Review Nvidia GeForce RTX 3060 Ti

Review Nvidia GeForce RTX 3060 Ti


techradar.id – Kartu grafis terbaik untuk kebanyakan orang.

Penilaian Kami

Untuk harga, Nvidia GeForce RTX 3060 Ti memecahkan kelas bobotnya, memberikan kinerja yang menyaingi, dan terkadang bahkan melampaui, RTX 2080 Super. Untuk harganya, mereka adalah kartu grafis terbaik bagi kebanyakan orang.

Kelebihan

  • Performa 1080p yang luar biasa
  • Kinerja penelusuran sinar padat
  • Desain modern
  • Tetap tenang

Kekurangan

  • Hanya performa 4K untuk pemula
  • Konektor daya 12-pin yang merepotkan

Sementara Nvidia GeForce RTX 3060 Ti tidak melakukan sesuatu yang sangat baru, itu membuat arsitektur Ampere jauh lebih mudah (baik, jika Anda dapat menemukan RTX 3060 Ti yang ada).

Bahkan lebih dari RTX 3060 yang lebih murah, ini menyeimbangkan kinerja dan harga, menjadikannya kartu grafis terbaik bagi kebanyakan orang — sekali lagi, dengan asumsi Anda dapat menemukannya.

Ada beberapa game di mana Nvidia GeForce RTX 3060 Ti lebih baik daripada RTX 2080 Super, sebuah kartu yang beberapa tahun lalu harganya hanya sekitar dua kali lipat.

Jadi, tentu saja, ini bukan kartu tercepat di luar sana, tetapi tidak masalah kapan itu dapat memberikan kekuatan itu dengan harga murah.

Dengan kartu grafis ini, Anda dapat memainkan game PC terbaik dengan pengaturan Ultra dan ray tracing pada resolusi 1440p – bahkan mungkin 4K jika Anda menggunakan DLSS.

Selain itu, ia menawarkan prospek yang menarik bagi pengguna yang menemukan Nvidia GeForce RTX 3080 dan RTX 3090 yang lebih mahal untuk mengemas lebih banyak daya daripada yang dapat mereka gunakan sepenuhnya dan yang tidak dapat membenarkan harga mereka untuk kebutuhan mereka.

Dengan demikian, Nvidia GeForce RTX 3060 Ti adalah kartu grafis terbaik untuk sebagian besar konsumen.

Harga dan Ketersediaan

Nvidia GeForce RTX 3060 Ti (8GB) di Newegg seharga $939,34. Nvidia GeForce RTX 3060 Ti tersedia mulai 2 Desember 2020, dan Anda dapat membelinya mulai dari $399 (sekitar £299, AU$540).

Itu cukup sesuai dengan apa yang kami harapkan dari kartu grafis di segmen ini dengan biaya, terutama mengingat Nvidia GeForce RTX 2060 Super mulai dari $ 399 (sekitar £ 315, AU $ 580) dan RTX 2060 adalah $ 349 (sekitar £ 580). ). ) 260, 475 AUD).

RTX 3060 Ti memiliki harga yang hampir sama dengan RTX 2060 Super, sementara sama kuatnya dengan RTX 2080 Super, yang merupakan kartu yang dijual seharga $699 (sekitar £560, AU$990).

Kartu ini adalah mesin Ultra 1440p, jadi 3060 Ti akan menjadi, dan sekarang jauh lebih murah.

Fitur dan Slide

Nvidia GeForce RTX 3060 Ti didasarkan pada arsitektur Ampere yang sama dengan RTX 3080, dan memberi kita gambaran seperti apa kisaran Ampere di segmen pasar GPU kelas menengah dan anggaran.

Ini tidak akan menjadi kartu grafis yang akan memberi daya pada Watch Dogs Legion dengan penelusuran sinar 4K, tetapi Anda pasti dapat melakukannya dalam 1080p.

Dengan kartu grafis ini, Anda mendapatkan 8GB memori GDDR6 yang sama dengan yang ditemukan di RTX 3070, dipasangkan dengan prosesor 38A Multicast (SM).

Namun, karena perubahan yang dibuat Nvidia pada SM-nya sejak Turing, masing-masing sekarang memiliki 128 inti CUDA, dua kali lipat dari 64 di semua SM Turing. Ini berarti bahwa sekarang ada 4.864 inti CUDA di RTX 3060 Ti, naik dari 2.176 yang ditemukan di RTX 2060 Super.

Konsumsi daya terlihat meningkat pada RTX 2060 Super, tetapi tidak begitu menonjol seperti kartu lain di jajaran Nvidia Ampere. Total daya grafis (TGP) adalah 200 watt untuk RTX 3060 Ti, naik dari 175 watt pada RTX 2060 Super.

Ini lebih dari itu, tetapi seharusnya tidak terlalu banyak sehingga Anda harus khawatir tentang meningkatkan catu daya Anda untuk mengakomodasinya – dengan asumsi Anda memiliki yang kompeten sejak awal.

Kembali di Turing, setiap SM memiliki dua jalur data – satu didedikasikan untuk beban kerja floating point (FP32) dan satu didedikasikan untuk integer.

Menggunakan Ampere, dan dengan demikian RTX 3060 Ti, Nvidia mampu merekayasa SM menjadi satu jalur data yang pada dasarnya mampu melakukan tugas ganda, itulah sebabnya jumlah inti CUDA secara efektif digandakan per SM dengan amp.

Di luar inti CUDA, setiap SM juga berisi Tensor Cores untuk beban kerja AI seperti Deep Learning Super Sampling (DLSS), dan core ray tracing khusus. Setiap SM berisi satu inti RT dan empat inti Tensor.

Pemuja di antara Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ini adalah setengah jumlah inti Tensor di setiap SM daripada yang dimiliki Turing, tetapi ada alasan bagus untuk itu – dia dua kali lebih cepat kali ini.

Inti dari RT adalah ray tracing yang dibicarakan semua orang. Intinya adalah untuk melepaskan beban komputasi besar yang diperlukan oleh segala jenis ray tracing, agar dapat menghasilkan frame yang dapat dimainkan.

Pada dasarnya, ketika seberkas cahaya dilemparkan ke mesin game, SM akan mengirimkan informasi itu ke inti RT, di mana ia akan menghitung di mana sinar itu memantul, dan melaporkannya ke SM sehingga dapat menampilkan gambar.

Itu tidak membuat ray tracing bebas komputasi, seperti yang akan Anda lihat dari hit besar dalam kinerja yang ditimbulkan oleh kehadiran RT di Metro Exodus. Namun, tanpa inti RT khusus ini, skor kinerja akan mengubah game menjadi tayangan slide.

Untungnya, jenis inti khusus lainnya, Tensor Core adalah bagian lain dari persamaan yang membuatnya cukup masuk akal untuk mengaktifkan ray tracing saat memainkan game PC terbaik.

Dengan Tensor Core, developer dapat mengintegrasikan DLSS ke dalam game, yang pada dasarnya adalah teknologi peningkatan yang didukung AI.

Ini membantu meningkatkan kinerja dengan membuat SM merender adegan pada resolusi yang lebih rendah, kemudian menggunakan data Tensor Core dari superkomputer Nvidia untuk menskalakan adegan itu secara cerdas ke resolusi penuh.

Dengan DLSS, Anda dapat mengimbangi banyak perbedaan kinerja yang dibawa oleh ray tracing, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat kualitas gambar yang luar biasa dari ray tracing, tanpa mengorbankan banyak kinerja. Faktanya, tanpa DLSS, ray tracing tidak akan mungkin dilakukan.

Nvidia GeForce RTX 3060 Ti juga menghadirkan banyak fitur. Gamer esports akan menyukai Nvidia Reflex, yang bertujuan untuk menurunkan latensi sistem, RTX IO bekerja bersama-sama dengan Microsoft DirectStorage untuk memuat data langsung dari penyimpanan sistem Anda ke VRAM, dan Nvidia Broadcast memungkinkan Anda menyaring kebisingan latar belakang dan gambar saat menyiarkan atau mengobrol video , tidak peduli apa. Tidak peduli program apa yang Anda gunakan.

Yang terakhir saja telah menjadi keuntungan besar bagi kami selama penguncian, dan ribuan panggilan video yang harus kami lakukan dari kamar tidur kami sepanjang tahun 2020.

Dan memang benar bahwa banyak perangkat lunak, seperti Zoom, Google Meet, dan Semua Tim Microsoft memungkinkan fungsionalitas serupa, Memiliki semua pengaturan di satu tempat adalah penghemat waktu yang sangat besar.

Desain

Nvidia GeForce RTX 3060 Ti Founders Edition hampir sama dengan Nvidia GeForce RTX 3070 Founders Edition. Kedua kartu memiliki ukuran yang persis sama, dengan jumlah kipas yang sama, dan sirip terbuka yang sama di bagian belakang kartu yang membantu mengeluarkan udara panas dari kartu grafis ke atas dan keluar dari sistem.

Satu-satunya perbedaan utama di sini adalah warna abu-abunya lebih terang daripada RTX 3070. Seperti edisi Founder lainnya di jajaran Ampere, Nvidia menawarkan beberapa kartu grafis terbaik yang pernah kami lihat.

Dan bagian terbaiknya? Pendingin yang rapi juga efektif. Selama seluruh rangkaian pengujian, kami melihat suhu mencapai puncaknya pada 72 derajat Celcius, hampir sama dengan suhu RTX 2060 Super, tetapi dengan konsumsi daya 10% lebih banyak.

Namun, tidak semua sinar matahari dan mawar. Sementara pendingin itu sendiri luar biasa, mengecilkan papan GPU untuk mengakomodasi itu membawa kelemahan yang sama di sini seperti yang lainnya. Yaitu, RTX 3060 Ti menggunakan konektor daya 12-pin yang sama.

Nvidia menyertakan adaptor di dalam kotak, yang memungkinkan Anda menyambungkan kabel PCIe 8-pin ke port 12-pin, tetapi membuat manajemen kabel lebih sulit. Untungnya, produsen PSU sudah mulai mengerjakan kabel PCIe 12-pin, jadi semoga masalah ini akan hilang seiring waktu.

Kinerja dan Standar

Spesifikasi sistem uji

Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk menguji Nvidia GeForce RTX 3060 Ti:

  • CPU: AMD Ryzen 9 5950X (16 core, hingga 4.9GHz)
  • Pendingin CPU: Cooler Master Masterl Liquid 360P Silver Edition
  • RAM: 64GB Corsair Dominator Platinum @ 3200MHz
  • Papan Utama: ASRock X570 Taichi
  • SSD: ADATA XPG SX8200 Pro @ 1TB
  • Catu Daya: Corsair AX1000
  • Status: Praxis Wetbench

Apa yang kami sukai dari kartu grafis kelas menengah baru seperti RTX 3060 Ti adalah kartu ini meningkatkan standar kinerja game PC, mengingat betapa mudahnya kartu ini dapat diakses oleh semua orang.

Nvidia GeForce RTX 3060 Ti baru saja meledakkan RTX 2060 Super, sama seperti jajaran Ampere lainnya dengan pendahulunya.

Dalam 3DMark Time Spy Extreme, misalnya, pengujian yang ditujukan untuk kinerja game 4K di DirectX 12 — yang sebagian besar akan digunakan oleh game generasi saat ini — RTX 3060 Ti 38% lebih cepat daripada 2060 Super.

Dan di Port Royal, yang menguji kinerja ray tracing mentah, GPU baru Nvidia 39% lebih cepat daripada rekan Turing-nya. Namun yang lebih mengesankan adalah bagaimana RTX 3060 Ti dibandingkan dengan RTX 2080 Super.

Nvidia mengklaim bahwa RTX 3060 Ti lebih cepat daripada RTX 2080 Super, tetapi itu sedikit berlebihan. Namun, RTX 3060 Ti memiliki tingkat kinerja yang hampir sama dengan RTX 2080 Super, yang masih sangat mengesankan, mengingat harga kartu baru ini.

Dalam dua benchmark sintetis yang kami sebutkan sebelumnya, RTX 3060 Ti masing-masing 7% lebih cepat dan 0,5% lebih cepat di Time Spy Extreme dan Port Royal.

Dalam game yang sebenarnya, RTX 3060 Ti jelas membunuhnya. Di Metro Exodus tanpa ray tracing dan pada preset Ultra HD pada 1440p, RTX 3060 Ti berlari 69 fps hingga 68 fps untuk RTX 2080 Super — yang berada dalam margin kesalahan.

Namun, saat Anda mengaktifkan ray tracing, RT Cores generasi ke-3 melebarkan sayapnya, dengan peningkatan kinerja 8% lebih tinggi.

Selama sebagian besar game yang kami uji, Nvidia GeForce RTX 3060 Ti memamerkan kekuatan gamenya pada 1440p, dengan Red Dead Redemption 2 dan Total War: Three Kingdoms menghasilkan frame rate di bawah 60 fps pada pengaturan maksimum.

Mempertimbangkan seberapa berat kedua game ini, skor RTX 3060 Ti masing-masing 55fps dan 59fps, sangat mengesankan.

Nvidia Geforce RTX 3060 Ti membawa kinerja 1440p yang mengubah permainan ke pasar kelas menengah, dan kartu 1440p masuk akan bertahan untuk waktu yang lama, mengingat bagaimana AMD dan Nvidia memposisikan diri mereka pada 4K sebagai medan pertempuran baru Flagship.

Dan dalam hal performa langsung 1440p, RTX 3060 Ti benar-benar berdiri sendiri di pasar saat Anda mempertimbangkan performa dan harga.

Kartu grafis ini memiliki harga yang hampir sama dengan AMD Radeon RX 5700 XT, tetapi sekitar 35% lebih cepat selama pengujian kami.

Dengan asumsi akan ada stok kartu ini saat dirilis – yang sangat diminati pada tahun 2020, kami tahu RTX 3060 Ti mungkin akan menjadi kartu grafis terbaik bagi kebanyakan orang.

Kami yakin AMD memiliki sesuatu untuk membuat rekomendasi ini lebih rumit, tetapi pada saat penulisan, Team Red tidak memiliki apa pun yang dapat menyentuh Nvidia GeForce RTX 3060 Ti dari perspektif nilai absolut, yang jelas merupakan hal yang aneh. tempat untuk menemukan Pada AMD itu.

Pasti akan menarik untuk melihat bagaimana kartu grafis ini matang selama generasi game berikutnya. Dengan PS5 dan Xbox Series X yang baru saja diluncurkan, persyaratan grafis game akan semakin menuntut.

Saat ini, RTX 3060 Ti pasti terasa siap untuk waktu yang besar, tetapi hanya waktu yang akan memberi tahu bagaimana kartu grafis ini menangani game generasi berikutnya.

Namun, untuk saat ini, siapa pun yang mencari kartu grafis kelas menengah untuk menangani game 1440p akan menemukan banyak hal yang disukai. Pada keputusan ini, Anda akan dengan mudah dapat meningkatkan pengaturan secara maksimal dan mengabaikannya.

Ini bukan sesuatu yang benar-benar dapat saya lakukan sebelumnya pada braket harga ini. Bagian terbaik? Ada cukup ruang dalam kinerja di sini untuk mengintip apa yang ditawarkan game 4K – jangan berharap pengalaman 60fps super mulus yang dapat ditawarkan RTX 3080.

Beli Kalau

Anda nyaman tinggal di 1080p

Nvidia GeForce RTX 3060 Ti pasti mampu memainkan beberapa game 4K tingkat pemula, karena kartu grafis ini benar-benar bersinar pada 1080p dan 1440p. RTX 3060 Ti akan mampu menghadirkan game 1080p beresolusi tinggi selama bertahun-tahun.

Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang

Dengan Nvidia GeForce RTX 3060 Ti hanya dengan $399 (sekitar £299, AU$540), Anda tidak perlu khawatir mengosongkan celengan Anda hanya untuk mendapatkan kartu grafis terbaru.

Ingin ray tracing dengan harga terjangkau?

Pada 1080p, RTX 3060 Ti adalah juara mutlak dalam ray tracing, dan Anda tidak perlu khawatir tentang frame rate yang tidak dapat diputar pada 1080p, atau bahkan 1440p dengan DLSS diaktifkan.

Jangan Beli Kalau

Anda mencari game 4K

Nvidia GeForce RTX 3060 Ti dapat melakukan beberapa game dalam 4K, tetapi jika itu adalah resolusi utama yang Anda inginkan, Anda akan lebih baik mendapatkan kartu grafis yang lebih mumpuni, seperti RTX 3070 atau RTX 3080.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Harga Rtx 3060 12gb Harga Rtx 3060 Indonesia Nvidia Rtx 3060 Review indonesia rtx 3060 tiRtx 3060 Ti Harga Rtx 3060 Ti Harga Normal Rtx 3060 Ti Lhr Rtx 3060 Ti Specs Rtx 3060 Ultra

Check Also

Justice in Gilbert: How Auto Accident Attorneys Make a Difference

Understanding the Role of Auto Accident Attorneys in Gilbert Auto accident attorneys in Gilbert play …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *