php hit counter Review MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio - TechRadar

Review MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio

Review MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio


techradar.id – Lemak bertambah besar.

Penilaian Kami

MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio mendobrak Founders Edition ke dasarnya dengan kinerja yang lebih kuat dan overclocking yang lebih baik. GPU masih sangat mahal, dan hanya orang-orang yang memiliki uang tunai yang dapat mempertimbangkannya.

Kelebihan

  • Kartu grafis tercepat yang kami uji
  • Pencahayaan RGB
  • Tidak ada konektor daya 12-pin
  • Desain yang menarik

Kekurangan

  • Pencahayaan RGB
  • Masih mahal
  • Akan sulit untuk menyesuaikan diri dalam beberapa kasus

Spesifikasi sistem uji

Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk menguji MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio:

  • CPU: AMD Ryzen 9 5950X (16 core, hingga 4.9GHz)
  • Pendingin CPU: Cooler Master Masterl Liquid 360P Silver Edition
  • RAM: 64GB Corsair Dominator Platinum @ 3200MHz
  • Papan Utama: ASRock X570 Taichi
  • SSD: ADATA XPG SX8200 Pro @ 1TB
  • Catu Daya: Corsair AX1000
  • Status: Praxis Wetbench

Seperti saudaranya, RTX 3080, MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio ingin membuat RTX 3090 yang sudah kuat menjadi lebih bertenaga. Ini dilakukan dengan menaikkan jam boost dan sedikit menaikkan batas daya, tetapi Anda harus menurunkan harapan Anda – itu masih 3090, bukan kartu grafis masa depan.

Akan tetapi, kinerja tambahan ini membutuhkan biaya. Kartu ini harus dijual seharga $1.589/(£1.799, AU$2.969). Namun pada kenyataannya, berkat kekurangan kartu grafis yang besar, Anda akan kesulitan menemukannya dengan harga ini.

Namun, pada titik harga ini, kenaikan harga $90 – sekali lagi, tergantung pada apakah Anda benar-benar dapat menemukan kartu di MSRP – jauh lebih mudah untuk ditelan. Anda pada dasarnya membayar 6% lebih banyak untuk kartu yang sekitar 4-5% lebih cepat.

Itu tidak sempurna, tetapi di dunia yang sempurna di mana kartu grafis tersedia secara teratur, akan sangat masuk akal untuk mendapatkan kartu ini di Founders Edition – dan fakta bahwa ia menggunakan kabel biasa adalah bonus.

Jika Anda ingin melihat lebih dalam tentang kemampuan Nvidia GeForce RTX 3090, selain perbedaan yang dihadirkan kartu tambahan ini, lihat ulasan Founder’s Edition, di mana kami merinci arsitektur Nvidia Ampere.

Untungnya, alih-alih menggunakan konektor daya 12-pin yang aneh yang Nvidia telah debutkan dengan kartu RTX 30-series Founders Edition, monster aftermarket ini memiliki tiga konektor daya 8-pin standar.

Karena kami menguji performa siap, kami tidak melakukan overclocking sebagai bagian dari proses peninjauan kami, tetapi dengan konektor daya tambahan – Founders Edition hanya membutuhkan dua konektor daya 8-pin untuk adaptornya – ada potensi untuk mendorong lebih banyak daya melalui GPU ini untuk kinerja tambahan.

Namun, dalam pengujian kami, konsumsi daya tetap sama pada RTX 3090 Founders Edition, mencapai puncaknya sekitar 373 watt. Tetapi dengan suhu yang mencapai puncaknya hanya 74°C dengan kurva kipas default, pasti ada beberapa ruang kepala di sana untuk mengubahnya jika Anda merasa nyaman.

Bukannya Anda biasanya merasa perlu untuk meng-overclock MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio Anda segera. Kartu MSI tambahan sekitar 4-10% lebih cepat daripada Edisi Pendiri dalam pengujian kami, dengan kasus ekstrem di Far Cry 5, MSI 10% lebih cepat.

Salah satu alasan utama hal ini terjadi adalah bahwa dalam pengujian kami, kartu MSI sering mencapai 1.800-1.900MHz dalam game, yang 100-200MHz lebih banyak daripada Founders Edition.

Kami juga menghabiskan banyak waktu bermain game dengan kartu ini di perangkat pribadi kami, membuat Cyberpunk 2077 dapat dimainkan dalam 4K, meskipun kami harus mengandalkan DLSS untuk benar-benar mengompresnya dengan efek non-slide show.

Tampaknya baru kemarin Nvidia menggembar-gemborkan RTX 3090 sebagai kartu grafis 8K yang dengan mudah akan menghancurkan semuanya menjadi 4K.

Dengan MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio Anda akan dapat memangkas semua sorotan manis ke kecepatan bingkai yang dapat dimainkan, tetapi jangan berharap game kelas berat generasi berikutnya berjalan pada 8K 60fps tanpa mematikan semua disk .

Sekarang kita telah melihat sekilas seperti apa sebenarnya game generasi berikutnya, sepertinya banyak game AAA untuk PC akan mendorong lebih banyak efek ke dalam game, yang berarti sayangnya Anda mungkin membutuhkan kartu ini.

Kaliber untuk menjalankan semua eye candy di 4K. Ini tidak akan menjadi masalah jika 4K tidak didorong sebagai norma baru untuk bermain game secara keseluruhan – kami sarankan bermain di 1440p di penghujung hari.

Setelah di PC Anda, MSI Gaming X Trio adalah desain yang menarik. Ini pada dasarnya sama dengan RTX 3080 yang telah kami ulas, jadi tingginya 12,71 inci — kartu grafis ini tidak cukup muat dalam casing mini-ITX.

Pada mesin pribadi kami, yang baru-baru ini kami renovasi, tampak hebat, dan strip RGB kecil ini sangat cocok. Meskipun, tentu saja, jarak tempuh dapat bervariasi tergantung pada tema perangkat Anda.

MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio hadir dengan chip dukungan yang dapat Anda gunakan untuk mendukung ukuran kartu yang sangat besar juga, yang akan sangat berguna bagi pengguna dengan motherboard tanpa dukungan PCIe bawaan.

Padahal, jika Anda menghabiskan banyak uang untuk kartu grafis, kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkan motherboard premium. Sejauh port pergi, MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio adalah cerita yang sama dengan Founders Edition.

Anda mendapatkan tiga DisplayPort dan satu HDMI 2.1. Yang terakhir ini sangat dibutuhkan untuk game 8K, tetapi seperti Founders Edition, kami berharap ada port USB-C, karena itu akan sangat berguna bagi pekerja kreatif yang membutuhkan VRAM 24GB.

Di dunia yang ideal, di mana kartu grafis sudah tersedia — dan siapa tahu, semoga hari itu segera tiba — MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio mungkin akan menjadi versi sempurna dari Nvidia GeForce RTX 3090.

Performanya lebih kuat, ada ruang untuk overclocking, dan tentu saja pencahayaan RGB yang kita semua tahu adalah hal terpenting dalam PC gaming di tahun 2020. Jika Anda sudah memutuskan bahwa RTX 3090 adalah kartu grafis untuk Anda, maka ini mungkin versi terbaik GPU yang telah kami uji sejauh ini.

Beli Kalau

Anda tetap akan membeli RTX 3090

Jika Anda berada di pasar untuk RTX 3090, MSI GeForce RTX 3090 Gaming X Trio adalah salah satu opsi terbaik di luar sana.

Ingin memainkan game 4K generasi berikutnya dengan ray tracing

Jika beberapa game “next-gen” pertama membuktikan sesuatu, Anda memerlukan kartu grafis yang kuat untuk menjalankan semua pengaturan grafis yang indah pada kecepatan bingkai yang konsisten. RTX 3090 akan menjadi pilihan terbaik untuk itu.

Ingin salinan RTX 3090 dengan beberapa pencahayaan RGB yang buruk

MSI RTX 3090 Gaming X Trio memiliki strip pencahayaan RGB yang bagus di sepanjang sisinya, dan itu akan terlihat bagus dalam casing Anda, dengan asumsi Anda memiliki ruang untuk itu.

Jangan Beli Kalau

Anda tidak memiliki casing komputer yang besar

MSI RTX 3090 Gaming X Trio adalah kartu grafis yang sangat besar, dan banyak orang dengan casing yang lebih kecil akan kesulitan memasangnya ke dalam sasis mereka.

Anda memiliki anggaran

RTX 3090 adalah kartu yang mahal untuk memulai, dan MSI RTX 3090 Gaming X Trio menambahkan tambahan $90 ke harga yang diminta — dengan asumsi Anda dapat menemukannya secara eceran. Jika Anda tidak ingin menjatuhkan hampir dua ribu pada kartu grafis Anda, ini bukan untuk Anda.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Harga Rtx 3090 Laptop Msi Rtx 3090Msi Rtx 3080 Msi Rtx 3090 Specs Msi Rtx 3090 Suprim X Msi Rtx 3090 Suprim X Specs Msi Rtx 3090 Ventus 3x 24g Oc Vga Msi Geforce Rtx 3090 Gaming X Trio Harga

Check Also

Review Google Pixel 4 XL

Review Google Pixel 4 XL

techradar.id – Kamera yang lebih baik, ekstra yang tak terlupakan. Terlepas dari kesederhanaannya, Google Pixel 4 …