Review DJI Mavic 3

Review DJI Mavic 3

techradar.id – Kekuatan udara, dengan beberapa tepi bergerigi.

Penilaian Kami

DJI Mavic 3 adalah lompatan maju untuk drone, tetapi saat ini hadir dengan beberapa peringatan.

Dalam banyak hal, itu semua yang bisa diharapkan oleh penggemar drone, dengan kamera quad yang sangat baik, aperture yang dapat disesuaikan, masa pakai baterai yang lebih lama, dan penghindaran tabrakan yang lebih baik, semuanya dikemas dalam paket yang lebih ringan daripada Mavic 2 Pro.

Tetapi Mavic 3 juga melewatkan beberapa fitur perangkat lunak saat peluncuran, yang tidak akan tiba hingga pembaruan firmware Januari 2022, dan memiliki label harga yang mungkin sulit dibenarkan oleh non-pro.

Kelebihan

  • Kamera quad sangat bagus
  • Lubang berguna yang dapat disesuaikan
  • Fitur keamanan yang ditingkatkan
  • Cadangan praktis lensa telefoto

Kekurangan

  • Lebih mahal dari seri Mavic 2
  • Beberapa fitur hilang saat peluncuran
  • Konsol utama tidak memiliki layar informasi
  • Masalah klasifikasi Eropa

Ulasan 2 Menit

DJI Mavic 3 adalah drone paling kuat yang pernah dibuat perusahaan hingga saat ini — dan murni dari segi kinerja, ini juga yang terbaik. Tetapi peningkatan besar pada DJI Mavic 2 Pro harus dibayar mahal.

Ini berarti bahwa untuk sebagian besar non-pro, DJI Air 2S yang lebih kecil dan lebih murah adalah pilihan yang lebih baik. Sorotan DJI Mavic 3 tidak diragukan lagi adalah kamera ganda baru, yang berisi dua sensor dan lensa tunggal.

Secara mengesankan, kamera utama memiliki sensor CMOS 4D 20MP dengan aperture yang dapat disesuaikan – ini memberikan kualitas gambar terbaik di kelasnya.

Lensa telefoto kedua drone lebih terbatas, tidak memiliki kontrol manual atau pemotretan primer, tetapi terkadang merupakan alternatif yang berguna untuk menangkap target yang jauh.

Mavic 3 tersedia dalam dua versi – Standar dan Cine. Perbedaan utama antara keduanya, terlepas dari harganya, adalah bahwa Cine memiliki SSD 1TB built-in, bukan penyimpanan internal 8GB, dengan dukungan perekaman video Apple ProRes 422 HQ.

Kami menggunakan Cine Premium Combo untuk ulasan ini, yang menawarkan semua fitur fotografi dan foto udara yang sama dengan Edisi Standar, kecuali kemampuan untuk memotret Apple ProRes.

Kemampuan perekaman video Mavic 3 yang ditingkatkan menjadikannya peningkatan yang penting untuk seri Mavic 2, yang selanjutnya memaparkannya kepada fotografer dan videografer profesional.

Dapat merekam video 5.1K hingga 50fps, video 4K hingga 120fps, video FHD hingga 120fps saat merekam Apple ProRes, dan hingga 200fps saat menggunakan codec H264/H.265, yang Termasuk D-Log (Raw).

Mavic 3 membawa peningkatan di tempat lain juga, termasuk peningkatan respons dalam penerbangan dan masa pakai baterai yang lebih baik, meskipun kami menemukan waktu penerbangan dunia nyata lebih dekat ke 30 menit daripada yang diklaim 46 menit.

Terlepas dari semua peningkatan ini, desain Mavic 3 cocok dengan pendahulunya yang ramah-belakang, dan kedua model memiliki berat kurang dari 900 gram.

Untuk penggemar drone Eropa, ini dapat membantu mencapai klasifikasi UE sebelum aturan baru untuk drone di wilayah tersebut mulai berlaku pada 1 Januari 2023. Namun, itu tidak dijamin, jadi ada sesuatu yang perlu diingat.

Mungkin faktor terbesar yang perlu dipertimbangkan, di mana pun Anda berada, adalah bahwa DJI Mavic 3 kehilangan beberapa fitur saat peluncuran, termasuk pelacakan target ActiveTrack 5.0, MasterShots (berbagai mode penerbangan otomatis), dan Wi-Fi QuickTransfer, yang menggunakan Wi-Fi. -Fi protokol.

Fi 6 untuk mentransfer foto dan video ke ponsel Anda lebih cepat. DJI mengatakan ini semua akan tiba dengan pembaruan firmware pada 22 Januari 2022.

Tak satu pun dari ini adalah pemecah kesepakatan atau fitur penting untuk sebagian besar selebaran pro, tetapi sayang mereka kehilangan peluncuran, terutama pada drone yang mahal.

Namun, jika kualitas gambar adalah prioritas utama Anda, baik untuk video maupun foto, DJI Mavic 3 tidak akan mengecewakan dan merupakan salah satu drone terbaik yang dapat Anda beli, terlepas dari harganya dan perangkat lunak gimmick yang hilang.

Tanggal Rilis dan Harga DJI Mavic 3

Anda dapat memesan DJI Mavic 3 hari ini dan dalam salah satu dari tiga set. Seperti biasa, ada Edisi Standar, ditambah Fly More Combo yang menawarkan sejumlah aksesori berguna (termasuk dua baterai tambahan) dengan harga lebih murah daripada membeli semuanya secara terpisah.

Jika Anda merasa sangat sibuk, ada juga Cine Premium Combo, yang melihat penyimpanan drone hingga 1TB dan mencakup semua aksesori Fly More Combo, ditambah pengontrol DJI RC Pro baru dan dua set filter ND.

Versi standar Mavic 3 berharga $2.199 / £1.879 / AU$3.099. Kit ini mencakup drone Mavic 3, satu baterai penerbangan pintar, remote control RC-N1, kabel telepon, pengisi daya baterai, penutup penyimpanan, dan tiga pasang baling-baling.

DJI Mavic 3 Fly More Combo berharga $ 2.999 / £ 2.549 / AU $ 4199 dan mencakup semua hal di atas, ditambah dua baterai penerbangan pintar tambahan, tiga pasang baling-baling tambahan, hub pengisian baterai, dan unit filter ND (ND4). / 8/6/32), dan tas jinjing konvertibel.

Sementara itu, DJI Mavic 3 Cine Premium Combo hadir dengan harga $4.999/£4.279/$7.199. Kit ini mencakup semua yang ada dalam paket Fly More, tetapi drone ini memiliki SSD 1TB built-in, bukan penyimpanan internal 8GB, dan menambahkan dukungan untuk perekaman video Apple ProRes 422 HQ.

Aksesori tambahan lainnya termasuk DJI RC Pro (dengan layar 5,5 inci internal) sebagai pengganti pengontrol RC-N1, rakitan filter ND tambahan (ND64/128/256/512) dan kabel data DJI 10Gbps.

Versi standar Mavic 3 dan Fly More Combo harganya hampir 40% lebih mahal daripada rekan Mavic 2 Pro mereka saat diluncurkan, menunjukkan bahwa Mavic 3 lebih merupakan drone profesional daripada model konsumen.

DJI Air 2S menggantikan Mavic 2 Pro di jajaran konsumen teratas dengan sensor 1 inci, sedangkan Mavic 3 dilengkapi sensor Four Thirds pada kamera utama.

Desain dan Kontrol

Mavic 3 mengikuti prinsip desain yang sama dengan drone Mavic sebelumnya. Ini berarti lengan baling-baling terlipat ke dalam untuk membuat pesawat jauh lebih kecil dan lebih nyaman untuk dibawa ke ransel saat tidak digunakan, sebelum dilipat kembali dalam hitungan detik saat Anda siap untuk mengudara.

Meskipun catnya gelap, Mavic 3 juga memiliki tampilan dan kualitas bangunan Mavic yang khas dan ikonik.

Dimensi Mavic 3 yang terlipat adalah 212 x 96,3 x 90,3 mm, sedangkan ukuran lipatannya adalah 347,5 x 283 x 107,7 mm. Ini membuatnya mirip dengan Mavic 2 Pro saat dilipat, dengan ukuran yang tidak dilipat menjadi sedikit lebih besar.

Bobot lepas landas Mavic 3 adalah 895 gram untuk Edisi Standar dan 899 gram untuk Edisi Sinematik.

Ini sebenarnya lebih ringan dari Mavic 2 Pro (907g), yang mengesankan mengingat baterai Mavic 3 lebih berat dan menawarkan kapasitas 5.000 mAh yang lebih tinggi dibandingkan dengan baterai Mavic 2 3.850 mAh. Kali ini, baterai dimasukkan ke bagian belakang bodi Mavic 3, bukan bagian atas.

Sementara baterai memainkan peran kunci dalam meningkatkan waktu penerbangan Mavic 3, beberapa motor dan baling-baling yang lebih efisien (bersama dengan bobot drone yang sedikit lebih rendah) membantu meningkatkan waktu terbang dan memberikan kecepatan tertinggi 47 mph/21 m/s dalam mode Olahraga .

Tapi itu bukan satu-satunya peningkatan desain, karena bentuk drone, kamera, dan lengan baling-baling telah disederhanakan untuk mengurangi hambatan, yang menurut DJI menambahkan peningkatan 35% dibandingkan seri Mavic 2. Ini, tentu saja, tidak mungkin dilakukan. tes, tetapi waktu terbang telah meningkat Tentu saja dari generasi sebelumnya.

Kontroler standar yang disertakan dengan Edisi Standar dan bundel Fly More sama dengan yang Anda dapatkan dengan DJI Mavic Air 2 dan DJI Air 2S.

Berbeda dengan konsol seri Mavic 2, ini adalah ukuran tetap dengan dudukan telepon teleskopik di bagian atas unit tempat kabel telepon dapat disimpan, sedangkan joystick dapat disimpan di bagian bawah konsol saat tidak digunakan.

Tidak ada layar LCD yang menampilkan informasi penerbangan seperti pengontrol Mavic 2, yang disayangkan mengingat mahalnya harga Mavic 3, tetapi informasi ini dapat ditemukan di dalam aplikasi DJI Fly.

Pengontrol ini lebih besar dari pengontrol Mavic 2 yang dapat dilipat, tetapi keunggulannya adalah peningkatan daya tahan baterai hingga enam jam.

Kontroler RC Pro (di atas) yang hadir dengan Edisi Cine dari Mavic 3 pada dasarnya adalah pengontrol pintar baru dengan layar sentuh 5,5 inci dan menawarkan banyak fitur canggih lainnya di atas pengontrol standar.

Perbedaan utama antara versi Standar dan Sinematik dari Mavic 3 adalah bahwa Edisi Standar menawarkan penyimpanan internal 8GB, sedangkan Cine memiliki SSD 1TB yang mengesankan dengan dukungan perekaman video Apple ProRes 422 HQ.

Fitur dan Penerbangan

Mavic 3 adalah drone yang lebih cerdas dan lebih responsif dalam penerbangan dibandingkan pendahulunya Mavic 2. Dalam hal ini, sebenarnya mirip dengan DJI Phantom 4 Pro V2.0.

Kontrol lebih sensitif dalam mode Normal dan Olahraga, sedangkan Mode Sinema menawarkan sensitivitas dan kecepatan kontrol yang lebih rendah untuk penerbangan yang lebih mulus dan pengambilan video sinematik yang lebih banyak.

Perjalanan ini anggun atau redup seperti yang Anda inginkan. Sementara fitur dan harga Mavic 3 membuatnya lebih cocok untuk pilot drone berpengalaman dan pembuat konten profesional, Mavic 3 juga dapat berfungsi sebagai titik masuk bagi pemula berkat fitur keamanannya yang canggih.

Namun, lebih banyak drone tingkat pemula, seperti DJI Mini 2, dan beberapa fitur ramah amatir (seperti mode penerbangan robot MasterShots) tidak akan tersedia di Mavic 3 hingga pembaruan firmware 22 Januari 2022.

Dalam hal fitur keselamatan, Mavic 3 menggunakan beberapa sensor penglihatan untuk mendeteksi rintangan di segala arah, memanjang hingga 200 meter saat “pulang ke rumah” (RTH) lanjutan dimulai.

Ia juga menawarkan penghindaran rintangan yang lebih baik dalam Advanced Pilot Assistance System (APAS) 5.0, yang menggabungkan enam sensor mata ikan dan dua sensor sudut lebar untuk mendeteksi rintangan ke segala arah. 

Saat diaktifkan, Anda dapat mengatur drone untuk terbang secara mandiri di sekitar rintangan karena terdeteksi untuk mempertahankan penerbangan atau rem yang berkelanjutan.

Ini bekerja dengan baik dalam apa yang Anda sebut lingkungan standar, tetapi ketika terbang di lingkungan yang kompleks seperti hutan, APAS dapat tenggelam dan menyebabkan drone terbang berombak.

Kami menguji ini di lingkungan yang sangat kompleks dan drone mungkin menabrak cabang pohon jika tidak dihentikan. Namun, ini adalah tes yang sangat sulit, dan ketika APAS dimatikan, drone dapat terbang lebih lancar, meskipun dengan risiko tabrakan yang jauh lebih besar.

Fitur keselamatan lainnya adalah algoritma penentuan posisi baru Mavic 3, yang mengklaim dapat meningkatkan akurasi penerbangan dengan sedikit penyimpangan dengan menghubungkan ke satelit GPS, GLONASS dan BeiDou.

Ini, tentu saja, disambut baik, tetapi tidak mungkin untuk melihat perbedaan antara model Mavic 3 dan generasi sebelumnya ketika drone melayang.

DJI mengatakan baterai 5.000mAh baru Mavic 3 menawarkan waktu penerbangan maksimum 46 menit atau jarak 30 km (tanpa angin).

Faktanya, ini tidak pernah terjadi karena Anda harus mempertimbangkan angin, suhu sekitar, dan daya baterai minimum sebelum Anda mulai “pulang”, sehingga waktu penerbangan yang diiklankan jarang memungkinkan.

Selama pengujian, baterai bertahan dengan baik bahkan dalam kondisi dingin dan berangin, tetapi hampir 30 menit sebelum drone RTH menyarankannya.

Selain penerbangan dan keselamatan, Mavic 3 menggunakan sistem penginderaan rintangan omnidirectional untuk meningkatkan pelacakan subjek dengan ActiveTrack 5.0 yang ditingkatkan (datang pada pembaruan firmware Januari 2022).

Ini dan QuickShots tidak tersedia dalam firmware pra-rilis dalam formulir ulasan kami, tetapi kami akan memperbarui ulasan ini segera setelah tiba.

QuickShots adalah kumpulan pola penerbangan robot untuk membuat video yang terlihat profesional dengan mudah, dan mencakup Rocket, Circle, Dronie, Helix, Boomerang, dan Asteroid.

Ada juga mode Hyperlapse untuk membuat video time-lapse dan hyperlapse bersama dengan mode panorama, single-shot, bracketed auto-exposure dan timed untuk gambar diam. Semua ini bersama dengan mode prioritas apertur otomatis, prioritas rana, dan pemotretan manual untuk foto dan video.

Fitur lain termasuk ‘Trimmed Download’, di mana Anda dapat memilih sebagian video untuk diunduh alih-alih seluruh file, dan QuickTransfer, yang memungkinkan Anda menyimpan dan memproses konten di ponsel cerdas Anda menggunakan Wi-FI 6 untuk menautkan ke drone .

Kualitas Video dan Foto

Permata di mahkota Mavic 3 adalah kamera ganda Hasselblad, dengan kamera utama menampilkan sensor CMOS quad-thirds 20MP dengan panjang fokus setara 24mm.

Kamera ini, seperti Mavic 2 Pro, menawarkan aperture yang dapat disesuaikan dari f/2.8 hingga f/11 dengan fokus otomatis dan manual dari 1m hingga tak terhingga. Kamera kedua dilengkapi sensor CMOS 1/2 inci dengan panjang fokus setara 162mm, aperture tetap f/4.4, dan zoom hibrida 28x.

Kualitas gambar dari kamera utama untuk foto dan video umumnya tidak kalah bagusnya, dengan sedikit pengurangan ketajaman di tepi bingkai saat melihat bidikan. Tetapi tingkat penurunannya minimal, dan Anda harus mencarinya.

Ini juga jauh lebih baik daripada penurunan yang terlihat di foto DJI Air 2S.

Bahkan dalam pemandangan kontras tinggi, tidak ada aberasi kromatik yang terlihat di sepanjang tepi subjek, dan pemrosesan noise ISO tinggi juga sangat baik, dengan hasil yang dapat digunakan di seluruh rentang, bahkan jika sedikit bintik mulai muncul pada ISO 800.

Apertur Mavic 3 yang dapat disesuaikan lebih berguna untuk mengontrol eksposur daripada kedalaman bidang, karena sensor Four Thirds masih kecil dibandingkan dengan kamera full-frame.

Namun kemampuan untuk mengontrol aperture adalah fitur yang hebat saat merekam video, karena Anda dapat dengan cepat membuat perubahan eksposur di udara saat kecepatan rana harus tetap pada pengaturan tertentu.

Kamera kedua Mavic 3 lebih terbatas dan hanya dapat mengambil foto dalam format JPEG dan video standar (non-raw) pada 4K 30fps.

Kamera hybrid ini hanya menawarkan fungsionalitas dasar dan pemotretan otomatis, dengan kemampuan untuk melihat pemandangan yang jauh dengan mudah.

Terlepas dari keterbatasannya, kamera ini memiliki beberapa aplikasi nyata, dan filter ND yang tersedia di Fly More Bundle dan Cine Premium Combo cocok dengan dua lensa kamera, jadi ada ruang untuk mengontrol kecepatan rana saat merekam video.

Namun, kualitas gambar saat diperbesar menurun drastis seiring peningkatan zoom, jadi jangan berharap dapat mengambil foto dengan kualitas lebih tinggi pada tingkat zoom yang lebih tinggi.

Beli Kalau

Anda membutuhkan kualitas gambar kelas profesional yang luar biasa

Mavic 3 tidak diragukan lagi adalah pemimpin dalam kualitas gambar berkat sensor Four Thirds-nya. Penanganan noise pada pengaturan ISO yang lebih tinggi juga sangat baik, yang menjadikannya pilihan menarik bagi fotografer gambar diam yang menghasilkan gambar diam komersial.

Anda adalah seorang videografer profesional

Edisi Cine mahal, tetapi untuk profesional yang bekerja, biaya tidak selalu menjadi faktor penentu — dan Mavic 3 masih lebih hemat biaya daripada DJI Inspire 2. Kemampuan untuk merekam video Apple ProRes pada SSD internal 1TB. Sebuah pesawat kecil yang menakjubkan.

Anda memiliki DJI Mavic 2 Pro

Mavic 2 Pro telah ada selama beberapa tahun sekarang, dan bahkan DJI Air 2S adalah pesaing yang kuat, meskipun tidak memiliki aperture yang dapat disesuaikan. Tetapi Mavic 3 jauh di depan Mavic 2 Pro dan peningkatan kualitas gambar akan membuat pembelian itu sepadan.

Jangan Beli Kalau

Anda memiliki anggaran terbatas dan Anda menginginkan drone yang sangat kecil

Dengan semua fitur barunya, termasuk kamera ganda tersebut, tidak mengherankan jika harga Mavic 3 telah meningkat secara signifikan dibandingkan dengan seri Mavic 2. Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan ingin bepergian dengan ringan, Anda akan lebih baik dengan DJI Air 2S.

Saya baru saja membeli DJI Air 2S

Jika Anda baru saja membeli DJI Air 2S, Anda sudah memiliki drone yang luar biasa. Meski tidak sebagus Mavic 3, namun lebih ringan dan portabel. Jika Anda menemukan kualitas gambar yang kurang untuk kebutuhan Anda, tunggu sampai harga Mavic 3 turun atau cari yang spesial saat acara belanja seperti Black Friday.

Anda sudah menggunakan Zoom Mavic 2

Sementara Mavic 3 menawarkan lensa telefoto dengan zoom hibrida 24x, kualitas tingkat zoom yang lebih tinggi bersama dengan kontrol yang terbatas tidak akan menggantikan kualitas yang lebih tinggi dengan Mavic 2 Zoom. Pembaruan firmware dapat meningkatkan ini, tetapi untuk saat ini masih ada banyak ruang untuk model Mavic yang lebih lama ini.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Dji Mavic 3 Dji Air Mavic 3Dji New Mavic 3 Dji Mavic 3 Specs Dji Mavic 3 Review Dji Mavic 3 Release Date Dji Mavic 3 Price In India Dji Mavic 3 Price Australia Dji Mavic 3 Leak Dji Mavic 3 Latest News Dji Mavic 3 Fly More Combo Dji Mavic 3 Cine Price New Dji Mavic 3

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *