Review LG G1 Gallery OLED TV (OLED65G1)

Review LG G1 Gallery OLED TV (OLED65G1)

techradar.id – Showcase LG G1 OLED baru mengubah segalanya menjadi 11

Penilaian Kami

Cara LG G1 OLED menggabungkan lebih banyak kecerahan, tingkat hitam OLED yang terkenal, dan kontras lokal — tanpa diduga, peningkatan kemungkinan layar OLED terbakar — menjadikan LG G1 OLED TV OLED terbaik yang pernah dibuat LG. Mempertimbangkan kualitas TV LG OLED sebelumnya, ini sangat berarti.

Kelebihan

  • Kontras luar biasa
  • Desain ramping yang mengesankan
  • Masukan dan fitur game yang luar biasa

Kekurangan

  • Mahal dibandingkan dengan C1
  • Sistem suara berjuang dengan bass
  • Tidak termasuk stand

Ulasan 2 Menit

LG G1 OLED adalah tindak lanjut dari model Gallery OLED ramping yang memulai debutnya tahun lalu, tetapi sejumlah peningkatan — termasuk bidikan di lengan untuk kecerahan — menjadikan Seri G penawaran yang lebih menarik dari sebelumnya.

Penambahan desain panel “Evo” baru yang sangat efisien dan skema warna yang ditingkatkan memungkinkan seri G1 OLED untuk pergi ke tempat yang belum pernah dicapai LG OLED sebelumnya.

Ini berarti, bagaimanapun, bahwa tingkat hitam yang luar biasa dan bakat kontras asli yang telah lama dibanggakan oleh LG OLED TV dapat bekerja sama dengan lebih banyak kecerahan mentah dan jangkauan warna yang sangat penting untuk pengalaman HDR yang sebenarnya.

Tingkat kecerahan dan peningkatan warna tidak akan terlalu ekstrim, untuk lebih jelasnya. Seperti yang ditunjukkan oleh nama teknologi panel baru Evo, ini mungkin masih lebih merupakan evolusi daripada revolusi habis-habisan (dan teknologi yang sama datang ke Sony A90J dan pesaing utama lainnya mengurangi beberapa inovasi).

Namun perbedaannya jelas terlihat dan disambut dengan hangat, yang membuat LG G1 OLED benar-benar menonjol di pasar saat ini.

Ini juga didukung oleh pemrosesan video AI Picture Pro LG yang sangat ditingkatkan, dan dukungan di keempat port HDMI untuk semua fitur grafis game besar baru dalam 4K, HDR, VRR, dan 120Hz.

Desain LG G1 OLED yang ramping dan terpadu membantunya terlihat bagus di dinding juga, dan meskipun ada beberapa masalah yang muncul dari webOS yang dirubah, setelah Anda terbiasa, itu masih bisa menjadi platform cerdas kaya konten yang kuat.

Pembaruan: TV gaming LG telah ditingkatkan, termasuk LG G1 OLED yang kami ulas di sini. Baik TV LG C1 dan LG G1 OLED sekarang mendukung Dolby Vision HDR pada 4K/120Hz, mengikuti pembaruan firmware terbaru untuk layar OLED 2021 ini, yang merupakan kabar baik bagi para gamer.

Kami diberitahu bahwa versi firmware 03.15.27 sekarang “diluncurkan”, menjadikan dua TV unggulan LG OLED 2021 sebagai TV pertama di dunia yang mendukung Dolby Vision HDR dengan spesifikasi setinggi itu.

  • Lihat TV 4K 65 inci terbaik untuk melihat peringkat G1-nya

Harga dan Tanggal Rilis

  • Rentang G1 tersedia dalam ukuran 55, 65 dan 77 inci.
  • Model 65 inci berharga $2,999 / £2,999 (sekitar AU$4,000)
  • Rentang G1 tersedia di semua wilayah TV utama

Dengan OLED memainkan peran besar dalam kesuksesan LG sebagai merek TV, tidak mengherankan jika jajaran produk unggulan G1 baru tersedia di semua wilayah konsumen utama di seluruh dunia.

Model 65 inci berharga $ 2.999 / £ 2.999 (sekitar AU $ 4.000). Jika Anda mempertimbangkan G1 dalam ukuran yang berbeda, harga peluncuran akan melihat G1 55-inci tersedia untuk $ 2.200 / £ 1999 (sekitar AU $ 3.000), dan model 77 inci tersedia untuk $ 4.499 / £ 4.799 (sekitar 6000 dolar Australia ). Tarif resmi Australia tidak tersedia pada saat penulisan.

Ada sedikit kenaikan harga pada LG C1, tetapi ada perbedaan kinerja yang jauh lebih besar daripada yang kami lihat antara seri C dan seri G tahun lalu, yang berarti kali ini pasti dibenarkan.

Desain

  • Desain punggung ramping dan rata cocok untuk dipasang di dinding
  • Dikirim dengan dudukan dinding (tetapi tanpa dudukan TV)
  • Karya seni digital dapat diputar saat Anda tidak menontonnya

Desain LG G1 OLED tidak disebut sebagai “galeri” tanpa alasan. Itu dibangun dengan mempertimbangkan dinding – sedemikian rupa sehingga memungkinkan Anda menampilkan karya seni digital di atasnya, mengubahnya menjadi Louvre saat Anda tidak menggunakan fungsi TV dasarnya.

Desain ultra-ramping LG G1 sangat rata, tanpa bagian penyangga yang canggung untuk merusak profil ramping. Dudukan dinding yang disertakan dengan TV dirancang agar sesuai dengan area tersembunyi di bagian belakang TV, membuat LG G1 sestabil mungkin di dinding.

Tambahkan ke semua ini bezel ultra-tipis, dan sulit membayangkan bagaimana TV 65 inci dapat mengurangi dampak ruang tamu Anda. Tentu saja, kebanyakan orang tidak menggantung TV mereka di dinding.

Jadi, jika Anda menginginkan kualitas gambar tambahan untuk G1 tetapi tidak ingin memasangnya di dinding, Anda harus membeli kaki desktop LG G1 OLED sebagai tambahan opsional.

LG memiliki opsi yang cukup kuat dan menarik, ditambah dudukan lantai galeri baru yang menakjubkan yang sesuai dengan TV di tiang tripod — tetapi Anda tidak akan mendapatkan permukaan kerja di luar kotak. (Pastikan setiap kaki yang Anda dapatkan sangat kokoh, karena layarnya sangat berat menurut standar saat ini.)

Spesifikasi LG G1 OLED

** Ukuran layar: ** 55, 65 dan 77 inci | ** Tuner: ** Freeview HD | ** Resolusi: ** 4K | ** HDR: ** Ya | ** Teknologi Panel: ** OLED | ** Smart TV: ** WebOS 6.0 | ** Dimensi: ** 1446 (L) x 830 (T) x 19,9 (D) mm | ** Berat: ** 29 kg | ** Input: ** 4xHDMI (semua v2.1), 3xUSB, Input RF, Audio Digital Optik, Slot CI, Headphone Out, Ethernet

Terlepas dari profilnya yang ramping, semua koneksi speaker dan speaker LG G1 OLED terpasang di dalam etalase, dan dukungan inputnya cukup mengesankan. Keempat port HDMI mendukung set fitur HDMI 2.1 lengkap – lengkap dengan game kelas atas dalam 4K pada 120Hz, dengan HDR dan kecepatan refresh variabel.

Faktanya, LG G1 mendukung tiga “varian” kecepatan refresh variabel yang ada: Nvidia G-Sync, AMD Freesync, dan standar HDMI 2.1. G1 juga menawarkan tiga port USB untuk pemutaran atau perekaman multimedia, ditambah Wi-Fi nirkabel dan pilihan konektivitas Bluetooth di mana-mana.

LG telah mengubah desain remote control “Magic” untuk tahun 2021. Lebih tinggi dan lebih ramping, dan memiliki lekukan yang menonjol di sisi belakang yang membantunya terasa seimbang dan nyaman saat dipegang.

Sekarang ada tombol untuk akses langsung ke aplikasi untuk Netflix, Amazon Prime Video, Disney Plus, Rakuten TV, Google Assistant, dan Amazon Alexa, tetapi tetap mempertahankan opsi navigasi khas LG, tombol putar cepat, dan menu bawah.

Smart TV

  • Antarmuka utama layar penuh baru
  • Freeview Play kembali, sayang
  • Dukungan aplikasi yang luas

LG G1 OLED menandai pembaruan paling mendasar LG dari platform pintar webOS populer sejak diluncurkan hampir satu dekade lalu.

Perubahan langsung hadir dengan layar beranda, yang sekarang memenuhi seluruh layar, daripada hanya menempatkan deretan ikon aplikasi yang rapi di tepi bawah gambar seperti yang dilakukan sistem webOS sebelumnya.

Kami sangat memusuhi perubahan ini pada awalnya. Sebagian karena itu berarti Anda tidak dapat lagi terus menonton TV sambil menelusuri konten baru untuk ditonton, dan sebagian karena antarmuka layar penuh dengan ikon di semua tempat dapat sedikit membingungkan bagi sebagian orang.

WebOS 6.0 juga tampaknya tidak memanfaatkan real estat layar penuh yang baru dengan sebaik-baiknya.

Tampaknya tidak mungkin bahwa banyak ikon layar penuh akan banyak muncul di sebagian besar penggunaan sehari-hari di rumah – meskipun fungsi pencarian yang ditempatkan dengan jelas sekarang membawa Anda ke layar hasil pencarian komprehensif yang disajikan dengan sangat baik.

Yang menjelaskan mengapa LG memberi mesin pencari begitu banyak Dari rumah berat layar. LG juga menyediakan dukungan luar biasa untuk pencarian suara Alexa/Google Assistant/LG ThinQ.

Bagian tengah yang lebih besar dari layar beranda baru mengungkapkan alasan utama pembenahan platform webOS LG. Di sini Anda akan menemukan konten yang direkomendasikan, terutama berdasarkan apa yang telah dipelajari TV tentang jenis konten yang ingin Anda tonton.

Dengan kata lain, fokusnya sekarang adalah menemukan konten webOS untuk Anda, bukan hanya menyediakan alat untuk mencari konten sendiri. Mau tidak mau sistem ini pada awalnya tampak agak acak; Lagi pula, ketika Anda pertama kali mulai menggunakan G1, dia tidak tahu acara seperti apa yang ingin Anda tonton.

Namun, jika sebelumnya Anda adalah pemilik LG TV dan mendaftar untuk akun LG, platform webOS baru dapat menangkap detail profil tontonan Anda yang tersimpan hanya dengan menggunakan TV baru Anda untuk masuk ke akun yang sudah Anda buat.

Penggemar pendekatan webOS tradisional akan senang menemukan deretan ikon aplikasi lama yang sudah dikenal di sepanjang bagian bawah layar Utama baru.

Plus, Anda sekarang dapat menggulir ke bawah dari deretan ikon layanan yang sudah dikenal ini untuk menemukan lebih banyak tingkat pemilihan konten/sumber untuk orang-orang seperti Amazon Prime Video dan Rakuten TV.

Daftar level ini sangat terbatas saat ini (misalnya, tidak ada untuk Netflix), dan Anda tidak dapat menghapus atau menambahkan level atau mengatur ulang urutan kemunculannya.

Tambahkan ke semua ini dengan niat baik (tetapi di beberapa tempat agak membingungkan) restrukturisasi menu pengaturan gambar TV, dan webOS 6.0 membuatnya tampak seperti langkah pertama ke arah yang baru, bukan tujuan akhir.

Namun, satu kabar baik yang harus diselesaikan adalah dukungan di Inggris untuk platform Freeview Play kembali, setelah menghilang dari TV LG 2020.

  • Lihat daftar lengkap aplikasi WebOS di situs web LG

Kualitas Gambar

  • Kecerahan OLED tambahan membuka rentang dinamis (HDR) yang lebih tinggi dengan lebih baik
  • Fitur dan kinerja game yang luar biasa
  • Kontras lokal yang bagus dan level hitam

LG G1 OLED Evo Panel adalah revisi substansial pertama dari TV OLED yang ditawarkan LG selama bertahun-tahun. Itu tidak berarti belum banyak perbaikan perangkat keras kecil yang berulang di sepanjang jalan.

Namun perbedaan di sini cukup besar untuk mendorong LG untuk benar-benar meneriakkannya dengan latihan merek “Evo”—lengkap dengan kampanye iklan TV baru yang mahal.

Panel Evo bukanlah perombakan total, tetapi perubahannya jelas terlihat, dan itu membuat segalanya menjadi lebih baik — menjadikan LG G1 OLED teman yang lebih baik untuk gambar rentang dinamis tinggi daripada LG OLED sebelumnya.

Panel Evo menggunakan bahan baru yang memungkinkannya beroperasi lebih efisien, yang berarti dapat mencapai tingkat kecerahan yang lebih tinggi tanpa meningkatkan konsumsi daya atau, yang terpenting, meningkatkan kemungkinan layar terbakar permanen.

Pengukuran kami sendiri menghasilkan pembacaan kecerahan puncak pada jendela HDR putih pada 10% (layar) lebih dari 870 nits. Ini adalah peningkatan kecil tapi nyata dari 754 nits tahun lalu di kisaran GX – dan kecerahan puncak berkurang sekitar 100 nits ketika Anda beralih dari (tidak disarankan) gambar hidup yang telah disetel ke standar.

Meskipun demikian, sejauh mana kecerahan G1 ditingkatkan dibandingkan GX cenderung antara 10% dan 20% di semua prasetel foto, yang selalu cukup untuk membuat kehadirannya terasa dalam dua cara utama.

Pertama, itu mengenai bagian yang lebih terang dari gambar HDR dengan kepadatan yang sedikit lebih tinggi daripada yang kita lihat di TV LG sebelumnya.

Ini berlaku sama untuk kedua sumber cahaya buatan, seperti lampu telanjang, lampu, lampu jalan, dll., dan sumber cahaya alami seperti pantulan pada kulit, kaca atau logam; Awan putih tipis atau tentu saja bidikan langsung matahari.

Gabungkan intensitas tinggi itu dengan kehebatan kontras teknologi OLED, di mana piksel hitam dan kecerahan penuh dapat hidup berdampingan tanpa kompromi mekanis di antara keduanya, dan Anda benar-benar mendapatkan gambar yang indah dan bercahaya yang menempatkan lebih “tinggi” ke dalam rentang dinamis tinggi.

Terutama jika Anda dapat memanfaatkan dukungan Dolby Vision HDR dari LG G1 (seperti semua TV LG, juga tidak ada dukungan untuk format HDR10+ Premium HDR yang bersaing).

Sedikit peningkatan kecerahan panel Evo sama sekali tidak berdampak negatif pada tingkat hitam tradisional LG OLED; Jika ada adegan gelap yang menghasilkan sedikit lebih baik daripada yang ada di kisaran GX, sentuhan tersebut mengungkapkan lebih banyak detail di area gelap dan sebagian besar menghindari semua ketidakstabilan kecerahan sesaat dan “kerlipan” yang terkadang terlihat pada model 2020.

Gambar HDR penuh yang cerah dirender dengan sama baiknya – sementara lapisan hijau kustom baru di panel Evo meningkatkan volume warna dan meningkatkan kredensial HDR OLED, meskipun masih jauh dari tingkat kecerahan yang mungkin terjadi pada beberapa TV premium. LCD.

Tentu saja, TV LCD ini tidak dapat bersaing dengan OLED dalam hal kontrol pencahayaan dan kontras lokal.

Sementara keunikan peningkatan perangkat keras yang terkait dengan Panel Evo LG G1 OLED mungkin merupakan pencapaian utamanya, grup ini juga menawarkan peningkatan yang signifikan dalam pemrosesan gambar dengan chipset LG Alpha 9 Gen 4 yang baru.

Opsi Pemrosesan Gerak Sinematik yang baru melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mengurangi guncangan — sering kali menjadi masalah dengan sumber 24fps — tanpa menghasilkan terlalu banyak kesalahan pemrosesan yang tidak diinginkan atau membuat gambar terlihat cair secara tidak wajar.

Peningkatan besar lainnya dalam pemrosesan hadir dengan mode AI Picture Pro (opsional) LG. Ini melemparkan semua jenis peningkatan gambar berbasis AI otomatis ke sumber apa pun yang Anda temui, dalam upaya untuk selalu memberikan hasil terbaik di layar.

Beberapa peningkatan telah dilakukan pada opsi gambar ini untuk TV LG OLED 2021, termasuk, khususnya, alat baru untuk menentukan dan menerapkan aturan gambar tertentu ke berbagai jenis “adegan” dan sistem deteksi tubuh dan objek terpisah yang mampu memproses bagian berbeda dari layar. gambar secara individual, daripada memproses seluruh gambar secara seragam.

Peningkatan baru ini sangat bagus, menambahkan banyak ketajaman (terutama untuk sumber HD yang ditingkatkan), keaktifan, kedalaman, dan dinamisme pada setiap sumber.

Lebih baik lagi, sistem AI Picture Pro terbaru melakukan semua ini sambil menghapus hampir semua efek samping pemrosesan yang tidak diinginkan yang terkait dengan versi sistem sebelumnya. Anda dapat mematikan AI Picture Pro jika Anda seorang pro dengan pemrosesan rendah – tetapi kami pikir ini patut dicoba.

Performa Audio

  • Audio Dolby Atmos 40W
  • 2.2 sistem saluran
  • Dolby Atmos yang Mengecewakan

Kekhawatiran dengan TV apa pun yang menekankan desain ultra-ramping seperti LG G1 OLED adalah bahwa ia tidak akan memiliki cukup ruang untuk memuat sistem speaker yang layak di penutupnya.

Anda tidak akan mengalami masalah seperti itu dengan LG G1 OLED – asalkan Anda tetap menggunakan mode AI Sound Pro grup, yaitu.

Pemrosesan AI Sound Pro mendorong speaker LG G1 OLED ke tepi kemampuannya, bahkan meningkatkan sumber saluran terbatas (berkat prosesor Alpha 9 Gen 4 baru) di urutan 5.1.2, dengan saluran ketinggian virtual.

Metode ini bekerja dengan baik, menghasilkan lebih banyak volume mentah, lebih detail, dan tingkat suara yang jauh lebih besar daripada yang mungkin Anda bayangkan saat melihat bentuk TV yang sempit.

Suara tidak diproyeksikan ke depan dengan baik ke kamar Anda, tetapi menyebar dengan baik ke atas serta ke kiri dan ke kanan tanpa menjadi tidak koheren.

Satu-satunya masalah dengan mode AI Sound Pro adalah bass. Setiap derak terus menerus atau suara dalam lainnya yang menyebabkan kebisingan yang jelas mengganggu prosedur yang cukup bersih. Dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan ini.

Performa Dolby Atmos LG G1 OLED juga mengecewakan. Sementara itu menciptakan nuansa suara multi-saluran yang sangat efektif dari speaker TV yang tersedia, itu juga terlihat sangat tenang dan disiplin – terutama terlihat selama momen film besar di mana kita biasanya mengharapkan Dolby Atmos untuk hidup.

Gaming

Meskipun ada manfaat nyata untuk video dari Evo Pad, manfaatnya menjadi lebih mengesankan saat bermain game, karena grafiknya cenderung memberikan visual yang lebih tajam dan ekstrem daripada yang biasanya Anda dapatkan dengan sumber video.

Faktanya, pada saat Anda menambahkan kecerahan dan efek warna Evo ke kemampuan set untuk menangani 4K pada kecepatan refresh 120Hz dan semua rasa kecepatan refresh variabel, Anda mendapatkan pengalaman bermain game yang benar-benar menakjubkan di layar lebar.

LG juga telah meningkatkan pengalaman bermain game untuk semua TV OLED 2021 dengan Game Enhancer baru. Ini menyediakan dasbor dengan informasi dan tweak khusus game, termasuk alat yang bermanfaat seperti preset gambar berdasarkan genre game yang berbeda;

Penyesuaian terpisah untuk bagian gelap dan terang dari gambar game; dan alat Sesuaikan Area Gelap untuk mencegah mode VRR terlalu memengaruhi level hitam secara negatif.

Ada juga dua opsi latensi rendah untuk dimainkan, satu standar yang memangkas waktu layar untuk merender gambar menjadi 12,4 md, sementara mode peningkatan tertinggal hanya 9,4 md. Masih ada kedipan yang terlihat sesekali selama game VRR, seperti halnya dengan TV OLED LG 2019 dan 2020.

Beli Kalau

Anda menginginkan TV OLED LG terbaik

Panel Evo membuka level baru kinerja HDR untuk TV LG OLED, berkat teknologi peningkatan kecerahannya.

Ingin monitor gaming yang benar-benar canggih

Dengan empat port HDMI 2.1, dukungan untuk semua format VRR, waktu respons yang cepat, dan pengaturan game baru yang berguna, LG G1 OLED menghadirkan pengalaman bermain game yang luar biasa di layar lebar.

Ingin TV yang dirancang khusus untuk digantung di dinding

Dengan kedalaman kurang dari 2cm dan solusi pemasangan yang inovatif, desain Galeri LG G1 OLED mengubah TV Anda menjadi karya seni yang digantung di dinding.

Jangan Beli Kalau

Ingin menghemat uang dan menggunakan C1 sebagai gantinya

Meskipun LG C1 OLED baru tidak memiliki panel Evo sehingga tidak akan seterang atau jenuh seperti LG G1 OLED, itu pasti akan tetap terlihat bagus — dan harganya jauh lebih murah.

Anda tidak dapat menahan kecerahan layar LCD

Bahkan dengan panel Evo, LG G1 OLED tidak dapat bergoyang sekuat layar LCD premiumnya – meskipun kekuatan kontras asli OLED masih memastikan ada banyak intensitas HDR.

Anda tidak ingin memasang di dinding atau menghabiskan lebih banyak untuk kaki desktop

Jika Anda benar-benar menginginkan Evo tetapi tidak ingin menggantung TV di dinding, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan sepasang kaki desktop atau dudukan galeri LG, yang mungkin cukup untuk menunda Anda.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Harga Lg Oled Tv 65 Inch Harga Tv Lg Oled 32 Inch Harga Tv Lg Oled 55 Inch Lg Oled C1 Lg Oled Evo G1Lg Oled Tv

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *