Review Nvidia GeForce RTX 3080

Review Nvidia GeForce RTX 3080


techradar.id – Game 4K memasuki arus utama dengan RTX 3080

Penilaian Kami

Nvidia GeForce RTX 3080 adalah kekuatan mutlak dari kartu grafis, membuat salah satu lompatan generasi terbesar dalam sejarah GPU. Siapa pun yang tertarik bermain game di 4K harus memperhatikan kartu grafis ini – meskipun manfaatnya berkurang pada resolusi yang lebih rendah.

Kelebihan

  • Performa game 4K yang luar biasa
  • Suhu rendah
  • Banyak fitur non-game yang berguna
  • Harganya tidak lebih tinggi dari RTX 2080

Kekurangan

  • Masih agak mahal
  • Dongle agak mengganggu
  • Tidak ada USB-C di Founders Edition

Bersama dengan seri Nvidia 3000 lainnya, Nvidia GeForce RTX 3080 terbukti menjadi peningkatan besar dibandingkan kartu grafis generasi sebelumnya. Faktanya, ini mungkin lompatan terbesar dalam kekuatan antargenerasi yang pernah kita lihat dalam beberapa waktu.

Dengan RTX 3080, mengakses game 4K lebih mudah dari sebelumnya. Selain itu, ia menawarkan kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan GPU yang digantikannya.

Dengan peningkatan kinerja lebih dari 50-80% dibandingkan dengan RTX 2080 dan 20-30% dibandingkan dengan RTX 2080 Ti, memainkan game PC terbaik dengan definisi tinggi dan kecepatan refresh yang cepat tidak pernah semudah ini.

Nvidia telah melakukan lebih dari sekedar membawa kinerja ke tingkat berikutnya. Anda bisa mendapatkan semua kinerja itu dengan harga yang jauh lebih baik daripada Seri 2000. Sebenarnya sekitar setengah harga.

Jadi, RTX 3080 tidak hanya lebih bertenaga, tetapi, bersama dengan seri Nvidia 3000 lainnya, juga terjangkau untuk para gamer.

Salah satu rilis terbesar Nvidia, RTX 3080 adalah peningkatan yang menarik bagi siapa saja yang ingin memaksimalkan pengalaman bermain game mereka.

Harga dan Ketersediaan

Nvidia GeForce RTX 3080 tersedia pada 17 September, mulai dari $699 (£649, sekitar AU$950) untuk Founders Edition. Namun, seperti halnya peluncuran kartu grafis utama, akan ada puluhan kartu grafis aftermarket dari perusahaan seperti MSI, Asus, Zotac, dan banyak lagi.

Perlu diketahui bahwa beberapa desain kartu aftermarket ini dapat mengalami lonjakan harga pada Founders Edition ini, berdasarkan hal-hal seperti solusi pendinginan yang eksotis dan overclocking yang disesuaikan dengan pabrik. Tetapi setiap RTX 3080 harus kurang lebih di stadion baseball saat Nvidia sendiri diluncurkan.

Fitur dan Slide

Nvidia GeForce RTX 3080 didasarkan pada arsitektur grafis Nvidia Ampere baru, yang memberikan peningkatan besar baik pada kinerja mentah maupun efisiensi daya. Fakta bahwa Nvidia secara signifikan meningkatkan anggaran daya pada RTX 2080 sambil meningkatkan efisiensi daya berarti bahwa profil kinerja keseluruhan jauh lebih tinggi daripada yang mampu dilakukan oleh kartu grafis Nvidia Turing.

Ada peningkatan nyata pada inti RT dan Tensor — kami masing-masing adalah generasi kedua dan ketiga — tetapi mungkin peningkatan terbesar adalah mesin tetes.

Melalui beberapa pengoptimalan yang cerdas, Nvidia mampu menggandakan jumlah inti CUDA yang ada di setiap multiprosesor (SM) dengan membuat kedua jalur data pada setiap SM mampu menangani beban kerja Floating Point 32 (FP32) – peningkatan besar dibandingkan Turing, Dimanapun ada satu seluruh jalur data didedikasikan untuk beban kerja yang benar.

Ini secara efektif menggandakan throughput kernel mentah FP32, meskipun itu tidak akan secara langsung diterjemahkan ke dua kali frame rate di game PC favorit Anda — setidaknya, tidak untuk banyak dari mereka.

Artinya, meskipun Nvidia GeForce RTX 3080 hanya memiliki 46% lebih banyak SM daripada RTX 2080 pada 68, Nvidia GeForce RTX 3080 hanya memiliki SM 46% lebih banyak daripada RTX 2080 di 68, ini menggandakan jumlah CUDA dasar, dari 2.944 menjadi 8704.

Ini berarti hampir tiga kali throughput FP32 teoretis sekitar 10 TFLOP. menjadi 29,7 TFLOP – lompatan generasi yang besar.

Saat memasangkan peningkatan inti CUDA, dengan peningkatan besar pada cache, tekstur, dan bandwidth memori — berkat perpindahan ke memori GDDR6X yang lebih cepat pada bus 320-bit — kinerja game mendapatkan lompatan generasi terbesar dalam beberapa tahun, meskipun hanya sedikit di bawah target “kinerja”. 2x” yang kami yakin diharapkan oleh beberapa orang. Tapi lebih lanjut tentang itu nanti.

Inti Nvidia RT juga kembali — itulah sebabnya Nvidia disebut RTX — dan mereka juga melihat peningkatan besar-besaran. Kartu grafis Nvidia Ampere, termasuk RTX 3080, memiliki inti RT generasi kedua, yang akan bekerja mirip dengan inti RT generasi pertama, tetapi akan dua kali lebih efisien.

Saat menelusuri sinar, SM akan melemparkan berkas cahaya ke pemandangan yang sedang dilihat, dan inti RT akan mengambil alih dari sana, di mana ia akan melakukan semua perhitungan yang diperlukan untuk melihat di mana berkas cahaya itu memantul, dan akan melaporkan informasi itu kembali ke SMnya.

Ini berarti bahwa SM dibiarkan sendiri untuk menyediakan sisa adegan. Tapi kami masih belum mencapai titik di mana menyalakan ray tracing tidak mempengaruhi kinerja. mungkin suatu hari.

Core Tensor juga dua kali lebih kuat kali ini, yang mengakibatkan Nvidia hanya menyertakan 4 di setiap SM, bukan 8 yang mungkin Anda temukan di Turing SM. Selain fakta bahwa sekarang ada lebih banyak SM secara umum, kinerja DLSS juga mendapatkan dorongan besar.

Namun, generasi kartu grafis ini bukan hanya tentang game, dan Nvidia telah menghadirkan dua fitur baru yang akan membuat hidup lebih baik bagi semua orang dengan kartu RTX.

Misalnya, kami sudah menjadi penggemar berat RTX Voice, dan Nvidia akhirnya mengeluarkannya dari versi beta dan menjadikannya aplikasi streaming berfitur lengkap.

Sementara RTX Voice menyaring kebisingan latar belakang dari mikrofon Anda, Anda dapat mengatur penyiar untuk memfilter latar belakang dari webcam Anda – atau bahkan hanya menerapkan blur.

Bagian video masih dalam versi beta, dan kami telah melihat beberapa gangguan, tetapi ini jauh lebih baik daripada solusi pemblokiran latar belakang lainnya tanpa layar hijau.

Namun, satu fitur yang dengan senang hati kami terapkan adalah Nvidia RTX I/O, API yang bekerja bersama dengan API DirectStorage Microsoft, untuk merutekan data langsung dari SSD ke kartu grafis Anda.

Dalam game generasi berikutnya, ini seharusnya tidak hanya secara signifikan mengurangi waktu muat, tetapi juga mencerminkan kinerja I/O terdepan yang telah dipicu oleh generasi konsol berikutnya seperti PS5 dan Xbox Series X.

Jauh lebih dari sekadar frame rate atau grafis tinggi. , teknologi ini sangat penting untuk teknologi game masa depan.

Sayangnya, ini adalah teknologi yang harus diterapkan oleh pengembang game dalam game mereka, dan kami sebenarnya tidak dapat melihat perbedaan nyata seperti apa yang akan dibuatnya.

Meskipun ini adalah sesuatu yang akan kami uji secara aktif setelah teknologi diterapkan secara luas – dan karena konsol akan menggunakan teknologi serupa, kami berharap ini memiliki perputaran yang lebih cepat daripada ray tracing.

Untuk kartu grafis Edisi Pendiri yang sebenarnya, Nvidia telah hadir dengan desain baru yang lebih keren, yang lebih praktis daripada apa pun yang telah mereka lakukan dengan desain referensi sebelumnya.

Perusahaan menggunakan PCB multi-lapisan yang lebih pendek agar bagian belakang kartu hanya menjadi heatsink. Dengan melakukan ini, Nvidia dapat memasang kipas di bagian belakang kartu grafis yang menyedot udara dingin melalui heatsink, mengeluarkannya ke atas dan keluar dari casing.

Kami sedikit khawatir ketika kami pertama kali melihat desain kipas ini yang akan mempengaruhi suhu CPU dan RAM, karena meniupkan udara panas langsung ke komponen ini, tetapi bahkan di PC kami, di mana kami memiliki pendingin udara Noctua NH-12UA pada AMD Ryzen 9 3900X, kami tidak melihat adanya perbedaan kinerja.

Kami pikir itu membantu bahwa sebagian besar game PC tidak benar-benar menekankan GPU dan CPU ke maksimum yang sama – setidaknya belum.

Sejauh pengiriman daya berjalan, konektor daya 12-pin baru pasti ada, dan kami memiliki beberapa perasaan campur aduk tentang hal itu. Desain PCB baru dari kartu Founders Edition jelas membutuhkan konektor yang lebih kecil ini untuk membuat pekerjaan ini lebih keren, kami hanya berharap dongle 2 x 8-pin ke dongle Nvidia 1 x 12-pin sedikit lebih tinggi.

Seperti berdiri, agak sulit untuk mengaitkannya sehingga tidak langsung terlihat, tetapi setidaknya kartu aftermarket tidak akan langsung menggunakannya. Namun, perlu dicatat bahwa Nvidia membuat desain konektor daya 12-pin tersedia untuk semua pabrikan — bahkan AMD — yang ingin menggunakannya.

Founders Edition juga memiliki tiga port DisplayPort dan output HDMI 2.1 untuk monitor, yang merupakan hal yang baik. Namun, kami tidak suka Nvidia membuang output USB-C di sini, karena pembuatnya pasti masih ingin menggunakan kartu yang sangat kuat ini, dan ada banyak monitor profesional, pada kenyataannya, monitor USB-C.

Terlepas dari masalah kecil kami dengan Founders Edition — dan meskipun berpikir itu jelek ketika pertama kali keluar — itu adalah perangkat keras yang menarik secara pribadi. Dalam warna hitam dengan aksen perak, RTX 3080 terlihat seperti perangkat keras profesional.

Satu-satunya pencahayaan adalah logo “GeForce RTX” di sisi kartu grafis berwarna putih, yang pasti akan menyenangkan setiap pengguna anti-RGB di luar sana. Selain itu, pemain yang benar-benar ingin menggunakan pencahayaan pelangi akan memiliki opsi ini dengan kartu pihak ketiga.

Performa

Spesifikasi sistem uji. Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk menguji Nvidia GeForce RTX 3080 Founders Edition:

  • CPU: AMD Ryzen 9 3950X (16 core, hingga 4.7GHz)
  • Pendingin CPU: Cooler Master Masterl Liquid 360P Silver Edition
  • RAM: 64GB Corsair Dominator Platinum @ 3600MHz
  • Papan Utama: X570 Aorus Master
  • SSD: ADATA XPG SX8200 Pro @ 1TB
  • Catu Daya: Phanteks RevoltX 1200
  • Status: Praxis Wetbench

Hanya dari pemasaran Nvidia (berlebihan), kami sebenarnya mengharapkan RTX 3080 menjadi kartu grafis yang cepat, tetapi menyebutnya “cepat” agak berlebihan.

Sejak kami membuka kotaknya, kotak itu sudah ada di mesin pribadi kami, memberi daya pada segalanya mulai dari Final Fantasy XIV hingga Kontrol, dan baru saja keluar dari mesin pribadi kami untuk dicolokkan ke bangku pengujian kami untuk pengukuran yang sebenarnya.

Sebelum tahun 3080-an, kami memiliki Nvidia GeForce RTX 2080 Ti di mesin itu, dan perbedaannya langsung terlihat bahkan sebelum kami mulai mengukur kinerja dengan cara yang dapat diukur.

Misalnya, salah satu game yang paling sering kami mainkan adalah Final Fantasy XIV – ini masalah – dan di game itu, terutama di ekspansi terakhir, ada saat-saat ketika RTX 2080 Ti turun di bawah 60fps pada 4K. Ini tidak terjadi dengan RTX 3080.

Faktanya, gim ini biasanya berjalan di mana saja dari 75-100 fps pada resolusi 4K dengan pengaturan grafis maksimum, dengan RTX 2080 Ti biasanya mendingin di sekitar tanda 60 fps – lompatan besar dalam kinerja di sekitar setengah harga.

Cerita ini terus berulang lagi dan lagi tidak peduli permainan apa yang kami mainkan. Metro Exodus Mencapai Maks dengan Ray Tracing dan DLSS? Penguncian 60fps yang mulus pada 4K. Kendalikan dengan efek ray tracing yang tak terhitung jumlahnya?

Halus sekali. Bahkan Final Fantasy XV dengan semua efek grafis opsional yang aneh jatuh dengan indah pada 60fps pada 4K. Gameplay 4K60 yang dapat diakses ada di sini – bahkan jika kita menggunakan istilah “dapat diakses” dengan sangat longgar di sini.

Meskipun suhu di tolok ukur kami tidak terlalu menarik, Anda harus ingat bahwa suhu tersebut direkam di bangku tes luar ruangan. Di menara tertutup kami, dengan dua kipas 240mm yang berfungsi sebagai input, suhu mencapai sekitar 60C – jauh lebih dingin daripada suhu pertengahan 80C yang biasanya kita lihat dengan RTX 2080 Ti Founders Edition.

Saat melihat hasil benchmark yang sebenarnya, jelas bahwa Nvidia GeForce RTX 3080 berada di kelasnya sendiri, berdiri tegak di atas RTX 2080 Ti. Langsung dari kelelawar di 3DMark Time Spy Extreme, RTX 3080 63% lebih cepat dari RTX 2080 dan 26% lebih cepat dari 2080 Ti – lompatan generasi yang besar ketika Anda menganggap bahwa RTX 2080 hanya 40% lebih cepat daripada RTX 2080 GTX 1080 ketika kami melakukan Reviewing lagi pada tahun 2018.

Tapi Time Spy Extreme bahkan bukan skenario terbaik untuk keuntungan RTX 3080. Di Red Dead Redemption 2, di mana kami memaksimalkan setiap opsi yang tidak dimiliki MSAA – aliasing multi-sampel terlalu mahal dan tidak sepadan – kami melihat peningkatan besar-besaran 87% secara keseluruhan.

Itu kurang dari lompatan kinerja 2x yang terungkap di RTX 3080, tapi itu pasti lebih dekat dari yang kami kira sebenarnya akan didapat. RTX 3080, seperti yang telah dikatakan, 50-80% lebih cepat daripada RTX 2080, sementara hanya jatuh lebih rendah di Fire Strike Ultra, di mana ia hanya berhasil memimpin 29% – tetapi itu masih merupakan keuntungan besar.

Kesenjangan kinerja yang lebar ini benar-benar hanya ada pada 4K, namun, ketika kartu grafis bebas dari kemacetan. Ada beberapa judul di suite pengujian kami di mana bahkan AMD Ryzen 9 3950X, dipasangkan dengan 64GB RAM 3600MHz, menghambat RTX 3080.

Itulah sebabnya, misalnya, RTX 2080 Ti dan RTX 3080 hampir identik pada 1080p. Di Metro Keluaran, tetapi membuka keunggulan kinerja 19% dalam resolusi 4K.

Untuk alasan ini, kami tidak akan merekomendasikan siapa pun untuk membeli Nvidia GeForce RTX 3080 kecuali mereka akan bermain di 4K, atau mungkin 3400 x 1440 Ultrawide. Keuntungan tidak akan hadir pada resolusi rendah, jadi lebih baik menunggu Nvidia GeForce RTX 3070.

Performa yang ditunjukkan dengan Nvidia GeForce RTX 3080 memperlebar jarak antara Nvidia dan AMD di kelas atas, lebih dari dua kali lipat dari kartu grafis konsumen paling kuat AMD, Radeon RX 5700 XT dalam banyak pengujian.

AMD Big Navi akan menghadapi pertempuran besar jika ingin mencoba mengklaim mahkota 4K yang baru saja dimenangkan oleh RTX 3080.

Beli Kalau

Anda menginginkan kinerja 4K terbaik

Game 4K sangat sulit dijalankan, tetapi RTX 3080 sejauh ini merupakan kartu grafis terbaik untuk ditangani. Anda akan bisa mendapatkan hasil maksimal dari setiap permainan di bawah matahari pada resolusi ini pada 60fps atau hampir 60fps.

Anda ingin performa siap generasi berikutnya

Dengan generasi game berikutnya di cakrawala, persyaratan kinerja akan segera meningkat. RTX 3080 secara signifikan lebih kuat (setidaknya di atas kertas) daripada GPU PS5 atau Xbox Series X.

Anda memiliki kartu grafis lama

Karena keuntungan generasi antara kartu grafis Nvidia Pascal dan Nvidia Turing sangat kecil, banyak orang menyimpan kartu 10 Series mereka. Jika Anda memiliki salah satu kartu lama ini, Anda akan mendapatkan keuntungan besar dengan RTX 3080.

Jangan Beli Kalau

Anda bermain game dengan resolusi lebih rendah

Nvidia GeForce RTX 3080 adalah kartu grafis 4K, dan karena itu, Anda tidak boleh memilih kartu grafis ini untuk bermain game dengan resolusi lebih rendah, dan Anda akan mengalami kemacetan dengan CPU paling kuat di pasaran.

Anda memiliki anggaran

Ketika Nvidia Turing diluncurkan, RTX 2080 mengalami kenaikan harga yang sangat besar dibandingkan GTX 1080. Dan meskipun Nvidia tidak menaikkan harga, itu tidak menurunkan harga kembali ke tingkat sebelum Turing. Jika Anda menginginkan RTX 3080, Anda akan membayar harga tinggi – bahkan jika itu sepadan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Harga Rtx 3080 Di Indonesia Laptop Rtx 3080 Nvidia Rtx 3090 Rtx 3080 Amazon Rtx 3080 Ti Spec Geforce Rtx 3080 Ti Nvidia Geforce Rtx 3080 Harga Rtx 3080 Techpowerup

Check Also

Justice in Gilbert: How Auto Accident Attorneys Make a Difference

Understanding the Role of Auto Accident Attorneys in Gilbert Auto accident attorneys in Gilbert play …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *