Apa itu HDR TV dan Apa Arti Rentang Dinamis Tinggi

Apa itu HDR TV dan Apa Arti Rentang Dinamis Tinggi

techradar.id – Kontras yang lebih tinggi, warna yang hidup, dan gambar yang lebih cerah masuk. Apa itu HDR? Rentang Dinamis Tinggi adalah istilah yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya di TechRadar atau jika Anda telah mencari TV baru untuk rumah Anda selama beberapa tahun terakhir.

Masalahnya adalah bahwa itu digunakan di mana-mana tetapi jarang dijelaskan – setidaknya tidak cukup bagi mereka yang tidak memiliki banyak pengetahuan teknis tentang TV untuk memahaminya.

Anda tahu itu bagus untuk ada di TV baru Anda, tetapi Anda mungkin kurang yakin apa artinya itu. Untuk mempermudah, kami lebih suka menganggapnya seperti dunia audiovisual (AV) yang setara dengan ‘organik’.

Namun sebelum kita menyelami detailnya, penting untuk mengetahui bahwa HDR dapat mengubah cara Anda menonton TV — dan bahkan film di ponsel Anda — selamanya.

Sebagai permulaan, mari kita lihat TV 4K. Layar TV 4K cenderung mendapatkan perhatian paling besar, karena menghasilkan empat kali jumlah piksel dari HDTV mana pun yang ada di pasaran.

Tetapi apakah itu selalu lebih baik dalam hal piksel? Apakah Anda peduli berapa banyak piksel yang ada jika tidak ada yang terlihat bagus?

Di sinilah HDR masuk. Yang dilakukan HDR adalah mendapatkan gambar dan kualitas yang lebih dinamis dari banyak piksel tersebut. Ini berarti bahwa pengalaman menonton lebih baik.

Dengan TV HDR, warna putih cerah terlihat lebih cerah, warna hitam yang lebih gelap terlihat lebih gelap, dan panel 10-bit akhirnya dapat menampilkan miliaran warna yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Sederhananya, 4K menggambarkan jumlah piksel, tetapi HDR adalah yang menggambarkan kualitas luar biasa mereka. Keduanya sama pentingnya satu sama lain, tetapi 4K tanpa HDR tidak akan terlihat bagus atau menyenangkan untuk ditonton.

  • Apa itu HDR10+? Standar HDR baru yang mengambil daun dari buku Dolby
  • Apa itu Dolby Vision? Penjelasan format HDR yang dipilih dari Netflix untuk TV dan film

Apa Itu HDR?

HDR digunakan dalam beberapa konteks yang berbeda.

Jadi mari kita selesaikan beberapa kebingungan: jenis rentang dinamis tinggi yang dapat digunakan TV HDR Anda tidak boleh disamakan dengan opsi pencitraan HDR yang baru-baru ini ditambahkan ke kamera ponsel cerdas.

Tentu saja, mereka sama. Keduanya menghasilkan gambar dengan kontras yang lebih besar antara terang dan gelap. Tapi cara kerja mereka sedikit berbeda.

Misalnya, kamera kelas atas dan aplikasi smartphone modern menggunakan teknologi HDR dengan menggabungkan beberapa foto yang diambil dalam satu rangkaian dari banyak foto.

Gambar terpisah diambil pada eksposur berbeda selama prosedur. Ini disebut berhenti, dan jumlah cahaya berlipat ganda dari satu ke yang berikutnya.

Jadi, sementara perhentian pertama menghasilkan gambar yang sangat gelap, perhentian terakhir sangat terang, lebih baik menerangi gambar port akhir. Tapi ini tidak sama untuk video.

Ya, Anda masih mendapatkan gamut warna dan rasio kontras yang diperluas dalam hal video, tetapi Anda tidak melakukannya dengan menggabungkan beberapa foto atau video. Itu semua berkaitan dengan cara gambar ditampilkan di layar dan konten sumber yang digunakan untuk melakukannya.

Jadi, meskipun mungkin memiliki nama dan kesamaan yang sama dengan fotografi, video HDR jelas berbeda dari fotografi ponsel cerdas.

Hasil akhirnya adalah gambar dengan kontras terbesar antara area yang lebih terang dan lebih gelap adalah sama, tetapi alih-alih menggabungkan gambar yang terpisah, efek ini dihasilkan dengan menggunakan teknologi kamera yang lebih baik untuk menangkap bidikan terbaik.

Peningkatan yang akan Anda lihat dalam gambar HDR dibandingkan dengan gambar normal sangat banyak.

Meskipun semua yang ada di layar standar di bawah kecerahan tertentu memiliki warna hitam yang sama, rentang tampilan TV HDR lebih jauh lagi, memungkinkan Anda membedakan antara sesuatu yang benar-benar gelap dan sesuatu yang benar-benar gelap. (Pergi ke film horor dan Anda akan langsung bisa membedakannya.)

Misalnya, bidikan lebar api unggun di malam hari dapat memiliki detail halus dalam nyala api daripada tampak “meledak”, bersama dengan definisi yang jelas tentang objek yang hampir tidak menyala dalam pengaturan redup di tepi bingkai.

Seperti yang dikatakan Michael Price, Manajer Pelatihan Panasonic, “Ini tentang kontrol, bukan hanya menambahkan kecerahan dan menghasilkan ekspresi cahaya dan bayangan yang lebih alami.”

Ketika kami bertemu dengan sinematografer Hollywood Vanga Serengol, dia sangat senang dengan HDR, dengan mengatakan, “Seluruh komposisi dipengaruhi oleh detail yang meningkat dalam kecerahan.

“Saya tidak lagi harus memilih apakah saya ingin eksposur atau bayangan, jadi ketika saya memotret, saya mencoba memasukkan sumber cahaya ke dalam bidikan, yang dapat saya aktifkan dalam sesi penilaian HDR.”

Dalam pasca-produksi, Cernjul akan memanipulasi tingkat eksposur, kecerahan, kontras, dan saturasi warna, membuatnya terlihat sebagus mungkin pada layar yang kompatibel dengan HDR.

Dia pikir pembuat film seperti dia akan tertarik untuk bekerja di televisi dengan kemampuan HDR. Baru saja menyelesaikan syuting musim kedua Marco Polo dalam HDR, Cernjul melihat layanan streaming sebagai rumah alami produksi HDR, mengingat jumlah acara asli yang dimainkan oleh Netflix dan Amazon.

HDR membawa media lebih dekat dengan apa yang dilihat mata manusia, dan dengan demikian menciptakan gambar yang lebih realistis, mulai dari pemandangan yang disinari matahari hingga pemotretan malam hari di jalanan kota.

Berikut tip penting: TV dan konten HDR akan menampilkan gamut warna yang lebih realistis, dengan rasio kontras yang diperluas untuk membuat bagian hitam gambar terlihat lebih seperti kulit hitam “asli”.

Jadi, HDR Apa yang Ingin Ditonton?

Tonton beberapa HDR yang dibuat dengan hati-hati, seperti demo singkat Cernjul, Converging Beams, dibuat untuk Panasonic, dan Anda dapat melihat potensinya. Saya sangat terbiasa melihat detail bayangan dan detail pada saat yang sama dalam sorotan sehingga Anda akan merasa melihat gambar standar agak datar dan tidak memuaskan.

Tidak hanya itu, HDR memiliki beberapa tekanan ekstra dibandingkan dengan tampilan standar. Ada tingkat dinamisme baru pada visualnya, sesuatu yang sangat nyata dalam film seperti film Lego.

Ketika kami beralih dari definisi standar ke resolusi tinggi, ukuran layar jauh lebih kecil dan hanya memiliki piksel ekstra sudah cukup untuk mengubah gambar. Sekarang layarnya jauh lebih besar, tidak cukup hanya menambahkan lebih banyak piksel, karena ada aspek lain dari gambar yang dapat ditingkatkan.

Apa yang ditambahkan HDR dalam hal warna ekstra, dan kejelasan yang lebih baik dalam bayangan dan sorotan, halus namun penting – dan memberikan gambar yang memuaskan secara visual yang lebih dari sekadar memiliki piksel ekstra. Efek keseluruhannya adalah pukulan yang setara dengan membuat gambar 3D.

Tetapi teknologi masih perlu memenuhi janji itu. Beberapa layar LCD HDR yang lebih murah kesulitan menampilkan objek terang dengan latar belakang yang lebih gelap, menyebabkan garis-garis cahaya mengalir ke layar atau menciptakan lingkaran cahaya di sekitar objek terang.

Masalah-masalah ini tidak terlalu terkait dengan jenis layar OLED yang dibuat oleh LG, Panasonic, atau Sony, karena setiap piksel menghasilkan cahayanya sendiri dan dapat menjadi sangat gelap.

Cara Mendapatkan HDR

HDR adalah teknologi end-to-end, jadi setiap langkah dari pembuatan hingga distribusi di layar di rumah Anda harus kompatibel dengan HDR, yang berarti TV lama tidak dapat menampilkannya.

Saat Anda pergi berbelanja untuk layar TV, Anda mungkin memperhatikan bahwa ada logo Ultra HD Premium di atasnya. Ini berarti monitor memberikan tingkat kinerja yang terjamin untuk mendapatkan hasil maksimal dari sumber HDR Anda.

Dalam hal spesifikasi, layar harus memiliki 3840 x 2160 piksel (walaupun ini tidak berbeda dari layar UHD lainnya) dan juga harus dapat menampilkan sejumlah besar corak warna unik yang ditangkap dalam gambar.

Metrik utama lainnya untuk panel dengan lencana Premium adalah rasio kontras setidaknya 1.000 nits kecerahan puncak dan tingkat hitam kurang dari 0,05 nits.

Kutu adalah istilah yang diadopsi oleh industri televisi untuk merujuk pada kecerahan layar. 1 jaring kira-kira sama dengan cahaya satu lilin.

Sebagian besar layar TV yang digunakan saat ini menawarkan antara 300 dan 500 nits, yang memberi Anda ide bagus tentang kecerahan yang lebih besar yang diperlukan untuk tampilan HDR.

Hal di atas berlaku untuk LCD yang menyala LED sedangkan untuk OLED (yang memiliki kecerahan rata-rata lebih rendah dan tingkat hitam yang jauh lebih rendah daripada LCD), kecerahan puncak adalah 540 nits dan kurang dari 0,0005 nits di tingkat hitam.

Harga Panasonic mengatakan layar LED yang terang tidak dapat menghasilkan kontras yang cukup tinggi dan membutuhkan pencahayaan langsung (dari belakang gambar, metode yang kurang umum untuk tampilan cahaya) untuk mendapatkan rentang dinamis yang cukup untuk memenuhi tuntutan HDR premium.

Faktanya, sebagian besar layar LCD yang dijual tidak dilengkapi untuk memberikan tingkat kecerahan yang diperlukan untuk lencana Premium, sehingga produsen cenderung menjual model non-premium.

Karena produsen tidak berkewajiban untuk mengungkapkan berapa banyak nits (kecerahan) yang dicapai monitor mereka, atau rasio kontras, terserah mereka untuk memutuskan sendiri apakah monitor yang tidak ditandai memiliki kecerahan dan kontras yang cukup untuk menghasilkan gambar HDR yang berarti.

Industri elektronik konsumen telah memiliki langkah awal dalam hal menawarkan standar yang serupa namun berbeda, karena meskipun jauh lebih mudah untuk memahami perbedaan antara HD-Ready dan Full HD, kesenjangan antara tampilan UHD “biasa” dan UHD Premium jauh lebih besar. lebih cair.

Tapi intinya adalah branding Ultra HD Premium adalah cara paling andal untuk memastikan Anda melihat apa yang dimaksudkan pembuatnya.

Masalah lainnya adalah tidak wajib menggunakan logo UHD Premium – beberapa (membingungkan) menggunakan merek mereka sendiri.

“Yang tidak dilakukan logo Ultra HD Premium adalah menunjukkan semua model yang dapat menerima sinyal HDR,” kata Gavin McCarran, spesialis pelatihan produk di Sony.

Mungkin Sony berpikir bahwa adopsi premium akan menghentikan orang membeli model non-premium karena, bagaimanapun, apakah mereka akan membeli sebotol sampanye Moet & Chandon jika diencerkan agar lebih murah?

Ultra HD Premium juga dapat digunakan pada pemutar dan disk Blu-ray Ultra HD karena HDR adalah bagian wajib dari spesifikasi Blu-ray Ultra HD.

Monitor UHD tanpa kompatibilitas HDR akan tetap menampilkan gambar 4K dalam SDR (Standard Dynamic Range) dari Blu-ray Ultra HD tetapi tidak akan dapat mengakses metadata HDR pada gambar.

Menawarkan kecepatan bit hingga 100 Mbit/s (sekitar lima kali lipat dari yang digunakan untuk streaming film), dalam hal konten, Blu-ray Ultra HD adalah yang terbaik untuk mengirimkan barang HDR.

Standar HDR – Alasan Lain untuk Kebingungan

Semua layar HDR mampu menampilkan apa yang disebut HDR10, yang memiliki spesifikasi yang sama dengan standar UHD Premium. Ini wajib di semua perangkat Blu-ray Ultra HD, serta ditampilkan dalam drama HDR yang ditayangkan oleh Netflix dan Amazon.

Tapi ada alasan lain untuk berhati-hati dengan merek monitor HDR yang Anda beli, dan itu semua karena ada banyak jenis HDR yang digunakan pembuat konten.

Dolby memiliki pesaing HDR10 yang disebut Dolby Vision, yang telah meningkatkan kedalaman warna (12 bit, bukan 10) dan kecerahan hingga 10.000 nits (yang jauh lebih terang daripada yang dapat ditawarkan TV saat ini). 

Ini juga menawarkan fitur yang dikenal sebagai Pemetaan Nada Dinamis yang menyesuaikan kecerahan dan kontras pemandangan tergantung pada seberapa terang atau gelapnya. Proses penguasaan dinamis ini terjadi saat film dirilis, artinya yang harus Anda lakukan hanyalah duduk dan menikmati hasil kerja keras orang lain.

Hanya monitor dan pemutar yang dilengkapi dengan dekoding Dolby Vision yang dapat menampilkan versi HDR Dolby Vision yang “ditingkatkan”. Ini didukung oleh semua jajaran OLED LG, seperti A1E OLED andalan Sony (dua seri Sony lainnya, XE93 dan XE94, akan menerima dukungan Dolby Vision dalam pembaruan firmware yang akan datang).

Tapi Dolby Vision bukan satu-satunya pemain di bidang HDR tingkat lanjut.

Ada HDR Lanjutan dari Technicolor, format HDR yang berasal dari orang-orang yang membawakan Anda animasi warna; Hybrid Log Gamma, standar yang dirancang untuk bekerja dengan siaran televisi; Dan terakhir, HDR10+, standar baru yang membangun beberapa keunggulan Dolby Vision menjadi standar terbuka yang mirip dengan HDR10.

Technicolor dan Philips bekerja sama di platform lain yang secara bersamaan membuat dan merender HDR dan versi reguler, sehingga streaming terpisah tidak perlu dibuat dan diberi label. Konten yang benar akan dipilih secara otomatis agar sesuai dengan kecerahan layar puncak dan rentang dinamis.

Terakhir, BBC dan NHK Jepang sedang mengembangkan versi HDR yang dapat digunakan dalam siaran tradisional. Ini disebut Hybrid Log Gamma, dan hal yang menarik dari standar ini adalah kompatibel ke belakang, artinya jika TV SDR menerima sinyal HDR, ia masih dapat menampilkan gambar (walaupun jelas bukan HDR).

HDR Tidak Hanya untuk TV, Tetapi Juga di HP

Meskipun layar lebar mungkin merupakan cara terbaik untuk menikmati konten rentang dinamis tinggi, ini bukan satu-satunya cara untuk menontonnya.

HDR telah digunakan di sebagian besar flagships sejak sekitar tahun 2017 dengan nama besar, seperti Apple dan Samsung, memastikan bahwa teknologi tampilan hadir di perangkat terbaru mereka.

Selain itu, YouTube baru-baru ini menyediakan video HDR untuk beberapa hp, termasuk Google Pixel, LG V30, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note8, dan Sony Xperia XZ Premium.

Menariknya, hp LG kompatibel dengan standar Dolby Vision yang lebih canggih, meskipun Anda harus menggunakan Netflix (lihat di bawah) untuk menemukan konten yang kompatibel.

Jika Anda ingin menemukan beberapa video HDR YouTube, Anda dapat menemukan daftarnya di sini.

Tentu saja, YouTube bukan satu-satunya tempat untuk mendapatkan HDR saat bepergian: Netflix juga baru-baru ini merilis berita bahwa ia juga mendukung HDR seluler di Samsung Galaxy Note8, LG V30, Sony Xperia XZ1 dan Sony Xperia XZ Premium juga.

Jika Anda pengguna Apple, film iTunes sekarang tersedia untuk ditonton di ponsel Anda dengan HDR, yang sebagian besar dimaksudkan untuk mengarahkan orang ke Apple TV+, tetapi tetap memberikan kualitas tontonan yang bagus untuk iPhone Anda.

  • Baca panduan HDR kami di panduan smartphone untuk informasi lebih lanjut.

Apa Itu HDR10+ Adaptif?

Salah satu alasan mengapa pemikiran tentang HDR bisa membingungkan adalah karena ada begitu banyak genre dan istilah yang berbeda untuk dipelajari — dan ada yang baru diumumkan setiap tahun.

Kami belum memasukkan semuanya dalam panduan ini, tetapi menurut kami yang perlu diketahui lebih lanjut adalah HDR10+ Adaptive.

HDR10 + Adaptive adalah jenis teknologi TV yang ditampilkan di banyak TV kelas atas. Sederhananya, ini adalah cara mengkalibrasi pengaturan gambar pada konten HDR10+ sebagai respons terhadap intensitas pencahayaan di ruangan di sekitar layar TV.

Misalnya, Anda ingin menonton sesuatu tetapi ada sinar matahari yang mengalir di jendela, nah, HDR10+ Adaptive mengkalibrasi pengaturan gambar sebagai respons terhadap intensitas cahaya di ruangan di sekitar layar TV. Ini mungkin tampak sedikit berbeda bagi Anda, tetapi itu berarti Anda mendapatkan pengalaman menonton yang jauh lebih baik.

Apa Vonis pada HDR?

Teknologi HDR adalah tonggak sejarah hiburan rumah. Pikirkan tentang ini, sekarang kita dapat menonton konten film di rumah dengan nada warna yang sama seperti di bioskop – yang luar biasa, bahkan jika Anda bukan penggemar film.

Kami tidak sabar menunggu penyiar mengadopsi HDR untuk alasan yang sama – bayangkan menonton siaran langsung olahraga dari stadion yang terbelah antara naungan dan sinar matahari yang cerah tanpa lonjakan eksposur yang tiba-tiba saat bola memasuki bagian yang lebih terang.

Secara sinematik, itu juga akan berdampak besar, karena sutradara tidak perlu lagi memilih antara paparan bayangan atau sinar matahari. Kami percaya bahwa akan segera mungkin untuk mengatakan bahwa HDR akhirnya menempatkan definisi ultra-tinggi ke dalam tampilan UHD, dan semua masalah dengan standar yang berbeda akan teratasi.

Namun, seperti biasa, ada perang koordinasi yang terjadi. Sebagian besar produsen perangkat mendukung HDR10 (standar resmi) tetapi Dolby adalah kekuatan yang kuat dan mereka juga memiliki pembuat konten di pihak mereka.

Bukan tidak mungkin kedua standar terus hidup berdampingan (dengan Dolby dan DTS berpartisipasi di pasar audio Blu-ray) tetapi cara untuk memainkannya dengan aman adalah memilih set baru dengan Dolby Vision karena selalu dapat menampilkan HDR10 di dalamnya.

Kapan HDR akan Tersedia?

Ini tersedia sekarang dan telah untuk beberapa waktu. Faktanya, jika Anda telah membeli TV baru selama beberapa tahun terakhir, ada kemungkinan besar bahwa TV 4K Anda memiliki HDR bawaan dan merupakan salah satu TV bersertifikat UHD Alliance.

Tapi bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk menonton konten HDR? Nah, jika Anda memiliki pemutar Blu-ray Ultra HD, Anda adalah anggota Amazon Prime, Netflix, Apple TV + atau Disney + – atau sesekali menonton video di YouTube.

Penyedia siaran utama ini juga telah berjanji untuk membawa teknologi ke seri baru di masa depan.

HDR juga disertakan sebagai standar pada format Blu-ray Ultra HD. Jumlah disk yang tersedia, belum lagi jumlah pemain, saat ini sangat minim, tetapi dengan semakin banyak film yang dirilis dalam format HDR, mereka akan segera menjadi mainstream.

Jika Anda streaming, Anda memerlukan koneksi broadband setidaknya 25Mbps untuk menonton streaming HDR, meskipun Netflix menggunakan sesuatu yang disebut streaming adaptif yang memprioritaskan teknologi layar canggih daripada resolusi jika bandwidth tidak cukup.

Sky Q HDR diumumkan oleh Sky, bersama dengan integrasi Spotify dan lebih banyak konten 4K UHD, menjelang awal tahun 2018. Setelah beberapa menunggu, semua fitur ini sekarang ada di sini — ya, termasuk kotak Sky Q yang diperbarui untuk HDR.

  • Lihat daftar pemutar Blu-ray Ultra HD 2021 terbaik kami

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Apa Itu Hdr 10 Apa Itu Hdr Pada Game Apa Itu Hdr Pada Kamera Hp Hdr Singkatan Dari Perbedaan Hd Dan Hdr Perbedaan Uhd Dan Hdr Tv Hdr Murah Tv Hdr Murah Untuk Ps4

Check Also

Justice in Gilbert: How Auto Accident Attorneys Make a Difference

Understanding the Role of Auto Accident Attorneys in Gilbert Auto accident attorneys in Gilbert play …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *