Review LG CX OLED TV (OLED65CX)

Review LG CX OLED TV (OLED65CX)

techradar.id – Setahun kemudian, LG CX OLED masih menjadi salah satu TV terbaik di pasaran.

Penilaian Kami

TV LG OLED selalu bagus — bagus, bahkan. Namun, dengan LG CX OLED baru, LG telah benar-benar mengalahkan dirinya sendiri, menambahkan sejumlah peningkatan kecil namun signifikan pada pengalaman TV yang akan membuat para penggemar film kesulitan untuk mengalihkan pandangan mereka.

Kelebihan

  • Kualitas gambar yang sangat baik
  • Desain ultra-ramping yang cantik
  • Fitur permainan yang kuat
  • Nilai bagus untuk OLED

Kekurangan

  • Bass yang berat dapat terdistorsi
  • Tidak ada dukungan untuk HDR10 +
  • Tidak ada aplikasi mengejar ketinggalan di Inggris
  • Membutuhkan penggunaan yang hati-hati

Ulasan 1 Menit

Pembaruan: Ada TV baru di kota! LG CX OLED menggantikan LG C1, pembaruan berulang dengan prosesor baru dan antarmuka yang ditingkatkan. Perubahannya cukup kecil, jadi siapa pun yang mencari keriuhan paling mungkin ingin mempertimbangkan untuk memilih LG CX 2020 terlepas dari itu — dan Anda dapat membaca semuanya di bawah.

TV LG CX OLED mungkin tidak tampak seperti langkah maju yang besar dibandingkan dengan LG C9. Namun, di bawah tenda, LG melakukan pekerjaan yang baik dengan fokus pada kekurangan yang kami lihat pada model sebelumnya.

Artinya, TV LG CX OLED berkinerja sangat baik dalam segala hal. Hasilnya adalah pertunjukan sinematik yang sangat menarik yang memberikan film dan acara TV perlakuan menawan yang benar-benar layak mereka dapatkan.

Perubahan signifikan pada prosesor Alpha a9 Gen 3 juga menghilangkan masalah yang tersisa dari LG C9 OLED — serta meningkatkan cara tampilan wajah dengan menangani chip.

Sementara LG CX OLED telah dikalahkan oleh model yang lebih baru, LG C1 OLED, CX masih merupakan TV yang bagus untuk dibeli, dan masih merupakan pilihan tepat bagi para gamer yang memiliki PS5 atau Xbox Series X dan menginginkan salah satu darinya. TV game terbaik.

LG CX OLED di Amazon seharga $1499.99

Harga dan Tanggal Rilis

Ponsel LG CX OLED hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran 48 inci 2020 yang baru hingga layar besar 77 inci. Model 48-inci sekarang dijual seharga $1.299/£1.099, dengan ritel 77-inci terbesar seharga $2.999/£ 2.999.

Ini adalah model 65-inci yang kami ulas, yang awalnya dijual seharga $2.499 / £2.799 (sekitar AU$3.800) tetapi sejak itu turun menjadi hanya $1.899 / £1.799 – kira-kira harga eceran asli dari model 55-inci.

Desain

OLED65CX luar biasa. Bintang layarnya, seperti biasa dengan teknologi TV OLED, adalah betapa tipisnya layarnya: sekitar dua pertiga dari area belakang, sangat tipis – hanya beberapa milimeter dalamnya.

Meskipun, tentu saja, kecuali jika Anda lebih suka melihat bagian belakang TV daripada bagian depan, Anda mungkin tidak akan melihat banyak setelah Anda menginstal set untuk pertama kalinya.

Spesifikasi LG CX OLED

Ukuran layar yang tersedia: 48″, 55″, 65″, 77″ | Tuner: Freeview HD | 4K: Ya | HDR: Ya (HDR10, Dolby Vision, HLG) | Teknologi Panel: OLED | Smart TV: WebOS | Melengkung: Tidak | Dimensi: 1449 (L) x 830 (T) x 46,9 (D) mm | 3D: Tidak | Input: Empat port HDMI (masing-masing empat 40Gbps HDMI 2.1), tiga port USB, tuner RF, Wi-Fi, Bluetooth, output audio digital optik

Sepertiga bagian bawah atau lebih bagian belakang OLED65CX menonjol sedikit lebih dari yang lain. Tapi desainnya masih bagus – dan speaker, kabel, dan prosesor grup harus pergi ke suatu tempat.

Layar terpasang ke salah satu dudukan pelat logam yang dipasang di tengah yang telah kita lihat beberapa generasi lalu dari Seri C sekarang. Ini selesai dengan baik dan dibangun dengan baik, tetapi mungkin terasa tebal saat disentuh dibandingkan dengan yang luar biasa tipis di tempat lain.

Koneksi pada OLED65CX berlimpah dan terdefinisi dengan baik – terutama dalam hal modul HDMI. Ada empat, semuanya mampu menangani 4K hingga 120Hz dalam HDR 10-bit dengan sampel kroma 4:4:4. Sesuatu yang bisa menjadi penting dengan konsol game generasi berikutnya.

Salah satu HDMI juga dapat mendukung ARC/eARC (Audio Return Channel), sehingga TV dapat mengeluarkan Dolby Atmos dari layanan streaming atau Blu-ray 4K ke speaker atau penerima AV yang kompatibel.

Satu poin desain terakhir yang layak disebutkan adalah remote control OLED65CX. Ini adalah salah satu remote ajaib LG, yang berarti Anda dapat mengarahkannya ke opsi menu di layar daripada harus menggunakan tombol kursor untuk menavigasi semua menu.

Ada juga roda gulir di tengah remote control yang memungkinkan Anda menavigasi menu menu vertikal dengan cepat.

Teknik titik-dan-klik bisa sedikit tidak tepat, dan kekakuan roda gulir dapat menyebabkannya tidak sengaja diketuk (untuk pemilihan) daripada hanya diputar. Tapi secara umum masih merupakan desain remote control yang sukses.

Desain TL; DR: Ketipisan LG OLED65CX menjadikannya tambahan yang menakjubkan untuk ruang tamu atau bioskop rumah mana pun.

Smart TV (webOS dengan ThinQ AI)

Seperti jajaran TV OLED LG lainnya, LG OLED65CX pasti meluncurkan antarmuka WebOS LG untuk perangkat pintarnya. Seperti biasa, ini sebagian besar merupakan hal yang sangat baik.

Layar beranda ekonomis tanpa basa-basi, dengan deretan ikonnya yang terhubung ke berbagai sumber konten, dapat diakses secara instan dan mudah digunakan serta dapat disesuaikan.

Menyoroti salah satu aplikasi konten utama biasanya akan menghasilkan ikon lapisan kedua yang berisi akses langsung ke acara atau film dari aplikasi yang Anda pilih. Meskipun fitur ini hanya berfungsi dengan aplikasi yang telah bekerja dengan LG untuk mengaktifkannya.

Saya pikir banyaknya aplikasi konten yang tersedia akhir-akhir ini mungkin membuat penggeser aplikasi yang panjang di WebOS sedikit tidak praktis untuk beberapa keluarga yang haus konten. Tapi itu negatif kecil untuk semua hal yang baik.

Perlu juga dicatat bahwa LG juga memimpin dalam hal pengenalan suara, dengan OLED65CX mendukung platform ThinQ AI milik LG, Amazon Alexa dan Google Assistant. Dukungan untuk semua ini juga disertakan, artinya tidak diperlukan perangkat pendengar eksternal.

Dalam hal aplikasi yang didukung, Anda akan menemukan tambahan yang relatif baru ke adegan streaming seperti Disney+ dan Apple TV+, serta semua tersangka biasa seperti Hulu, Netflix, dan Amazon Prime di AS.

Namun, ada hambatan tak terduga bagi pembeli Inggris: LG dan Freeview Play belum membuat kesepakatan seperti biasanya untuk TV merek Korea 2020, yang berarti saat ini tidak ada tanda-tanda aplikasi streaming terestrial utama Inggris seperti BBC.iPlayer dan ITV Hub, semuanya 4 dan My5.

LG mengatakan sedang berupaya menambahkan layanan ini dalam kesepakatan terpisah – tetapi belum ada saran kapan mereka akan keluar.

Fitur webOS baru yang paling menarik adalah integrasi olahraga di mana, jika Anda memberi tahu CX apa tim olahraga favorit Anda (dari daftar preset), TV akan memberi Anda pembaruan skor dan mengingatkan Anda saat siaran menunjukkan tim Anda.

Ini tidak terlalu berguna kecuali Anda seorang fanatik olahraga, tetapi juga tidak mengurangi pengalaman.

Tampilan Home Hub yang menyediakan informasi dan kontrol atas perangkat pintar lain di jaringan Anda memanfaatkan tata letak yang ditingkatkan, dan kini Anda dapat menyesuaikan ikon mana yang muncul saat Anda menekan tombol Pengaturan.

Anda juga dapat menyesuaikan seberapa sering TV memberi Anda petunjuk di layar untuk membantu Anda menemukan fitur baru, mungkin yang paling berguna adalah peningkatan dalam sistem rekomendasi untuk membantu Anda menemukan hal baru untuk ditonton dan membuatnya lebih mudah diakses.

Fitur pintar TL; DR: WebOS LG masih mulus dan mudah digunakan. Satu-satunya masalah saat ini bagi pengguna Inggris adalah (semoga sementara) kurangnya banyak aplikasi pengejaran terestrial Inggris.

Performa HD/SDR

TV OLED selalu sangat cocok dengan teknologi Standard Dynamic Range (SDR). Jadi, tidak mengherankan melihat OLED65CX terlihat luar biasa dengan setiap SDR Blu-ray atau siaran yang kami lakukan.

Warnanya kaya dan bersemangat, tetapi juga halus dan seimbang. Kontrasnya cukup sempurna, karena kemampuan OLED untuk membuat setiap piksel individu menghasilkan cahayanya sendiri yang menonjolkan detail bayangan dan warna gelap dengan tingkat intensitas dan keaslian yang tidak dapat ditandingi oleh layar LCD.

Performa warna dan kontras dibangun ke tingkat performa hitam yang mengesankan, bebas dari masalah peredupan skala abu-abu dan lokal yang sebagian besar Anda hadapi dengan semua TV LCD.

Sama pentingnya, sorotan terang dari sebagian besar gambar gelap mempertahankan tingkat intensitas yang konstan. Tidak ada kecerahan yang dikorbankan untuk menjaga area gelap di sekitarnya terlihat netral, seperti yang sering Anda lihat pada TV LCD premium yang menggunakan peredupan lokal.

Singkatnya, teknologi sentuh dan cahaya per piksel OLED65CX menghadirkan setiap tetes kualitas konten SDR. Dan dengan sumber SDR berkualitas tinggi seperti Blu-ray yang bagus, Anda mungkin terkejut betapa terbatasnya warna dan rentang cahaya SDR ketika TV Anda cukup baik untuk membukanya sepenuhnya.

LG juga telah meningkatkan upgradenya untuk tahun 2020. Berkat mesin upscaling berbasis AI baru yang diperkenalkan oleh chipset Alpha 9 generasi ke-3 LG yang baru, seharusnya ada tampilan konten HD yang lebih bersih, lebih konsisten, dan lebih detail setelah dikonversi ke layar resolusi 4K asli.

Peningkatan Peningkatan sangat efektif di area yang lebih detail dari gambar resolusi tinggi, yang terlihat lebih bersih dan lebih intens daripada tahun lalu. Faktanya, di area ini, setidaknya, peningkatan LG sebagus apa pun yang pernah saya lihat dari TV 4K mana pun hingga saat ini.

Kinerja HD / SDR TL; DR: Kontrol cahaya per piksel OLED digabungkan dengan pemrosesan gambar LG yang disempurnakan untuk membuat gambar SDR/HD OLED65CX menyenangkan untuk dilihat.

Performa 4K/HDR

Meskipun OLED65CX sangat bagus dengan gambar HD SDR, peningkatan yang dibawanya dengan gambar 4K dan HDR yang benar-benar diperhitungkan di dunia TV premium.

Sebagai permulaan, OLED65CX hitam ditingkatkan pada LG C9 OLED 2019 dalam dua cara. Pertama, tingkat hitam menjadi lebih dalam, dan mempertahankan kedalaman dan netralitas itu secara lebih konsisten.

Terkadang bidikan yang sangat gelap tiba-tiba muncul dengan nada abu-abu kekuningan yang rendah. Ini samar, dan tidak banyak terjadi sama sekali.

Kedua, CX menggabungkan tingkat hitam yang ditingkatkan dengan lebih banyak detail bayangan dan bayangan warna yang halus dibandingkan dengan B9 tahun lalu (yang sebenarnya menawarkan warna hitam yang lebih dalam daripada C9 yang lebih mahal).

Jadi cara CX menangani level hitam dan pemandangan gelap menggabungkan bagian terbaik dari B9 dan C9. Hasilnya indah.

OLED65CX juga mengurangi noise di area gelap dan secara signifikan lebih sedikit noise dengan kompresi berlebihan yang menghalangi artefak saat melihat adegan gelap di beberapa acara streaming dibandingkan dengan LG OLED sebelumnya.

Larangan juga telah dikurangi tanpa kehilangan detail bayangan yang dibuat oleh upaya awal LG untuk memperbaiki fenomena pemblokiran yang dipublikasikan secara luas ini. LG OLED65CX juga merupakan peningkatan dari pendahulunya di ujung lain spektrum kecerahan.

Meskipun sebenarnya tidak mengukur lebih banyak cahaya daripada model tahun lalu menggunakan sinyal uji HDR (lebih dari 800 nits dalam mode Vivid, atau 784 dan 760 nits dalam mode Standard dan lebih banyak mode Natural Cinema), perbandingan berdampingan mengungkapkan Itu kecerahan memuncak pada gambar HDR yang terlihat lebih tajam pada OLED65CX daripada pada OLED65C9. Ini bukan tentang perbedaan antara siang dan malam, tetapi cukup untuk membuat foto HDR terlihat lebih intens, ekspresif, dan realistis.

Berbicara tentang kontras lokal, cara OLED65CX benar-benar dapat menempatkan piksel paling terang dalam gambar HDR tepat di sebelah yang paling gelap tanpa kompromi apa pun.

Jadi tidak seperti TV LCD, pemandangan kaya kontras tidak mengalami inkonsistensi yang mengganggu seperti fluktuasi mendadak dalam kecerahan keseluruhan, peredupan parah elemen gambar terang yang mencolok, atau pita atau lingkaran cahaya yang jelas di sekitar objek yang terang dan mencolok.

OLED65CX juga meningkatkan kinerja warna LG. Peningkatan manajemen kecerahan membantu, misalnya, warna yang lebih cerah untuk foto HDR agar tetap terlihat lebih alami. Sapuan warna di seluruh layar tampak lebih konsisten. Perpaduan warna tampak lebih akurat dan presisi secara konsisten, sambil mempertahankan lebih banyak fidelitas warna di area gambar yang paling terang.

Foto 4K asli juga terlihat sangat tajam dan detail, tanpa penajaman yang terlihat dipaksakan atau dibuat-buat (selama Anda menghindari preset gambar yang jelas).

Detail tidak terlalu berpengaruh ketika ada pergerakan yang harus dihadapi. Prosesor gerak terbaru OLED65CX – setidaknya dalam pengaturan Cinema Clear – melakukan pekerjaan yang baik untuk mengurangi getaran tanpa menyebabkan gambar terlihat terlalu ramping atau menyebabkan terlalu banyak efek samping yang tidak diinginkan.

Gerakan yang sangat kompleks, seperti memindahkan objek kecil di dalam animasi, dapat menyebabkan beberapa kesalahan. Jadi, para penggemar AV akan senang karena mematikan sistem pemrosesan gerak akan membuat OLED65CX mengalami lebih sedikit getaran terkait panel dibandingkan generasi OLED LG sebelumnya.

TL Kinerja 4K/HDR; DR: Serangkaian peningkatan kecil namun utama yang menjadikan OLED65CX tampilan yang sangat imersif.

Mode Gambar Baru

OLED65CX menampilkan dua mode gambar baru: Mode Pembuat Film telah hadir melalui kolaborasi antara UHD Alliance dan Pembuat Film, dan dirancang untuk menciptakan kembali jenis pengaturan yang digunakan pembuat konten di TV saat menguasai konten.

Secara umum, ini berarti mematikan banyak alat pemrosesan gambar TV, yang menghasilkan gambar yang mungkin terlihat sedikit berkedip-kedip, dan terlalu membosankan untuk dilihat di ruangan yang terang.

Sebenarnya, tidak ada banyak perbedaan sama sekali antara mode pembuat film dan preset home cinema LG.

Di mana Mode Pembuat Film mungkin menjadi lebih menarik adalah jika cakram mulai membawa bendera yang diperlukan untuk menjalankan Mode Pembuat Film versi OLED65CX secara otomatis. Meskipun saya belum pernah mendengar ada disk dengan flag seperti itu.

Mode gambar baru lainnya adalah Dolby Vision IQ. Ini pada dasarnya adalah mode Dolby Vision yang menggabungkan informasi gambar HDR tambahan dan elemen pengoptimalan layar untuk Dolby Vision HDR dengan penilaian kondisi ruangan yang disediakan oleh sensor cahaya bawaan.

Idenya adalah untuk menyesuaikan beberapa aspek gambar secara real time untuk memastikan bahwa gambar yang dihasilkan mencapai tampilan yang konsisten tidak peduli bagaimana mengubah kondisi tampilan.

Perhatikan bahwa LG sebenarnya tidak memberi label pada gambar prasetel “Dolby Vision IQ”. Mode dimulai jika Anda memiliki mode Dolby Vision Cinema Home dan LG AI Brightness aktif.

Mode ini bekerja dengan baik jika TV berada di lingkungan ruang tamu yang cukup normal, di mana menonton TV mungkin dilakukan dalam berbagai situasi pencahayaan. Tetapi di kamar gelap khusus, Anda tidak akan membutuhkannya.

OLED65CX jelas tidak sempurna. Misalnya, tidak mendukung sistem HDR10+ HDR yang dirancang sebagai pesaing Dolby Vision. Itu juga tidak secara ajaib mengatasi batasan kecerahan yang terkait dengan teknologi OLED – meskipun kontras lokalnya yang luar biasa menebusnya secara signifikan.

Masih ada sedikit ruang untuk perbaikan lebih lanjut dengan berurusan dengan gambar hampir hitam juga, dan layarnya dapat sepenuhnya memantulkan objek terang di kamar Anda.

Namun, LG OLED65CX adalah monitor gaming yang luar biasa. Dalam mode gimnya, ia hanya mengalami lag input kecil 13ms. Dan tidak seperti beberapa TV LCD, menghubungkan dalam prasetel game tidak menyebabkan penurunan performa warna dan kontras yang terlihat.

Ada dukungan untuk peralihan otomatis mode latensi rendah dan kecepatan refresh variabel juga. Dan jika kita beruntung, PS5, Xbox Series X, dan PC generasi berikutnya akan dapat memanfaatkan dukungan OLED65CX 4K/120Hz/4:4:4/HDR.

Tentu saja, seperti halnya TV OLED lainnya, Anda diharapkan untuk memperhatikan sebagian dari apa yang Anda tonton untuk mengurangi kemungkinan retensi gambar permanen.

Secara khusus, cobalah untuk tidak menghabiskan waktu terlalu lama untuk melihat konten dengan logo cerah atau elemen gambar cerah statis.

Kinerja Suara

Dalam banyak hal, Seri CX baru terdengar hebat – terutama dalam hal tingkat suara dan ukuran panggung yang entah bagaimana berhasil menariknya dari tubuhnya yang sangat ramping: ada pertunjukan nyata dan bahkan beberapa vertikalitas pada suara yang dihasilkan set, terutama jika Anda singkirkan pengaturan audio Defaultnya adalah Dolby Atmos dan saya menggunakan opsi AI Sound Pro LG yang sangat baik sebagai gantinya.

Mode ini mengoptimalkan suara sesuai dengan kemampuan speaker TV, sehingga menghasilkan suara, suara dan efek yang lebih dinamis. Satu-satunya masalah yang kami miliki dengan suara OLED65CX adalah bahwa bass tugas berat pada soundtrack film dapat menyebabkan speaker mulai retak dan jatuh.

Untungnya, tidak ada banyak konten di sekitar yang cukup jauh untuk menyebabkan masalah ini, sehingga kekuatan sistem audio biasanya mengalahkan. Namun, bass crackle adalah gangguan ketika itu terjadi.

Kesimpulan

LG OLED65CX adalah TV yang hebat – terutama jika Anda penggemar film serius yang cenderung meredupkan lampu pada malam film. Itu tidak menemukan kembali roda OLED, tetapi perbaikan kecil yang dibuatnya di sejumlah area menambahkan dampak yang sangat mendalam pada seberapa banyak semua yang Anda tonton hilang. Dan jika itu bukan definisi TV yang bagus, saya tidak tahu apa itu.

  • LG CX vx Sony A8H: OLED harga menengah mana yang harus Anda pilih?
  • Apa itu OLED? Teknologi panel TV dijelaskan
  • Temukan TV OLED terbaik, selain CX

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Lg Oled Evo Harga Lg Oled Evo Harga Smart Tv LgIklan Tv Lg Lg C1 Lg Cx 48 Lg Cx 55 Tv Lg Oled 65 Inch

Check Also

Justice in Gilbert: How Auto Accident Attorneys Make a Difference

Understanding the Role of Auto Accident Attorneys in Gilbert Auto accident attorneys in Gilbert play …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *