Apa Itu OLED? Penjelasan Level Black, Burn, dan Switch Baru

Apa Itu OLED? Penjelasan Level Black, Burn, dan Switch Baru


techradar.id – Anda akan menemukan panel OLED di TV, smartphone, dan Nintendo Switch baru – tapi apa sebenarnya itu?

Apa itu OLED? Dan apakah Anda perlu meningkatkan ke TV OLED? Anda mungkin pernah mendengar istilah OLED sebelumnya jika Anda menghabiskan waktu untuk meneliti TV baru, mengawasi laptop terbaru, atau membaca tentang Nintendo Switch OLED baru.

Tapi itu bisa sulit untuk didefinisikan — terutama ketika ada begitu banyak jalan pintas terkait teknologi lainnya yang harus dihadapi.

OLED adalah singkatan dari “organic light-emitting diode”. Ini mengacu pada jenis panel yang digunakan di dalam TV OLED. Panel ini menunjukkan semua hal yang dapat Anda lihat: warna, gambar, dan cahaya.

Panel OLED inilah yang membuat TV OLED berbeda dari jenis teknologi TV lain yang ada di pasaran, antara lain CRT (cathode ray tube), LED (light-emitting diode), LCD (liquid crystal display), atau QLED (quantum dot). .

Yang membedakan dari jenis ini adalah OLED menggunakan bahan organik yang lebih mahal untuk diproduksi. Lebih penting lagi, ia juga memiliki umur simpan yang lebih pendek, tetapi banyak yang berpendapat bahwa manfaatnya jauh lebih besar daripada tanggal kedaluwarsa.

Karena banyak sekali manfaatnya. TV OLED memberi Anda kualitas gambar yang lebih baik (hitam lebih hitam dan putih lebih cerah), konsumsi daya lebih rendah, dan waktu respons lebih cepat. Ini adalah waktu respons yang sangat cepat yang menjadikan TV OLED pilihan yang solid jika Anda mencari TV gaming baru.

Kami rasa Anda tidak perlu mengetahui arti dari setiap istilah teknis. Tetapi jika Anda ingin membeli salah satu TV terbaik (atau gadget berbasis layar lainnya), ada baiknya mengetahui lebih banyak tentang OLED. Saat ini, hanya TV QLED Samsung yang menawarkan pesaing OLED – sementara Micro LED masih memiliki jalan panjang sebelum mereka dapat bersaing.

Panduan ini adalah penjelasan tentang TV OLED, membantu Anda mempelajari cara kerja OLED, apakah teknologi TV ini tepat untuk Anda dan memisahkan fakta dari hype OLED.

FAQ OLED: Jawaban Cepat untuk Pertanyaan

Apakah OLED lebih baik daripada LED? Mereka berbeda. Teknologi OLED unggul di beberapa area, seperti kontras, akurasi warna, dan tingkat hitam – meskipun kecerahan rendah bisa membuat Anda salah.

Apakah OLED lebih baik dari 4K? TV OLED cenderung memiliki resolusi 4K yang tajam, tetapi sebagian besar TV 4K tidak memiliki panel OLED. Pilih dan pilih apa yang Anda inginkan!

Apakah OLED lebih baik untuk mata saya? Panel OLED memancarkan cahaya biru sekitar setengah dari panel LCD yang setara, mengurangi potensi kerusakan pada mata Anda dan mematikan program malam yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Anda juga harus mendapatkan manfaat ini untuk smartphone OLED.

Mengapa OLED begitu mahal? Mereka mahal dan sulit diproduksi, dengan banyak model rusak saat berada di jalur pabrik. (Hanya pekerja yang mengakses ritel, tentu saja.)

Berapa umur TV OLED? TV OLED apa pun harus bertahan selama bertahun-tahun digunakan. Kembali pada tahun 2016, Korea Times melaporkan bahwa LG OLED TV memiliki masa pakai lebih dari 100.000 jam (11 tahun penggunaan terus menerus).

Haruskah saya khawatir tentang kelelahan OLED? Sebagian besar tidak. Retensi gambar bukanlah masalah yang tersebar luas, dan sebagian besar kemungkinan tidak akan terpengaruh – meskipun informasi lebih lanjut tentang ini tersedia di bawah.

Apa Itu OLED?

OLED adalah singkatan dari Organic Light-Emitting Diode, dengan bagian “organik” mengacu pada film karbon di dalam panel sebelum layar kaca.

Panel OLED memancarkan cahayanya sendiri ketika arus listrik dilewatkan, sedangkan sel di layar LCD-LED memerlukan sumber cahaya eksternal, seperti lampu latar raksasa, untuk kecerahan.

Lampu latar inilah yang memisahkan layar LCD dari alternatif LED mereka. Layar LCD tradisional memiliki lampu latar (disebut lampu fluorescent katoda dingin, atau CCFL) yang seragam di seluruh bagian belakang layar.

Ini berarti bahwa apakah gambar itu hitam atau putih, itu menyala dengan kecerahan yang sama di seluruh papan. Ini mengurangi apa yang kita sebut “titik panas”, atau area cahaya super terang, karena sumber cahaya sebenarnya yang menyinarinya seragam.

Semuanya dimulai beberapa tahun yang lalu ketika para insinyur di perusahaan seperti Samsung dan Sony memperkenalkan satu set lampu LED sebagai lampu latar, yang berarti bahwa jika bagian tertentu dari layar berwarna hitam, LED di belakang bagian itu dapat dimatikan untuk menunjukkannya. Lebih hitam.

Ini adalah solusi yang lebih baik daripada lampu latar CCFL, tetapi masih memiliki masalah. Karena cahaya di belakang layar LCD menghasilkan iluminasi daripada lapisan LCD itu sendiri, iluminasi tidak sepenuhnya sinkron dengan piksel di depannya.

Hasilnya adalah efek yang disebut “mekar”, di mana cahaya LED mengalir dari bagian terang gambar ke area gelap.

Inilah yang membedakan OLED dari layar LCD/LED. Di layar TV OLED, piksel itu sendiri adalah hal yang menghasilkan cahaya, jadi ketika Anda membutuhkan warna hitam, mereka dapat mati sepenuhnya, daripada mengandalkan lampu latar untuk mematikannya.

Apakah OLED Layak?

Jika Anda menonton OLED dan membandingkannya dengan pengalaman Anda dengan panel TV jenis lain, Anda akan melihat bahwa hasilnya adalah warna hitam yang jauh lebih gelap dalam gambar, dan saat Anda menggabungkannya dengan putih terang panel OLED, Anda akan mendapatkan gambar yang luar biasa bersemangat secara keseluruhan.

LG dan Panasonic, dua produsen TV OLED paling konsisten di planet ini, lebih suka menggunakan istilah “kontras tak terbatas” untuk menggambarkan bagaimana piksel self-lighting benar-benar mati saat mereproduksi warna hitam yang memberi mereka warna hitam “mutlak” daripada “relatif”. ” hitam yang menggambarkan betapa gelapnya itu.

Satu piksel dibandingkan dengan piksel paling terang di layar. Selama bertahun-tahun, ada tanda tanya tentang umur panjang panel OLED, sementara tidak mungkin menghasilkan keuntungan dari jalur produksi karena tingkat kegagalan yang tinggi.

Tetapi ketika perusahaan seperti LG menginvestasikan miliaran dalam mengembangkan OLED — dengan orang-orang seperti Philips dan Sony bergabung — keterjangkauan mereka meningkat, bahkan jika harganya masih lebih mahal daripada teknologi pesaing.

Masalah produksi saat ini dari pabrik TV LG yang baru saja dibuka juga tidak akan membantu penurunan harga lebih cepat.

Namun, keunggulan OLED lebih dari sekadar kualitas gambar diam yang sederhana, hingga responsivitas dan kehalusan layar itu sendiri, yang berarti para gamer dan penggemar bioskop rumah akan sangat menyukai TV OLED.

Panel OLED mampu refresh rate 0,001ms, yang, untuk referensi, sekitar 1.000 kali lebih cepat daripada panel LCD LED-backlit, sementara juga mengungguli teknologi Plasma yang sekarang dihentikan juga.

Dan karena sumber cahaya yang mereka gunakan sangat kecil, kedalaman ukuran layar telah menyusut dengan kecepatan yang sama. Ini berarti TV OLED menampilkan warna hitam yang sangat pekat, putih dan puncak yang cerah, akurasi warna yang ditingkatkan serta gerakan responsif – semuanya melalui faktor bentuk beberapa milimeter dan jauh lebih ringan daripada TV standar.

Bagaimana dengan Nintendo Switch OLED?

OLED bukan hanya teknologi TV. Ini hadir di smartphone premium yang tak terhitung jumlahnya, serta Nintendo Switch OLED baru – evolusi 2021 pada konsol game tercinta yang memiliki layar OLED alih-alih layar LCD yang digunakan pada Switch dan Switch Lite saat ini.

Kedatangannya di konsol game Nintendo yang dirubah bukanlah suatu kebetulan. Keputusan Nintendo untuk menggunakan OLED menunjukkan kemampuan teknologi untuk memberikan kualitas gambar yang sangat baik, dan kami hanya mengharapkannya untuk meningkatkan pengalaman bermain game genggam, sama seperti pengalaman menonton TV OLED yang tak terhitung jumlahnya.

Sakelar OLED harus menawarkan warna yang lebih hidup dan kontras yang ditingkatkan — penting untuk grafis game modern yang mewah dan mendetail — dengan warna hitam pekat yang terkait dengan panel OLED memastikan visual yang mencolok dalam game seperti Breath of the Wild 2 yang akan datang.

Sifat self-emitting OLED membantu dalam hal ini, memastikan bahwa piksel ‘mati’ dimatikan, menciptakan warna hitam yang sebenarnya daripada abu-abu semi-tersamar. Ini juga berarti bahwa tingkat kontras antara area terang dan gelap pada layar sangat besar, bahkan “tidak terbatas”.

Ini memberitahu kita bahwa Nintendo telah memilih OLED untuk model progresif premium untuk konsolnya, bahkan meningkatkan ukuran layar sehingga dapat lebih menghargai piksel self-emitting Switch.

Piksel ini juga dapat beralih antar status secara real time, yang berarti waktu respons sangat cepat – ideal untuk gameplay responsif, atau untuk mendapatkan keunggulan dalam game kompetitif.

  • Baca selengkapnya: Tanggal rilis, harga, dan spesifikasi Nintendo Switch OLED

OLED: Apa Saja TV OLED yang Ditawarkan Sekarang?

TV OLED telah ada di pasaran sejak 2012, dan beberapa produsen telah menggunakan teknologi ini selama bertahun-tahun. Sebelumnya, OLED hanya diproduksi oleh Samsung dan LG.

Namun, Samsung telah meninggalkan teknologi ini karena biayanya dan betapa sulitnya untuk memproduksinya, dan tidak berniat untuk melanjutkan produksi dalam waktu dekat. Kembali pada tahun 2020, Hisense juga menghentikan fokusnya pada OLED.

Di sisi lain, LG telah merilis kit OLED terus-menerus selama beberapa tahun terakhir. Jajaran TV 2021 LG sejauh ini kuat tahun ini. LG Z1 8K OLED diluncurkan, dan merupakan salah satu dari sedikit TV yang menggabungkan resolusi 8K dengan keunggulan panel OLED. Meskipun sangat mahal.

Seri Galeri OLED memiliki penerus dengan LG G1 Gallery OLED TV dan penerus CX OLED yang populer tahun lalu adalah TV OLED LG C1. Ada juga serial TV OLED murah yang ditawarkan, A1 OLED, serta banyak lainnya.

LG juga telah memperluas jangkauan ukuran TV, dengan setiap TV OLED 4K baru yang diluncurkan LG pada tahun 2021 akan memiliki ukuran 83 inci. Kami telah mendengar langsung dari LG Display sendiri bahwa ukuran 42 inci yang lebih kecil ada di jalan untuk tahun 2021 juga.

Jika Anda tidak tertarik dengan TV LG, ada banyak TV OLED dari merek lain yang tersedia untuk dibeli sekarang juga. Daftar TV Panasonic 2021 termasuk TV Panasonic JZ2000, TV unggulan Panasonic tahun ini.

JZ1500 adalah TV OLED yang dapat diskalakan, meskipun masih menggunakan panel “Master HDR OLED” khusus yang biasanya dibuat untuk unggulan dari Panasonic. Ada juga Panasonic JZ980 dengan spesifikasi menengah yang terjangkau.

Meskipun bukan hanya merek terbesar yang memiliki layar OLED. Misalnya, TV Vizio OLED 4K bukanlah TV yang sempurna, tetapi harganya terjangkau dan memberikan gambar HDR 4K yang menakjubkan, serta dukungan untuk Dolby Vision dan HDR10+.

Untuk lebih banyak TV OLED terbaru dan terhebat, buka panduan TV OLED Terbaik kami untuk melihat model terbaik yang dengan senang hati kami ulas di situs – atau halaman penawaran TV OLED kami untuk set termurah yang ditawarkan saat ini.

OLED: Berapa Biayanya?

TV OLED pasti semakin murah, tetapi masih jauh dari apa yang kami sebut terjangkau. Harga untuk TV LG baru mulai dari $1.399 / £1.099 / AU$2.130 (khususnya harga LG A1 OLED).

Yang dibuat oleh Panasonic dan Sony biasanya lebih mahal, tetapi kami melihat pesaing yang lebih murah memasuki pasar, seperti TV Vizio OLED 4K, yang mulai dari $ 1.299,99 untuk model 55 inci.

Kelangkaan TV OLED di pasar berarti bahwa sejumlah kecil pemain di pasar kurang lebih bebas untuk membebankan apa yang mereka inginkan.

Namun, meningkatnya persaingan membantu mengubah itu, seperti pengenalan ukuran OLED 48 inci baru dan peningkatan produksi yang membantu menurunkan biaya TV OLED anggaran.

Kadang-kadang model berusia satu tahun sekarang akan turun menjadi tiga digit, meskipun Vizio H1 OLED dijual seharga $899 dalam penjualan kilat, atau Philips 754 dijual seharga £999 di Inggris – dan kami pasti berada dalam titik balik. Kedatangan OLED 42 inci di masa mendatang pasti akan membantu juga.

Ini pasti patut diperhatikan untuk penjualan akhir tahun. Black Friday dan Cyber ​​​​Monday biasanya memiliki banyak penawaran bagus di TV OLED – dan dengan harga awal yang biasanya tinggi, Anda sering kali bisa mendapatkan ratusan diskon tepat waktu.

Meskipun OLED yang lebih murah masih dapat melihat pengurangan harga yang signifikan yang membuatnya lebih terjangkau untuk pembeli kelas menengah.

Anda juga akan melihat harga premium di sebagian besar layar OLED selain TV. Nintendo Switch OLED baru berharga $ 349,99 / £ 309,99 / AU $ 539, peningkatan yang mencolok dari label harga $ 299,99 / £ 279,99 / AU $ 449 untuk model LCD unggulan.

Kelelahan OLED: Apakah Perlu Khawatir?

Apa itu pembakaran OLED? Burn-in, atau retensi gambar, adalah saat gambar atau urutan diputar begitu sering dan terus-menerus di TV Anda sehingga meninggalkan bekas permanen di panel—jelas tidak ideal untuk TV rumahan.

Tidak terlalu mengkhawatirkan, karena sebagian besar hanya terjadi ketika gambar statis atau urutan berulang ditampilkan, seperti dengan unit tampilan di ruang pamer atau toko ritel.

Namun, Anda harus mendapatkan garansi multi-tahun, dan kami tidak melihat banyak penggemar bioskop rumahan menggunakan TV OLED mereka dengan cara ini.

Pembuat TV seperti LG juga bekerja untuk mengurangi risiko ini, dengan fitur screensaver, fungsi pengubah layar yang “menggerakkan layar sedikit secara berkala untuk menjaga kualitas gambar”, dan “Penyesuaian Pencahayaan Logo, yang dapat mendeteksi logo statis. di layar dan kurangi kecerahan.” Untuk membantu mengurangi retensi gambar permanen” (melalui LG.com).

Tetapi jika Anda berencana untuk membiarkan TV menyala selama berjam-jam pada suatu waktu — misalnya, untuk membesarkan anak-anak saat Anda tidak ada, atau memutar video berulang yang sama berulang-ulang — OLED mungkin bukan teknologi panel untuk Anda.

Bagaimana Masa Depan OLED?

OLED adalah teknologi panel mahal yang akhirnya berhasil mendapatkan daya tarik — setelah menghabiskan begitu lama sehingga kami menulis opini pada tahun 2014 tentang bagaimana teknologi itu bisa mati.

Jelas ini tidak terjadi. Faktanya, analis pasar memperkirakan 2021 menjadi tahun OLED, dengan pengiriman layar OLED seharusnya meningkat 80% dari 2020 (melalui LG).

Kami telah melihat banyak model OLED yang luar biasa datang ke pasar tahun ini saja. Meskipun titik harga masih membutuhkan waktu untuk terjangkau oleh konsumen rata-rata.

Tetapi hanya karena OLED tidak terjangkau, bukan berarti itu tidak menjadi lebih baik. Bahkan di ujung bawah, label harga $ 1.200 / £ 1.200 bukanlah yang kami anggap anggaran, tetapi jauh lebih murah daripada yang dijual OLED setahun yang lalu.

Tren ini akan selalu menjadi kabar baik bagi konsumen, meskipun produsen mungkin memikirkan hal lain.

Layar OLED LG yang dapat digulung — yang muncul di luar kotak, baik ke lantai atau langit-langit — telah diluncurkan di Korea Selatan, dengan versi yang lebih luas kemungkinan akan muncul pada tahun 2021.

Faktor bentuk baru seperti ini, termasuk panel transparan, sedang dalam pengerjaan selamanya , Meskipun tidak semua ide eksperimental ini akhirnya berhasil dipasarkan.

Ada juga prototipe desain TV OLED yang memiliki faktor bentuk seperti gulir yang lebih tipis, atau dapat dipasang di bawah tempat tidur.

Samsung adalah salah satu dari beberapa pembuat TV yang ingin mengembangkan sesuatu yang disebut QD-OLED: jenis panel OLED baru yang menggunakan pemancar quantum dot untuk meningkatkan kecerahan.

Teknologi ini sebagian besar sedang dalam pengembangan, tetapi ketika tiba, teknologi ini dapat menggabungkan teknologi QLED dan OLED yang bersaing dan membuat metode produksi sebelumnya menjadi usang.

Banyak perusahaan dan peneliti secara aktif bekerja untuk membuat OLED lebih baik dan lebih cerah. TV OLED terkenal karena outputnya yang redup, tetapi ada berita yang menjanjikan dari para peneliti di University of Michigan.

Sebuah tim telah mengembangkan elektroda baru yang dapat “melepaskan” 20% lebih banyak cahaya dari layar masing-masing sekaligus meningkatkan efisiensi energi dan meningkatkan masa pakai baterai untuk layar OLED.

Untuk saat ini, ini hanya berlaku untuk layar portabel – smartphone dan sejenisnya – tetapi ini juga merupakan langkah yang baik untuk TV.

  • Plasma vs. OLED: Bagaimana TV ditingkatkan?

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Apa Itu Lcd Oled Apa Itu Lcd Oled 2 Apa Itu Oled 2 Fungsi Oled Kekurangan Layar OledKelebihan Oled Oled Samsung Perbedaan Oled Dan Amoled

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *