Review PS5, Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Diketahui

techradar.id – PS5 terus mengesankan dengan konsol revolusionernya, waktu pemuatan yang cepat, dan game eksklusif

Penilaian Kami

PS5 adalah konsol yang kuat dan dirancang dengan baik yang memberikan pengalaman gaming generasi berikutnya yang menarik. Koleksi game eksklusifnya masih menjadi contoh bagi pengontrol DualSense PS5 yang mengesankan, teknologi audio spasial 3D, dan SSD super cepat, itulah sebabnya banyak gamer mendambakan konsol PlayStation baru dari Sony.

Mungkin agak terlalu besar untuk beberapa pengaturan, namun, ada dua masalah yang mencegahnya menjadi produk bintang lima. Namun, ini adalah peningkatan yang disambut baik melalui PS4 dan pintu gerbang yang menarik untuk game generasi berikutnya.

Kelebihan

  • Permainan 4K/120, mendukung 8K/60
  • Koleksi PS Plus sangat berharga
  • Sentuhan Kontrol Revolusioner
  • Antarmuka pengguna yang indah, cepat, dan baru
  • Waktu muat yang jauh lebih cepat

Kekurangan

  • Ukuran membuat sulit menemukan rumah
  • SSD 825GB terisi dengan cepat
  • Sedikit pilihan game PS5 asli
  • Kompatibilitas mundur terbatas
  • Tidak ada Penglihatan Dolby atau Atmos

PS5 Ulasan 1 Menit

Setelah kesuksesan PS4, harapan kami untuk PS5 sangat tinggi, untuk sedikitnya. Tapi untungnya, konsol generasi berikutnya Sony memberikannya. Kontroler DualSense, khususnya, adalah penemuan, sementara kombinasi perangkat keras yang lebih kuat, antarmuka pengguna baru, waktu pemuatan cepat, dan fitur inovatif seperti audio 3D, berhasil menciptakan perasaan nyata bahwa PlayStation 5 adalah lompatan kuantum dia. pendahulu.

Dari pengaturan yang lebih sederhana hingga antarmuka pengguna yang dipikirkan dengan matang, Sony telah menata ulang bagian-bagian penting dari pengalaman pengguna dan juga memasukkan beberapa tambahan untuk dimainkan: Anggota PS Plus juga dapat langsung menikmati 20 pilihan game, dan kompatibilitas mundur memastikan bahwa perpustakaan game lama Anda akan berfungsi di hari pertama.

Hasil akhirnya adalah konsol yang tidak bisa tidak kami kagumi, yang pada akhirnya memperkuat jajaran game eksklusif PlayStation 5 yang menarik.

  • Perbandingan ukuran PS5: apakah PlayStation 5 terlalu besar?
  • PS5 vs PS5 Digital Edition: Konsol Sony Generasi Berikutnya Mana yang Tepat untuk Anda?
  • Game PS5 baru dalam perjalanan

Kami ingin melihat lebih banyak game pihak pertama saat peluncuran (hanya ada empat jika Anda menyertakan Ruang Bermain Astro) – dan itu bagus untuk melihat lebih banyak dukungan untuk judul PlayStation generasi sebelumnya, bukan hanya game PS4 – tetapi PlayStation 5 muncul untuk menjadi investasi yang solid dengan Itu, dan kami yakin pengalaman PS5 Anda akan meningkat seiring bertambahnya usia.

Pustaka judul-judul yang menawan tentu telah berkembang sejak rilis PlayStation 5, dengan Returnal eksklusif PS5 terbaru yang memanfaatkan sepenuhnya rangkaian fitur konsol, dan Ratchet dan Clank: Rift Apart terbukti menjadi visual yang harus dilihat untuk dipercaya.

Namun, satu area di mana PS5 lambat menyerap adalah dukungan untuk TV 120Hz dengan HDMI 2.1. Hanya ada beberapa game yang benar-benar memungkinkan Anda memanfaatkan kecepatan bingkai 120fps, jadi tidak perlu terburu-buru untuk membeli monitor yang kuat dulu.

Itu tidak berarti Anda tidak akan merasakan manfaat tenaga kuda PS5 yang luar biasa. Anda masih dapat menikmati waktu muat yang sangat cepat, kinerja yang jauh lebih baik, dan tingkat ketelitian visual yang lebih tinggi dalam game baru dan lama.

PS5 melayani orang-orang yang siap untuk bergabung dengan video game generasi berikutnya, tetapi juga untuk pemilik PS4 yang tidak ingin meninggalkan koleksi game mereka.

Ini adalah konsol yang secara mulus menjembatani kesenjangan antara generasi terakhir dan generasi berikutnya, dan Anda mungkin tidak perlu menyalakan PS4 lagi.

Dari peningkatan besar seperti NVMe SSD ultra-cepat dan GPU kuat yang memungkinkan frame rate lebih tinggi dan ray tracing hingga sentuhan halus seperti mikrofon yang terpasang di konsol yang dapat bertindak sebagai penyangga cepat untuk headset Anda, PS5 terlihat seperti dulu. dibangun untuk kemudahan penggunaan serta kekuatan murni. .

Edisi digital PS5 persis sama dengan PS5 standar tetapi menghapus drive Blu-Ray 4K untuk menawarkan titik harga yang lebih murah $399 / £359/AU$599,95 dan tampilan yang lebih konsisten.

Kami mengadu dua PS5 satu sama lain dalam perbandingan PS5 vs PS5 Digital Edition kami, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang tepat untuk Anda.

Apa pun model PS5 yang Anda pilih, kami dengan sepenuh hati dapat merekomendasikan konsol tersebut sebagai peningkatan yang disambut baik melalui PS4, dan gerbang yang menarik untuk game generasi berikutnya.

  • PS5 vs Xbox Series X: Konsol mana yang harus Anda pilih?

Analisis Harga dan Tanggal Rilis PS5

PS5 dirilis di Amerika Utara, Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru pada 12 November 2020, hanya dua hari setelah rilis konsol generasi berikutnya Microsoft, Xbox Series X dan Xbox Series S. Seluruh dunia, konsol menjadi tersedia satu minggu kemudian pada 19 November.

Dalam hal harga PS5, harganya $499,99 / £449,99 / AU$749,95 untuk versi standar konsol dengan drive Blu-ray 4K. Namun, jika itu lebih dari yang ingin Anda belanjakan, ada juga PS5 Digital Edition, yang persis sama terlepas dari fakta bahwa ia menghapus seluruh drive. Harganya $399,99 / £359,99 / AU$599,95, yang merupakan penghematan $100 / £90 / AU$150 dibandingkan model standar.

PS5 lebih mahal daripada harga peluncuran PS4 dan PS4 Pro, yang datang pada $ 399,99, tetapi mereka tiba tujuh dan empat tahun lalu berturut-turut sekarang, dan Anda mendapatkan lompatan generasi dalam perangkat keras di sini dengan tambahan $ 100.

PS5 masih mahal, jangan salah, tapi lonjakan harga tampaknya dijamin untuk apa yang Anda dapatkan.

Sony bukan satu-satunya pembuat konsol dengan perangkat keras baru – Anda juga harus mempertimbangkan Xbox Series X dan Xbox Series S, yang merupakan pesaing terdekat Sony PlayStation 5.

Dengan harga $499 / £449/AU$749,299 $ / £249 / AU$499 Masing-masing Kami telah membuat keputusan untuk Xbox Series X dan Xbox Series S, jadi kami tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk membicarakannya di sini. Tetapi jika Anda tertarik untuk melihat perbandingan kedua konsol, pastikan untuk melihat detail PS5 vs Xbox Series X untuk detail lebih lanjut.

Desain PS5

  • Besar untuk konsol game modern
  • Estetika zaman ruang adalah proses polarisasi
  • Tetapi volume berarti lebih banyak ruang untuk ventilasi dan kipas yang lebih besar

Jika konsol game memiliki kelas berat, PS5 akan berada di divisi kelas berat. Kami mengukurnya kira-kira 39 x 10,4 x 26cm (T x W x D) – meskipun permukaan melengkung membuat pengukuran yang akurat menjadi sulit.

PS5 juga tidak ringan. Beratnya 4,5 kg, yang memberikan bobot yang nyata saat Anda mengambilnya. Dengan mempertimbangkan pengukuran ini, mudah untuk melihat bagaimana PlayStation 5 adalah konsol terbesar yang pernah dibuat Sony, dan itu akan menjadi terlalu besar untuk perangkat yang seharusnya berada di bawah TV Anda.

Banyak yang harus memikirkan kembali pengaturan mereka saat ini atau sepenuhnya meningkatkan pusat hiburan mereka untuk mengakomodasi perangkat Sony yang baru, dan itu adalah masalah yang tidak perlu dikhawatirkan oleh siapa pun saat memilih konsol baru.

Adapun warna dan bentuk konsol, itu juga bisa menjadi semacam polarisasi. Beberapa dari kami di tim sangat menyukai desain PS5, sementara beberapa dari kami membencinya. Namun, tidak dapat disangkal bahwa ukurannya yang tipis dan skema warna dua nada menuntut perhatian di rumah mana pun.

Salah satu elemen yang merupakan sentuhan ceria, dan yang disukai tim TechRadar secara global, adalah efek pencahayaan sistem yang halus, yang menciptakan warna yang menenangkan saat konsol aktif atau tidak aktif.

Bilah lampu menambah tampilan dan nuansa zaman ruang dari PS5, dan mewakili sentuhan kontinuitas yang bagus dari PS4. Sama seperti PlayStation 4, ketika konsol dalam mode istirahat, lampu berubah menjadi oranye, dan ketika PS5 dihidupkan, itu berubah dari biru menjadi putih.

Kami sedikit bingung dengan pilihan Sony untuk meletakkan plastik mengkilap di bagian tengah konsol, terutama karena di situlah port USB depan berada. Setelah lebih dari enam bulan digunakan, kami dapat memastikan bahwa plastik dapat tergores seiring waktu, meskipun kami sangat berhati-hati saat memasang perangkat keras apa pun ke bagian depan konsol.

Kami khawatir bahwa ini mungkin terjadi ketika kami pertama kali meninjau PS5, dan kami agak terkejut bahwa Sony tidak menganggap ini terjadi selama pengembangan konsol. Selesai juga merupakan debu besar dan magnet sidik jari, yang membuat pilihannya sangat membingungkan.

Mengingat lekuk dan perawakannya yang tinggi, ini bukan hanya kasus meletakkan konsol dan bermain setelah Anda mengeluarkan PS5 dari kotak – Anda harus membungkus kepala Anda di sekitar dudukan PS5 yang dapat dipasang terlebih dahulu, yang sebenarnya bukan pengalaman paling ramah pengguna.

Konsol tidak dapat ditempatkan secara horizontal tanpa dudukan PS5, dan Anda berisiko menghalangi aliran udara jika tidak menggunakannya saat PS5 berdiri secara vertikal. Ini adalah langkah ekstra yang, meskipun perlu, mudah-mudahan akan dihilangkan ketika versi konsol “ramping” yang tak terhindarkan tiba dalam beberapa tahun karena agak rumit.

Meski dudukannya praktis, rasanya juga cukup murah di tangan. Ini memiliki kompartemen kecil untuk menahan satu sekrup (jangan kehilangan yang ini, karena Anda akan membutuhkannya saat menempatkan konsol secara vertikal) dan pada pandangan pertama, sepertinya pengaturan tidak akan benar-benar berfungsi saat konsol diletakkan datar.

Namun, untuk pujiannya, ia melakukan pekerjaan dengan cara yang tidak terlalu menarik—namun, kami menemukan bahwa tunggangan itu terlepas dari bibir kecil yang dipegangnya beberapa kali saat kami menggeser unit ke posisinya.

Dalam hal port, bagian depan PlayStation 5 memiliki port USB-A dan USB-C, sedangkan bagian belakang memiliki dua port USB-A, port HDMI 2.1, port Ethernet, dan port daya. Tidak ada port berpemilik di konsol, yang selalu merupakan bonus jika Anda perlu mengganti kabel individual.

Kinerja PS5

  • Mampu bermain pada 4K/120fps serta mendukung 8K/60
  • Waktu muat lebih cepat berkat SSD baru
  • Teknologi audio 3D Tempest mirip dengan Atmos-lite
  • Sistem berjalan dengan tenang dan dingin hampir sepanjang waktu

Dalam hal spesifikasi, PS5 adalah perangkat keras yang secara teknis mengesankan. Ada GPU RDNA 2 kustom baru yang dapat mendorong resolusi 4K pada 120 frame per detik, dan CPU octa-core berbasis AMD Zen 2 dengan kecepatan clock 3,5GHz.

Anda mendapatkan memori GDDR6 16GB dan penyimpanan NVMe SSD 825GB, dan mesin ini memiliki beberapa spesifikasi yang cukup mengesankan. PS5 juga mampu menghasilkan resolusi 8K, namun, kami harus menunggu pembaruan firmware dari Sony sebelum Anda dapat melakukannya.

Spesifikasi PS5

  • CPU: CPU berbasis AMD Zen 2 dengan 8 core pada 3.5GHz (frekuensi variabel)
  • GPU: 10,28 TFLOP, 36 CU pada 2,23 GHz (frekuensi variabel)
  • Arsitektur GPU: RDNA Khusus 2
  • Antarmuka memori: 16 GB GDDR6 / 256-bit
  • Bandwidth Memori: 448GB/dtk
  • Penyimpanan Internal: SSD Khusus 825GB
  • Penyimpanan yang dapat digunakan: 667,2 GB
  • Kecepatan Transfer I/O: 5,5 GB/dtk (mentah), tipikal 8-9 GB/dtk (terkompresi)
  • Penyimpanan yang Dapat Diperluas: slot NVMe SSD
  • Penyimpanan Eksternal: Mendukung HDD USB (hanya game PS4)
  • Drive Optik: Disk Blu-ray UHD 4K

Faktanya, satu-satunya masalah nyata yang kami miliki dengan lembar spesifikasi PlayStation 5 adalah jumlah penyimpanan yang tersedia. Ini hanya menggunakan SSD 825GB, bukan SSD 1TB atau 2TB.

Keputusan ini jelas dibuat untuk menurunkan biaya konsol, tetapi itu berarti Anda dapat dengan cepat kehabisan ruang penyimpanan jika Anda tidak bijaksana tentang game yang terus Anda instal.

Konsol ini dilengkapi dengan 667.2GB penyimpanan yang dapat digunakan, yang kami temukan menampung sekitar 16 game: dua game PS5, Astro’s Playroom dan Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, dan beberapa game PS4 seperti God of War dan Detroit: Beyond Human.

Ruang yang tersedia sebenarnya lebih jauh dari yang kami kira, meskipun jarak tempuh Anda akan sangat bervariasi tergantung pada ukuran gim yang telah Anda instal.

Mungkin diperlukan lebih dari delapan bulan setelah peluncuran, tetapi sekarang dimungkinkan untuk meningkatkan penyimpanan internal dengan SSD NVMe yang memenuhi persyaratan yang direkomendasikan Sony.

Anda dapat mengeluarkan pelat muka plastik PS5 untuk membuka penutup SSD yang kosong dan mengamankan drive SSD M.2 yang kompatibel di tempatnya dengan obeng. Kami telah mengumpulkan SSD PS5 terbaik dan membuat panduan langkah demi langkah yang menunjukkan cara meningkatkan penyimpanan SSD internal Anda di PS5.

Menambahkan lebih banyak penyimpanan melalui penutup SSD bukanlah cara yang paling intuitif, dan terasa seperti kelalaian kecil di pihak Sony – tetapi mudah-mudahan itu adalah sesuatu yang hanya perlu Anda lakukan sekali.

Ini juga membantu jika Anda menambahkan setidaknya penyimpanan ke 667 GB Anda saat ini, daripada memulai dari awal. Kabar baiknya adalah Anda juga dapat menggunakan hard drive eksternal dan SSD dengan mencolokkannya ke port USB.

Anda tidak akan mengalami waktu muat secepat kilat yang sama dengan yang Anda dapatkan dengan SSD bawaan dan ruang SSD opsional (belum lagi penguncian). Tetapi jika Anda menggunakan hard drive eksternal, Anda masih akan melihat peningkatan kinerja yang besar untuk waktu pemasangan pada hard drive mekanis biasa.

Kami mencolokkan SSD eksternal ke salah satu port USB PS5 dan mengatur semuanya dengan mudah. Konsol mendeteksi bahwa drive eksternal terhubung, dan setelah diformat, kami dapat menyimpan dan mentransfer game PS4 ke sana.

Setelah pembaruan PS5 baru-baru ini, Anda sekarang juga dapat menyimpan game PS5 atau menyimpan data ke penyimpanan eksternal, namun, Anda harus memindahkan game kembali ke drive internal jika ingin memainkannya.

Jika Anda sudah kehabisan ruang, atau bingung tentang cara kerja penyimpanan di PS5 Anda, lihat tutorial penyimpanan PS5 kami. Anda juga dapat mempelajari cara mentransfer data simpanan PS4 ke PS5.

  • Penyimpanan PS5 Dijelaskan: Cara Kerjanya dan Apa yang Perlu Anda Ketahui

Sementara beberapa game peluncuran benar-benar memberikan perangkat keras baru untuk mendapatkan uangnya, kita sudah dapat melihat potensi dalam perangkat keras Sony yang ditingkatkan. Yang terpenting, ada lebih banyak judul yang dirancang khusus untuk PS5.

Waktu muat adalah di mana sebagian besar pengguna PS5 baru akan melihat perbedaan yang mencolok, untuk memulai. Di Marvel’s Spider-Man Remastered, misalnya, waktu muat telah berubah dari 15-20 detik di PS4 menjadi kurang dari satu detik di PS5, dan Demon’s Souls membutuhkan waktu hampir beberapa detik untuk memuat seluruh level yang luas.

Returnal adalah game lain yang memanfaatkan SSD ultra-cepat PS5, tanpa layar pemuatan yang terlihat saat Anda melintasi bioma yang tak terhitung jumlahnya.

Peningkatan grafis, terutama dalam hal akurasi, adalah sorotan berikutnya saat bermain di PS5. Ruang bermain Astro berjalan pada 60fps dalam 4K, dan hampir setiap judul yang kami mainkan dapat berjalan pada 60fps secara default atau menawarkan mode 30fps dengan lebih banyak visual yang berkembang. Ini adalah perubahan yang menarik dan menyenangkan dari PS4, di mana game sering kali 1080p/30fps.

Di masa mendatang, lebih banyak judul yang dapat berjalan pada 4K pada 120fps juga, dan ada kemungkinan beberapa game yang kurang intensif grafisnya akan mencapai 8K/60fps.

Namun, untuk saat ini, kami tidak mengharapkan banyak game untuk mencapai tujuan ambisius ini (kebanyakan akan menurunkan resolusi dari 4K untuk mencapai frekuensi gambar yang lebih tinggi), tetapi ada kemungkinan beberapa judul akan dapat mencapai hasil yang diinginkan ini pada 4K/120fps. per detik di bawah garis.

Sepotong kecil perpustakaan peluncuran PS5 mendukung 120fps, dan termasuk Call of Duty: Black Ops Cold War, Devil May Cry V: Edisi Khusus, Dirt 5, Rainbow Six Siege, dan WRC 9, meskipun Anda memerlukan HDMI 2.1 yang kompatibel. TV menampilkan kecepatan refresh 120 Hz pada resolusi di atas 1080p.

Sayangnya, kami belum melihat game berkemampuan 120fps sebanyak yang kami harapkan sejak peluncuran PS5, dengan jumlah yang tidak mencapai dua digit pada saat penulisan.

  • Cara mengaktifkan 120Hz di PS5

Jadi apa yang dapat Anda harapkan jika Anda membeli PS5 hari ini? Setidaknya untuk saat ini, sebagian besar game akan dapat menghadirkan resolusi 4K pada 30fps atau 60fps saat menggunakan mode Performa Game (yang kami jelaskan di bawah).

Banyak juga yang akan menggunakan aset gambar 4K untuk tekstur yang lebih tajam, sementara dukungan HDR membantu memberikan warna dan kontras yang lebih baik.

Kombinasikan itu dengan ray tracing dan efek partikel yang ditingkatkan yang sekarang dimungkinkan dengan rangkaian alat pengembangan saat ini, dan game akan terlihat lebih baik sekarang daripada satu dekade lalu.

Meskipun tidak tersedia di setiap game peluncuran PS5, sebagian besar harus menampilkan Mode Performa yang disebutkan di atas, yang memprioritaskan frame rate yang lebih tinggi daripada resolusi dan fitur grafis tambahan.

Dengan banyak game, ini mengorbankan banyak efek intensif grafis seperti ray tracing atau kualitas bayangan yang lebih tinggi, dan menurunkan resolusi dasar, untuk mencapai frame rate yang lebih tinggi seperti 60fps, bukan 30fps.

Tetapi mengapa Anda menginginkan bingkai ekstra dengan mengorbankan akurasi? Frame rate yang lebih tinggi membuat game lebih responsif – suatu keharusan bagi penembak orang pertama yang membutuhkan refleks pencopetan dan keputusan cepat.

Untuk beberapa pemain, frame rate yang lebih tinggi adalah cawan suci konsol – sesuatu yang sulit dicapai selama beberapa dekade karena perangkat keras yang buruk. Membuat tujuan itu akhirnya dapat dicapai terasa seperti prestasi yang luar biasa, bahkan jika itu harus mengorbankan beberapa grafik yang sedang booming.

Jika Anda lebih suka tidak menggunakan mode Performa, Anda selalu dapat memilih mode Resolusi, yang memprioritaskan resolusi yang lebih tinggi, teknik rendering yang lebih baik seperti ray tracing, dan grafik yang lebih detail.

Kami merasakannya dengan Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, dan kami menyukai apa yang kami lihat. Pencahayaan telah sangat ditingkatkan: jendela berkilau di bawah sinar matahari dan memiliki pantulan realistis, dan efek partikel tampak menakjubkan.

Apa yang dapat Anda harapkan dari game generasi baru ini adalah waktu muat yang lebih cepat, bingkai yang lebih baik dalam mode kinerja, dan akurasi bidikan yang lebih tinggi di tempat lain. Cukup pilih opsi yang Anda inginkan.

Seberapa Bagus Suara 3D Storm di PS5?

Sistem Audio Tempest 3D PS5 adalah Dolby Atmos Sony, atau audio spasial secara umum. Ini berfungsi pada headset apa pun, dengan dukungan audio 3D untuk speaker TV sekarang tersedia berkat pembaruan terbaru.

Kami telah menguji banyak solusi audio spasial di masa lalu, dari Windows Sonic hingga Dolby Atmos, dan menemukan Audio 3D PS5 menjadi pengalaman yang sebanding secara keseluruhan, meskipun bukan wahyu yang kami harapkan.

Kami senang mendengar kapal terbang di atas di Ruang Bermain Astro, dan senang bisa memilih pembunuh berantai yang mendekati kami di Marvel’s Spider-Man: Miles Morales. Ini tidak sedetail atau realistis seperti yang ditunjukkan Sony, meskipun setidaknya tidak pada saat ini, dan pengembang akan mendapatkan hasil maksimal dari teknologi saat matang.

Returnal telah menunjukkan bahwa audio 3D dapat menjadi alat yang ampuh dalam hal meningkatkan imersi dan juga dapat berguna dalam permainan cepat di mana isyarat audio sama pentingnya dengan apa yang Anda lihat di layar.

Ini adalah aplikasi terbaik dari teknologi sejauh ini, dan kami berharap Sony akan terus mendukungnya.

Anda dapat mengharapkan untuk mengalami suara Tempest 3D di kelima judul pihak pertama: Astro’s Playroom, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Demon’s Souls, Sackboy: A Big Adventure, Destruction AllStars, dan Returnal.

Bagaimana dengan Panas dan Kebisingan?

Jejak brutal PS5 memberikannya satu keunggulan signifikan dibandingkan pendahulunya karena konsol pada dasarnya senyap – dan produksi panas minimal. Kami memang melihat sedikit suara koil pada beberapa unit, dengan konsol membuat suara listrik samar selama beberapa game, tetapi dibandingkan dengan PS4, ini adalah peningkatan besar.

PS4 dan PS4 Pro telah dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kipas sistem ke tingkat yang menjengkelkan dan mengeluarkan banyak panas, terutama pada model sebelumnya, sehingga mereka yang ingin mengambil PS5 akan lega mendengar bahwa masalah ini telah dihilangkan .

Kami mendekatkan tangan kami ke sistem selama sesi permainan yang panjang, dan meskipun PlayStation 5 jelas mengeluarkan udara panas (seperti yang dirancang untuk dilakukan), itu memancarkan jauh lebih sedikit daripada yang mungkin akan dibayar oleh PS4 Pro.

Penggemar dalam pengujian kami jarang mencapai volume sekeras PS4 Pro saat bermain game seperti Horizon: Zero Dawn atau God of War. Namun, ini mungkin karena fakta bahwa kami belum melihat game PS5 yang membutuhkan banyak sumber daya.

Sony juga berjanji akan meningkatkan penggemar PS5 dengan pembaruan over-the-air, sehingga perangkat bisa lebih keras, atau sebenarnya lebih tenang, saat memainkan game tertentu nanti.

Kontroler DualSense PS5

  • Kontroler DualSense baru terlihat seperti revolusi di atas DualShock 4
  • Sorotannya adalah rangsangan adaptif dan umpan balik taktil
  • Tombol bisu dapat mematikan mikrofon Anda, atau jika TV Anda memiliki HDMI CEC

Untuk menavigasi dunia game konsol baru yang berani ini, Anda memerlukan gamepad baru – Sony DualSense Controller baru. Anda akan senang mendengar bahwa Anda mendapatkan pengontrol DualSense di dalam kotak dengan PS5 Anda, dan DualSense terasa aneh di tangan dengan DualShock 4 yang dikirimkan bersama PS4.

Kami merasa sangat nyaman untuk memegangnya untuk waktu yang lama, dan terkejut karena ketika kami kembali ke DualShock 4 yang tepercaya, kami merasa salah menahan setelah menggunakan DualSense.

Mengambilnya untuk pertama kalinya, DualSense cukup berat dan seimbang, dengan sebagian besar bobot bertumpu pada pegangan konsol.

Sementara sebagian besar konsol memiliki lapisan plastik putih matte, bagian bawah kenop itu sendiri memiliki tekstur yang lebih kasar yang sebenarnya membuat konsol lebih mudah digenggam, dan kecil kemungkinannya untuk terlepas dari tangan Anda.

Bahkan, jika Anda perhatikan lebih dekat, teksturnya terdiri dari tombol-tombol wajah PlayStation yang kecil, yang merupakan sentuhan kecil yang rapi.

Skema warna dua nada PS5 meluas ke empat tombol muka, yang masih terdiri dari segitiga klasik, lingkaran, kotak, dan salib (atau X); Tapi ini sekarang tidak berwarna, dan mengingatkan pada pendekatan minimalis PS Vita.

Namun, ada percikan warna di sekitar sisi touchpad tengah, karena Lightbar PS4 untungnya telah dipindahkan dari bagian atas gamepad ke posisi yang tidak terlalu bermasalah — berkat penempatannya yang baru, sekarang Anda tidak akan melihat cahaya yang mengganggu. memantulkan TV Anda.

Di mana pengontrol PlayStation awal memiliki desain analog cembung, pengontrol PS5 DualSense memiliki joystick cekung, seperti DualShock 4, dan kali ini terasa jauh lebih kokoh, dengan sentuhan akhir yang menyenangkan di tepi luar.

Pada model PS4 awal, stik analog karet terkadang memudar di bawah sesi permainan yang berat, dan kami senang melaporkan bahwa bahkan setelah enam bulan penggunaan, kami tidak menyadarinya terjadi lagi dengan DualSense.

Namun, kami akan terus mengawasi daya tahan lapisan karet jika itu berubah. Anda juga akan melihat beberapa tombol baru yang belum pernah Anda lihat sebelumnya di papan Sony baru – seperti tombol mute yang mematikan mikrofon bawaan pengontrol.

Saat ditekan, itu dapat membisukan speaker TV atau headphone, yang menurut kami merupakan fitur kualitas hidup yang berguna. Berbicara ke mikrofon, kami menemukan bahwa itu bekerja paling baik ketika kami menjaga pengontrol di posisi biasa, daripada memposisikannya ke mulut kami.

Namun, kami tidak menyarankan penggunaan mikrofon DualSense untuk obrolan suara – ini bukan kualitas tertinggi dan cenderung menangkap banyak suara lingkungan.

Namun, fitur terpenting dari pengontrol DualSense baru adalah tombol pemutaran adaptif yang memungkinkan pengembang untuk menambahkan resistensi terhadap tindakan dalam game tertentu.

Stimulus adaptif dapat menggunakan resistensi untuk menciptakan sensasi berbeda yang meniru tindakan kehidupan nyata, seperti menekan pedal mobil atau menarik tali busur ke belakang.

Ini adalah langkah maju yang besar untuk sentuhan sentuhan di perangkat Sony, dan kami menemukan umpan balik haptic itu sendiri sebagai alternatif yang cukup bagus untuk gemuruh tradisional lama.

Ketika karakter melewati permukaan tertentu, seperti logam, mereka entah bagaimana berhasil meniru perasaan itu di telapak tangan Anda – itu perasaan yang sangat keren.

Sejauh ini kami telah melihat berbagai dukungan umpan balik haptic yang terpasang di setiap game PS5 yang kami mainkan sejauh ini, dan berharap untuk melihatnya didukung oleh lebih banyak game di masa mendatang;

Namun, kami berharap fitur ini lebih bersinar di judul pihak pertama. Returnal menggunakan DualSense untuk efek yang luar biasa, mensimulasikan efek presipitasi menggunakan umpan balik haptic, dan pemicu melakukan dua jenis tembakan dengan menekannya baik setengah jalan atau sepanjang jalan.

Aksesibilitas juga tidak perlu menjadi perhatian, karena rangsangan adaptif dan umpan balik haptic dapat dimatikan pada tingkat sistem, atau dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mempelajari cara mematikan pemicu adaptif DualSense dan umpan balik haptic di sini.

Daya tahan baterai, sejauh ini, merupakan peningkatan besar dibandingkan DualShock 4. Kami memainkan beberapa game PS5 dan PS4 selama pengujian, termasuk Marvel’s Spider-Man: Miles Morales dan Astro’s Playroom, dan akhirnya kehabisan biaya untuk konsol setelah 12 jam 30 menit.

Jelas, ini akan bervariasi tergantung pada jenis game yang Anda mainkan dan seberapa banyak mereka menggunakan fitur DualSense, tentu saja, jadi 12 jam mungkin akan jauh lebih sedikit.

Namun, ini adalah prestasi yang mengesankan jika Anda mempertimbangkan bahwa DualShock 4 bertahan sekitar lima hingga delapan jam berturut-turut.

Sementara baterai internal dapat menurun seiring waktu, ini adalah awal yang solid untuk pad baru Sony, terutama jika Anda mempertimbangkan jumlah teknologi yang dikemas ke dalamnya. Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan pengontrol berkabel jika Anda mau.

Untuk mengisi daya DualSense, Anda memiliki dua opsi: sambungkan ke PlayStation 5 itu sendiri menggunakan kabel USB-C ke USB-A yang disertakan di dalam kotak, atau periksa stasiun pengisian daya PS5 DualSense opsional, yang dapat mengisi daya dua pengontrol secara bersamaan menggunakan saluran logam di bagian bawah panel. Panel berada di dekat jack audio 3,5 mm.

Anda juga dapat mengisi daya pengontrol, atau headset USB, melalui port USB belakang, atau memilih untuk menggunakan kabel USB-C ke USB-C saat menggunakan port USB-C depan untuk mengisi daya pengontrol DualSense.

Pilihan mana pun berfungsi dengan baik, tetapi stasiun pengisian daya pasti terlihat lebih bagus saat diletakkan di rak, dan stasiun pengisian pihak ketiga yang lebih hemat biaya kemungkinan akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Kami juga perlu menguji apakah pengisian daya konsol melalui kabel USB-C ke USB-C lebih cepat daripada menggunakan kabel USB-C ke USB-A yang disertakan dengan konsol.

Fitur PS5

  • Antarmuka pengguna telah didesain ulang dengan layar splash yang indah untuk setiap game
  • Tombol PlayStation memiliki semua fitur baru
  • Integrasi musik Spotify kembali ke PS5
  • Obrolan grup memungkinkan Anda berbagi layar

Desain adalah satu hal, tetapi apa yang benar-benar dapat meningkatkan konsol ke level berikutnya adalah set fiturnya — dan untungnya, PS5 hadir di sini.

PS5 berinovasi dengan apa yang telah dilakukan konsol Sony di masa lalu, dan sebagai hasilnya, perlu satu atau dua menit untuk membiasakan diri dengan beberapa kontrol baru – menekan dan menahan tombol PlayStation pada pengontrol tidak lagi membuat letupan cepat. Menu, misalnya, tetapi malah menampilkan Pusat Kontrol baru.

Ini bekerja dengan cara yang sama seperti menu cepat, dan memungkinkan Anda melihat berbagai submenu seperti daftar teman, unduhan yang sedang berlangsung, pemberitahuan dan, jika akun Anda ditautkan, Spotify.

Salah satu fitur baru yang paling menonjol adalah kartu PS5, yang paling berpengaruh adalah kartu aktivitas. Kartu memiliki berbagai fungsi, memungkinkan Anda untuk melacak kemajuan piala, melompat ke bagian tertentu dari permainan seperti mode Tantangan atau mode Multiplayer, melihat seberapa baik Anda naik level, atau hanya melihat berita dari pengembang.

Anda juga dapat menonton streaming langsung permainan teman Anda menggunakan mode gambar-dalam-gambar, yang cukup keren. Kartu juga muncul saat Anda mempelajari lebih dalam informasi permainan, yang sekarang ditampilkan dengan indah di layar beranda.

Dengan menahan D-pad atau menekan stik analog, Anda dapat melihat kartu yang tersedia dalam sekejap, melewati kebutuhan untuk mengunjungi menu utama permainan atau mode tertentu untuk melihat apa yang terjadi.

Mereka juga akan berguna untuk pemain yang kurang mampu, karena mereka dapat berisi video petunjuk dalam game dalam judul yang didukung yang membantu Anda mengalahkan tantangan tertentu atau akhirnya menemukan yang dapat dikoleksi.

Secara keseluruhan, kami menemukan kartu sebagai tambahan yang berguna, meskipun menggulir secara horizontal melalui masing-masing kartu terkadang terasa rumit.

Ada juga sedikit penundaan sebelum muncul, yang bertentangan dengan kecepatan sistem secara keseluruhan. Tapi, meskipun itu tidak perlu, ini membantu menambahkan lapisan lain dari kilau generasi berikutnya ke pengalaman PlayStation 5 Anda yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Di luar antarmuka, Anda dapat mengharapkan grup dan fitur sosial lainnya dari PS4 kembali, seperti SharePlay, serta berbagi video dengan mudah.

Anda dapat langsung masuk ke permainan yang dimainkan teman Anda dari daftar, atau mengundang mereka ke grup yang lebih besar. Berbagi video di PS5 bekerja dengan cara yang sama seperti di PS4, tapi senang bisa melihat pratinjau di Kartu.

Berbicara tentang fitur sosial, jika Anda bosan mengetik pesan dengan D-pad atau stik analog, PS5 juga mendukung pesan dikte suara berkat mikrofon internal pengontrol DualSense.

Meskipun jarak tempuh Anda mungkin berbeda dalam hal akurasi dikte (seperti semua perangkat lunak pengenalan suara), ini bisa berguna saat Anda perlu mengirim pesan cepat ke teman. Namun, kami menemukannya tidak konsisten dalam pengujian kami, dan tidak seakurat sesuatu seperti Asisten Google.

Kami juga menyukai kenyataan bahwa Anda dapat memilih pengaturan seluruh sistem untuk aspek-aspek tertentu pada PS5 seperti tingkat kesulitan pilihan Anda atau apakah Anda akan mencerminkan sumbu x atau y pada konsol Anda selama permainan. Anda juga dapat memilih mode grafis mana yang Anda sukai untuk dipilih secara otomatis: kinerja atau resolusi.

Layanan Streaming Video dan Aplikasi Lainnya

Tentu saja, konsol game dapat melakukan lebih dari sekadar memberikan jempol Anda sesuatu untuk dilakukan — konsol modern juga merupakan pemutar video streaming yang lengkap.

Saat ini, Anda akan menemukan lebih dari selusin layanan streaming yang didukung di PS5 termasuk sebagian besar layanan utama seperti Netflix, Disney Plus, Amazon Prime Video, Hulu, Peacock, dan Apple TV, serta beberapa layanan khusus lainnya seperti Twitch, Funimation, dan Tiket Minggu NFL dan ESPN, Vudu, Tubi, WWE Network, dan Crunchyroll.

Pilihan di sini tidak sebesar apa yang Anda temukan di, katakanlah, pemutar streaming Roku, tetapi itu sudah cukup untuk kebanyakan orang.

Berita buruknya adalah tidak semua aplikasi ini akan tersedia untuk streaming 4K/HDR: Netflix dan Amazon Prime, setidaknya, tetapi baik Disney Plus maupun Apple TV tampaknya belum menawarkan streaming 4K/HDR. .

Berita buruknya adalah, sebagaimana adanya, tidak ada dukungan di mana pun di konsol untuk Dolby Atmos atau Dolby Vision. Kami pikir kami mungkin melihatnya muncul pada hari peluncuran, tetapi tidak ada yang memeriksa dan sepertinya Sony membuang HDR dan format audio populer untuk saat ini.

Apa artinya, sayangnya, adalah bahwa PS5 benar-benar hanya pemutar media rata-rata – itu tidak bisa menjadi perangkat keras streaming khusus terbaik seperti Nvidia Shield, Amazon Fire TV Cube, Apple TV 4K, atau Roku Ultra baru, bukan konsol kami merekomendasikan kepada teman-teman kami Penggemar bioskop yang ingin menyelenggarakan malam film dalam definisi tertinggi.

Perpustakaan Game PS5

  • Setiap PS5 dilengkapi dengan Ruang Game Astro yang terpasang
  • Judul pertama yang terkenal adalah Demon’s Souls dan Spider-Man: Miles Morales
  • Koleksi PlayStation Plus adalah pengantar yang bagus untuk pemain baru
  • Kompatibilitas mundur terbatas dengan game PS3, PS2 dan PSOne

Sebagian besar konsol tidak langsung meluncurkan perpustakaan lengkap game, jadi standarnya cukup rendah di sini untuk PS5.

Namun, apa yang Anda lakukan dengan perpustakaan game PlayStation 5 Anda saat ini sangat bergantung pada apakah Anda menyelesaikan mahakarya dari era PS4 – game seperti God of War, The Last of Us Part II, Marvel’s Spider-Man, dan Uncharted 4: A Thief’s Akhir.

Jika Anda belum menyelesaikannya, atau Anda belum memainkannya sama sekali, Anda mungkin memiliki lebih dari selusin game luar biasa untuk dimainkan dari detik Anda menggunakan PS5 melalui kompatibilitas mundur, beberapa di antaranya telah ditingkatkan berkat pembaruan 60fps, seperti Ghost of Tsushima dan Days Gone.

Jika Anda memiliki PS Plus, Anda mungkin juga dapat mengakses beberapa game lama yang Anda lewatkan, karena koleksi PlayStation Plus baru Sony mencakup 20 game pilihan dari generasi terakhir yang dapat Anda unduh pada hari pertama.

Setiap PS5 juga telah diinstal sebelumnya dengan Ruang Bermain Astro, yang merupakan demonstrasi menarik tentang apa yang dapat dilakukan sistem.

Meskipun tidak semua orang di TechRadar merasakan hal yang sama tentang game bundel Sony, kami menganggap Ruang Bermain Astro konyol tapi menyenangkan, meskipun tidak memenangkan penghargaan Game of the Year.

Astro’s Playroom adalah sekuel yang sepenuhnya selesai dari Astro Bot: Rescue Mission, sebuah platformer yang menampilkan tempat-tempat eksotis di mana artefak disembunyikan dari katalog perangkat keras PlayStation Sony.

Anda akan menemukan konsol PlayStation VR Aim tersembunyi di blok salju di suatu tempat di satu tingkat, misalnya, sementara tingkat lain mungkin memiliki PlayStation Portable untuk Anda temukan.

Ini adalah penghormatan yang bagus untuk PlayStations yang datang dan pergi, tetapi kami berharap beberapa orang akan memainkannya, dan kemudian menghapusnya untuk mendapatkan kembali penyimpanan 10GB yang digunakan di konsol.

Anda selalu dapat mengunduh ulang dari perpustakaan permainan Anda atau dari PlayStation Store jika Anda ingin memainkannya lagi.

Tapi apa lagi yang bisa Anda mainkan jika Anda mengambil PS5 hari ini? Nah, perpustakaan PS5 sebagian besar terdiri dari judul multi-generasi saat ini dan sangat terbantu oleh fakta bahwa itu sepenuhnya kompatibel dengan PS4.

Namun, daftar game PS5 yang patut dicatat terus bertambah dan mencakup beberapa pemain hebat seperti Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Sackboy: A Big Adventure, Demon’s Souls, Destruction AllStars, Ratchet and Clank: Rift Apart and Returnal, semuanya dari pertama- studio pesta dari Sony, sementara Anda juga dapat mengambil beberapa game pihak ketiga yang hebat seperti Resident Evil Village, Call of Duty: Black Ops Cold War, dan Watchdogs: Legion.

Ada juga beberapa game indie yang patut disimak, seperti indie witch Bugsnax (yang memiliki nada yang sangat catchy), yang tersedia sebagai game pertama PlayStation Plus yang dapat diunduh di konsol.

Namun, kami sangat ingin mendapatkan lebih banyak pengalaman baru di PS5; Tetapi dengan permainan seperti Gran Turismo 7 dan Hogwarts Legacy di cakrawala, kami yakin segalanya hanya akan menjadi lebih baik dalam beberapa bulan mendatang.

Kami akan terus mengikuti game PS5 terbaik seiring dengan matangnya konsol.

Kompatibilitas Terbalik

Kisah-kisah yang kami sebutkan sebelumnya? Ini semua adalah bagian dari koleksi PlayStation Plus baru Sony: perpustakaan kecil lagu-lagu hit PS4 yang disediakan Sony secara gratis untuk pelanggan PlayStation Plus di PS5.

Beberapa klasik mainstream sejati disertakan, tetapi juga beberapa permata yang kurang dikenal yang layak untuk dicoba, seperti Persona 5 dan The Last Guardian.

Koleksi PlayStation Plus mungkin tidak akan pernah membengkak seukuran jajaran Microsoft Xbox Game Pass, tetapi bahkan dengan 20 game yang tersedia saat ini, ini merupakan keuntungan besar bagi pelanggan PS Plus.

Bagaimana dengan orang yang suka bermain game lama? Nah, PlayStation 5 dapat memainkan hampir semua game PS4 (tepatnya 99%), dan memilih judul PS3 / PS2 melalui PlayStation Now… tapi hanya itu.

Tidak ada cara untuk memasukkan dan memutar disk PS3 atau mentransfer melalui pembelian PlayStation Classics yang Anda lakukan di PS Vita Anda beberapa tahun yang lalu.

Kami sama kecewanya dengan Anda dengan kurangnya dukungan kompatibilitas mundur untuk game Sony generasi sebelumnya, terutama karena Xbox 360 dan game Xbox asli (termasuk cakram fisik) berjalan di Xbox Series X, tetapi tidak jarang konsol game baru hanya mendukung generasi terbaru dari game sebagai produsen melihat ke masa depan.

Namun, mengakses game PS4 lama dengan mudah di platform Sony yang baru. Cukup pilih ikon Library dan PS5 akan secara otomatis menarik semua pembelian digital dan game pra-instal Anda, asalkan Anda masuk ke akun PlayStation Network Anda.

Anda perlu mengunduh ulang ke konsol, tentu saja, atau memasukkan disk fisik untuk mengaktifkan lisensi game.

Beberapa game telah ditingkatkan untuk berjalan lebih baik dari sebelumnya di PS5 juga, seperti Days Gone, yang sekarang berjalan pada 60fps, sementara God of War sekarang dapat dengan nyaman mencapai target 60fps menggunakan mode kinerja game.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah Anda mungkin melihat file simpanan hilang saat pertama kali memainkan game PS4 yang Anda miliki sebelumnya – karena Anda harus mengunduh ulang file yang disimpan dari cloud ke konsol PS5 terlebih dahulu.

Anggota PS Plus memiliki akses ke penyimpanan cloud, tetapi jika Anda tidak mencadangkan penyimpanan Anda melalui udara, Anda mungkin menyadari bahwa data Anda tidak akan ada di sana pada awalnya.

Memang, ini bukan sistem yang paling mulus, dan pasti akan membingungkan beberapa pengguna, tetapi dukungan untuk memindahkan file penyimpanan Anda tampaknya ada untuk sebagian besar judul lama yang kami uji – namun, ini akan bervariasi berdasarkan kasus per kasus.

Beli Kalau

Anda berencana untuk membeli konsol game generasi berikutnya dalam 6 bulan ke depan

PS5 adalah konsol game generasi berikutnya yang hebat – dan kami akan merekomendasikannya kepada teman dan keluarga kami untuk sementara waktu. Konsol baru ini revolusioner, dan seluruh pengalaman terasa baru, cepat, dan memuaskan untuk digunakan.

Ingin merasakan generasi berikutnya tanpa kehilangan game PS4 Anda

Salah satu hal terbaik tentang PlayStation 5 adalah ia bertindak sebagai jembatan antar generasi. Seluruh perpustakaan game PS4 digital Anda ada di sana sejak Anda masuk ke akun PSN Anda, dan setiap game hebat yang Anda lewatkan kemungkinan akan menjadi bagian dari koleksi PlayStation Plus.

Saya lelah memuat layar dan siap untuk frame rate yang lebih tinggi

Fitur penting PS5 adalah SSD, yang secara drastis mengurangi waktu yang dibutuhkan game untuk memulai, dan GPU kelas atas, yang memungkinkan grafis ray-tracing dan resolusi hingga 4K pada 120fps – dan mungkin semuanya hingga 8K/60fps dalam masa depan.

Jangan Beli Jika

Anda mencari pemutar Dolby Atmos dan Vision Blu-ray yang hebat

Jika Anda adalah penggemar media rumahan dan memiliki satu set 4K Dolby Vision Blu-ray di rumah dan sistem speaker Dolby Atmos, Anda mungkin tidak akan menyukai PS5. Ya, itu akan dapat memutar cakram Blu-Ray 4K, tetapi karena tidak mendukung format Dolby Atmos atau Dolby Vision kelas atas, kami tidak akan merekomendasikannya kepada komunitas audiovisual.

Ingin memainkan banyak game PS5 asli

Katalog game PS5 masih belum terlalu banyak – kami menghitung kurang dari selusin game PS5 di PlayStation Store yang tidak tersedia di PS4. Ini tidak berarti bahwa keadaan tidak akan membaik. Mereka pasti akan melakukannya, tetapi sebagaimana adanya, jangan berharap kewalahan oleh pilihan.

Pusat hiburan Anda sudah penuh

Itu mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, tetapi perlu dicatat seberapa besar PS5 untuk terakhir kalinya. Jika Anda kekurangan ruang, dan tidak memiliki ruang fisik untuk konsol raksasa di pusat hiburan atau kantor Anda, Anda mungkin ingin menunda untuk versi PS5 yang lebih kecil yang mau tidak mau keluar dalam waktu beberapa tahun.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Stik Ps5 Ps5 Specs Ps5 Release Date Indonesia Ps5 Harga Ps4 Playstation New Ps5 Gadgetin Ps5 Harga Ps5 Gran Turismo 7 ReviewPs 5 Game Ps5 Cyberpunk Ps5 Review Cyberpunk 2077 Ps5 Review Cyberpunk 2077 Ps5