php hit counter Review Nvidia GeForce RTX 3070 - TechRadar

Review Nvidia GeForce RTX 3070

Review Nvidia GeForce RTX 3070


techradar.id – Salah satu kartu grafis terbaik yang pernah ada.

Penilaian Kami

Nvidia GeForce RTX 3070 tidak diragukan lagi adalah kartu grafis terbaik di pasaran untuk kebanyakan orang. Ini menawarkan kinerja yang setara dengan RTX 2080 Ti dengan harga kurang dari setengah, membuat game 4K benar-benar menjadi mainstream untuk pertama kalinya.

Kelebihan

  • Kinerja yang luar biasa
  • Kartu grafis terbaik hari ini
  • Performa penelusuran sinar yang luar biasa
  • Pendingin yang menarik

Kekurangan

  • Harga meningkat sama seperti Turing
  • Diperlukan konektor daya 12-pin

Nvidia GeForce RTX 3070 melakukan permainan 4K seperti yang dilakukan GeForce GTX 970 untuk permainan 1080p, yang membuatnya dapat diakses oleh sebagian besar konsumen tanpa mengurangi kinerja.

GTX 970 2014 memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman bermain game 1080p pada pengaturan maksimum dan kecepatan bingkai tinggi dengan harga yang lebih terjangkau, menghadirkan kinerja legendaris dalam game seperti The Witcher 3 dan Batman: Arkham Knight, keduanya masih menggunakan GPU bahkan untuk standar saat ini.

Bertahun-tahun kemudian, Nvidia GeForce RTX 3070 mengikuti jejaknya, melakukan sesuatu yang mirip dengan game 4K. Ini jelas bukan perbandingan yang sempurna. GTX 970 berada pada titik harga yang lebih masuk akal, yaitu $329 (sekitar £250, AU$460) saat pertama kali diluncurkan.

Sementara itu, RTX 3070 harganya lebih mahal $499 (£469), AU$809. Namun, idenya sama – kedua kartu telah membuat resolusi game yang sebelumnya tidak dapat diakses menjadi lebih mudah diakses oleh penggemar.

Nvidia GeForce RTX 3070 mungkin tidak menawarkan kinerja luar biasa yang sama dengan GeForce RTX 3080 atau RTX 3090. Namun, ini adalah kartu yang bagus, memberikan kinerja 4K yang secara kasar menyaingi RTX 2080 Ti tanpa menghabiskan $1.199 (£1.099). , 1,899).Dolar Australia) slot berbentuk lubang di saku Anda.

Kombinasi harga yang wajar dan kinerja tinggi menjadikannya kartu grafis de facto bagi kebanyakan orang.

Harga dan Ketersediaan

Nvidia RTX 3070 di Amazon seharga $2,343,97.

Nvidia GeForce RTX 3070 tersedia mulai 28 Oktober dengan harga $499 (£469, AU$809). Harga itu hanya di mana RTX 3070 akan dimulai, termasuk Edisi Pendiri yang diulas di sini, dengan harga untuk beberapa kartu aftermarket naik dari sana.

Pada titik harga ini, jarak tempuh lebih tinggi daripada GPU AMD terdekat yang dapat ditawarkan, dengan kinerja AMD Radeon RX 5700 XT tertinggal 55% pada $399 (sekitar £315, AU$580).

Namun, dengan kartu AMD Big Navi mendatang, kemungkinan akan ada peningkatan kinerja pada titik harga ini.

Dengan tingkat kinerja yang ditawarkan dengan RTX 3070, Anda pada dasarnya mendapatkan $ 499 (£ 469, sekitar AU $ 700) yang akan dikenakan biaya $ 1.199 (£ 1.099, AU $ 1.899) dengan RTX 2080 Ti hanya seminggu yang lalu.

Fitur dan Slide

Nvidia GeForce RTX 3070 ditenagai oleh GPU Ampere GA104. GPU ini memiliki 5.888 inti CUDA yang tersebar di 46 beberapa prosesor, berdasarkan arsitektur Nvidia Ampere yang sama dengan RTX 3080 dan RTX 3090.

Seperti halnya kartu-kartu ini, ada banyak peningkatan untuk kinerja mentah dan efisiensi daya di sini. Dorong kartu grafis kelas menengah ini ke tingkat kinerja yang hanya cocok dengan kartu grafis terbaik dari generasi terakhir.

Peningkatan terbesar dari generasi ke generasi dari Turing ke Ampere adalah bahwa kedua jalur data pada Streaming Multiprocessor (SM) sekarang mendukung beban kerja FP32, yang melihat penggandaan kernel CUDA per SM yang efektif.

Untuk alasan ini, sementara RTX 2070 memiliki 36 SM, hanya memiliki 2.304 inti CUDA. Jadi, sementara RTX 3070 hanya meningkatkan jumlah SM sebesar 27%, ini lebih dari dua kali lipat jumlah CUDA dasar, secara dramatis meningkatkan kinerja raster mentah.

