php hit counter Review AMD Radeon RX 6600 XT - TechRadar

Review AMD Radeon RX 6600 XT

Review AMD Radeon RX 6600 XT

techradar.id – RDNA mencapai kisaran menengah.

Penilaian Kami

AMD Radeon RX 6600 XT adalah pembangkit tenaga mutlak 1080p, dengan mudah mampu menjalankan game terbaru pada pengaturan maksimum. Namun, kedekatannya dengan Nvidia GeForce RTX 3060 Ti membuatnya sulit untuk merekomendasikannya kepada kebanyakan orang.

Kelebihan

  • Performa 1080p yang luar biasa
  • Konsumsi energi rendah
  • Kinerja termal yang sangat baik

Kekurangan

  • Sangat mahal
  • Tidak cukup jauh sebelum RTX 3060

Sekarang generasi kartu grafis saat ini telah ada untuk sementara waktu, dan kami memiliki Xbox Series X dan PS5 yang secara tidak sengaja mendorong standar game PC lebih tinggi, hanya gamer 4K yang tidak memerlukan peningkatan.

AMD Radeon RX 6600 XT bertujuan untuk menjalankan game generasi berikutnya dalam 1080p, sambil menggunakan Nvidia GeForce RTX 3060 secara langsung, terutama dalam hal rasterisasi tradisional tanpa efek ray tracing yang mengilap.

Namun, Radeon RX 6600 XT juga hadir di saat sulit untuk membeli kartu grafis apa pun, apalagi yang terbaru dan terbaik. Untuk alasan ini, AMD menaikkan harga yang disarankan di atas harga pesaing RTX 3060.

Dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya — sekarang Anda tidak akan menemukan kartu grafis apa pun secara eceran, jadi mengapa tidak membuatnya sedikit lebih mahal?

Namun kondisi kartu grafis saat ini tidak akan bertahan selamanya, sehingga pertanyaan besarnya adalah apakah AMD Radeon RX 6600 XT layak untuk digunakan dalam jangka panjang, terutama jika Anda masih menunggu sedikit untuk membeli grafis. Kartu.

Harga dan Ketersediaan

AMD Radeon RX 6600 XT di Amazon seharga $880. AMD Radeon RX 6600 XT tersedia mulai 11 Agustus, dengan harga eceran yang disarankan $379 (sekitar £270, AU$520). Harga itu tentu saja akan naik dari sana dan kali ini AMD tidak menjual kartu grafis versinya sendiri.

Atau, seperti Nvidia GeForce RTX 3060, 6600 XT akan tersedia secara eksklusif melalui produsen kartu grafis pihak ketiga seperti XFX dan MSI – yang kami uji adalah MSI Gaming X, yang akan membuat Anda membayar $569 (sekitar £510), $773 Australia).

Harga ekstra itu memberi Anda beberapa lonceng dan peluit yang bagus seperti panel belakang, pencahayaan RGB, dan desain Twin Frozr yang keren dari MSI.

Namun, seperti yang telah kita lihat dengan desain yang sama pada semua jenis kartu grafis generasi ini – mulai dari RTX 3080 hingga Radeon RX 6700 XT, ini tidak akan menambah banyak kinerja Anda kecuali jika Anda berencana untuk meng-overclock kartu grafis Anda.

Tetapi sekali lagi, karena kami tidak dapat menguji benchmark spesifikasi AMD Radeon RX 6600 XT, kami tidak dapat mengatakan berapa banyak kinerja yang ditingkatkan versi kartu ini, atau berapa banyak kerugian jika Anda menggunakan $379 (sekitar £270, AU). $520) versi dari AMD Radeon RX 6600 XT.

Lalu ada gajah di dalam ruangan: Nvidia GeForce RTX 3060 dan RTX 3060 Ti. Dengan harga $379 (sekitar £270, AU$520), RX 6600 XT adalah $50 lebih tinggi dari RTX 3060 — sekali lagi, menurut harga yang disarankan — tetapi 10% lebih cepat dalam pengujian kami, yang bukan merupakan hal yang buruk untuk dikompromikan untuk mendapatkan yang lain.

Namun, di situlah proposisi nilai Radeon RX 6600 XT berantakan ketika Anda melihat RTX 3060 Ti.

Harga eceran yang disarankan kartu grafis adalah $399 (sekitar £299, AU$540), tetapi sekitar 20-30% lebih cepat, jadi kebanyakan orang sebaiknya menghabiskan uang ekstra untuk RTX 3060 Ti – jika mereka dapat menemukannya dalam stok, di sangat sedikit. Ada alasan mengapa kami memilih kartu grafis terbaik.

Slide dan Fitur

Seperti kartu grafis Radeon RX 6600 lainnya, Radeon RX 6600 XT didasarkan pada arsitektur grafis AMD 7nm RDNA 2. Fokus utama AMD di sini adalah mengoptimalkan RDNA, bekerja dalam fitur baru seperti penelusuran sinar yang dipercepat perangkat keras dan meningkatkan efisiensi daya.

AMD juga menyertakan Infinity Cache dengan kartu grafis RDNA 2, yang sangat meningkatkan bandwidth memori.

Ini berarti bahwa kartu grafis AMD ini dapat memiliki lebih banyak memori dengan lebih sedikit uang, meskipun dengan RX 6600 XT, setidaknya, AMD memilih memori GDDR6 8GB, daripada GDDR6 12GB yang disediakan oleh Nvidia GeForce RTX 3060.

AMD Radeon RX 6600 XT memiliki 32 unit komputasi (CU) RDNA 2, yang berarti Anda mendapatkan 2.048 stream processor (SP) dan 32 ray accelerator – satu per CU.

Ini merupakan penurunan dari Radeon RX 6700 XT, yang memiliki 40 CU, dengan 2560 SP. Ini mewakili pengurangan 25% dalam inti, yang sebagian besar terkait dengan kinerja.

Tapi setidaknya Anda mendapatkan kecepatan clock yang sangat tinggi. AMD Radeon RX 6600 XT memiliki clock Boost 2.589MHz dan clock gaming 2.359MHz.

Boost clock pada dasarnya adalah seberapa cepat GPU Anda akan mendapatkan beban kerja berombak pendek, sedangkan Game Clock adalah apa yang biasanya Anda lihat saat Anda benar-benar bermain game.

Satu fitur besar telah ditambahkan sejak rollback Radeon RX 6600 XT Maret 2021, meskipun: FidelityFX Super Resolution, atau FSR. Ini adalah jawaban AMD untuk Deep Learning Super Sampling (DLSS) Nvidia, dan pada dasarnya akan meningkatkan game dari resolusi yang lebih rendah ke resolusi aslinya.

Ini didukung oleh Radeon RX 6600 XT, tetapi juga tersedia di semua kartu grafis DirectX 11 — meskipun kinerjanya akan jauh lebih baik pada GPU AMD, setidaknya untuk saat ini.

Tentu saja fitur-fitur yang terdapat pada kartu grafis AMD RDNA 2 lainnya tetap tersedia. Smart Access memiliki banyak memori, dan itu akan memungkinkan Anda mencapai sedikit kinerja di luar Radeon RX 6600 XT.

Jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini, Anda harus masuk ke BIOS dan mengaktifkan Resizable BAR. Ini akan memberi CPU Anda akses langsung ke memori GPU, menghasilkan peningkatan latensi, dan karenanya kinerja game.

Kami melihatnya sebagai overclocking, di mana Anda harus menavigasi BIOS Anda untuk mengaktifkannya – setidaknya untuk saat ini – tetapi jika Anda merasa nyaman melakukannya, tidak masuk akal untuk mengaktifkan teknik ini.

Fitur perangkat lunak hebat lainnya di sini adalah Radeon Boost, terutama jika Anda memainkan banyak game menembak kompetitif yang bergerak cepat seperti Rainbow Six Siege atau Apex Legends.

Ini pada dasarnya akan mengurangi resolusi dalam adegan dengan banyak aksi, karena Anda tidak perlu memperhatikan detail ekstra. Ini kemudian menghasilkan peningkatan frame rate, dan dalam game seperti ini frame rate yang lebih tinggi dapat menjadi perbedaan antara menang dan kalah, jadi ini pasti layak untuk diaktifkan.

Desain

Tidak seperti kartu grafis lain dalam jajaran RDNA 2, AMD tidak merilis versi Radeon RX 6600 XT-nya sendiri. Sebaliknya, ini tersedia secara eksklusif melalui mitra kartu pihak ketiga seperti MSI dan XFX. Versi kartu yang kami kirim untuk ditinjau adalah MSI Radeon RX 6600 XT Gaming X.

Untuk sebagian besar, MSI Radeon RX 6600 XT Gaming X memiliki estetika yang hampir sama dengan MSI Radeon RX 6700 XT Gaming X, meskipun sedikit lebih kecil. Berbeda dengan 6700 XT, Radeon RX 6700 XT Gaming X hanyalah kartu dua slot, bukan desain 2,5 slot.

Ini akan membuatnya lebih cocok dalam kasus yang lebih kecil, dan memungkinkan pemasangan kartu ekspansi lain yang lebih mudah – seperti kartu pengambilan atau kartu suara (ya, itu masih ada).

Tinggi kartu grafis 10,9 inci, dan tinggi 5 inci, yang berarti pendingin sedikit melampaui braket pemasangan PCIe, dan Anda memerlukan jarak sekitar 2 inci antara sisi kasing dan tempat pemasangan kartu grafis Anda agar pas. Gaming X.

Ada lebih banyak versi low-end Naik level dari Radeon RX 6600 XT jika Anda menginginkan desain yang ringkas. Kartu grafis ini memiliki dua kipas, keduanya berlogo naga MSI di tengahnya.

Di antara para penggemar ada beberapa sentuhan RGB, dan kartu ini memiliki estetika yang sangat gamer, dengan sentuhan akhir hitam dan perak. Di sisi kap, ada lebih banyak pencahayaan RGB, dengan logo MSI menyala.

Di bagian belakang kartu, Anda mendapatkan pelat belakang logam penuh, dengan lubang kecil di dekat bagian belakang kartu.

Karena persyaratan daya yang lebih rendah, PCB tidak memanjang ke seluruh panjang kartu, yang memungkinkan MSI untuk memotong beberapa celah di panel belakang di sini untuk meningkatkan aliran udara yang lebih baik melalui heatsink.

Pendingin di sini sejujurnya berlebihan untuk GPU ini. Melalui semua pengujian kami, MSI Radeon RX 6600 XT Gaming X hanya melebihi 67°C, yang cukup keren untuk kartu grafis dengan TGP 160W.

Terlepas dari pengalaman kami, versi kartu grafis ini tetap berada jauh di bawah ambang 160W, bahkan dalam game yang sangat menuntut seperti Metro Exodus Enhanced Edition, yang mencapai daya 146W.

Itu lebih rendah dari RTX 3060 atau RTX 2060 Super, yang masing-masing mencapai 169 watt dan 183 watt. Anda harus dapat membuang GPU itu di mesin Anda dan melupakannya, tanpa khawatir MSI Radeon RX 6600 XT Anda menjadi terlalu panas.

Dalam hal port, Anda mendapatkan tiga output DisplayPort dan port HDMI 2.1. Jadi, meskipun kartu grafis ini ditujukan untuk gaming 1080p, namun mampu menghasilkan video 8K pada 60Hz. Hanya saja, jangan berharap untuk bermain game dengan resolusi itu.

Untuk daya, Anda hanya memerlukan kabel daya PCIe 8-pin dan AMD merekomendasikan setidaknya catu daya 500W.

Performa

Spesifikasi sistem uji

Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk menguji AMD Radeon RX 6600 XT

  • CPU: Intel Core i9-11900K (Octa core, hingga 5.3GHz)
  • Pendingin CPU: Cooler Master Masterl Liquid 360P Silver Edition
  • RAM: 64GB Corsair Dominator Platinum @ 2333MHz
  • Papan Utama: MSI MEG Z590 ACE
  • SSD: ADATA XPG SX8200 Pro @ 1TB
  • Catu Daya: Corsair AX1000
  • Status: Praxis Wetbench

Dengan Radeon RX 6600 XT, AMD menargetkan para gamer di 1080p, dan pada resolusi itu, Radeon RX 6600 XT benar-benar membuatnya keluar dari taman. Setiap pertandingan yang kami mainkan dengan keputusan itu memiliki performa yang hebat.

Bahkan di Metro Exodus Enhanced Edition, yang pastinya lebih ditujukan untuk kartu grafis Nvidia, berkat ray tracing yang selalu aktif, RX 6600 XT berhasil mendapatkan 52 fps pada 1080p, yang lebih dari sekadar pemutaran.

Dan sementara pada judul ini RX 6600 XT nyaris mengalahkan Nvidia GeForce RTX 3060, AMD secara teratur berdagang dengan kartu Nvidia. Di Dirt 5, RX 6600 XT 16% lebih cepat daripada RTX 3060, dan di Metro Exodus asli, 15% lebih cepat pada 1080p.

Namun, kartu grafis AMD terutama dikaitkan dengan RTX 3060 di Final Fantasy XIV dan Horizon Zero Dawn – yang tidak terlihat bagus dengan perbedaan harga.

Hal-hal menjadi sulit untuk Radeon RX 6600 XT ketika Anda membandingkannya dengan Nvidia GeForce RTX 3060 Ti. Pada 1080p, RTX 3060 Ti sekitar 15% lebih cepat daripada Radeon RX 6600 XT, meskipun harganya hanya 5%.

Dan di Metro Exodus, Radeon RX 6600 XT tertinggal 38% di belakang kartu Nvidia, yang merupakan perbedaan besar.

Kami mendapatkan bahwa tidak banyak gamer PC akan melakukan yang terbaik untuk ray tracing, tetapi tidak masuk akal untuk memilih RX 6600 XT kecuali Anda menemukan yang 20% ​​lebih murah daripada RTX 3060 Ti.

Dan sementara ada beberapa yang berpendapat bahwa kita harus membandingkan harga setelah kartu benar-benar ditayangkan dan melihat seberapa tinggi harganya, MSRP tersebut adalah apa yang ditentukan oleh AMD, dan di mana ia akan berada di pasar.

Dan sekarang, AMD Radeon RX 6600 XT pada dasarnya diposisikan pada level yang sama dengan RTX 3060 Ti, dan itu adalah kompetisi yang tidak dimenangkan AMD dalam situasi apa pun.

Beli Kalau

Anda akan bermain di 1080p

AMD Radeon RX 6600 XT akan dengan mudah menangani game PC generasi saat ini pada 1080p sambil memaksimalkan semua pengaturan.

Anda tidak memiliki catu daya yang besar

Dalam pengujian kami, AMD Radeon RX 6600 XT mencapai puncaknya hanya pada 146 watt, yang berarti Anda dapat dengan mudah membukanya dalam sistem dengan catu daya 500 watt dan siap digunakan.

Kamu banyak bermain esports

Kartu grafis AMD umumnya merupakan pilihan yang bagus jika Anda bermain game esports dan ingin memanfaatkan teknologi seperti Radeon Boost untuk frame yang lebih baik.

Jangan Beli Kalau

Anda dapat menghemat sedikit

Ketika Anda mempertimbangkan harga eceran, Nvidia GeForce RTX 3060 Ti sedikit lebih mahal daripada AMD Radeon RX 6600 XT, dan ini adalah pembelian yang lebih baik.

Ingin bermain dengan ray tracing

Meskipun AMD Radeon RX 6600 XT mendukung ray tracing, itu tidak akan lebih baik daripada kartu grafis Nvidia yang setara.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Amd Radeon Rx 6600 Xt Harga Amd Radeon Rx 6600 Xt Setara Dengan Asus Rx 6600 Xt Msi Rx 6600 Xt Powercolor Rx 6600Rx 6600 Harga Rx 6600 Xt Techpowerup Rx 6600 Xt Vs Rtx 3060

Check Also

Review Google Pixel 4 XL

Review Google Pixel 4 XL

techradar.id – Kamera yang lebih baik, ekstra yang tak terlupakan. Terlepas dari kesederhanaannya, Google Pixel 4 …