php hit counter Review AMD Radeon RX 6700 XT - TechRadar

Review AMD Radeon RX 6700 XT

Review AMD Radeon RX 6700 XT

techradar.id – Ayunan lanjutan lainnya dari AMD.

Penilaian Kami

AMD Radeon RX 6700 XT adalah kartu grafis 1440p yang luar biasa, yang membuat arsitektur RDNA 2 sedikit lebih terjangkau. Namun, kedekatannya dengan harga RTX 3070 berarti itu mungkin bukan pilihan terbaik, tergantung pada gim yang ingin Anda mainkan.

Kelebihan

  • Performa 1440p yang luar biasa
  • Penelusuran sinar
  • Kartu ringan tanpa kendur

Kekurangan

  • Agak terlalu mahal
  • Performa ray tracing buruk
  • Tidak Ada Akurasi Ultra FidelityFX

AMD Radeon RX 6700 XT telah membuat arsitektur RDNA 2 AMD lebih mudah diakses oleh lebih banyak konsumen. Secara teori, kartu grafis baru ini akan membawa RDNA 2 ke pasar kelas menengah, berada di antara kinerja Nvidia GeForce RTX 3060 Ti dan RTX 3070.

Namun, ini tidak persis bagaimana ia memanifestasikan dirinya dalam kenyataan. Harga AMD Radeon RX 6700 XT $ 479 / £ 420 berarti mendekati RTX 3070 dalam hal biaya sementara kinerjanya tertinggal di belakang RTX 3060 Ti dalam permainan yang cukup penting.

Siapapun yang berharap bahwa kartu grafis ini akan membantu menggulingkan cengkeraman Nvidia di pasar kartu grafis akan kecewa.

Jika AMD Radeon RX 6700 XT lebih murah $30, itu akan menjadi harga yang sempurna untuk tingkat kinerja yang dihadirkannya. Tetapi seperti sekarang, sulit untuk merekomendasikannya kepada semua orang.

Namun secara keseluruhan, saran kami untuk memilih kartu grafis terbaik untuk PC game Anda adalah mengetahui game mana yang paling sering Anda mainkan, dan memilih kartu grafis yang berkinerja terbaik untuk anggaran Anda dalam game tersebut.

Penggemar Assassin’s Creed yang memiliki sekitar $500 untuk membeli GPU baru, misalnya, pasti ingin memilih kartu ini. Itu juga mengelola Resident Evil Village dengan mengagumkan, mencapai 58fps dalam 4K dengan ray tracing — cukup dekat dengan sweet spot itu.

Jadi, dalam banyak hal, AMD Radeon RX 6700 XT dengan sempurna mewakili pendekatan ini.

Harga dan Ketersediaan

AMD Radeon RX 6700 XT tersedia pada 18 Maret 2021, dengan harga mulai dari $479 / £419,99 (sekitar AU$620). Namun, seperti hampir semua kartu grafis konsumen lainnya, ini hanya harga dasar, dengan versi kartu grafis pihak ketiga jauh lebih tinggi.

Dan pada saat penulisan, sangat sulit untuk menemukan kartu grafis dari produsen mana pun yang tersedia dengan harga eceran.

Penambangan dan vendor Cryptocurrency telah menjadikan kartu grafis sebagai komoditas populer, dan sepertinya itu tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

AMD berharap untuk mengatasi kekurangan ketersediaan ini dengan menawarkan kedua kartu Radeon RX 6700 XT miliknya sendiri, bersama dengan desain papan aftermarket, pada saat yang bersamaan.

Secara teori, ini berarti lebih banyak kartu grafis akan tersedia saat peluncuran, tetapi kita hanya harus menunggu dan melihat bagaimana hasilnya.

Dengan asumsi Anda dapat menemukan Radeon RX 6700 XT dengan harga eceran yang disarankan, tempatnya di jajaran grafis saat ini agak aneh, untuk sedikitnya.

Pesaing terdekat dari Team Red sendiri adalah AMD Radeon RX 6800, yang akan dikenakan biaya $579 (sekitar £579, AU$800).

Itu membuat RX 6700 XT tampak seperti tawar-menawar, kalau bukan karena Nvidia RTX 3070. RTX 3070 hanya $20 lebih mahal daripada Radeon RX 6700 XT seharga $499 (£469, AU$809).

Kartu grafis AMD sedikit lebih murah, tetapi terutama jika Anda memainkan banyak Red Dead Redemption 2 atau ingin terjun ke Final Fantasy XIV, tambahan $ 20 itu akan sangat berharga untuk kinerja yang lebih baik.

Slide dan Fitur

Seperti kartu seri RX 6800 dan RX 6900 2020, AMD Radeon RX 6700 XT didasarkan pada arsitektur AMD RDNA 2 yang baru, terkadang disebut sebagai “Big Navi”.

Ini berarti bahwa semua peningkatan pada kartu grafis lain juga ada di sini, seperti peningkatan efisiensi daya dan, tentu saja, ray tracing.

Dalam RDNA 2, ray tracing dipercepat oleh Ray Accelerators, dengan kecepatan satu per unit perhitungan. Dan karena AMD Radeon RX 6700 XT memiliki 40 unit komputasi, itu berarti ada 40 RA di sini.

Namun, dibandingkan dengan kartu tingkat atas berikutnya dalam jajaran Radeon 6000, RX 6800, yang memiliki 60 unit komputasi, kinerja ray tracing akan melambat secara signifikan di sini – dan memang demikian.

Tidak seperti core RT generasi kedua Nvidia yang ditemukan pada sesuatu seperti RTX 3070, ini masih merupakan generasi pertama dari ray tracing yang dipercepat perangkat keras AMD.

Jadi, meskipun Anda dapat menjalankan pengalaman visual terbaik di mata, itu akan sangat memengaruhi kinerja, seperti yang terjadi pada kartu seri 20 Nvidia saat pertama kali diluncurkan.

AMD memiliki FidelityFX Super Resolution dalam pengerjaan, yang akan sangat membantu dengan itu, tetapi kami masih belum tahu kapan teknologi ini akan benar-benar tersedia.

Ini tentu tidak ada di sini, meskipun AMD memang memiliki beberapa trik untuk meningkatkan kinerja di beberapa game. Salah satu teknologi terbesar yang Anda bayar untuk ini adalah SAM, atau Smart Access Memory.

Ini pada dasarnya memberi CPU Anda akses langsung ke memori grafis, yang sangat mengurangi saluran untuk merender adegan dalam game. Namun, ini bukan fitur yang diaktifkan secara otomatis, dan itu bahkan bukan sesuatu yang dapat Anda mainkan di Radeon.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus masuk ke BIOS dan mengaktifkan dukungan Resizable BAR. Ini sangat mudah ditemukan di beberapa lukisan, dan lebih tidak jelas di lukisan lainnya.

Tapi, jika Anda tidak nyaman bermain-main dengan BIOS Anda, itu bukan sesuatu yang perlu Anda lakukan. AMD Radeon RX 6700 XT jelas mendukung rangkaian efek visual dan peningkatan kinerja AMD yang terus berkembang.

Yang paling penting bagi kebanyakan orang, terutama siapa saja yang hanya menginginkan frame rate yang lebih tinggi, adalah Radeon Boost, Contrast Adaptive Sharpening, atau CAS.

Teknologi Radeon Boost akan mengurangi kualitas visual dalam adegan yang bergerak cepat, sehingga Anda bisa mendapatkan peningkatan frame rate, dengan mengorbankan efek visual di bagian adegan yang mungkin tidak akan Anda sadari.

Penajaman kontras adaptif membantu saat Anda menjalankan resolusi lebih rendah dari resolusi aslinya, mempertajam gambar halus tanpa mengacaukan warna dan kontras pemandangan.

Ada banyak efek lain dalam rangkaian FidelityFX, tetapi ini adalah dua yang kami sarankan untuk ditinjau oleh kebanyakan orang.

Dengan Radeon RX 6700 XT, AMD berharap dapat membantu orang-orang masa depan menghadapi game masa depan — setidaknya sampai pada titik di mana melindungi masa depan adalah kenyataan — dengan memori GDDR6 12GB.

Ada beberapa game 1440p yang akan mulai memakan banyak memori, tetapi bahkan game tersebut tidak melihat perbedaan kinerja yang besar saat menggunakan kartu 12GB pada model 8GB.

Apalagi ketika AMD Radeon RX 6700 XT begitu mahal, sepertinya AMD bisa saja menurunkan VRAM menjadi 6GB atau 8GB, dan membuat kartunya sedikit lebih murah untuk mengamankan posisinya di pasar.

Saat Anda melihat spesifikasi di luar VRAM, RX 6700 XT dibatasi hingga 40 CU, 2.560 prosesor dengan anggaran daya 186 Watt, dan clock game 2424MHz, Anda akan lebih sering menemukan GPU fisik sebagai faktor pembatas. VRAM.

Desain

Versi referensi dari AMD Radeon RX 6700 XT sebagian besar mengikuti filosofi yang sama dengan kartu lain di jajaran RDNA 2. Di sini ada banyak sudut tajam dan huruf merah, dengan garis perak di tengah kartu, dan dua kipas dengan huruf R di tengah.

Dan meskipun tidak memiliki desain tiga kipas seperti kartu seri Radeon RX 6000 lainnya, kartu grafis baru ini sebenarnya memiliki panjang yang sama dengan RX 6800 dan RX 6800 XT pada 267 mm (10,51 inci).

Ini berarti bahwa orang dengan tas mini-ITX mungkin perlu mengukur ruang mereka sebelum melompat ke kartu ini. Namun, Radeon RX 6700 XT jauh lebih ringan daripada kartu kelas atas, yang berarti Anda tidak perlu khawatir tentang penurunan GPU di sini.

Saat kartu grafis dihidupkan, merek Radeon menyala merah, meskipun hanya merah – tidak ada RGB di sini. Namun, pencahayaan merah ini cocok dengan aksen merah di sekeliling sisi kartu grafis.

Untuk daya, Anda mendapatkan konfigurasi daya 8 + 6 pin, dengan TBP (total daya panel) maksimum 230 watt.

Meskipun demikian, dalam pengujian kami, tanpa kartu grafis yang berjalan melalui pembangkit tenaga listrik seperti FurMark, kami hanya melihat kartu tersebut mencapai 186 watt. Itu hanya berarti bahwa AMD telah meninggalkan ruang untuk overclocking di masa depan.

AMD Radeon RX 6700 XT memiliki tiga port DisplayPort dan satu output HDMI, yang seharusnya lebih dari cukup untuk sebagian besar gamer. Kami juga ingin melihat output USB-C, meskipun lapisan ini kurang penting daripada kartu grafis.

Tetapi sementara metode yang lebih keren kurang kuat daripada kartu lain dalam barisan, itu tidak perlu. Dengan daya hanya 186 watt dalam beban kerja game normal, suhu GPU mencapai puncaknya hanya pada 81°C, dengan suhu hotspot mencapai lebih dari 99°C.

Beginilah cara kerja kartu Radeon. Jika Anda memantau suhu kartu grafis Anda, Anda akan melihat bahwa kartu RDNA melaporkan suhu yang berbeda.

Suhu Hot Spot kadang-kadang akan mencapai sekitar 100 ° C, itu normal, itu tidak berarti papan Anda akan meleleh, itu hanya algoritma boost yang menekan kinerja maksimum dari kartu grafis Anda.

Performa

AMD menawarkan Radeon RX 6700 XT sebagai kartu 1440p, jadi kami akan mengujinya pada 1080p dan 1440p. Namun, ada cukup ruang di sini dalam judul lama seperti Final Fantasy XIV Shadowbringers untuk dapat menangani 4K.

Namun, kami tetap menggunakan resolusi 1440p kartu grafis ini, dan mungkin menurunkannya ke 1080p jika Anda ingin mengaktifkan ray tracing.

Itu karena, seperti seri RX 6800, Radeon RX 6700 XT mulai mengalami masalah serius saat Anda mengaktifkan ray tracing pada resolusi target kartu.

Di Metro Exodus, mengubah ray tracing ke “tinggi” menurunkan kecepatan bingkai dari 74 fps menjadi 47 fps pada 1440p. Itu masih yang kami sebut sebagai frame rate yang dapat dimainkan, tetapi kami masih memiliki 74 fps dari versi non-ray-tracked.

Demikian juga, di Watch Dogs Legion, kecepatan bingkai turun dari 64fps dengan prasetel Ultra pada 1440p hingga 28fps – yang kami anggap di bawah 30fps yang kami anggap minimum untuk dapat diputar.

Dengan RDNA 2, AMD tentu saja membuat langkah besar untuk mendukung ray tracing yang dipercepat perangkat keras, tetapi kinerjanya belum cukup jika Anda ingin memanfaatkan teknologi sepenuhnya.

Namun, untuk sebagian besar game, kinerja ray tracing tidak relevan, dan kinerja rasterisasi murni lebih disukai. Dan jika Anda mencari game 1440p, Radeon RX 6700 XT menyelesaikan pekerjaannya.

Kartu grafis ini berhasil mengalahkan rata-rata 60fps di semua kecuali dua game di grup pengujian kami; Red Dead Redemption 2 dan Total War: Three Kingdoms. Dan dengan Red Dead Redemption 2, kami telah meningkatkan setiap pengaturan kecuali MSAA, sehingga Anda dapat dengan mudah mengubahnya untuk mendapatkan tambahan 4 fps yang diperlukan untuk mencapai 60 fps.

Namun, jika dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, nilai penawaran RX 6700 XT mulai berkurang. Rilis terbaru AMD hampir menyamai Nvidia GeForce RTX 3070 dalam beberapa judul, dan secara virtual mengikatnya ke dalam game seperti Hitman III dan Dirt 5.

Bahkan RX 6700 XT membuat RTX 3070 terlempar keluar dari air saat memainkan Assassins Creed Valhalla .

Di beberapa game, seperti Final Fantasy XIV: Shadowbringers, RTX 3070 bisa lebih cepat hingga 15%.

Dan ketika Anda membelanjakan $20, itu dapat membuat perbedaan antara apakah Anda dapat memaksimalkan layar 144Hz 1440p atau tidak — terlalu mudah untuk membenarkan label harga yang sedikit lebih tinggi.

Jadi dengan AMD Radeon RX 6700 XT, mungkin lebih dari kebanyakan kartu grafis lainnya, sangat penting untuk memastikan Anda mengetahui game apa yang akan Anda mainkan sebelum memutuskan untuk memilih kartu grafis ini.

Jika Anda memainkan banyak Assassin’s Creed, ini mungkin kartu grafis yang sempurna untuk Anda, tetapi jarak tempuh Anda akan bervariasi tergantung pada apa yang Anda suka mainkan.

Dan jika Anda seperti kami, dan Anda hanya ingin memainkan apa saja dan semuanya keluar, saran kami sekarang adalah membeli GPU pertama yang dapat Anda temukan secara eceran. Karena meskipun ada perjuangan kecil di sana-sini, kartu grafis generasi ini adalah yang terbaik selama bertahun-tahun. Kami hanya berharap mereka lebih mudah tersedia.

Beli Kalau

Apakah Anda seorang gamer dengan resolusi 1440p

Monitor gaming 1440p semakin populer, dan untuk alasan yang bagus. Jika ini adalah tempat untuk Anda, RX 5700 XT memiliki banyak hal untuk ditawarkan.

Anda ingin tahu tentang ray tracing, tetapi rasterisasi masih lebih penting

AMD Radeon RX 6700 XT dapat melakukan ray tracing, tetapi ini bukan kartu grafis terbaik di luar sana. Jika Anda hanya ingin mengaktifkan efek untuk melihat tampilannya sebelum mematikannya untuk kecepatan bingkai tinggi, kartu ini dapat memberi Anda gambaran sekilas tentang ray tracing.

Anda merasa nyaman mengotak-atik BIOS Anda

Meskipun kartu grafis ini memberikan kinerja yang solid di luar kotak, mengaktifkan Smart Access Memory melalui BIOS adalah cara cepat untuk menambahkan sedikit kinerja ekstra.

Jangan Beli Kalau

Anda sedang menunggu kartu anggaran

Dengan harga $479, AMD Radeon RX 6700 XT masih merupakan kartu grafis yang mahal. Saat ini, jika Anda menginginkan kartu grafis generasi berikutnya dengan anggaran terbatas, taruhan terbaik Anda adalah RTX 3060 atau RTX 3060 Ti.

Mau DLSS atau semacamnya

AMD telah mengerjakan FidelityFX Super Resolution untuk memerangi Deep Learning Super Sampling Nvidia, tetapi belum tiba. Ini sangat penting jika Anda peduli dengan eye candy generasi berikutnya, sambil tetap menginginkan frame rate yang tinggi.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Amd Radeon Rx 6600 Xt Amd Radeon Rx 6700 Xt Harga Rx 6700 Xt Hashrate Rx 6700 Xt Setara Dengan Rx 6700 Xt Specs Rx 6700 Xt TechpowerupRx 6700 Xt Vs Rtx 3070 Rx 6900 Xt

Check Also

11 Aplikasi yang Wajib Diinstal di HP, Nomor 6 Harus Kalian Coba

11 Aplikasi yang Wajib Diinstal di HP, Nomor 6 Harus Kalian Coba

techradar.id – Investasi saham jadi makin terkenal di kelompok masyarakat, khususnya karena ada program saham …