Review AMD Radeon RX 6800 XT

Review AMD Radeon RX 6800 XT


techradar.id – AMD mampir di kartu grafis kelas atas

Penilaian Kami

AMD Radeon RX 6800 XT adalah kartu grafis AMD pertama dalam beberapa tahun terakhir yang akhirnya menantang Nvidia. Namun, performa di sini tidak membuat Nvidia turun tahta, terutama di game DX12 baru-baru ini.

Kelebihan

  • Pelacakan sinar AMD
  • Tantangan nyata bagi Nvidia
  • Performa DX11 kuat
  • Pendingin aktif

Kekurangan

  • Jangan lepas Nvidia
  • Performa mengecewakan dalam ray tracing
  • Desain kartu divisi

AMD Radeon RX 6800 XT adalah pengembalian besar AMD ke pasar GPU kelas atas. Kartu grafis yang menakjubkan ini bahkan menangani GeForce RTX 3080 Nvidia dengan kinerja yang serasi, bekerja lebih baik di beberapa game — seperti Resident Evil Village di 1440p tanpa ray tracing — sementara lebih buruk di game lain, sambil menawarkan label harga yang sedikit lebih menarik.

Akhirnya, AMD sekarang memiliki alternatif yang layak dan lebih menarik untuk pemukul berat Nvidia. Dengan AMD Radeon RX 6800 XT baru, gamer mendapatkan kekuatan game 4K serta fitur-fitur canggih seperti ray tracing seharga $649 (mungkin £649, AU$960).

Ini berarti opsi game 4K yang lebih terjangkau bagi mereka yang ingin menghemat beberapa dolar. Ini juga berarti bahwa memilih kartu grafis terbaik untuk game 4K tidaklah sulit sejak game 4K pertama kali muncul.

Itu mungkin tidak membuat Nvidia kecewa, tetapi kami juga mengharapkan banyak gamer, terutama yang lebih sadar anggaran, untuk bersandar pada AMD Radeon RX 6800 XT.

AMD Radeon RX 6800 XT (16GB Red) di Amazon seharga $1489.99

Harga dan Ketersediaan

AMD Radeon RX 6800 XT tersedia pada 18 November, mulai dari $649 (mungkin sekitar £649, AU$960), dengan harga naik dari sana untuk versi aftermarket dari kartu grafis. Itu hanya di bawah $699 (£649, sekitar $960) Nvidia GeForce RTX 3080.

Apa pun pada titik harga ini untuk AMD Radeon RX 6800 XT, bagaimanapun, adalah RX 6800 kelas bawah, yang sedikit lebih lambat, tetapi harganya hanya di bawah $579 (sekitar £440, AU$800). Anda membayar 12% lebih banyak untuk kartu grafis 5-10% lebih cepat – matematika itu tidak cocok.

Hal ini membuat sulit untuk merekomendasikan Radeon RX 6800 XT dari perspektif nilai absolut. Entah itu, atau itu membuat Radeon RX 6800 terlihat lebih berharga — dan itulah yang terjadi dengan Radeon RX 5700 XT dan Radeon RX 5700 ketika diluncurkan pada Juli 2019.

Fitur dan Chipset

AMD Radeon RX 6800 XT didasarkan pada arsitektur grafis RDNA 2 Team Red, yang masih didasarkan pada proses manufaktur 7 nanometer (nm). Alih-alih memotong cetakan, AMD telah bekerja di beberapa fitur baru dan meningkatkan efisiensi, membuat kartu grafis ini lebih kuat daripada pendahulunya.

Yang terbesar adalah Infinity Cache baru, yang sangat penting ketika Anda mempertimbangkan bahwa Radeon RX 6800 XT menggunakan memori GDDR6 16GB, bukan memori GDDR6X yang ditemukan di Nvidia GeForce RTX 3080 dan RTX 3090.

Infinity Cache adalah cache global 128MB, yang menurut AMD 3,25 kali lebih cepat daripada GDDR6 VRAM pada bus 256-bit. Ini membantu memasukkan data dari susunan VRAM 16GB yang jauh lebih besar ke GPU, dan kombinasi cache cepat dan GDDR6 ini menghasilkan bandwidth per watt 2,4 kali lebih banyak daripada yang dapat dicapai VRAM sendiri.

Ini membantu mempersempit celah yang mungkin dihadapi AMD ketika dihadapkan dengan memori GDDR6X di kartu Nvidia andalan.

Tambahan besar lainnya pada arsitekturnya, tentu saja, ray accelerators yang kompatibel dengan DirectX 12 Ultimate. Ada salah satunya di masing-masing dari 72 unit komputasi, yang memberi AMD Radeon RX 6800 XT kemampuan untuk menangani penelusuran sinar waktu nyata pada kecepatan bingkai yang dapat di-boot.

Kami akan membahas seberapa efektif ini nanti, tetapi kami berharap kinerja meningkat seiring dengan matangnya driver AMD — seperti yang terlihat pada kartu RTX Nvidia sepanjang masa pakai kartu Turing.

Selain akselerator sinar baru, setiap CU dirancang seperti kartu RDNA asli. Setiap konsol berisi 64 stream processor (SP), dengan total 4.608 titik daya pada Radeon RX 6800 XT. Tentu saja, karena kita belum melihat proses menyusut, ini datang dengan cetakan yang jauh lebih besar, dengan 26,8 miliar transistor pada cetakan 519 mm².

Mati yang lebih besar ini digabungkan dengan kecepatan clock yang lebih tinggi juga. Radeon RX 6800 XT memiliki clock gaming 2.015MHz dan clock Boost 2.250MHz.

Game Clock adalah yang paling sering Anda lihat saat bermain game, sementara Boost Clock pada dasarnya adalah kecepatan yang dapat meningkatkan beban kerja streaming, daripada terus-menerus memuat seperti game PC terbaik.

Dengan tambahan ruang mati dan kecepatan clock yang lebih tinggi, jelas bahwa konsumsi daya meningkat secara dramatis. AMD Radeon RX 6800 XT memiliki rating 300W, tetapi kami belum pernah melihat daya ASIC (jumlah total yang ditarik kartu) melebihi 294W.

Dan sebagian besar waktu selama pengujian kami, kami melaporkan penutup overlay MSI Afterburner hanya antara 230 dan 250 watt dalam game. Ini berarti ada lebih banyak ruang untuk kartu grafis ini untuk ditingkatkan ke tingkat yang lebih tinggi.

Mudah-mudahan VBIOS (VGA BIOS) baru akan dirilis, yang akan memungkinkan 6800 XT berkembang lebih jauh untuk memungkinkannya benar-benar menunjukkan RTX 3080 siapa bosnya. Tapi di luar kotak saat dirilis, kualitasnya kurang.

Untungnya, itu berarti suhu tetap rendah. Selama pengujian kami, kami mencatat suhu maksimum 78 derajat Celcius, yang sedikit lebih panas daripada Radeon RX 6800.

Suhu hotspot, yang hanya mengacu pada bagian terpanas dari cetakan, memuncak pada 114 derajat Celcius, yang hanya sedikit di atas 110 derajat Celcius yang disarankan oleh AMD dalam spesifikasi operasi.

Ini tidak menghasilkan pelambatan panas, tetapi ketahuilah bahwa jika Anda mengamati suhu, Anda mungkin melihat beberapa angka yang sangat tinggi.

Tetapi yang sangat menarik adalah bahwa Radeon RX 6800 XT pada dasarnya adalah versi yang didukung GPU di dalam Xbox Series X dan PS5. Ini bisa berarti bahwa game akan lebih mudah dioptimalkan untuk kartu grafis ini di seluruh konsol generasi berikutnya.

Manfaat dari ini tercermin dalam game seperti Assassins Creed Odyssey dan Far Cry 5, yang bukan merupakan game generasi berikutnya, tetapi terutama dioptimalkan untuk perangkat keras AMD, dan menunjukkan seberapa besar peningkatan ini dapat menghasilkan kinerja.

Dengan seri Radeon RX 6800, AMD menghadirkan dua fitur opsional, yang dapat membantu meningkatkan kinerja lebih jauh. Baik Memori Akses Cerdas (SAM) dan Mode Kemarahan dapat membantu meningkatkan kinerja, tetapi ingatlah harapan Anda.

Mode Rage pada dasarnya adalah overclocking bersertifikasi AMD, sehingga tidak akan membatalkan garansi Anda. Padahal, ketika Anda pergi ke Radeon untuk mengaktifkannya, itu akan meneriaki Anda bahwa Anda mengacaukan pengaturan yang tidak jelas dengan risiko Anda sendiri – jangan khawatir, jika Anda menggunakan preset AMD, Anda tidak perlu melakukannya khawatir tentang garansi Anda.

Kami menguji mode Fury dalam pengujian 3DMark kami, dan itu benar-benar menurunkan skor – meskipun dalam margin kesalahan.

Tapi SAM adalah binatang yang sama sekali berbeda. Menurut AMD, ini akan menghasilkan kinerja hingga 10% lebih banyak, tetapi itu memang membutuhkan pengubahan BIOS Anda, belum lagi prosesor dan motherboard AMD terbaru.

Anda harus menonaktifkan CSM, yang berarti bahwa beberapa pengguna harus menginstal Windows 10 dari awal jika mereka tidak memiliki instalasi yang kompatibel dengan UEFI, lalu pergi ke pengaturan lanjutan dan aktifkan Di Atas 4G Decoding dan Re-Size Support Bar.

Mengingat seberapa besar ketidaknyamanannya, kami tidak akan merekomendasikan siapa pun kecuali yang paling paham secara teknis untuk mengatasi fitur ini, jadi kami tidak mengujinya untuk ulasan ini. Kami akan menjelajahinya secara mendalam nanti.

Ketika datang ke dukungan perangkat lunak, AMD masih menawarkan serangkaian fitur pendukung yang sama seperti yang telah ada untuk sementara waktu, diatapi oleh Contrast Adaptive Sharpening (CAS) dan Radeon Boost.

Yang terakhir ini sangat berguna bagi orang-orang yang memainkan permainan menembak kompetitif, karena akan mengurangi akurasi di latar belakang selama gerakan cepat, sehingga meningkatkan frame rate.

Namun saat ini, AMD tidak memiliki jawaban nyata untuk DLSS, Nvidia Broadcast, atau RTX I/O. DLSS dan RTX I/O kemungkinan akan menjadi sangat penting selama generasi game berikutnya, terutama setelah pengembang benar-benar pelajari Manfaatkan apa yang dapat dilakukan SSD di PS5 dan Xbox Series X.

Desain

Karena ini adalah kartu grafis paling kuat yang dirilis AMD selama bertahun-tahun, mereka harus memikirkan kembali pendinginnya. Pendingin bergaya blower Radeon RX 5700 XT tidak akan memotongnya pada kartu grafis kaliber ini, jadi AMD memilih opsi tiga kipas 2,5 slot.

Inilah sebabnya mengapa suhu tetap dapat diatur di bawah pengaturan default, dan jika Anda ingin menyelami sesuatu seperti MSI Afterburner, Anda bisa mendapatkan suhu yang lebih baik dengan mengutak-atik kurva kipas.

Ada juga variasi output yang bagus pada Radeon RX 6800. Anda mendapatkan dua port DisplayPort, satu HDMI 2.1 dan USB-C, yang pada dasarnya mencakup semua tampilan modern di pasaran.

Kami hanya bersyukur bahwa AMD tidak menjatuhkan USB-C seperti yang dilakukan Nvidia. Untuk daya, ada dua konektor daya 8-pin di bagian belakang kartu.

AMD Radeon RX 6800 XT sangat mirip dengan produk game yang hebat. Sisi kartu grafis, yang akan benar-benar Anda lihat ketika Anda memasangnya di casing komputer Anda, semuanya berwarna hitam dengan garis merah dan logo Radeon dalam huruf putih—huruf yang menyala merah, tentu saja.

Bagian depan kartu grafis memiliki pita perak yang mengelilingi ketiga kipas, masing-masing dengan logo “R” yang merupakan singkatan dari Radeon. Di bagian belakang, garis perak itu lebih lebar dan membiarkan bagian belakang GPU terekspos melalui panel belakang, sesuatu yang tidak terlalu meneriakkan “luar biasa”, tetapi pada akhirnya tidak terlalu menjadi masalah.

Beberapa orang pasti akan menganggap desain AMD Radeon RX 6800 XT memecah belah, terutama mengingat estetika game hitam dan merah mulai sedikit ketinggalan zaman pada tahun 2020.

Casing PC saat ini hampir secara universal memiliki panel samping kaca tempered, sehingga Grafik Sebuah kartu yang terlihat seperti keluar langsung dari tahun 2005 agak sulit untuk ditelan bagi siapa saja yang ingin memamerkan perangkat mereka.

Ini akan tergantung sepenuhnya pada selera Anda, dan kemungkinan besar itu tidak akan menjadi masalah bagi sebagian besar orang.

Performa

Spesifikasi sistem uji

Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk menguji AMD Radeon RX 6800 XT:

  • CPU: AMD Ryzen 9 5950X (16 core, hingga 4,9 GHz)
  • Pendingin CPU: Cooler Master Masterl Liquid 360P Silver Edition
  • RAM: 64GB Corsair Dominator Platinum @ 3200MHz
  • Papan Utama: ASRock X570 Taichi
  • SSD: ADATA XPG SX8200 Pro @ 1TB
  • Catu Daya: Corsair AX1000
  • Status: Praxis Wetbench

Performa AMD Radeon RX 6800 XT adalah cerita yang rumit. Ada beberapa contoh di mana lantai dapat dibersihkan dengan RTX 3080, tetapi sebagian besar waktu, dan kemungkinan akan maju, ini adalah pertandingan yang sangat sulit melawan Nvidia utama.

Di mana Radeon RX 6800 XT adalah yang terkuat di DirectX 11. Misalnya, dalam tes 3DMark Fire Strike Ultra, tes DX11 yang dibuat untuk kinerja 4K, RX 6800 XT mendapat skor 12.209 melawan 11.034 untuk RTX 3080. Ini adalah keunggulan kinerja dengan persentase 10% untuk AMD pada titik harga yang sama.

Ada beberapa permainan di mana perbedaan ini muncul juga. Di Grand Theft Auto V pada resolusi 4K, Radeon RX 6800 XT sekitar 8% lebih cepat daripada RTX 3080, dan bahkan 9% lebih cepat di Assassins Creed: Odyssey. Tapi ini bukan cerita yang sama di seluruh papan.

Nvidia GeForce RTX 3080 mengungguli AMD Radeon RX 6800 XT dengan 12% kekalahan pada 4K dengan ray tracing dimatikan. Dan ketika ray tracing diaktifkan, perbedaan ini melebar menjadi 34%. Apakah ini kinerja ray tracing? Ini dengan DLSS dinonaktifkan.

Jika Anda menjalankan DLSS dengan GeForce RTX 3080, Anda bisa mendapatkan 65 fps dalam 4K dengan ray tracing diaktifkan, naik dari 47 fps pada kartu yang sama tanpa teknologi AI Upscaling Nvidia.

Anggap saja AMD membutuhkan jawaban yang berarti untuk DLSS jika benar-benar ingin bersaing dengan ray tracing Nvidia, karena jelas belum mampu brute force untuk mencapai performa RT yang solid.

Hal ini juga tercermin dalam uji sintetis 3DMark Port Royal. Dalam tes yang sangat berfokus pada ray tracing ini, AMD memimpin dengan kuat, mencetak 8.541 melawan 11.344 poin di RTX 3080, perbedaan 33%.

Dalam hal ray tracing, Nvidia jauh di depan AMD, dan tidak ada jalan lain untuk itu. Tapi, setidaknya AMD Radeon RX 6800 XT mendukung teknologi tersebut, Anda hanya ingin bermain di 1440p jika Anda ingin mengaktifkan RT.

Namun, secara keseluruhan, sangat mengesankan bahwa AMD dapat bersaing di segmen pasar ini sama sekali. Sudah bertahun-tahun sejak AMD memiliki tingkat GPU ini, dan kami senang menyambutnya kembali.

Penting juga untuk diingat bahwa Nvidia tidak merusak Intel setelah satu generasi Zen – hanya butuh beberapa saat.

Jika AMD dapat terus mendorong peningkatan grafis dan kinerja kelas atas sebanyak peningkatan 6800 XT dibandingkan 5700 XT hanya dalam satu tahun, kami membayangkan Nvidia mungkin berkeringat.

Ini bukan kartu grafis yang memberikan kinerja inovatif Nvidia, tetapi ini adalah kartu grafis yang menunjukkan bahwa AMD sangat kembali dalam permainan, dan kami sangat bersemangat untuk melihat apa yang dimiliki RDNA generasi berikutnya.

Kami bahkan bertanya kepada AMD, dan mereka memberi tahu kami bahwa mereka “mengharapkan para gamer untuk melihat kinerja yang lebih kuat dari kartu grafis Radeon RX 6800 Series di game yang lebih modern.” Jadi, kami pikir kami akan menunggu dan melihat.

Beli Kalau

Mainkan banyak game DX11

AMD Radeon RX 6800 XT adalah yang paling kuat dalam game DirectX 11 seperti Assassins Creed Odyssey dan Grand Theft Auto V. Jika game Anda mengandalkan API ini, Anda mungkin akan mendapatkan kinerja yang lebih kuat di sini daripada RTX 3080.

Apakah Anda siap untuk mengacaukan BIOS Anda?

Dengan AMD Smart Access Memory (SAM), Anda dapat membuka hingga 10% kinerja ekstra jika Anda ingin menggali ke dalam BIOS Anda. Namun, tidak semua orang akan merasa nyaman melakukan ini, dan tidak ada yang salah dengan itu.

Jangan Beli Kalau

Ingin penelusuran sinar 4K?

Performa ray tracing pada RX 6800 XT lebih dari cukup pada 1440p, tetapi jika Anda ingin memainkan efek grafis glossy tersebut dalam 4K, Anda sebaiknya menghabiskan uang Anda untuk kartu Nvidia sekarang.

Mainkan banyak game DirectX12

Dengan driver saat ini, AMD Radeon RX 6800 XT tertinggal dalam hal kinerja DX12, dan kebetulan bahwa API mungkin berada di belakang sebagian besar game generasi berikutnya.

Ingin Nvidia Broadcast atau RTX I/O

Saat ini, Nvidia memiliki rangkaian perangkat lunak berfitur lengkap. Sementara AMD memiliki beberapa fitur berguna yang dapat meningkatkan kualitas gambar, kurangnya antarmuka I/O generasi berikutnya, atau latar belakang AI dan penghilang noise, kartu Nvidia lebih baik untuk orang yang menggunakan PC mereka untuk bekerja.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Amd Radeon Rx 6700 Xt Amd Radeon Rx 6800 Xt Harga Amd Radeon Rx 6900 Xt Rx 6800 Xt Setara Dengan Rx 6600 XtRx 6800 Xt Specs Rx 6800 Xt Vs Rtx 3080 Rx 6800 Xt Vs Rtx 3090

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *