php hit counter Hukum Drone Inggris: Di Mana Anda Dapat dan Tidak Dapat Menerbangkan Drone Anda? - TechRadar

Hukum Drone Inggris: Di Mana Anda Dapat dan Tidak Dapat Menerbangkan Drone Anda?

Hukum Drone Inggris Di Mana Anda Dapat dan Tidak Dapat Menerbangkan Drone Anda

techradar.id – Semua yang perlu Anda ketahui tentang menerbangkan drone Anda (secara legal).

Mengikuti undang-undang drone Inggris terbaru dapat menjadi tantangan – dan dengan beberapa perubahan hukum baru yang berlaku mulai 31 Desember 2020, penting untuk memahami apa itu dan bagaimana mereka akan memengaruhi penerbangan drone Anda.

Itu karena, tidak seperti kamera biasa, Anda tidak bisa begitu saja mengeluarkan drone baru dari casingnya, mengisi dayanya, dan mengeluarkannya pada penerbangan pertamanya.

Drone adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan fotografi dan videografi Anda, tetapi ada sejumlah tugas penting yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda mematuhi undang-undang drone Inggris terbaru.

Lalu apa saja undang-undang baru tersebut? Untungnya, untuk rata-rata pilot drone, tidak banyak yang akan segera berubah. Pengecualian untuk pemilik drone kecil seperti DJI Mavic Mini dan DJI Mini 2.

Sebelumnya drone ini tidak perlu didaftarkan karena bobotnya yang kurang dari 250 gram, namun persyaratan ini kini telah diperluas ke semua drone yang dilengkapi kamera.

Ini berarti bahwa pemilik drone tersebut, atau siapa pun yang memiliki kamera, perlu mendaftarkan drone mereka ke Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) dan mendapatkan ID operator.

Untuk melihat lebih mendalam tentang undang-undang dan kategori baru di tingkat UE, Anda dapat membuka bagian “Kategori Baru” menggunakan menu di sebelah kiri.

Tetapi pertama-tama, kita akan melihat dasar-dasar apa yang sekarang perlu Anda dapatkan sebelum Anda dapat lepas landas secara legal, diikuti dengan di mana Anda dapat menerbangkan drone Anda secara legal dan aman di Inggris.

  • Ini adalah drone terbaik yang dapat Anda beli sekarang

Hukum Drone Inggris: Apa yang Anda Butuhkan Sebelum Anda Terbang

  • Semua drone dengan kamera memerlukan ID operator, dengan biaya £9 setahun
  • Sebagian besar pemilik drone juga memerlukan ID Flyer, yang mencakup tes online
  • Lulus tes online dan ID Traveler Anda berlaku selama lima tahun

Hampir semua pemilik drone Inggris akan memerlukan dua ID sebelum terbang di luar ruangan: ID pilot (termasuk lulus tes online singkat) dan ID operator (yang berarti mendaftarkan drone Anda dengan biaya £9 per tahun).

Ada dua pengecualian. Drone mainan yang beratnya kurang dari 250g dan tidak memiliki kamera tidak memerlukan ID apa pun.

Selain itu, drone yang beratnya kurang dari 250 gram dan memiliki kamera – misalnya, DJI Mavic Mini dan DJI Mini 2 – memerlukan ID Operator, tetapi tidak memerlukan ID Flyer. Namun, kami sarankan untuk tetap mengikuti tes secara online.

Singkatnya, Anda mungkin memerlukan kedua ID sebelum drone Anda dapat lepas landas di luar ruangan. Untungnya, prosesnya sangat cepat dan mudah.

Cukup buka halaman “Registrasi dan Ikuti Tes Penerbangan” Otoritas Penerbangan Sipil, yang akan menyortir Anda dengan kedua ID di satu tempat.

Tentu saja, masuk akal untuk mundur sedikit untuk tes pilihan ganda, tetapi yang perlu Anda ketahui hanyalah kode drone.

Tes sekarang terdiri dari 40 pertanyaan (dibutuhkan sekitar 30 menit) dan untuk lulus Anda memerlukan skor 30. Anda juga dapat mengikuti tes sebanyak yang Anda butuhkan.

Untuk mendaftarkan drone dan mendapatkan ID operator, Anda harus berusia 18 tahun ke atas. Dengan asumsi itu masalahnya, Anda hanya memerlukan alamat email dan kartu debit atau kredit untuk biaya tahunan. semua baik – baik saja?

Sekaranglah waktunya untuk mencari tahu di mana dan bagaimana Anda dapat menerbangkan drone Anda secara legal di Inggris.

Hukum Drone Inggris: Dasar-dasar Penerbangan

  • Jaga agar pesawat Anda tetap berhadapan langsung
  • Jangan terbang lebih dari 120 meter di atas tanah
  • Hindari terbang lebih dari 50 meter di atas orang, bangunan, dan kendaraan
  • Jangan terbang lebih dari 150 meter ke dalam gedung dan kerumunan orang
  • Semua drone dengan kamera memerlukan ID operator, berapa pun beratnya

Informasi paling dasar yang harus Anda ketahui adalah kode drone, yang dengan jelas mendefinisikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan saat menerbangkan drone – serta apa yang Anda butuhkan sebelum lepas landas.

Singkatnya, ikuti panduan sederhana ini setiap saat dan Anda tidak akan mengalami masalah. Saat terbang, drone Anda harus selalu berada dalam garis pandang tanpa bantuan dan tidak terbang lebih dari 400 kaki (120 meter) ketinggian dan 500 meter (1.640 kaki) jauhnya.

Dengan sebagian besar drone, Anda dapat menyesuaikan parameter ini untuk mencegah Anda melampauinya. Saat terbang, Anda tidak boleh terbang dalam jarak 50 meter (150 kaki) dari orang atau properti. Juga disarankan untuk tidak terbang di atas orang.

Meskipun ada pengecualian untuk ini untuk drone yang beratnya kurang dari 250 gram (seperti DJI Mini 2), Anda tidak boleh terbang di tempat orang berkumpul atau berkelompok.

Untuk kerumunan orang dan area yang dibangun, Anda tidak boleh terbang lebih dari 150 meter (500 kaki), yang berarti Anda tidak dapat terbang di atasnya secara legal.

Untuk bandara, semuanya sedikit berbeda karena alasan yang jelas. Di sekitar semua bandar udara dan aerodrome terdapat zona pengecualian (restricted airspace) 2-2,5 mil laut, dengan pengecualian panjang 5 km dan lebar 1 km di kedua ujung setiap landasan pacu.

Wilayah udara terbatas berarti Anda tidak dapat terbang di tempat-tempat ini kecuali Anda mendapat izin dari otoritas yang sesuai. Ini termasuk bandara, infrastruktur penting, dan instalasi militer. Ingatlah semua ini, dan Anda akan baik-baik saja.

  • Ini adalah drone DJI terbaik yang dapat Anda beli sekarang

Hukum Drone Inggris: Kekuatan Polisi

Pasukan polisi di seluruh negeri telah memperoleh kekuatan baru untuk mendaratkan, mencari, dan menyita drone berkat undang-undang baru – Traffic Management and Drones Act.

Mereka juga memiliki kekuatan baru untuk berhenti dan mencari di sekitar bandara, penjara, dan lokasi terlarang lainnya.

Pilot drone dapat menghadapi denda langsung hingga £1.000 untuk pelanggaran seperti tidak memiliki atau menunjukkan identifikasi pamflet pada drone dengan berat lebih dari 249g, tidak dapat memberikan bukti izin dan keringanan, dan tentu saja, terbang dengan berbahaya dan/atau di tempat dilarang.

Hukum Drone Inggris: Kategori Baru

Undang-undang drone baru di Inggris, yang mulai berlaku mulai 31 Desember 2020, berlaku di seluruh UE dan tujuannya adalah untuk menyederhanakan berbagai hal dengan menyediakan satu set aturan dan peraturan di semua negara anggota.

Meskipun Inggris akan meninggalkan masa transisi UE pada 31 Desember, Inggris telah menandatangani untuk menerapkan semua undang-undang yang telah disahkan hingga saat ini.

Di bawah aturan baru, tidak akan ada perbedaan antara penerbangan drone “rekreasi” dan “komersial”.

Sebagai gantinya, ini akan memperhitungkan tiga kategori baru drone yang Anda miliki dan ke mana Anda ingin terbang – ini pada akhirnya akan memungkinkan pilot drone amatir tanpa kualifikasi untuk menghasilkan uang dari rekaman udara dan video mereka.

Kategori-kategori ini – disebut Open, Specific, dan Approved – memiliki persyaratan berbeda dalam hal pelatihan dan juga jenis drone yang dapat Anda gunakan.

Penerbangan santai akan tercakup dalam kategori “Terbuka”, yang merupakan kategori pertama yang kami bahas di bawah ini.

Aturan yang kami bahas di sini berkaitan dengan Inggris dan UE, tetapi jika Anda berbasis di AS atau Australia, Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang aturan dan peraturan drone yang relevan dengan Anda menggunakan tautan di bawah ini.

Kategori Terbuka

Kategori terbuka adalah untuk apa yang dianggap penerbangan berisiko rendah dan akan berlaku untuk jenis drone konsumen yang digunakan oleh mayoritas pilot drone amatir.

Kategori ini dipecah menjadi tiga subbagian berdasarkan berat drone dan jarak yang dapat ditempuhnya dari orang-orang. Subkategorinya adalah A1, A2, dan A3.

Di kelas A1, drone dengan berat hingga 250 gram dapat dilayangkan di atas orang tetapi tidak di atas orang banyak, selama pesawat berjarak 50 meter dari orang tersebut.

Untuk drone dengan berat antara 250g dan 900g, tidak boleh ada yang terbang di atas orang kecuali Anda memiliki salah satu kualifikasi drone seperti PfCO, A2CofC, atau CVC.

Untuk pemegang PfCO yang ada, setelah perpanjangan izin mereka setelah 31 Desember, kualifikasi akan menjadi Izin Operasi.

Di Kelas A2, drone paling ringan akan dapat terbang sedekat 30m secara horizontal dari orang yang tidak terlibat dalam penerbangan drone, atau kurang dari 5m saat terbang dalam mode kecepatan rendah jika Anda memiliki kualifikasi.

Kategori A3 berkaitan dengan drone profesional besar dengan berat hingga 25 kg dan tidak akan relevan untuk orang yang menggunakan drone konsumen. Kategori ini membutuhkan jarak pemisah 150 meter dari orang dan bangunan.

Kategori Tertentu

Kategori khusus mencakup penerbangan drone yang menimbulkan risiko lebih besar daripada kategori terbuka dan memerlukan tingkat perencanaan, seperti semua operasi bisnis saat ini. Otoritas Penerbangan Sipil akan menerbitkan serangkaian skenario dan penilaian risiko yang telah ditentukan sebelumnya.

Kategori yang Disetujui

Kategori yang disetujui berkaitan dengan operasi kompleks seperti di mana paket atau bahkan orang diangkut dengan drone. Kategori ini sangat khusus dan tidak akan relevan dengan sebagian besar pilot drone.

Klasifikasi Baru Drone

Sejalan dengan kategori penerbangan baru, drone itu sendiri akan dikategorikan menurut beratnya, kecepatan maksimum dan fitur keselamatan yang mengurangi risiko orang terluka daripada sistem berbasis berat saat ini.

Kategori yang berhubungan dengan kebanyakan orang adalah drone C2. Ini akan memiliki massa lepas landas maksimum kurang dari 4 kg, memiliki mode kecepatan rendah dengan kecepatan tertinggi 6,7 mph, memiliki fitur yang mengurangi cedera pada orang, dan memiliki sistem geo-awareness antara lain.

Ada masa transisi hingga 31 Desember 2022 di mana UAV lama yang kini tersedia, tergantung beratnya, dapat diterbangkan di kelas tertentu.

Selama masa transisi, UAV dengan berat hingga 500 gram dapat diterbangkan di subkelas transisi A1 tanpa penerbangan manusia yang dimaksudkan. Tetapi untuk menerbangkan drone Kelas C2 baru, atau drone 2kg lama di subkelas ini, Anda memerlukan kualifikasi CofC.

Ketika masa transisi berakhir, UAV kelas A3 yang lebih lama dapat diluncurkan hingga 150 meter dari orang dan bangunan, sehingga penggunaan UAV ini akan menjadi terbatas seiring waktu.

Hukum Drone Inggris: Alat dan Aplikasi yang Berguna

  • Semua drone DJI baru di atas 250g termasuk AirSense
  • Sistem ini akan membantu Anda memberi tahu Anda tentang pesawat apa pun yang terletak dalam jarak bermil-mil dari drone Anda
  • NATS Drone Assist dan UAV Forecast juga merupakan aplikasi yang berguna untuk pilot drone

Drone bukanlah ilmu roket, dan dalam banyak kasus memiliki pengetahuan terkini tentang kode drone dan dosis akal sehat kuno akan membuat Anda, drone Anda, dan semua orang tetap aman.

Tapi sekarang ada beberapa alat yang berguna untuk membantu Anda dan orang lain tetap aman. Misalnya, DJI telah memperkenalkan sistem peringatan baru di drone konsumen yang disebut DJI AirSense.

Sistem ini menggunakan teknologi ADS-B (Automatic Approved Surveillance Broadcast), yang digunakan di pesawat terbang dan helikopter, untuk menyediakan pilot drone dengan data lokasi dari pesawat terdekat yang dilengkapi dengan pemancar ADS-B.

Data penerbangan ini disediakan oleh aplikasi penerbangan DJI untuk memperingatkan pilot drone tentang potensi bahaya agar mereka dapat merespons dengan tepat.

Ada juga sejumlah aplikasi pihak ketiga yang membuat perencanaan penerbangan yang aman menjadi cepat dan mudah.

Berikut adalah dua aplikasi yang harus dimiliki untuk semua orang, apakah Anda mengemudikan drone untuk bersenang-senang atau untuk tujuan komersial. Dan yang terbaik, keduanya gratis.

  • Ini adalah drone DJI terbaik yang dapat Anda beli sekarang

Hukum Drone Inggris: Aplikasi untuk Diunduh

Drone Berbantuan NATS

NATS Drone Assist adalah aplikasi penting karena memungkinkan Anda menentukan lokasi Anda saat ini menggunakan GPS, atau mencari lokasi yang telah direncanakan sebelumnya.

Menunjukkan wilayah udara terbatas, NOTAM (pemberitahuan kepada pilot) yang merupakan peringatan sementara, aturan kontrol wilayah udara, serta bahaya darat dan banyak lagi.

Pada dasarnya, aplikasi ini memberi tahu Anda apakah Anda dapat menerbangkan drone dengan aman dan legal.

  • Unduh NATS Drone Assist untuk Android
  • Unduh NATS Drone Assist untuk iOS

UAV Forecast

UAV Forecast adalah aplikasi cuaca yang secara langsung menargetkan pilot drone dan memberi Anda berbagai cuaca dan informasi relevan lainnya untuk membantu Anda menentukan apakah aman untuk terbang.

Pemantauan cuaca di tempat tetap penting, tetapi ini memungkinkan Anda mendapatkan ide bagus tentang apakah aman untuk terbang sebelumnya.

  • Unduh Prakiraan UAV untuk Android
  • Unduh Prakiraan UAV untuk iOS

Hukum Drone AS dan Australia

Pedoman Hukum Drone ini hanya berlaku di Inggris Raya. Jika Anda tinggal di AS atau Australia, ikuti tautan di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang undang-undang drone yang relevan untuk Anda:

Undang-undang drone AS
Hukum Drone Australia

  • Inilah drone terbaik di dunia saat ini

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Hukum Drone InggrisHukum Drone Inggris Di Indonesia

Check Also

11 Aplikasi yang Wajib Diinstal di HP, Nomor 6 Harus Kalian Coba

11 Aplikasi yang Wajib Diinstal di HP, Nomor 6 Harus Kalian Coba

techradar.id – Investasi saham jadi makin terkenal di kelompok masyarakat, khususnya karena ada program saham …