php hit counter Review AMD Radeon RX 6800 - TechRadar

Review AMD Radeon RX 6800

Review AMD Radeon RX 6800

techradar.id – Menuju ke sana.

Penilaian Kami

AMD Radeon RX 6800 menandai kembalinya AMD ke pasar kartu grafis kelas atas, menghadirkan kinerja gaming 4K yang setara dengan RTX 3070. Namun, kurangnya fitur, terutama untuk peningkatan, berarti ray tracing lebih rendah dari 4K.

Kelebihan

  • Kinerja Luar Biasa
  • Akhirnya, penelusuran sinar AMD
  • Konsumsi energi rendah
  • Pendingin aktif

Kekurangan

  • Desain yang memecah belah
  • Performa ray tracing ada di balik kompetisi
  • Lebih mahal dari RTX 3070

AMD Radeon RX 6800 adalah tambahan yang disambut baik dalam daftar kartu grafis AMD, bersama dengan AMD Radeon RX 6800 XT.

Ini adalah alternatif lain yang layak untuk kartu grafis Nvidia berkualitas tinggi di ruang penggila, yang telah didominasi Team Green selama bertahun-tahun.

Sebelum kedatangan AMD Radeon RX 6800, GPU seperti Radeon VII, Radeon RX 5700 XT, dan RX 5700 tidak mampu mendukung kisaran kinerja tinggi Nvidia.

Dengan itu, AMD sekarang dapat bersaing dengan baik (atau bahkan mengungguli) kartu seperti RTX 3070 serta memungkinkan para penggemarnya untuk menikmati manfaat dari ray tracing.

Kami hanya berharap AMD mempertahankan keunggulan harga seperti biasanya. Sayangnya, AMD mengenakan biaya tambahan $80 pada $579 (mungkin sekitar £579, AU$800) untuk AMD Radeon RX 6800.

Di samping RTX 3070, $499 (£469, AU$809) harganya 10% lebih mahal sekitar 5 -15% lebih pertunjukan. Ini masih merupakan penawaran kelas atas yang terjangkau dan pertanda menjanjikan dari hal-hal yang akan datang dari AMD.

Harga dan Ketersediaan

AMD Radeon RX 6800 di Amazon seharga $1.759,99. AMD Radeon RX 6800 tersedia hari ini, mulai dari $549 dan $579 (mungkin sekitar £579, AU$800) untuk papan referensi AMD, dan naik dari sana untuk desain mitra aftermarket.

Pada harga ini, pesaing terdekatnya adalah Nvidia GeForce RTX 3070, yang memiliki setengah VRAM tetapi harganya lebih murah yaitu $499 (£469), AU$809.

Langkah selanjutnya dari sini, dengan asumsi Anda tetap menggunakan Team Red, adalah AMD Radeon RX 6800 XT, yang akan membuat Anda kembali $649 (mungkin sekitar £649, AU$960), yang akan mengikuti Nvidia GeForce RTX 3080 pada saat yang sama. harga.

Kedua kartu grafis ini lebih dari mampu memberikan kinerja gaming 4K yang sangat baik, namun, kami berharap kinerja ini meningkat seiring waktu seiring dengan semakin matangnya pengemudi.

Namun, karena AMD Radeon RX 6800 XT jauh lebih mahal daripada RX 6800, kartu grafis kelas bawah adalah pembelian terbaik untuk sebagian besar orang.

Fitur dan Slide

AMD Radeon RX 6800 didasarkan pada arsitektur grafis RDNA 2 AMD, teknologi grafis yang sama yang digunakan di PS5 dan Xbox Series X.

Secara praktis, ini berarti sedikit atau tidak sama sekali saat ini, tetapi berpotensi memengaruhi pengoptimalan game PC pada generasi berikutnya dari game PC terbaik.

Namun, penting untuk diingat bahwa baik PS4 dan Xbox One juga telah menggunakan grafis AMD, dan ini tidak secara signifikan mempengaruhi peningkatan game PC selama generasi terakhir, jadi ini mungkin akan menjadi titik diperdebatkan – hanya waktu yang akan menjawabnya. ceritakan tentang hal itu. Ini adalah, meskipun.

Ada dua perbedaan besar dari RDNA generasi pertama, meskipun dibuat menggunakan proses manufaktur 7 nanometer (nm) yang sama.

Yang pertama adalah Cache Infinity. Pada dasarnya, ini adalah cache GPU global yang meningkatkan bandwidth memori video (VRAM) Anda. Hal ini membuat memori GDDR6 pada bus 256-bit lebih efisien daripada GDDR6X, dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Ini menghasilkan bandwidth teoritis 2,4x lebih banyak per watt daripada memiliki GDDR6 langsung pada bus 256-bit.

Kemudian, tentu saja, AMD menyertakan akselerator sinar – satu dari setiap 60 unit komputasi. Dalam hal kinerja ray tracing mentah, di Metro Exodus dengan Ray Tracing aktif dan DLSS nonaktif (Deep Learning Super Sampling) — teknologi eksklusif Nvidia, yang AMD tidak memiliki jawaban nyata — Radeon RX 6800 jauh lebih lambat daripada RTX 3070.

Kesenjangan melebar secara dramatis. Ditandai dengan DLSS dihidupkan.

Selain itu, desainnya sangat mirip. Setiap unit komputasi berisi 64 prosesor aliran, dengan total 3.840 pada Radeon RX 6800. AMD telah bekerja keras untuk meningkatkan efisiensi, dan telah berhasil meningkatkan frekuensi dengan jumlah besar.

Cara AMD menentukan frekuensi pada kartu grafisnya agak membingungkan, tetapi sebenarnya cukup berguna. Saat Anda melihat lembar spesifikasi, Anda akan melihat dua frekuensi yang disetel – Game Clock dan Boost Clock.

Boost Clock hanyalah frekuensi puncak – Anda hanya akan melihat frekuensi ini selama beban kerja terputus-putus singkat. Jam Game adalah tempat AMD mengharapkan kartu grafis Anda untuk menyelesaikan sebagian besar waktu.

AMD Radeon RX 6800 memiliki clock gaming 1,815MHz dan boost clock 2,105MHz. Namun, selama pengujian, kami melihat kecepatan clock pada Boost Clock, dan kecepatan tersebut dipertahankan di sana.

Namun, ini mungkin karena driver beta yang kami gunakan untuk meninjau kartu grafis.

Ini adalah bukti peningkatan AMD yang mampu menggandakan ukuran GPU – dari 251 mm² dan 10,3 miliar transistor pada 5700 XT menjadi 519 mm² dan 26,8 miliar transistor pada RX 6800 – dan meningkatkan kecepatan clock jauh, sementara daya papan hanya meningkat dari 225 watt menjadi 250 watt.

Dan selama pengujian kami, konsumsi daya ASIC mencapai puncaknya pada 213 watt, menunjukkan lebih banyak ruang untuk kinerja dengan pembaruan driver berikutnya dan desain papan aftermarket.

Berkat desain pendingin baru, suhu seringkali lebih rendah. Selama pengujian kami, suhu mencapai puncaknya pada 75 derajat Celcius, dengan suhu hotspot GPU hanya mencapai 88 derajat Celcius.

Saat Anda memantau suhu, penting untuk dicatat bahwa yang pertama adalah yang harus Anda perhatikan.

AMD mengatakan kepada kami bahwa GPU baru ini diharapkan untuk melihat suhu hotspot mencapai 110 derajat Celcius selama penggunaan game normal, bahwa mereka berada dalam spesifikasi dan tidak akan menimbulkan masalah.

Jika Anda melihat nomor ini, jangan khawatir, kartu grafis Anda tidak akan meleleh. AMD juga menawarkan dua cara untuk meningkatkan kinerja prosesor seri Ryzen 6000: Rage Mode dan Smart Access Memory.

Yang pertama entah kenapa tidak tersedia di Radeon RX 6800, tetapi itu meningkatkan daya dan batas jam permainan, untuk memberikan sedikit keunggulan kinerja.

Saat Anda mengaktifkan ini, sebuah jendela muncul memperingatkan Anda bahwa mengacaukan tuner GPU akan membatalkan garansi Anda, tetapi jangan khawatir: selama Anda tidak melakukan overclock secara manual dan tetap menggunakan Mode Kemarahan, AMD telah meyakinkan kami bahwa Mode Kemarahan tidak akan membatalkan garansi Anda.

Untuk orang-orang dengan prosesor AMD Ryzen 5000, motherboard AMD seri 500 dan motherboard Radeon RX 6800 atau RX 6800 XT, Smart Access Memory memberikan CPU Anda akses penuh ke memori GPU, bukan hanya memori yang ditentukan sebelumnya.

Ini dapat meningkatkan kinerja hingga 10% pada judul tertentu. Ini adalah fitur yang menarik, tetapi mengaktifkannya agak mengganggu.

Anda harus memperbarui BIOS Anda, lalu pergi ke sana dan nonaktifkan CSM – yang berarti Anda mungkin harus menginstal ulang Windows 10 untuk menggunakannya bahkan jika Anda tidak menggunakan instalasi yang kompatibel dengan UEFI.

Selanjutnya, Anda harus pergi ke tab lanjutan di BIOS dan mengaktifkan decoding 4G di atas dan dukungan Re-Size BAR. Ini adalah fitur yang kami hanya menyarankan pengguna tingkat lanjut untuk mencoba mengutak-atiknya, jadi ini adalah sesuatu yang belum kami uji secara mendalam untuk ulasan ini. Kami akan melihat fitur ini secara mendalam nanti.

Untungnya, bahkan tanpa SAM diaktifkan, Radeon RX 6800 memberikan tingkat kinerja yang sangat baik, jadi Anda tidak akan kehilangan banyak hal dengan tidak mengaktifkannya. Tetapi bagi mereka yang ingin memanfaatkan fitur canggih – itu ada.

Selain itu, set fitur FidelityFX AMD yang sangat baik masih ada, bersama dengan banyak pilihan kualitas hidup, seperti Radeon Boost, yang menurunkan resolusi saat bergerak, dan meningkatkan frame saat Anda bergerak terlalu cepat untuk melihat penurunan dalam kualitas gambar.

Satu fitur yang paling kami lewatkan, terutama dengan diperkenalkannya ray tracing kali ini, adalah setara dengan DLSS (Deep Learning Ultra Sampling) Nvidia.

Saat Anda bermain game dengan ray tracing diaktifkan, teknologi ini sangat berguna, karena membantu membuat perbedaan kinerja besar yang dibawa oleh ray tracing. AMD memberi tahu kami bahwa mereka sedang mengerjakan pengganti, semoga tepat waktu untuk RDNA 3.

Tidak adanya Tensor Cores tidak hanya mengecualikan DLSS. Anda juga tidak mendapatkan alternatif untuk Nvidia Broadcast.

Dan karena kita semua bekerja dari rumah karena pandemi yang sedang berlangsung, ini adalah teknologi yang sangat berguna, terutama jika Anda bekerja di lingkungan yang bising atau kacau.

Desain

AMD akhirnya membuang hal-hal yang mengganggu desain referensi RX 5700 XT dan RX 5700, sebagai gantinya memilih untuk merancang desain selubung tiga kipas yang gemuk.

Tidak hanya ini cara yang lebih efisien untuk menjaga kartu grafis Anda tetap dingin, tetapi juga lebih senyap saat memuat. Adapun output, kami memiliki dua port DisplayPort, satu HDMI 2.1 dan satu USB-C.

Ini pada dasarnya mencakup setiap jenis output tampilan yang mungkin Anda perlukan pada tahun 2020, dan alat peraga untuk AMD tidak secara misterius memotong USB-C seperti Nvidia dengan kartu Ampere mereka.

Untuk daya, Anda memiliki dua konektor 8-pin, yang merupakan kabar baik bagi siapa saja yang menyesali perpindahan Team Green ke konektor 12-pin dengan adaptor. Secara estetika, orang cenderung terbagi. Kali ini, desain papan AMD menampilkan estetika gaming 2012.

Sisi sampul, atau apa yang akan Anda lihat ketika Anda telah menghubungkan GPU ke sistem Anda, semuanya berwarna hitam dengan garis merah dan tulisan. Dan tentu saja logo Radeon menyala merah menyala.

Di bagian depan kartu, hitam disela oleh garis perak yang mengelilingi tiga kipas – masing-masing dengan logo Radeon “R”. Di bagian belakang, bilah perak lebih besar, dan Anda juga dapat melihat bagian bawah GPU itu sendiri.

Ini bukan sesuatu yang biasanya kita sukai pada kartu grafis, karena lebih mudah rusak, bahkan jika metode itu lebih baik untuk pendinginan.

Performa

Spesifikasi sistem uji

Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk menguji AMD Radeon RX 6800:

  • CPU: AMD Ryzen 9 5950X (16 core, hingga 4.9GHz)
  • Pendingin CPU: Cooler Master Masterl Liquid 360P Silver Edition
  • RAM: 64GB Corsair Dominator Platinum @ 3200MHz
  • Papan Utama: ASRock X570 Taichi
  • SSD: ADATA XPG SX8200 Pro @ 1TB
  • Catu Daya: Corsair AX1000
  • Status: Praxis Wetbench

Ketika AMD mengumumkan bahwa Radeon RX 6800 akan lebih mahal daripada RTX 3070, kami pikir itu adalah strategi yang berani, dan tidak yakin itu akan berhasil. Namun, dalam hal kinerja mentah, AMD tampaknya telah mendapatkan kenaikan harga itu – sebagian besar.

Dalam hal kinerja raster tradisional, AMD Radeon RX 6800 mengalahkan GeForce RTX 3070 di seluruh rangkaian pengujian kami, dan dengan jumlah yang sangat signifikan.

Dalam tes 3DMark Fire Strike Ultra, yang mengukur kinerja 4K dengan DirectX 11, Radeon RX 6800 mengungguli 3070 dengan 24% kekalahan.

Dalam permainan, celah ini secara alami tergantung pada judul. Di Metro Exodus pada pengaturan 4K Ultra dengan RT dimatikan, RX 6800 hanya 3 fps lebih cepat daripada RTX 3070, yang merupakan perbedaan kinerja 6%.

Namun, perbedaan ini melebar secara signifikan di game DirectX 11, seperti yang ditunjukkan oleh tes Fire Strike Ultra.

Radeon RX 6800 27% lebih cepat di Far Cry 5 dan 25% lebih cepat di Assassin’s Creed Odyssey. Kedua game ini tentu saja dioptimalkan untuk perangkat keras AMD, tetapi jumlahnya tetap mengesankan.

Namun, perkembangan kinerja ini jauh lebih rendah di banyak game lain di grup pengujian kami. Di Red Dead Redemption 2, misalnya, RX 6800 hanya 10% lebih cepat dari RTX 3070. Dan di Final Fantasy XV, hanya 5% lebih cepat.

Cerita benar-benar berubah setelah ray tracing memasuki persamaan. Nvidia masih unggul di sini, dan baik dalam tes 3DMark Port Royal dan di Metro Exodus dengan RT diaktifkan, Nvidia memiliki keuntungan besar.

Di Port Royal, Nvidia GeForce RTX 3070 mengungguli Radeon RX 6800 sebesar 6%, dan di Metro Exodus pada resolusi 4K dengan RT dihidupkan dan DLSS dimatikan, perbedaannya adalah 9% untuk Team Green.

Untuk orang yang hanya menginginkan sesuatu yang memberikan kecepatan bingkai lebih tinggi dalam beban kerja game tradisional, AMD Radeon RX 6800 benar-benar lebih baik daripada Nvidia GeForce RTX 3070, tidak diragukan lagi.

Namun, jika Anda sudah menunggu kartu grafis AMD yang juga bisa melakukan ray tracing, atau bahkan lebih baik dari Nvidia, Team Red belum ada.

Pelacakan sinar ada di sana, dan itu benar-benar berfungsi, tetapi tanpa DLSS dan kematangan driver yang telah dilihat kartu RTX, Anda akan memiliki pengalaman penelusuran sinar yang lebih baik di tempat lain.

AMD mungkin masih dapat mencapai kinerja ray tracing yang lebih baik seiring bertambahnya usia kartu grafis. Namun, satu hal yang pasti: Dengan Big Navi, AMD kembali ke permainan GPU kelas atas.

Itu belum mengeluarkan Nvidia dengan cara yang sama seperti yang dilakukan dengan Intel, tetapi kita pasti dapat melihat Tim Merah melanjutkan ke arah itu selama beberapa tahun ke depan.

Beli Kalau

Ingin performa gaming 4K yang bertenaga

Melalui sejumlah pengujian kami, AMD Radeon RX 6800 lebih dari mampu memberikan pengalaman 4K yang solid pada 60 fps. Ini tidak secepat RTX 3080, tetapi lebih baik pada resolusi ini daripada RTX 3070).

Anda ingin ray tracing dengan resolusi 1440 piksel

Jika Anda tidak memiliki layar 4K dan ingin tetap bermain game di 1440p, dengan ray tracing, AMD Radeon RX 6800 akan lebih dari mampu menanganinya.

Apakah Anda siap untuk mengacaukan BIOS Anda?

Teknologi Smart Access Memory dari AMD akan membuat Radeon RX 6800 lebih cepat, tetapi Anda harus nyaman bermain-main di BIOS Anda—tidak semua orang begitu.

Jangan Beli Kalau

Anda menginginkan game 4K dan ray tracing

Tanpa jawaban AMD untuk DLSS, game 4K dengan ray tracing diaktifkan tidak akan menjadi waktu yang tepat. Ini masih dapat dimainkan, tetapi Anda tidak akan melihat kecepatan bingkai 60fps.

Anda memiliki anggaran

Jika Anda mencari kartu grafis yang lebih murah, saran kami adalah menunggu kartu grafis ray tracing yang lebih murah dari AMD.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Amd Radeon Rx 6800 Xt Harga Vga Amd Radeon Rx 6600 XtRx 6600 Xt Rx 6800 Vs Rtx 3080

Check Also

Review Google Pixel 4 XL

Review Google Pixel 4 XL

techradar.id – Kamera yang lebih baik, ekstra yang tak terlupakan. Terlepas dari kesederhanaannya, Google Pixel 4 …