Itu cukup mengesankan, tetapi kami juga mendapatkan core RT generasi ke-2 dan core Tensor generasi ke-3, yang berarti ray tracing dan DLSS lebih berperforma dan efisien.

Ray tracing secara khusus jauh lebih cepat, karena RT core baru ini menghasilkan throughput dua kali lebih banyak daripada core RT generasi pertama yang ditemukan pada kartu grafis seperti Nvidia GeForce RTX 2080.

Inilah alasan beban kerja ray tracing yang berat seperti 3DMark Port Royal yang baru. benchmark, RTX 3070 mampu mengimbangi RTX 2080 Ti, meskipun flagship generasi terbaru memiliki banyak core RT.

Nvidia GeForce RTX 3070 juga merupakan satu-satunya kartu grafis di jajaran Ampere dengan tingkat konsumsi daya yang wajar, dengan peringkat TGP (Total Graphics Power) 220W, 100W lebih rendah dari RTX 3080.

Ini berarti kebutuhan pendinginan akan semakin baik. menjadi jauh kurang intens daripada RTX 3080. Ampere yang lebih kuat, yang seharusnya menjadi berita bagus bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak ruang dalam kasus mereka untuk kartu grafis yang lebih besar.

Itu banyak jargon, tetapi tangkapan di sini adalah bahwa meskipun RTX 3070 adalah chip yang jauh lebih kecil, ia mampu mengemas lebih banyak daging ke dalamnya, dengan harga lebih rendah, membuat generasi terbaru dari kinerja flagships tersedia untuk arus utama.

Tetapi lebih dari sekadar peningkatan generasi langsung pada arsitektur, Nvidia GeForce RTX 3070 menawarkan banyak fitur yang akan berguna baik saat Anda bermain game PC atau terjebak dalam siklus panggilan video tanpa akhir.

Salah satu fitur terbesar di sini adalah Nvidia Broadcast, yang ditujukan untuk orang-orang yang melakukan streaming game, tetapi utilitasnya jauh lebih luas.

Misalnya, dalam panggilan video, bagian perangkat lunak ini akan menggunakan AI Tensor Cores untuk mengaburkan atau mengganti latar belakang, dan melakukannya dengan lebih efektif daripada opsi yang ada di dalam program seperti Zoom.

Bagian terbaiknya adalah ini berfungsi apa pun perangkat lunak konferensi video yang Anda gunakan. Apakah Anda menggunakan Google Meets, Discord, OBS atau Zoom, Anda dapat menggunakan program ini untuk menghilangkan latar belakang.

Perangkat lunak ini juga disertakan dalam RTX Voice yang memulai debutnya awal tahun ini, untuk menutupi kebisingan latar belakang dari mikrofon Anda, atau bahkan dari input suara orang lain yang Anda temui.

Ada juga dua teknologi yang secara langsung akan menguntungkan para gamer, yakni Nvidia Reflex dan RTX IO. RTX IO mungkin yang paling penting, terutama dengan mendekatnya PS5 dan Xbox Series X generasi berikutnya, memberi mereka akses ke data generasi berikutnya melalui solusi SSD mereka.

RTX IO Nvidia akan bekerja dengan Microsoft DirectStorage API yang akan datang untuk meningkatkan pengiriman data langsung dari SSD Anda ke GPU.

Cara kerjanya sekarang adalah ketika game membutuhkan akses ke data, data tersebut berpindah dari penyimpanan ke CPU Anda, lalu ke memori sistem, di mana data itu dikirim kembali melalui CPU ke kartu grafis Anda, dan akhirnya masuk ke VRAM.

Ketika RTX IO tersedia, itu akan memotong CPU dari persamaan itu, menghilangkan salah satu hambatan terbesar dalam game PC modern.

Belum ada game yang menggunakan API penyimpanan ini, tetapi ketika itu terjadi, kita akan melihat pengurangan besar-besaran dalam waktu muat dan overhead dalam game dunia terbuka besar-besaran seperti Assassin’s Creed Odyssey.

Di sisi lain, Nvidia Reflex sekarang tersedia, dan hanya memotong latensi antara CPU dan GPU dengan memindai Render Queue, sehingga frame dirender hanya saat dibutuhkan.

Seperti jajaran Nvidia Ampere lainnya, Nvidia GeForce RTX 3070 adalah produk berfitur lengkap yang lebih dari sekadar menghadirkan game PC terbaik.

Jika salah satu dari program ini terdengar berguna, maka kartu grafis RTX harus ada dalam daftar Anda, dan RTX 3070 merupakan kartu grafis RTX terbaik di pasar. Sampai Nvidia memutuskan untuk merilis GeForce RTX 3060, RTX 3070 akan menjadi kartu grafis yang kami rekomendasikan untuk sebagian besar pengguna.

Edisi Pendiri RTX 3070

Spesifikasi sistem uji

Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk menguji Nvidia GeForce RTX 3080 Founders Edition:

  • CPU: AMD Ryzen 9 3950X (16 core, hingga 4.7GHz)
  • Pendingin CPU: Cooler Master Masterl Liquid 360P Silver Edition
  • RAM: 64GB Corsair Dominator Platinum @ 3600MHz
  • Papan Utama: ASRock X570 Taichi
  • SSD: ADATA XPG SX8200 Pro @ 1TB
  • Catu Daya: Corsair AX1000
  • Status: Praxis Wetbench

Nvidia GeForce RTX 3070 Founders Edition sangat mengingatkan pada kartu Turing lainnya, tetapi jauh lebih kecil, berkat persyaratan daya dan pendinginan kartu kelas menengah yang lebih rendah.

Ini masih kartu slot ganda, tetapi jauh lebih pendek, dengan panjang 9,5 inci (242 mm), yang membuatnya lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam wadah yang lebih kecil daripada sesuatu seperti RTX 3080 yang panjangnya sekitar 11,2 inci (285 mm).

Untuk orang dengan tas komputer kecil seperti NZXT H1 ini akan lebih masuk akal daripada kartu grafis yang lebih kuat.

Tidak seperti saudara kandungnya yang lebih besar, RTX 3070 memiliki kedua kipas di sisi pendingin yang sama, daripada konfigurasi push-pull unik yang menampilkan Edisi Pendiri RTX 3090 dan RTX 3080.

RTX 3070 memiliki PCB yang serupa, namun, semuanya sangat padat, memungkinkan cairan pendingin untuk mengembang di luarnya. Ini berarti kipas kedua masih mendorong udara melalui bagian belakang kartu grafis, membuatnya bekerja dengan cara yang sama.

Solusi ini tidak seefisien RTX 3080 atau RTX 3090, tetapi tidak perlu demikian. TGP (Total Graphics Power) hanya 220 Watt, bukan 320 Watt pada RTX 3080, yang secara alami berarti suhu lebih mudah diatur.

Oleh karena itu, RTX 3070 masih mencapai suhu puncaknya sekitar 72°C, bahkan dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Namun, bahkan dengan konsumsi daya yang lebih rendah, Anda masih harus menggunakan konektor daya 12-pin baru Nvidia, yang tidak masuk akal.

Adaptor disertakan, tetapi 8-pin hingga 12-pin, dan itu membuat kami bertanya-tanya apakah itu benar-benar diperlukan. Ada lebih banyak produsen PSU yang membuat kabel khusus untuk menghilangkan kekacauan ekstra yang dibawa oleh adaptor ini, tetapi ini adalah sesuatu yang Anda masih harus membayar tunai.

Namun di luar konektor daya yang dikeraskan, Founders Edition RTX 3070 terlihat sangat ramping, dan seharusnya tidak mengalami kesulitan saat memasangnya.

Kumpulan Edisi Pendiri saat ini adalah beberapa kartu grafis paling menarik yang pernah kami lihat, dan dengan betapa bagusnya mereka dalam menjaga hal-hal tetap keren, kartu FE adalah rekomendasi kami yang sebenarnya — jika Anda dapat menemukannya.

Performa

Nvidia GeForce RTX 3070 adalah perangkat keras yang hebat justru karena memberikan kinerja dari flagship ke pasar kelas menengah ke atas.

Dalam pengujian demi pengujian, GeForce RTX 3070 menghadirkan game dan kinerja 4K yang sangat halus, dan memungkinkan kinerja frame rate tinggi pada resolusi rendah. Jika Anda ingin memanfaatkan layar 144Hz 1080p tanpa menurunkan pengaturan kualitas, RTX 3070 dapat melakukannya.

Bahkan dalam permainan yang sulit dimainkan seperti Horizon Zero Dawn dan Red Dead Redemption 2, RTX 3070 memberikan kinerja yang mengesankan, mencapai 75fps pada judul terakhir pada 1080p dengan segalanya kecuali MSAA yang dimaksimalkan.

Siapa pun yang akrab dengan seberapa keras emulator Yee-Haw Rockstar harus menyadari betapa mengesankannya itu – mengingat RTX 2070 Super hanya mendapat 57 fps dalam pengujian yang sama.

Tetapi yang lebih mengesankan adalah bahwa di Red Dead Redemption 2 – seperti pada batch lainnya – RTX 3070 berada dalam margin kesalahan RTX 2080 Ti di seluruh batch pengujian.

Lihat saja tes 3DMark TimeSpy Extreme – RTX 3070 mencetak 6990 melawan RTX 2080 Ti 6986. Ini adalah skor yang hampir sama, yang mengesankan pada kartu grafis dengan memori video kurang dari 3 GB dan juga mengkonsumsi lebih sedikit daya.

Perdagangan di RTX 2080 Ti dan RTX 3070 meledak di seluruh jajaran kami, dan tidak ada satu tes pun di mana RTX 2080 Ti maju secara signifikan. Faktanya, perbedaan terbesar antara kedua kartu grafis ada di Grand Theft Auto V, dengan RTX 3070 clocking 96 fps ke 2080 Ti 86 fps.

Itu hanya perbedaan 11%, dan hanya dalam satu judul, tetapi ini berbicara tentang nilai 3070.

Dan ketika datang ke AMD, katakan saja yang terbaik adalah tim Merah berharap Big Navi akan menjadi super keren. Pesaing terdekat AMD yang saat ini ada di pasaran adalah AMD Radeon RX 5700 XT, yang 38%-64% lebih lambat pada 4K daripada RTX 3070.

Tentu saja, Radeon RX 5700 XT lebih murah dengan harga $399 (sekitar £315), 580 AU$), tetapi itu adalah kenaikan harga 25% untuk kinerja hingga 64% lebih baik – sangat mudah untuk merekomendasikan orang untuk menghemat ratusan dolar ekstra.

Jika dibandingkan dengan RTX 3080, RTX 3070 terus bersinar. Dalam kebanyakan kasus pada 1080p, kartu grafis sekitar 25-30% lebih lambat dari saudara yang lebih tua dalam banyak kasus – 40% lebih murah.

Ini menggambarkan kesenjangan terbesar antara orang-orang yang menggunakan RTX 3080 dan RTX 3070. Nvidia GeForce RTX 3070 adalah kartu grafis untuk orang-orang, memberikan kinerja 4K yang luar biasa tanpa menghabiskan anggaran.

Satu-satunya orang yang harus memilih RTX 3080 adalah orang-orang yang memiliki uang ekstra untuk dibakar dan ingin menyombongkan diri. Dan jangan biarkan kami memulai dengan orang-orang yang menguangkan Nvidia GeForce RTX 3090 hanya untuk bermain game.

Ketika Anda memikirkan tentang kartu grafis yang telah memberikan dampak terbesar selama dekade terakhir, itu tidak pernah menjadi Titans atau xx80-an.

Kartu grafis seperti GeForce GTX 1060 6GB, GTX 970, atau Radeon RX 580 telah menjadi bagian dari silikon yang dicintai karena memberikan kinerja luar biasa dengan harga yang tidak membuat orang takut.

Hanya waktu yang akan menentukan apakah harga Nvidia yang meningkat, yang dimulai dengan Turing, akan memengaruhi apakah RTX 3070 sama dicintai atau tidaknya dengan kartu grafis ini, tetapi sekarang ia menawarkan nilai terbaik di kancah kartu grafis. Sekarang kita tinggal menunggu AMD memindahkan Big Navi.

Beli Kalau

Ingin bermain game di 4K

Nvidia GeForce RTX 3070 dapat dengan mudah memainkan game apa pun dalam 4K tanpa harus berkompromi dengan pengaturan kualitas. Beberapa game seperti Red Dead Redemption 2 mungkin meminta Anda untuk menonaktifkan beberapa pengaturan.

Ingin kartu grafis bernilai baik

Dengan harga $499 (£469), kami akan ragu untuk menyebut RTX 3070 yang murah, tetapi dibandingkan dengan kartu unggulan yang lebih mahal seperti RTX 3080, kartu ini memberikan kinerja yang sangat baik untuk uang.

Anda memiliki kasing yang lebih kecil

Nvidia GeForce RTX 3070 Founders Edition tidak mengemas pendingin raksasa yang sama dengan RTX 3080, membuatnya lebih mudah untuk dikemas dalam casing PC yang lebih kecil.

Jangan Beli Kalau

Anda tidak ingin berurusan dengan konektor daya 12-pin

RTX 3070 Founders Edition masih memiliki konektor daya 12-pin yang mengganggu, bahkan dengan kebutuhan daya yang lebih rendah. Jika Anda tidak ingin bergelut dengan adaptor, pilihlah kartu aftermarket.

  • Ini adalah GPU terbaik tahun 2020

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Geforce Rtx 3070 Harga Harga Rtx 3070 Di Indonesia Harga Rtx 3070 Sebelum Naik Msi Rtx 3070 Nvidia Rtx 3070 Ti Rtx 3070 LaptopRtx 3070 Spec Rtx 3070 Ti Harga

Check Also

Review Google Pixel 4 XL

Review Google Pixel 4 XL

techradar.id – Kamera yang lebih baik, ekstra yang tak terlupakan. Terlepas dari kesederhanaannya, Google Pixel 4 …