AMD vs Nvidia 2021 Manakah Kartu Grafis Terbaik

techradar.id – Perang kartu grafis tidak pernah berubah. Apakah Nvidia akhirnya memenangkan perang Nvidia vs AMD?

Sementara pertempuran lebih panas dari sebelumnya sejak rilis kartu grafis Ampere dan kartu Big Navi Radeon RX 6000, raja GPU masih masalah perspektif.

Nvidia mungkin menang dari kekuatan belaka, bahkan jika AMD meluncurkan beberapa kartu grafis kuat yang dapat menyaingi yang terbaik dari mereka.

Sementara itu, AMD masih unggul dalam hal harga, bahkan jika Nvidia membuat poin harganya lebih mudah diakses, dan meskipun juga menawarkan GPU kelas atas yang mahal seperti RTX 3080 Ti yang baru.

  • Cari tahu pendapat Anda tentang Nvidia GeForce RTX 2080 Super
  • Berikut adalah kartu grafis Nvidia GeForce terbaik
  • Di sinilah tempat untuk membeli Nvidia RTX 3070

Pertempuran Nvidia vs AMD telah menghasilkan beberapa GPU terbaik dan paling terjangkau yang pernah kami lihat selama bertahun-tahun. Ini memberi kami pilihan yang terjangkau seperti AMD Radeon RX 6700 XT baru, Nvidia GeForce RTX 3060 Ti, dan Nvidia RTX 3060.

Ini juga memberi kami entri yang memberikan kekuatan besar seperti Nvidia GeForce RTX 3080, RTX 3080 Ti, dan AMD Radeon RX 6900 XT yang masih terjangkau oleh banyak orang dari segi harga.

Jadi, meskipun mungkin tidak ada satu pun pemenang sejati, itu hanya berarti hal-hal baik bagi konsumen. Dengan kedua produsen ini terus-menerus mencoba untuk bekerja sama, kami akan selalu memiliki GPU yang menarik untuk dipilih.

Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah memutuskan mana yang terbaik untuk Anda.

Kami menempatkan kedua produsen – Nvidia vs AMD – berdampingan untuk melihat mana yang memiliki keunggulan dibandingkan yang lain dalam hal harga, kinerja, dan fitur. Saya harap, ketika semua dikatakan dan dilakukan, Anda akan memutuskan tim mana yang ingin Anda ikuti.

Harga

Secara tradisional, AMD selalu dikenal sebagai merek kartu grafis yang paling murah, dan itu benar sampai hari ini…sampai titik tertentu. Saat ini, terutama di kelas menengah, AMD memiliki kartu grafis seperti Radeon RX 5500 XT, yang menawarkan kinerja luar biasa dengan harga $199 (sekitar £150, AU$280).

Jika anggaran Anda berada di sekitar level itu, bantuan VRAM AMD yang murah hati di sini berarti Anda mendapatkan kinerja yang jauh lebih baik dalam game dengan spesifikasi lebih tinggi daripada yang ditawarkan Nvidia setara dengan GTX 1650.

Begitu Anda mulai mendaki tumpukan harga, segalanya berubah. Di puncak tumpukan, AMD masih menjadi pemenang dalam hal keterjangkauan.

Radeon RX 6900 XT jauh lebih murah dengan harga $999 (£770, sekitar AU$1.400) di samping Nvidia GeForce RTX 3090 seharga $1.499 (£1.399, sekitar AU$2030) dan bahkan RTX 3080 yang lebih terjangkau, yang akan membuat Anda kembali $1.199 (1049 ). Pound Inggris, 1949 dolar Australia).

Namun, begitu garis bawah tercapai, segalanya tidak lagi hitam dan putih. AMD Radeon RX 6700 XT dan AMD Radeon RX 6800 keduanya jatuh sedikit lebih tinggi dalam skala dolar daripada pesaing langsung mereka dari Nvidia tanpa menawarkan banyak keunggulan kinerja.

Performa

Big Navi AMD mungkin bukan pembunuh Nvidia yang pertama kali dikabarkan, tetapi beberapa kartu di baris pasti memberikan Nvidia beberapa persaingan yang ketat.

Jika Anda ingin memainkan game PC terbaik dalam 4K dan mendapatkan frame rate stabil 60+ fps, Anda tidak lagi terjebak dengan Nvidia. Meskipun Nvidia RTX 3080 Ti sekarang secara resmi diluncurkan di dunia, AMD perlu segera memperkenalkan pesaing serius.

Pada tahun 2021, Anda bisa mendapatkan kartu grafis yang menjalankan game AAA berkualitas tinggi untuk PC pada pengaturan 1080p dengan sesuatu seperti AMD Radeon RX 5600 XT atau Nvidia GeForce RTX 3060.

Jika Anda ingin memainkan game AAA pada 1440p tanpa kompromi, setiap Dari Tim Merah dan Tim Hijau dalam opsi hebat dengan Radeon RX 6700 XT dan Nvidia GeForce RTX 3060 Ti.

Ketersediaan kartu grafis yang lebih luas yang dapat mendorong piksel pada resolusi ini dengan anggaran terbatas telah membuat game PC lebih mudah diakses daripada sebelumnya, dan generasi mendatang ini telah melakukan hal yang sama untuk game 4K di PC, terutama dengan PS5 dan Xbox Series X keduanya lebih murah. Jauh lebih mahal dari harga komputer gaming kelas atas.

Adapun 4K, kedua produsen memiliki kesepakatan besar, dengan Nvidia merilis Nvidia GeForce RTX 3080, RTX 3080 Ti dan bahkan Nvidia GeForce RTX 3090, dan AMD merilis Radeon RX 6900 XT, yang sedang dikembangkan untuk berjalan dengan Nvidia. RTX3090.

Keunikan dan Fitur

Ketika datang ke fitur di luar rendering game, Nvidia dan AMD mengambil pendekatan yang jauh berbeda.

Pendekatan AMD biasanya lebih ramah konsumen, merilis fitur dan teknologi yang bahkan dapat digunakan pada kartu grafis Nvidia — meskipun biasanya akan bekerja lebih baik pada silikon milik AMD.

Di sisi lain, Nvidia suka menjaga segala sesuatunya tetap dekat dengan kotaknya, merilis fitur seperti DLSS yang hanya berfungsi pada platformnya.

Team Green telah melakukan ini selama bertahun-tahun, di PhysX. Bahkan, dengan teknologi terakhir ini, Anda bahkan berhasil mendapatkan kartu grafis PhysX khusus di sistem Anda untuk menangani beban kerja komputasi yang berat.

Namun, Nvidia baru-baru ini meluncurkan banyak fitur berguna di luar game, baik sebagai bagian dari peluncuran berkelanjutan Nvidia Studio untuk beban kerja kreatif dan profesional, dan hanya untuk membantu orang-orang dengan kehidupan pasca-pandemi mereka.

Terutama, dengan Ampere, Anda mendapatkan Nvidia Broadcast, teknologi yang sangat berguna untuk hampir semua orang. Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat mengganti latar belakang di aplikasi konferensi video apa pun dengan AI.

Apa yang lebih baik adalah Anda juga dapat menggunakannya untuk menyaring semua kebisingan latar belakang dari mikrofon selama panggilan, jadi Anda tidak perlu khawatir mengganggu rapat jam 10 pagi dengan kopi dan sarapan terburu-buru.

Sebaliknya, AMD tetap sangat fokus pada permainan dengan kartu grafis arus utama, dan semua fitur dalam rangkaian perangkat lunak FidelityFX yang ditawarkan dengan RDNA difokuskan untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih baik.

Ini termasuk hal-hal seperti Clear Adaptive Contrast (CAS) yang membuat pemutaran di layar beresolusi lebih tinggi menjadi lebih mudah, dan penutupan ambient yang lebih baik.

Jadi, Mana yang Lebih Baik? Juga Tidak

Ada banyak hal yang disukai tentang grafis Nvidia dan AMD. Pada akhirnya, kedua perusahaan bergantung pada persaingan satu sama lain untuk berkembang.

Cukuplah untuk mengatakan, perdebatan Nvidia-AMD mengharuskan Anda untuk memahami bahwa ada alasan mengapa GPU Radeon dan GeForce sangat mirip dalam kinerja saat ini.

Setiap perusahaan melakukan yang terbaik untuk mengikuti berbagi ide perusahaan lain, dan ini bermanfaat bagi kami. Mereka pada dasarnya berjuang untuk uang kita, belajar dari kesalahan satu sama lain dan memulai perbaikan penting di sepanjang jalan.

Terserah Anda siapa yang memenangkan kontes berapi-api Nvidia vs AMD, meskipun kami akan mengatakan ini: Nvidia tidak tertandingi di pasar 4K saat ini. Jika ini membantu, RTX 2080 Ti mungkin adalah pilihan terbaik Anda jika Anda ingin PC Anda mengikuti tampilan Ultra HD — selama Anda mampu membelinya.

Di sisi lain, jika anggaran Anda terbatas dan Anda mencari kartu kelas menengah, kartu grafis Nvidia dan AMD kemungkinan akan kurang lebih sama.

Ini adalah game PC terbaik yang dapat Anda mainkan saat ini

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Amd Radeon Graphics Setara Dengan Amd Radeon Graphics Setara Dengan Intel Amd Vs Intel Amd Vs Nvidia Bagus Mana Amd Vs Nvidia Vs Intel Bagus Mana Apa Itu Nvidia Geforce Apakah Amd Radeon Graphics Bagus Ranking Vga Laptop