari sudut ke sudut, dengan resolusi QHD 1440 x 3.216 – yang setara dengan 525 piksel per inci.

Resolusi ini dapat dilihat pada layar AMOLED ini sejak pertama kali Anda menyalakan layar dengan gambar yang muncul dari layar dan teks yang tampak sangat tajam.

Kecerahannya bagus, meskipun mode kecerahan otomatis terkadang kesulitan mendapatkan cukup terang dalam beberapa skenario. Jika Anda berada di bawah sinar matahari langsung, Anda mungkin ingin mengutak-atik fitur kecerahan untuk memastikan Anda dapat melihat layar.

Seperti pada OnePlus 8 Pro tahun 2020, layarnya memiliki kecepatan refresh 120Hz, yang mulai menjadi standar di hpAndroid kelas atas. Ini berarti layar diperbarui 120 kali per detik, bukan 60 kali pada smartphone lama dan beberapa flagship saat ini, seperti iPhone 12, yang memiliki kecepatan refresh 60Hz.

Ini pada dasarnya berarti Anda akan menikmati gambar yang lebih halus di layar, baik saat Anda bermain game – yang sangat disambut baik saat Anda memainkan game aksi cepat seperti Call of Duty: Mobile – atau menjelajahi umpan media sosial Anda.

Kecepatan refresh adaptif, sehingga beberapa aplikasi, seperti e-book, akan menawarkan kecepatan refresh 1Hz sementara yang lain akan berjalan hingga 120Hz, yang menghemat baterai.

Kami menemukan pengaturan adaptif bekerja dengan baik, layar menyesuaikan dengan lancar, dan kami tidak menyadari ketika layar berjalan pada kecepatan refresh yang lebih rendah.

Ada juga pemindai sidik jari dalam layar, dan kami menemukan teknologi ini berjalan pada kecepatan yang sama dengan kebanyakan flagships lain yang menampilkan teknologi ini pada tahun 2021.

Kamera

Smartphone OnePlus selalu berjuang untuk bersaing dengan hp Android kelas atas lainnya di departemen kamera, tetapi OnePlus 9 Pro memiliki kamera terbaik yang pernah kami lihat di hp dari perusahaan.

OnePlus telah meningkatkan permainannya di sini dengan memasukkan sensor baru dengan setidaknya satu di antaranya dibuat bersama dengan Sony, dan dengan berkolaborasi dengan pembuat kamera populer Hasselblad untuk meningkatkan kalibrasi warna, sehingga warna yang Anda lihat direproduksi seakurat mungkin.

Kamera utama adalah kamera belakang 48MP, dan menggunakan sensor Sony IMX789 yang diproduksi bekerja sama dengan Sony. Ada tiga kamera lain di belakang, termasuk kamera ultra lebar 50MP yang menggunakan sensor Sony IMX766.

Ada juga alat telefoto 8MP yang dapat memotret dengan zoom optik hingga 3x, sedangkan elemen terakhir adalah penembak monokrom 2MP yang pada dasarnya memungkinkan Anda untuk mendapatkan foto hitam putih berkualitas tinggi.

Sensor utama pada OnePlus 9 Pro adalah potongan yang lebih tinggi daripada yang telah dibuat OnePlus sebelumnya, dan kami telah menemukan bahwa itu dapat mengambil foto yang bagus dengan warna dan blok detail yang tampak hebat.

Jika Anda membandingkan gambar dengan yang diambil dengan ponsel OnePlus sebelumnya, Anda akan menemukan bahwa warna terlihat lebih alami, yang kami asumsikan adalah hasil dari kolaborasi yang disebutkan di atas dengan Hasselblad.

Kualitas gambar di sini mirip dengan apa yang Anda dapatkan dari iPhone Apple, bukan seperti yang Anda lihat dari ponsel Samsung, misalnya.

Kami juga menyukai bagaimana OnePlus 9 Pro dapat mencapai hasil yang luar biasa bahkan saat menggunakan mode otomatisnya, saat Anda hanya ingin membidik dan memotret dengan sedikit keributan.

Anda dapat beralih ke kamera ultra-lebar dengan klik cepat tombol virtual, dan hasilnya di sini juga sama bagusnya, dengan teknologi koreksi distorsi baru yang bekerja di belakang layar untuk mengurangi distorsi “barrel” yang biasanya muncul di tepi dari tembakan ultra-lebar.

Kami telah menemukan ini berfungsi dengan baik selama pemotretan kami, tetapi itu bukan jenis fitur yang Anda sukai kecuali jika Anda mencarinya. Kamera zoom telefoto OnePlus 9 Pro mampu memotret dengan zoom optik hingga 3x, setelah itu akan beralih ke zoom digital hingga 30x.

Gambar yang diambil dengan zoom optik terlihat bagus, dan dapat digunakan untuk dikirim ke teman Anda melalui aplikasi perpesanan atau posting di akun media sosial.

Seperti yang mungkin Anda duga, keadaan menjadi lebih buruk semakin Anda memperbesar, karena foto terlihat jauh lebih rendah daripada yang ada di kamera telefoto yang mengesankan pada Samsung Galaxy S21 Ultra.

Untuk video, Anda dapat merekam dalam 8K hingga 30fps, yang merupakan salah satu kombinasi resolusi/kecepatan bingkai tertinggi yang pernah kami lihat di smartphone.

Kualitas ini tidak terlalu diperlukan jika ini adalah video yang akan Anda tonton lagi di telepon, dan perhatikan juga bahwa memotret pada pengaturan yang lebih tinggi ini akan memakan cukup banyak penyimpanan.

Pilihan video lainnya termasuk 4K pada 30, 60 atau bahkan 120 fps untuk pengambilan gambar gerakan lambat, dan ada juga pilihan gerakan lambat untuk 720p pada 480 fps atau Full HD pada 240 fps.

Kami menemukan bahwa semua hal ini berfungsi dengan baik, dan pengaturan ini sebanding dengan hp Android lain yang Anda temukan di pasaran saat ini.

Kamera utama memiliki stabilisasi gambar optik dan elektronik untuk memastikan bidikan Anda bebas guncangan, dan Anda kemungkinan besar akan senang dengan kualitas bidikan video di OnePlus 9 Pro

Di bagian depan hp terdapat selfie shooter dengan sensor Sony IMX741 16MP dan aperture f/2.4. Ini bukan kamera selfie terbaik yang pernah kami lihat di smartphone, tapi kami cukup senang dengan foto dan video yang diambil.

Spesifikasi dan Kinerja

OnePlus 9 Pro ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888 terbaru, dan seperti halnya dengan hp Android lain yang menggunakan chip ini, kami terkesan dengan kinerja luar biasa yang dimungkinkannya, karena ponsel memuat aplikasi hampir seketika.

Anda mendapatkan RAM 8GB atau 12GB tergantung pada jenis hp yang Anda pilih, dan sementara 4GB tambahan tidak akan membuat banyak perbedaan bagi sebagian besar pengguna, perlu dicatat bahwa jumlah RAM yang Anda pilih menentukan berapa banyak penyimpanan yang ingin Anda dapatkan. 

Model OnePlus 9 Pro 8GB hadir dengan penyimpanan 128GB, sedangkan jika Anda memilih ponsel 12GB, Anda mendapatkan 256GB. Mereka yang berada di AS saat ini hanya dapat membeli opsi RAM 12GB, sedangkan mereka yang berada di Inggris memiliki pilihan dari dua opsi ini.

Seperti perangkat OnePlus lainnya, tidak ada dukungan microSD di sini, jadi Anda akan terbatas pada penyimpanan internal dari varian apa pun yang Anda beli. Jika Anda berpikir Anda akan menggunakan ponsel Anda selama beberapa tahun, sebaiknya pilih opsi kapasitas yang lebih besar.

ONEPLUS 9 Spesifikasi Profesional

  • Berat: 197 gram
  • Dimensi: 163,2 x 73,6 x 8,7 mm
  • Ukuran layar: 6.7 inci
  • Resolusi: QHD (3216×1400)
  • Tingkat penyegaran: 120 Hz
  • Kepadatan Piksel: 525ppi
  • Chip: Snapdragon 888
  • RAM: 8GB / 12GB
  • Penyimpanan: 128GB / 256GB
  • Kamera belakang: 48 MP + 8 MP + 50 MP + 2 MP
  • Kamera depan: 16 MP
  • Baterai: 4500 mAh

Kami meninjau OnePlus 9 Pro versi 12GB, dan menemukan tolok ukurnya sangat solid. Kami tidak melihat alasan untuk meragukan bahwa varian 8GB juga merupakan pemain yang solid, meskipun kami belum menguji hp ini.

Kami menemukan bahwa varian RAM 12GB memiliki skor rata-rata multi-core Geekbench 5 3630. Itu tepat di belakang Asus ROG Phone 5, dan mengalahkan skor yang telah kami lihat di hp kelas atas lainnya seperti Samsung Galaxy S21.

OnePlus 9 Pro juga merupakan hp 5G-ready, jadi Anda akan diperlengkapi untuk memanfaatkan konektivitas internet generasi berikutnya bahkan jika Anda tidak berharap untuk menggunakannya dalam waktu dekat.

HP ini hadir dengan Android 11 di luar kotak, dengan tampilan OxygenOS OnePlus sendiri, yang menghadirkan berbagai fitur seperti tampilan selalu aktif dan tampilan serta nuansa merek yang unik.

Kami menemukan bahwa hp ini memiliki beberapa masalah konektivitas Bluetooth, tetapi kami berharap ini akan diperbaiki dalam pembaruan perangkat lunak terakhir dari perusahaan. Kami akan memperbarui ulasan ini ketika kami mendengar lebih banyak.

Tidak banyak bloatware di OnePlus 9 Pro, dan mereka yang menyukai tampilan khas OnePlus akan menikmati cara kerja perangkat lunak di telepon.

Daya Tahan Baterai

OnePlus 9 Pro tidak akan menawarkan masa pakai baterai yang mengubah permainan, tetapi dapat diandalkan untuk melihat Anda sepanjang hari dengan muatan penuh dengan penggunaan biasa. Hanya pada satu atau dua kesempatan selama waktu pengujian kami perlu memberikan OnePlus 9 Pro dorongan kredit telepon sekitar jam 10 malam.

Baterai 4.500mAh sangat bagus, dan OnePlus 9 Pro dapat bertahan melawan sebagian besar smartphone kami sekarang di departemen ini, tetapi itu tidak akan bertahan selama dua hari jika Anda menggunakan telepon secara teratur.

Dengan penggunaan yang sangat berat, kami telah menemukan bahwa hp tidak akan menyala sepanjang hari, tetapi beberapa teknik pengisian cepat yang hebat ada di sini untuk memungkinkan Anda mengisi daya hp dengan cepat saat diperlukan.

Ada pengisian kabel 65W, dan mungkin yang paling mengesankan, OnePlus 9 Pro mendukung pengisian nirkabel 50W, yang merupakan salah satu spesifikasi tertinggi yang pernah kami lihat untuk teknologi ini, yang sangat mengesankan mengingat OnePlus tidak menggunakan pengisian nirkabel hingga seri OnePlus 8 untuk tahun 2020.

Tidak seperti hp pesaing dari Apple, Samsung, dan beberapa produsen Android lainnya, OnePlus 9 Pro hadir dengan pengisi daya baru di dalam kotak. Beberapa produsen telah melepas pengisi daya dari kasing, dengan alasan perlunya mengurangi limbah elektronik, tetapi OnePlus merasa cocok untuk memasukkannya di sini.

Haruskah Membeli OnePlus 9 Pro?

Beli Kalau

Anda membutuhkan smartphone yang kuat

Chipset Snapdragon 888 bersama dengan RAM 12GB membuat kami terkesan selama pengujian kami, dan jika Anda mencari hp kelas atas dengan banyak daya, OnePlus 9 Pro cocok dengan tagihan. Ini akan menjalankan aplikasi atau game apa pun yang Anda inginkan tanpa usaha apa pun.

Ingin foto terlihat natural

Hasil kolaborasi OnePlus dengan Hasselblad terlihat jelas, karena gambarnya memiliki warna yang lebih realistis daripada yang kita lihat di hp OnePlus sebelumnya. Ini bukan hp kamera terbaik yang dapat Anda beli, tetapi ini merupakan peningkatan dari seri OnePlus 8.

Ingin pengalaman layar yang luar biasa

Layar QHD 120Hz 6,7 inci adalah salah satu yang terbaik yang pernah kami lihat di smartphone, dengan banyak detail, kecerahan yang kuat, dan berbagai penyesuaian lainnya. Jika Anda ingin menonton banyak video di hp Anda secara khusus, ini adalah pilihan yang bagus.

Jangan Beli Kalau

Anda membutuhkan banyak ruang penyimpanan

OnePlus belum menyertakan dukungan microSD pada salah satu hpnya, dan cerita yang sama dengan OnePlus 9 Pro tidak terkecuali. Jika Anda menginginkan opsi untuk memperluas penyimpanan hp saat diperlukan, lihat di tempat lain.

Anda membutuhkan daya tahan baterai yang unggul

Jika Anda terbiasa dengan smartphone yang bisa bertahan hingga sehari, Anda akan kecewa dengan OnePlus 9 Pro. Masa pakai baterai rata-rata tidak akan membuat frustrasi bagi kebanyakan orang, tetapi juga tidak akan membuat Anda terkesan.

Ingin smartphone yang lebih murah

OnePlus 9 Pro bukan hp murah, harganya setara dengan beberapa hp terbaik dari merek seperti Apple dan Samsung. HP “pembunuh unggulan” OnePlus tidak lagi bermerek, dan Anda harus melihat seri Nord perusahaan jika Anda menginginkan opsi yang lebih terjangkau.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Best Android Phone 2022 Oneplus 9 Pro Review Oneplus 9 Pro Spesifikasi Oneplus 9 Pro Harga Dan Spesifikasi Oneplus 9 Pro Harga Oneplus 9 Pro 5g Oneplus 7 Pro Oneplus 9 Pro ReviewOneplus 9 Pro Second Oneplus 9 Pro Harga Indonesia

Check Also

Justice in Gilbert: How Auto Accident Attorneys Make a Difference

Understanding the Role of Auto Accident Attorneys in Gilbert Auto accident attorneys in Gilbert play …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *