php hit counter Review LG C1 OLED TV (OLED65C1) - TechRadar

Review LG C1 OLED TV (OLED65C1)

Review LG C1 OLED TV (OLED65C1)

techradar.id – C1 OLED adalah salah satu TV terbaik yang akan kita lihat di tahun 2021

Penilaian Kami

Sebagai tindak lanjut dari salah satu TV terbaik tahun lalu, LG C1 OLED tetap menjadi salah satu TV terbaik dengan harga berapa pun. Panel evo OLED baru hilang dari G1 OLED, tetapi meskipun tidak, C1 menghasilkan gambar yang cerah, penuh warna, dan kaya dengan dukungan untuk sebagian besar jenis HDR. Mungkin ada satu atau dua area untuk perbaikan, tetapi selain itu, LG C1 OLED adalah standar emas untuk TV OLED 2021.

Kelebihan

  • Gambar 4K/HDR yang indah
  • Empat port HDMI 2.1
  • WebOS luar biasa

Kekurangan

  • Permukaan kaca reflektif
  • Nuansa kemerahan di wajah
  • Tidak ada HDR10 +

Ulasan 2 Menit

LG C1 OLED merupakan tindak lanjut dari TV terbaik TechRadar tahun 2020, LG CX OLED. Anda kemudian dapat memahami mengapa harapan kami untuk C1 OLED begitu luar biasa – namun, itu berhasil membuat semuanya menjadi kenyataan.

Itu karena LG membuat sejumlah perubahan kecil pada model tahun lalu. Sekarang menggunakan prosesor Alpha a9 Gen. 4 dari LG untuk peningkatan volume dan suara surround virtual, dan dengan empat port HDMI 2.1 terpisah, perangkat ini siap untuk PS5, Xbox Series X, Xbox Series S, dan konsol generasi berikutnya yang dapat dia tawarkan.

Gamer juga akan menghargai menu Game Optimizer baru yang memberi Anda opsi untuk menyesuaikan kecerahan, kontras, dan VRR dengan cepat.

Seperti model sebelumnya, Anda akan menemukan dukungan untuk Asisten Google dan Alexa Amazon, yang dapat dipanggil menggunakan tombol pada remote control, dan repositori layanan streaming yang hampir lengkap yang mencakup Netflix, Hulu, Disney Plus, Amazon Prime Video, dan banyak lagi.

LG C1 sempurna, karena kami memiliki masalah dengan cara memutakhirkan Alpha a9 Gen. 4 wajah baru, dan seberapa baik seluruh layar kaca terpantul di siang hari, tetapi masalahnya sedikit dan jarang terjadi.

Tentu saja ada TV resolusi tinggi saat ini seperti LG Z1 OLED, yang menawarkan resolusi 8K, dan seri Galeri LG G1 baru yang menggunakan panel evo OLED yang menawarkan kecerahan lebih baik.

Namun, kami merasa bahwa LG C1 OLED menawarkan kombinasi harga dan kinerja terbaik dan harus berada di urutan teratas daftar TV potensial untuk dibeli pada tahun 2021 dan seterusnya.

Pembaruan: Beberapa TV gaming LG telah ditingkatkan, termasuk TV LG C1 OLED yang kami ulas di sini.

Baik TV LG C1 dan LG G1 OLED sekarang mendukung Dolby Vision HDR pada 4K/120Hz, mengikuti pembaruan firmware terbaru untuk layar OLED 2021 ini, yang merupakan kabar baik bagi para gamer.

Kami diberitahu bahwa versi firmware 03.15.27 sekarang “diluncurkan”, menjadikan dua TV unggulan LG OLED 2021 sebagai TV pertama di dunia yang mendukung Dolby Vision HDR dengan spesifikasi setinggi itu.

Harga dan Tanggal Rilis

  • Tersedia mulai Maret 2021
  • Tersedia dalam ukuran layar dari 48″ hingga 83″
  • Harga mulai dari $1.499 / £1.699 (sekitar AU$2.999)

LG C1 OLED adalah bagian dari jajaran TV LG 2021 yang mencakup LG A1 OLED, LG G1 OLED, dan LG Z1 OLED, serta TV QNED baru seperti QNED99, QNED95, QNED90, dan QNED85. LG C1 adalah OLED termurah di jajaran yang menggunakan prosesor Alpha a9 Gen. 4 yang baru (A1 OLED akan lebih murah tetapi menggunakan prosesor a7), namun masih belum persis seperti yang kami anggap murah:

Harga AS dan tanggal rilis

  • OLED48C1PUB 48-inci dijual seharga $ 1,499
  • OLED55C1PUB 55-inci dijual seharga $ 1.799
  • OLED65C1PUB 65-inci dijual seharga $ 2.499
  • OLED77C1PUB 77-inci dijual seharga $ 3.799
  • OLED83C1PUA 83-inci dijual seharga $ 5999

Harga Inggris dan tanggal rilis

  • OLED55C14LA 55-inci dijual seharga £ 1,699
  • OLED65C14LA 65-inci dijual seharga £ 2.499
  • OLED77C14LA 77-inci dijual seharga £ 4.499
  • OLED83C14LA 83-inci dijual seharga £6999

Harga dan tanggal rilis di Australia

  • OLED83C1PTB 48-inci dijual seharga AU$2999
  • OLED83C1PTB 55-inci dijual seharga AU$3499
  • OLED83C1PTB 65-inci dijual seharga AU$4,699
  • OLED83C1PTB 77-inci dijual seharga AU$8999
  • OLED83C1PTB 83-inci dijual seharga AU$12,599

Jika Anda membandingkan harga tersebut dengan tahun lalu, LG C1 OLED harganya sama dengan LG CX OLED ketika pertama kali diperkenalkan tahun lalu, meskipun sekarang Anda dapat menemukan yang terakhir dengan sedikit diskon sekarang karena LG C1 mulai dijual di rak-rak toko.

Karena tidak ada banyak perbedaan antara keduanya selain prosesor, mungkin ada baiknya membeli model tahun lalu dengan diskon besar jika Anda dapat menemukannya.

Masuk akal bahwa TV tahun lalu sekarang lebih murah, tetapi bagaimana harga C1 OLED dibandingkan dengan TV OLED lainnya?

Dibandingkan dengan Sony A80J OLED baru yang berharga $2,799 untuk versi 65-inci, C1 OLED sedikit lebih murah untuk pembeli AS, tetapi pembeli Inggris akan membayar £4,199 untuk Sony A80J 65-inci sehingga 2499 C1 OLED adalah mencuri dengan perbandingan.

Namun, ada alternatif yang lebih murah, seperti TV OLED Vizio yang dijual mulai dari $1.199 untuk model 55-inci atau Panasonic HZ980 yang harganya hanya £1.098 dari Currys. Ada beberapa kelemahan pada kedua perangkat ini (dimulai dengan kurangnya port HDMI 2.1) tetapi harganya lebih murah dan menawarkan tingkat hitam pekat yang serupa.

Desain

  • Pemegang one-piece terasa berat dan aman
  • Pisau cukur tipis di dekat bagian atas
  • permukaan kaca reflektif
  • Remote Ajaib yang Luar Biasa

Mungkin konyol untuk berbicara tentang tampilan TV dari luar – bagaimanapun juga, itu adalah gambar yang paling penting – tetapi Anda tidak dapat mengabaikan betapa menakjubkan desain LG C1 OLED.

Bagian depan TV adalah kesederhanaan murni – dudukan perak panjang menahan TV tegak dan hanya satu atau dua milimeter antara gambar dan tepi layar.

Jika Anda akan memasangnya, yang Anda lihat hanyalah layarnya, tetapi meletakkannya di dudukannya (sangat besar) tetap terlihat bagus. Bobot ekstra ini mencegah TV bergoyang dan memberikan C1 pusat gravitasi yang lebih rendah.

Putar TV ke satu sisi dan Anda akan melihat layar OLED yang sangat tipis; Ini lebih tipis dari smartphone Anda dan terlihat jauh lebih bagus juga. Di bagian bawah TV, di dekat tempat sekrup dudukan dipasang, TV sedikit lebih tebal untuk menampung komponen dan speaker, tetapi bahkan bagian ini tidak lebih besar dari kebanyakan TV LCD LED full-array.

Faktanya, satu-satunya masalah nyata dengan desain C1 adalah bahwa seluruh layar kaca depan agak reflektif. Tempatkan di ruangan yang cukup terang dengan aliran cahaya masuk dan mudah menangkap silau.

Tentu, silau itu mereda saat Anda memiliki konten cerah dan berwarna-warni yang diputar di layar Anda, tetapi pemandangan malam atau ruang mana pun akan memiliki silau jika Anda tidak dapat menutup tirai.

Di luar titik sakit itu, sisa desain mendapat nilai penuh. Dalam hal port, C1 memiliki empat port HDMI 2.1 berfitur lengkap yang mendukung 4K pada 144Hz, ditambah Anda memiliki tiga port USB, tuner RF, Wi-Fi, Bluetooth, dan output audio digital optik.

Last but not least, salah satu port HDMI mendukung eARC/ARC, yang sangat bagus untuk orang dengan AVR atau amplifier yang tidak ingin menggunakan lebih dari satu remote control.

Berbicara tentang remote control, LG C1 OLED hadir dengan LG Magic Remote yang luar biasa yang berkemampuan Bluetooth dan memiliki mikrofon internal untuk melakukan pencarian suara. Remote control terasa nyaman di tangan dan ditenagai oleh dua baterai AA.

Yang paling kami sukai adalah antarmuka pengguna dapat dikontrol dengan kontrol gerak bergaya Wii atau papan arah, atau Anda dapat menggunakan empat tombol peluncuran cepat di bagian bawah untuk mengakses aplikasi paling populer.

Smart TV

  • Dukungan untuk hampir setiap layanan streaming utama
  • Antarmuka pengguna yang responsif dengan AirPlay dan Casting
  • Amazon Alexa dan Asisten Google sudah terpasang

Jika Anda telah menggunakan TV LG selama sekitar satu dekade terakhir, Anda akan tahu apa yang diharapkan dengan C1 OLED — ya, ini adalah WebOS. Apa yang membuat WebOS menjadi andalan lama di LG TV adalah fleksibilitasnya untuk menambahkan saluran baru saat muncul, dan dukungan dari banyak mitra.

Hanya karena tidak memiliki kesetiaan dengan Google, Amazon, atau Apple, WebOS mendukung semua hal di atas secara bersamaan dengan antarmuka pengguna yang cepat dan sistem kustomisasi yang kuat.

Satu-satunya perubahan besar tahun ini adalah ada lebih banyak fokus pada layar beranda ThinQ AI aktual yang akan Anda lihat setiap kali Anda menekan tombol beranda. Di sini Anda akan menemukan aplikasi yang paling sering digunakan serta perangkat apa pun yang Anda hubungkan ke ThinQ AI.

Berbicara tentang aplikasi, hampir setiap aplikasi utama ditawarkan dan diperhitungkan, termasuk Netflix, Amazon Prime, Hulu, Vudu, Sling TV, Disney Plus, Paramount Plus, dan Apple TV.

Untuk streaming musik, opsi Anda agak terbatas, tetapi Anda masih dapat memilih dari Spotify, Plex, Pandora, Amazon Music, dan banyak lagi.

  • Lihat daftar lengkap aplikasi WebOS di situs web LG

Meskipun WebOS belum menambahkan banyak fitur baru tahun ini di luar layar Beranda baru dengan lebih banyak baris, masih ada beberapa tambahan hebat dari tahun lalu yang patut diperhatikan.

Salah satunya adalah Sports Integration di mana, jika Anda memberi tahu C1 apa tim olahraga favorit Anda, WebOS akan memberi Anda pembaruan skor dan mengingatkan Anda saat tim Anda bermain.

Namun, yang paling berguna adalah dukungan Amazon Alexa dan Google Assistant yang terpasang langsung di TV yang dapat diakses dengan menekan tombol yang sesuai pada remote control, serta dukungan untuk AirPlay dan Casting dari ponsel atau tablet Anda.

Kami mengalami beberapa masalah agar AirPlay berfungsi dengan baik selama pengujian – tetapi Casting bekerja dengan sempurna.

Kualitas Gambar

  • Tidak menggunakan panel evo LG OLED baru (tapi masih terlihat bagus)
  • Naik level luar biasa, dengan satu pengecualian kecil
  • Mendukung HDR10, HLG, dan Dolby Vision, tetapi tidak mendukung HDR10+

Jajaran TV OLED LG 2021 dibagi menjadi dua kategori tahun ini: TV OLED dengan panel evo OLED baru LG dan yang tidak. Bagi mereka yang bertanya-tanya, LG C1 tidak memilikinya – namun, bahkan tanpa panel baru, itu masih salah satu TV OLED terbaik yang pernah kami lihat.

Apa yang ditambahkan panel evo OLED adalah kecerahan tambahan melalui elemen pencahayaan baru dalam piksel self-emission. Itu tidak ada pada LG C1 OLED, tetapi kami menemukan itu tidak terlalu kurang dalam kecerahan.

Di ruang tamu kami yang cukup terang (yaitu cahaya sekitar), gambarnya tampak bagus. Tentu, silau reflektif dipengaruhi oleh tingkat hitam kasar, tetapi kami menemukan kecerahan layar untuk mengimbangi cahaya sekitar dengan baik.

Alasan C1 dapat melakukan ini adalah karena sensor cahaya bawaan TV mengukur tingkat cahaya sekitar dan mengkalibrasi gambar yang sesuai. Jika TV melihat bahwa ada lebih banyak cahaya di ruangan, itu menambah kecerahan tambahan ke layar.

Kecerahan puncak masih tidak setinggi pencahayaan puncak pada Samsung QN900A QLED baru, misalnya, tetapi mendekati tanda 1.000 nits yang menjadi sasaran TV LED-LCD kompetitif.

Berbicara tentang kecerahan dan kontras, C1 OLED mendukung sebagian besar rasa HDR — termasuk HDR10, Dolby Vision, dan HLG — dengan sedikit pengecualian HDR10+.

Bagian terakhir itu berarti Anda tidak akan melihat acara dari Amazon Prime yang memenuhi potensi penuhnya, tetapi layanan seperti Netflix, Vudu, dan Disney akan mengaktifkan konten Dolby Vision.

Menyaksikan pembukaan Falcon dan The Winter Soldier, warna merah tua dari perisai Captain America dan birunya langit tampak hebat.

Dan meskipun tidak ada bagian layar yang membutakan kami dengan sorotan HDR yang cerah — sekali lagi, LG C1 OLED tidak menggunakan panel evo OLED baru seperti LG G1 OLED — tidak ada pemandangan gelap yang tampak lebih kaya pada OLED C1 daripada LED-LCD mana pun. sudah mencoba dalam 12 bulan terakhir.

Karena piksel itu sendiri memancarkan diri, ada sedikit atau tidak ada cahaya dan objek yang bergerak melintasi layar terlihat lebih bersih daripada TV LED-LCD. Masih ada sedikit gerakan kabur, tetapi pemrosesan gerakan LG telah mengalami peningkatan nyata dalam beberapa tahun terakhir.

Faktanya, satu-satunya area yang dapat ditingkatkan dalam hal kualitas gambar adalah cara prosesor Alpha a9 Gen 4 menangani wajah – meninggalkan sedikit warna kemerahan dan berbintik. Saat menonton acara seperti The Grand Tour di Amazon Prime, Anda akan melihat sedikit kemerahan di wajah pembawa acara sementara wajah pada karakter dalam konten HD yang ditingkatkan ke 4K dapat memiliki beberapa bintik yang terlihat.

LG memahami fakta ini dengan jelas, karena ini adalah fokus utama dari prosesor Alpha a9 Gen 4, tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di area ini.

Untungnya, wizard melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk meningkatkan. Film dari pertengahan 2000-an terlihat seperti diambil dan didistribusikan dalam 4K meskipun disiarkan dalam HD, seperti halnya konten dari antena HD OTA – sebuah prestasi rekayasa sejati.

Berbicara tentang rekayasa, pasti layak untuk membicarakan fitur game baru di C-Series OLED tahun ini karena mayoritas inovasi adalah tahun ini. Sebagai permulaan, ada pengaturan Game Enhancer baru yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengatur stabilizer putih, stabilizer hitam, dan VRR.

Anda juga memiliki dukungan untuk ALLM saat OLED mendeteksi sinyal game yang masuk melalui salah satu dari empat port HDMI 2.1 dan fitur Cegah Input Delay yang menurunkan latensi input hingga kurang dari 10 ms.

Tentu saja, tidak semua game akan berjalan pada 4K/120Hz sekarang — bahkan beberapa akan berjalan pada 1440p/120Hz atau 1080p/120Hz — tetapi Anda akan menghargai yang melakukannya.

Forza Horizon 4 adalah salah satu dari sedikit yang terpilih, dan terlihat luar biasa pada C1 OLED. Mengambil mobil dari jalan belakang terasa gesit dan responsif tanpa mengorbankan kesetiaan visual.

Singkatnya, jika Anda adalah penggemar game sinematik atau sebaliknya, LG C1 OLED cukup memenuhi syarat untuk memuaskan kedua kubu di departemen visual dan layak untuk ditingkatkan dari TV LED-LCD.

Last but not least, perlu dicatat bahwa LG C1 sepenuhnya dapat disesuaikan dan bagus untuk kalibrasi. Jika Anda adalah seseorang yang suka mengubah pengaturan gambar, C1 memiliki opsi penyesuaian mendalam untuk penyeimbangan titik putih dan kalibrasi warna individual.

Jika kedengarannya terlalu sulit, kami menemukan bahwa pengaturan default yang dikalibrasi dengan nada netral dan bukan nada hangat membuat TV terlihat sangat keren.

Performa Audio

  • Audio Dolby Atmos 40W
  • 2.2 sistem saluran
  • Dialog bisa tersesat dalam campuran
  • Menyeberangi Dolby Atmos dengan eARC

Peningkatan gambar bukan satu-satunya trik di rumah LG C1 OLED tahun ini – ia juga memiliki fitur AI Audio Upscaling yang hebat yang mengubah jalur suara stereo dasar menjadi suara Dolby Atmos virtual dengan vertikalitas yang cukup tinggi dan yang membuat suara LG C1 OLED jauh lebih baik daripada speaker. Suara TV standar.

Diakui, ini tidak lebih baik daripada speaker mandiri — terutama jika Anda mengadunya dengan salah satu soundbar terbaik seperti Sonos Arc — tetapi suara di luar kotak seharusnya lebih dari cukup untuk kebanyakan orang.

Satu-satunya masalah nyata yang kami perhatikan adalah jika Anda tidak mengaktifkan pengatur volume, audio dapat terdengar di mana-mana – yang berarti Anda akan mendengar bass tinggi dan nada hampir tinggi dengan dialog yang lebih lemah saat menonton film Hollywood baru yang besar film.

Beralih. Bagi kami, itu terjadi selama Falcon dan The Winter Soldier di mana efek suaranya sangat bagus tetapi suara aktor yang sebenarnya hilang dalam campuran.

Untungnya, jika Anda melihat masalah yang sama, Anda dapat mengubahnya dengan mengatur profil audio default ke Dialog yang Disempurnakan atau mengaktifkan penyesuaian volume.

Keduanya mungkin berarti melepaskan beberapa bass yang lebih keras, tetapi hasilnya adalah suara yang lebih seimbang yang mudah didengarkan untuk waktu yang lama.

Namun, jika Anda adalah pemilik amplifier atau akan menjadi pemilik amplifier dalam waktu dekat, LG C1 mendukung ARC dan eARC melalui salah satu dari empat port HDMI.

Ini akan memungkinkan Anda meneruskan audio Dolby Atmos dari TV ke speaker dan menggunakan satu remote control untuk mengontrol volume. Ini sangat nyaman dan layak untuk dimanfaatkan jika Anda belum melakukannya.

Beli Kalau

Anda menginginkan salah satu TV terbaik tahun ini

Meskipun ada opsi yang lebih mahal dengan kecerahan puncak yang lebih tinggi, LG C1 adalah keseimbangan sempurna antara harga dan kinerja. Anda mendapatkan 99% kinerja TV terbaik tanpa membersihkan rekening bank Anda. Ini lebih mahal daripada beberapa model anggaran, benar, tetapi label harganya yang agak besar sangat berharga.

Ingin platform yang cerdas dan mudah digunakan

Setelah mencoba setiap platform TV pintar di luar sana, kami dapat dengan jujur ​​mengatakan bahwa WebOS adalah salah satu yang terbaik di luar sana. Ini cepat dan kuat dengan hampir setiap layanan utama memiliki dan menghitung, ditambah itu sangat dapat disesuaikan dan bekerja dengan kedua asisten pintar utama.

Anda seorang gamer dengan pengontrol generasi berikutnya

Dengan empat port HDMI 2.1 yang mendukung 4K pada 120Hz, inilah generasi gamer TV berikutnya yang telah Anda tunggu-tunggu. Gunakan Game Optimizer yang memberi gamer cara cepat dan mudah untuk memainkan VRR dan Nvidia G-Sync, dan Anda akan mendapatkan penggantian layar yang sangat menarik.

Jangan Beli Kalau

Temukan penawaran menarik di LG CX OLED

Penambahan prosesor Alpha a9 Gen 4 baru menjadikan LG C1 TV yang lebih baik daripada LG CX OLED, tetapi tidak banyak. Namun, jika Anda dapat menemukan banyak hal di OLED andalan tahun lalu, kami tetap sangat merekomendasikannya.

Silau bisa menjadi masalah bagi Anda

Meskipun layar depan serba kaca sangat bagus, namun sangat reflektif. Jika Anda pernah mengalami masalah dengan silau di masa lalu – atau tahu TV Anda akan menemukan sumber cahaya langsung – Anda mungkin ingin mempertimbangkan TV QLED.

Anda menginginkan sesuatu yang lebih cerah

LG C1 OLED terlihat jauh lebih cerah dari tahun-tahun sebelumnya, tetapi tidak menggunakan panel evo OLED baru LG yang telah direkayasa dari bawah ke atas untuk kecerahan puncak. Jika Anda pernah melihat OLED di masa lalu dan kecerahannya tidak terpengaruh, Anda mungkin menjadi kandidat yang baik untuk LG G1 OLED dengan panel evo OLED baru.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Harga Lg C1 Oled Series 48 Inch Harga Lg Oled Tv 55 InchLg 48 Inch Oled Lg C1 55 Inch Lg C1 Oled Harga Lg Cx Lg Oled

Check Also

Review Google Pixel 4 XL

Review Google Pixel 4 XL

techradar.id – Kamera yang lebih baik, ekstra yang tak terlupakan. Terlepas dari kesederhanaannya, Google Pixel 4 …