Review Nvidia GeForce RTX 3090

Review Nvidia GeForce RTX 3090


techradar.id – Berapa ukuran “BFGPU”?

Penilaian Kami

Nvidia GeForce RTX 3090 adalah kartu grafis paling kuat yang dapat Anda beli hari ini, menghadirkan kinerja gaming 8K yang dapat dimainkan, bersama dengan kinerja rendering dan encoding 3D yang menakjubkan.

Namun, Anda harus membayar harga tinggi untuk tingkat kekuatan ini, dan itu mungkin tidak sebanding dengan investasi sebagian besar orang.

Kelebihan

  • Performa GPU terbaik di pasaran
  • Performa pendinginan yang sangat baik
  • Nilai luar biasa untuk profesional kreatif
  • Siapkan dan lupakan itu game 4K

Kekurangan

  • Terlalu mahal
  • Kartu yang sangat besar

Nvidia GeForce RTX 3090 masih dominan, meskipun ada upaya AMD untuk menjatuhkannya. Menampilkan RAM GDDR6X 24GB yang tersembunyi di balik heatsink besar ini, rilis terbaru Nvidia menghadirkan game yang andal dan rendering 3D.

Bahkan, ia telah menggantikan dua kartu grafis berperforma terbaik dari generasi sebelumnya, Nvidia Titan RTX dan RTX 2080 Ti.

Bahkan dengan game AAA terbaru, Nvidia GeForce RTX 3090 memberikan kinerja 4K yang luar biasa dan bahkan dapat menangani game 8K pada 60 frame per detik, meskipun tidak cukup sempurna pada level itu.

Jadi, sementara pendahulunya mungkin telah menetapkan standar tinggi untuk dipenuhi, dia terbukti mampu menghadapi tantangan.

Faktanya, meskipun dapat menangani game PC terbaik tanpa banyak usaha, ini lebih menarik bagi mereka yang membutuhkan grafis berat untuk animasi 3D dan rendering video.

Apalagi dengan harga ini. Sayangnya, Nvidia GeForce RTX 3090 juga hadir dengan harga yang lebih tinggi, yang membuat RTX 3080 sedikit lebih murah dan pesaing 3090-an, Radeon RX 6900XT, lebih menarik bagi kebanyakan gamer kasual.

Sejauh ini, 3090 adalah GPU yang paling kuat di pasar konsumen, tetapi tetap melayani mereka yang tidak peduli dengan harga dan menginginkan yang terbaik atau mereka yang memiliki proyek yang memerlukan rendering akselerasi perangkat keras.

Harga dan Ketersediaan

Gigabyte Nvidia GeForce RTX 3090 di Amazon seharga $2.925,99. Nvidia GeForce RTX 3090 tersedia sekarang, mulai dari $1.499 (£1.399, sekitar AU$2.030) untuk Nvidia Foundation Special Edition.

Namun, ini akan menjadi pertama kalinya Nvidia membuka kartu tingkat Titan untuk produsen kartu grafis pihak ketiga seperti MSI, Asus, dan Zotac, yang berarti Anda dapat mengharapkan beberapa versi RTX 3090 menjadi jauh lebih mahal.

Sulit untuk menentukan apakah ini kenaikan harga atau penurunan harga dibandingkan generasi sebelumnya.

Dibandingkan dengan Titan RTX, ini adalah potongan harga yang signifikan, dengan kartu ini berharga $2.499 (£2.399, AU$3.999) untuk spesifikasi generasi terakhir yang serupa. Namun, RTX 2080 Ti, yang dalam beberapa hal masih belum memiliki penerus langsung, diluncurkan dengan harga $1.199 (£1.099, AU$1.899).

RTX 3090, kemudian, adalah jalan tengah. Nama GeForce menunjukkan bahwa kartu grafis ini ditujukan untuk para gamer, tetapi spesifikasi dan harga menunjukkan bahwa kartu ini lebih ditujukan untuk konsumen yang membutuhkan daya tampilan mentah, tetapi belum siap untuk terjun ke ranah Nvidia Quadro dan Tesla.

Fitur dan Slide

Sama seperti adiknya, RTX 3080, RTX 3090 dibangun di atas arsitektur Nvidia Ampere, menggunakan GPU GA102 full-fat. Kali ini, kami mendapatkan 82 SM, membuat total 10.496 core CUDA, bersama dengan 328 core Tensor dan 82 core RT.

Sepintas, tinggi kecil 72 SM pada Titan RTX berbasis Nvidia Turing tampak seperti sedikit peningkatan, tetapi salah satu perbedaan paling mendasar dengan arsitektur Ampere adalah kemampuan kedua jalur data pada kemampuan masing-masing SM untuk menangani beban kerja FP32 .

Ini berarti bahwa jumlah inti CUDA per SM secara efektif digandakan, itulah sebabnya RTX 3090 adalah raksasa layar. RTX 3090 juga mendukung memori video GDDR6X 24GB pada bus 384-bit, memberikan bandwidth memori 936GB/s — kira-kira satu terabyte data setiap detik.

Memiliki alokasi VRAM yang sangat besar pada kecepatan ini berarti bahwa siapa pun yang melakukan rendering 3D berat dalam aplikasi seperti Davinci Resolve dan Blender akan mendapatkan keuntungan besar.

Dan ketika bisnis Anda menyertakan aplikasi ini, apa pun yang dapat mengurangi waktu proyek akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Selain biaya yang relatif rendah – setidaknya dibandingkan dengan Titan RTX – RTX 3090 adalah tawaran yang mudah.

Seperti yang kami sebutkan dalam ulasan RTX 3080 kami, baik inti Tensor dan RT yang dibuat oleh Nvidia telah membuat sejumlah besar kartu grafis generasi sebelumnya juga mengalami peningkatan besar.

Secara khusus, throughput core RTX berlipat ganda dengan generasi kedua yang ditemukan pada kartu seri RTX 3000.

Dalam aplikasi ray tracing, SM pada dasarnya akan melemparkan seberkas cahaya, kemudian memindahkan beban kerja ray tracing ke inti RT, di mana ia akan menghitung di mana ia memantul di tempat kejadian, dan melaporkan data itu kembali ke SM.

Di masa lalu, ray tracing pada dasarnya tidak mungkin dilakukan secara real time, karena SM akan bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan ini sepenuhnya sendiri, serta setiap tetesan yang harus dilakukan pada waktu yang sama.

Tetapi sementara RT Core mengambil sebagian besar beban kerja itu, ray tracing masih merupakan teknologi komputasi yang mahal, yang berarti masih membawa biaya kinerja yang besar, itulah sebabnya DLSS menjadi semakin penting, baik dalam game maupun dalam perangkat lunak seperti D5 Memberikan.

Tensor Cores generasi ketiga yang ditemukan di kartu grafis Nvidia Ampere juga mengalami peningkatan besar-besaran, menggandakan kecepatan di atas Turing Tensor Core. Namun, DLSS tidak melihat peningkatan kinerja 2x secara keseluruhan, karena setiap SM sekarang mengemas satu Tensor Core, sementara Turing memiliki dua Tensor core per SM.

Namun, inti Tensor ini tidak hanya memberikan daya ke DLSS. Ini juga merupakan teknologi yang memungkinkan Nvidia Broadcast, yang sejauh ini merupakan salah satu fitur yang paling diremehkan yang dirilis untuk generasi ini.

Kami telah menggunakan Nvidia Broadcast selama semua pertemuan larut malam dan hangout kami selama beberapa minggu terakhir, dan sangat bagus dalam menyaring suara yang tidak diinginkan dari mikrofon dan mengganti latar belakang saat Anda melakukan panggilan Zoom ke-50 selama seminggu, dan Saya telah kehilangan semua energi dan keinginan untuk membersihkan.

Sekarang kita semua telah bekerja dari rumah begitu lama, dan sepertinya ini akan menjadi normal baru, apa pun yang membuat konferensi video tidak terlalu membuat stres adalah manfaat besar.

Bagian terbaiknya adalah teknologi ini tersedia untuk siapa saja yang menjalankan mesin Nvidia RTX. Namun, kita harus berbicara tentang konsumsi energi. Pada puncaknya selama pengujian, Nvidia GeForce RTX 3090 mengkonsumsi daya maksimum 357 watt.

Itu banyak jus, terutama jika Anda memasangkannya dengan prosesor yang kuat. Nvidia merekomendasikan catu daya minimum 750W, tetapi kami akan melangkah lebih jauh dan merekomendasikan hanya menggunakan PSU 1.000W penuh dengan kartu ini, hanya untuk memastikan Anda tidak akan mengalami shutdown acak jika catu daya Anda tidak beroperasi secara maksimal efisiensi.

Desain Edisi Pendiri

Sama seperti RTX 3080, Nvidia GeForce RTX 3090 Founders Edition adalah desain yang lebih keren yang pernah dikirimkan oleh tim Green sendiri. Meskipun ini adalah kartu grafis yang cukup besar – tingginya 12,3 inci, ini adalah kartu 3-slot, dan beratnya banyak.

Dengar, kami tidak memiliki timbangan, dan Nvidia tidak mencantumkan beratnya, tetapi beratnya lebih dari 7 pon. Secara estetika, terlihat sangat mirip dengan RTX 3080 Founders Edition, dengan skema warna hitam dan abu-abu gunmetal, dan kipas di kedua sisi GPU.

Filosofi pendinginan yang sama berlaku di sini – menyedot udara melalui kartu grafis dan mengosongkannya ke arah atas casing. Heatsink juga memiliki luas permukaan yang besar, yang menghasilkan pendinginan yang lebih efisien.

Untuk memfasilitasi desain yang lebih dingin ini, PCB harus didesain ulang sepenuhnya, sehingga udara dapat melewati bagian belakang kartu grafis. Untuk alasan ini, Nvidia telah menerapkan konektor daya PCIe 12-pin baru, bukan konektor 8-pin ganda yang mungkin Anda harapkan.

Pada saat penulisan, tidak ada catu daya yang secara asli mendukung konektor daya baru ini, meskipun ada beberapa kabel khusus seperti Corsair yang sedang dikerjakan.

Untungnya, Nvidia menyertakan konektor daya 2 x 8-pin hingga 1 x 12-pin di dalam kotak, jadi Anda tidak perlu khawatir sekarang.

Namun, ini agak jelek, dan sulit untuk memiliki jenis pengaturan kabel bersih yang sama seperti yang Anda lakukan. Namun, produsen kartu grafis pihak ketiga menggunakan konektor daya 8-pin yang sama seperti biasanya, sehingga Anda selalu dapat menggunakan salah satunya jika perlu.

Karena ini adalah kartu 3-slot besar, Anda harus memeriksa ulang untuk memastikan kasing Anda benar-benar dapat mendukungnya. Beberapa orang dengan kartu micro ATX dan mini-ITX modern tidak akan seberuntung itu.

Performa

Spesifikasi sistem uji

Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk menguji Nvidia GeForce RTX 3080 Founders Edition:

  • CPU: AMD Ryzen 9 3950X (16 core, hingga 4.7GHz)
  • Pendingin CPU: Cooler Master Masterl Liquid 360P Silver Edition
  • RAM: 64GB Corsair Dominator Platinum @ 3600MHz
  • Papan Utama: ASRock X570 Taichi
  • SSD: ADATA XPG SX8200 Pro @ 1TB
  • Catu Daya: Corsair AX1000
  • Status: Praxis Wetbench

Ketika datang ke kinerja game, kami hanya akan mengatakan ini – Nvidia GeForce RTX 3090 hanya 10-20% lebih cepat daripada RTX 3080 dengan harga lebih dari dua kali lipat.

Peningkatan kinerja ini, jika yang Anda cari hanyalah kartu permainan, itu tidak sepadan sama sekali, dan tidak apa-apa.

Ini adalah kartu yang terutama ditujukan untuk memulai game 8K dan aplikasi rendering 3D profesional. Namun, kita tidak dapat benar-benar membicarakan RTX 3090 tanpa membicarakan game 8K.

Saat ini, 8K ditemukan secara eksklusif di dunia TV kelas atas, yang berarti panel tidak begitu lazim. Ini hampir pasti akan berubah di tahun-tahun mendatang, tetapi saat ini tidak ada satu pun monitor gaming yang mendukung resolusi tersebut.

Kami tidak memiliki monitor 8K yang berguna — monitor yang kami gunakan untuk fitur kinerja 8K kami berada di seberang Atlantik sebagai pengaturan terkontrol untuk menguji komponen komputasi.

Namun, berkat Dynamic Super Resolution, atau DSR, Nvidia, kami dapat menguji game dalam resolusi 8K, menurunkannya ke resolusi 4K asli dari monitor yang kami gunakan untuk pengujian.

Ini disertai dengan penurunan kinerja 3-5% yang signifikan, tetapi selain itu memberikan gambaran sekilas yang baik tentang seperti apa kinerja game 8K.

Seperti yang mungkin dapat Anda bedakan dari grafik di atas, RTX 3090 tidak memberikan pengalaman 8K 60 fps langsung di game paling menuntut di PC. Tapi seperti kebanyakan hal, ini rumit.

Game yang kami pilih untuk pengujian ada di sana untuk mendorong GPU hingga batasnya, sehingga kami dapat membandingkan delta kinerja antara kartu grafis yang berbeda.

Mereka menyediakan skrip referensi yang dapat diulang dengan mudah, sehingga kami dapat memastikan beban kerja yang sama diterapkan ke setiap kartu grafis.

Tetapi Anda dapat bertaruh dolar minimum Anda bahwa kami melemparkan kartu grafis ini ke PC kami dan mengujinya di berbagai macam game PC, baik dalam DSR 4K dan 8K untuk melihat kinerjanya.

Dalam game seperti World of Warcraft: Battle for Azeroth dan Destiny 2, kami bisa mendapatkan 60-70 frame per detik yang stabil pada resolusi yang sangat tinggi ini, tetapi dengan pengaturan kualitas tinggi, alih-alih menjalankan semua eye candy.

Ini bukan kerugian besar kedengarannya, karena VRAM 24GB sudah cukup sehingga kita tidak perlu mengabaikan tekstur.

Namun, begitu kami mulai menyelami game pemain tunggal yang lebih intens secara visual seperti Control dan bahkan Dark Souls III, kami biasanya melihat frame rate di tahun 40-an – yang tentunya masih merupakan kinerja yang dapat dimainkan.

Jadi, meskipun kami mungkin tidak akan menyarankan orang untuk mulai memainkan game 8K dulu, ini jelas merupakan kartu grafis pertama yang pernah kami uji dan menawarkan gameplay yang sebenarnya dapat dimainkan pada resolusi ini – mirip dengan bagaimana Nvidia GeForce GTX 980 Ti dan Titan meretas game X 4K pada tahun 2015.

Itu saja membuat Nvidia GeForce RTX 3090 menarik. Game 8K belum sempurna, dan itu jelas bukan pada titik di mana Anda dapat meningkatkan pengaturan dan melupakannya.

Untuk game 8K, Nvidia GeForce RTX 3090 adalah teknologi pengadopsi awal dalam segala hal – Anda harus ingat bahwa ini adalah kartu grafis pertama yang dapat memberikan frame rate yang dapat di-boot pada resolusi tinggi, sehingga mengharapkan gameplay yang halus seperti sutra di setiap game adalah jenis mimpi yang jauh.

Cukup mengesankan bahwa RTX 3090 dapat menangani resolusi ini sama sekali. Namun, pada 4K, RTX 3090 memberikan tingkat kinerja di mana Anda dapat menjalankan setiap pengaturan secara maksimal dan melupakannya.

Setiap game yang kami coba mainkan dengan kartu grafis 4K ini berjalan seperti mimpi. Final Fantasy XV dengan semuanya muncul? 70+ FPS – Dengan stutter yang terkenal dari game ini, hampir sepenuhnya dihilangkan berkat frame buffer 24GB.

Seperti halnya Metro Exodus and Control, yang merupakan dua game yang terus-menerus membuat kami menyadari batas permainan 4K dengan RTX 2080 Ti beberapa bulan yang lalu, sekarang bekerja seperti mimpi mutlak dengan semua yang diaktifkan.

Ya, RTX 3090 hanya menawarkan peningkatan 15% dibandingkan RTX 3080. Tetapi tipe orang yang akan membeli kartu ini untuk bermain game adalah tipe orang yang hanya menginginkan teknologi mutakhir, harga terkutuk.

Nah, pengalaman di sini benar-benar luar biasa, bahkan jika rasio harga-kinerja tidak masuk akal bagi sebagian besar orang.

Performa Encoding dan Rendering

Di mana RTX 3090 benar-benar bersinar, bagaimanapun, adalah dalam rendering dan pengkodean 3D, yang membuatnya sangat meyakinkan bagi para profesional kreatif yang membutuhkan tingkat kinerja itu tanpa menginvestasikan ribuan dolar dalam kartu Quadro atau Tesla.

Perlu dicatat bahwa encoder NVENC sama dengan RTX 2080 Ti, yang berarti kinerjanya tidak banyak berubah dari generasi ke generasi. Namun, sekarang encoder ini didukung di Adobe Premiere, hampir seluruh alur kerja produksi video sekarang dipercepat oleh GPU, membuat GPU khusus sangat berguna untuk editor video.

Encoding video dengan encoder NVENC, daripada menggunakan perangkat lunak, memotong waktu menjadi dua — bahkan ketika kami menggunakan 16-core AMD Ryzen 9 3950X dipasangkan dengan 64GB RAM yang berjalan pada 3600MHz.

Namun, meskipun sebenarnya tidak ada perbedaan antara GPU RTX dalam kinerja pengkodean langsung – karena semuanya menggunakan chip yang sama – efek pemrosesan meningkat tergantung pada GPU yang Anda gunakan.

Dengan RTX 3090 di komputer pengeditan video Anda, Anda sama sekali tidak akan kesulitan memutar video secara real time saat mengedit. Tapi di mana RTX 3090 benar-benar bersinar adalah dalam rendering 3D melalui aplikasi seperti Blender dan Autodesk Maya.

Faktanya, saat bermain game RTX 3090 sekitar 50% lebih cepat daripada RTX 2080 Ti, 3090 sekitar dua kali lebih cepat dari Turing andalan Blender, dirender hanya dalam 229 detik untuk RTX 2080 Ti 438 detik.

Itu peningkatan 91%, sebagian besar berkat sejumlah besar kinerja VRAM dan FP32 yang ditawarkan di sini.

Dengan menetapkan harga kartu grafis ini pada $1.499 (£1.399, sekitar $2.030), daripada hanya menempatkannya pada harga yang sama saat meluncurkan Titan RTX, Nvidia mungkin membuat langkah untuk mendemokratisasikan jenis kinerja rendering 3D yang mampu dilakukannya.

Biarkan orang mencoba animasi 3D tanpa harus berinvestasi dalam perangkat keras yang mahal. Mungkin kartu xx80 generasi berikutnya dapat menawarkan kinerja rendering semacam ini untuk memudahkan orang biasa membuat konten 3D.

Tapi, setidaknya, sekarang lebih mudah diakses daripada sebelumnya, dan kami akan menganggapnya sebagai kemenangan.

Beli Kalau

Ingin menjadi pionir dalam game 8K

Nvidia GeForce RTX 3090 adalah kartu grafis pertama yang menawarkan kinerja gaming yang dapat berjalan pada kecepatan 8K. Ini tidak sempurna, tetapi itu satu-satunya kartu yang tidak akan memberi Anda tampilan slide dari resolusi itu.

Anda adalah seorang profesional yang kreatif

Jika sebagian besar alur kerja harian Anda melibatkan rendering 3D, kinerja komputasi yang besar dan sejumlah besar VRAM yang disajikan di sini akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan.

Tidak perlu khawatir tentang kinerja game 4K

Dengan Nvidia GeForce RTX 3090, kami akhirnya sampai pada titik di mana Anda dapat memaksimalkan game apa pun yang Anda mainkan dalam 4K dan melupakannya. Semua permen mata yang kebanyakan orang tidak akan merekomendasikan berjalan bekerja sangat mudah dengan RTX 3090.

Jangan Beli Kalau

Apakah Anda memiliki anggaran?

Nvidia GeForce RTX 3090 adalah kartu grafis tercepat di dunia, ya, tetapi juga cukup mahal. Keuntungan pada RTX 3080 tidak sebanding dengan kenaikan harga, jadi hanya orang yang menginginkan yang terbaik terlepas dari harga yang diminta yang berlaku di sini.

Anda bermain pada resolusi apa pun di bawah 4K

RTX 3090 adalah kartu grafis yang sangat kuat dan Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda bayar kecuali Anda memainkan game 4K.

Aku tidak butuh yang terbaik

Jika Anda baik-baik saja dengan kinerja permainan yang solid, dan Anda tidak ingin membayar dua kali lipat harga RTX 3080 untuk kinerja permainan 15% tambahan, Anda mungkin akan memilih kartu yang lebih murah — Nvidia sendiri menyebutnya sebagai unggulan, Lagipula.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Harga Geforce Rtx 3090 Harga Rtx 3090 Di Indonesia Laptop Rtx 3090Nvidia Geforce Rtx 3090 Amazon Rtx 3090 Spesifikasi Rtx 3090 Super Rtx 3090 Techpowerup Rtx 3090 Ti

Check Also

Justice in Gilbert: How Auto Accident Attorneys Make a Difference

Understanding the Role of Auto Accident Attorneys in Gilbert Auto accident attorneys in Gilbert play …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *