Dolby Atmos: Input, Output, dan Suara Sistem Surround Berbasis Objek

Dolby Atmos Input, Output, dan Suara Sistem Surround Berbasis Objek


techradar.id – Panduan mendalam untuk teknologi audio spasial. Dolby Atmos ada di mana-mana sekarang, dari soundbar terbaik hingga Amazon Echo Studio.

Dan sementara ada banyak kegembiraan di sekitar format Dolby Atmos, masih bisa sedikit sulit untuk membungkus kepala Anda (dan telinga!). Singkatnya, Dolby Atmos adalah format audio baru yang memungkinkan Anda mendengar audio dalam gelembung 360 derajat.

Dengan rekayasa suara berorientasi objek dan pengeras suara yang naik atau turun, Atmos mengubah cara pengaturan home theater dan, yang paling penting, bagaimana suara didistribusikan di sebuah ruangan.

Di masa lalu, kita telah menjelajahi bagaimana Dolby Atmos adalah masa depan suara bioskop, serta bagaimana teknologi menembus telinga kita.

Tapi kami tidak pernah benar-benar duduk untuk menjelaskan apa sebenarnya teknologi itu, mengapa itu penting, dan yang paling penting, bagaimana Anda bisa memilikinya di rumah Anda. Sejauh ini.

  • Apa saja speaker Dolby Atmos terbaik?

Dasar-dasar: Apa Itu Dolby Atmos?

Dolby Atmos adalah format audio — seperti suara stereo atau surround — yang mengambil rekaman audio dari soundtrack film atau video game dan menyiarkannya dengan cara yang lebih mendalam.

Dolby Atmos memberikan suara efek 3D – bayangkan perbedaan antara mendengar helikopter terbang beberapa ratus meter jauhnya dibandingkan mendengarnya tepat di atas kepala Anda.

Teknologi ini sedang dikembangkan oleh Dolby Laboratories, sebuah perusahaan audio yang mengkhususkan diri dalam reproduksi audio dan encoding. Anda mungkin pernah melihat logo mereka di DVD, cakram Blu-ray, atau pada peralatan audio terbaru.

Pencampuran audio terjadi di studio audio di mana insinyur suara mengambil efek suara dalam film dan mentransfernya secara digital di sekitar ruang 3D. Saat Anda memutar ulang film menggunakan perangkat keras audio yang mendukung Dolby Atmos, Anda akan dapat mendengar efek bergerak di sekitar Anda, seperti yang diinginkan oleh teknisi suara.

Tentu saja, untuk mendengarkan Dolby Atmos, Anda memerlukan file film atau acara TV yang kompatibel dengan Dolby Atmos (dapat ditemukan di Netflix dan sekarang iTunes), serta pemutar berkemampuan Dolby Atmos dan sistem speaker atau speaker Dolby Atmos.

Jadi bagaimana Dolby berencana membuat gelembung audio? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda hanya perlu melakukan riset. Dolby Atmos menciptakan gelembung suara dengan memantulkan berkas suara dari langit-langit dan masuk ke telinga Anda.

Seperti yang Anda bayangkan, ini membutuhkan sedikit kalibrasi dan atap yang cukup rata. Selama Anda memiliki yang terakhir dan tidak keberatan melakukan yang pertama ketika saatnya tiba, mari kita lanjutkan.

  • Bagaimana Dolby Atmos dapat menghidupkan kembali lukisan

Langkah 1. Temukan Sistemnya

Lalu bagaimana cara mendapatkan Dolby Atmos? Bagian pertama adalah mendapatkan perangkat keras yang tepat – peralatan audio yang mendukung Dolby Atmos serta pemutar yang kompatibel dengan Dolby Atmos.

Tentu saja, jika kedengarannya terlalu sulit, Anda selalu dapat membeli sistem yang mengintegrasikan keduanya: LG W7 OLED yang dilengkapi Dolby Atmos sangat bagus dengan amplifier 5.0.2 built-in yang sangat senang menghemat ruang Anda – kemasan audio untuk $6,999/6, £999 / AU$13,499.

Jika Anda tidak memiliki $7.000 yang membakar lubang di saku Anda, ada banyak titik masuk yang lebih murah — pemutar Blu-ray Xbox One S atau Oppo UDP-203 4K yang terhubung ke subwoofer Sonos Arc bisa digunakan.

Jika Anda lebih suka memperluas sistem rumah yang sudah Anda miliki, produsen audio besar seperti Onkyo, Denon, Yamaha, dan Pioneer semuanya membuat penerima audio/visual yang mampu menangani trek audio Dolby Atmos, dengan beberapa perbedaan tingkat menengah. Model.

Intinya di sini adalah selama Anda memiliki konten Dolby Atmos yang diumpankan melalui pemutar Dolby Atmos ke sepasang speaker Dolby Atmos, Anda sudah siap.

Jika Anda masih agak bingung harus mulai dari mana untuk berbelanja produk Atmos, Dolby menawarkan katalog praktis dari semua produk Dolby Atmos yang sudah jadi.

Langkah Kedua. Temukan dan Uji Konten

Mari hidupkan sistem dan sambungkan ke pemutar berkemampuan Dolby Atmos (Xbox One atau pemutar Blu-ray Dolby Atmos). Aku melakukannya dengan baik! Sekarang, yang tersisa hanyalah menemukan beberapa konten Dolby Atmos.

Untungnya, ini adalah tugas yang menjadi lebih mudah setiap hari. Cara terbaik untuk menguji sistem baru adalah DeathNote dari Netflix, BLAME! Atau Okja (tersedia dengan Dolby Atmos dan Dolby Vision, versi HDR yang meningkatkan warna dan kontras film favorit Anda).

Bagaimana Anda tahu itu diputar di Dolby Atmos? Cari ikon Atmos di sebelah judul film.

Jika Anda mencari lebih banyak konten untuk ditonton, lihat salah satu dari 100+ judul yang tersedia di Blu-ray 4K yang menampilkan Dolby Atmos. (Untuk daftar lengkap, klik di sini.)

Namun, untuk para gamer, konten asli Dolby Atmos masih sedikit. Saat ini, hanya dua game Dolby Atmos yang telah dicampur: Overwatch dan Star Wars Battlefront – keduanya membutuhkan versi PC dari game tersebut.

Ada cara lain untuk mendapatkan Dolby Atmos dalam game.

Dolby baru-baru ini meluncurkan aplikasi Dolby Access di Xbox One dan PC Windows 10 yang menggabungkan stereo dan suara surround 5.1 dengan Dolby Atmos. Aplikasi ini gratis untuk dicoba dan tersedia untuk dibeli seharga $14,99.

Konten campuran tidak terdengar sebagus Atmos asli, tapi hei, $15 jauh lebih murah daripada speaker atau receiver baru, itu sudah pasti.

Jadi, apa yang Anda cari setelah Anda memiliki konten sendiri? Dolby Atmos menciptakan gelembung suara sonik. Anda seharusnya dapat mendengar rintik hujan yang jatuh dari langit dan guntur di awan yang terlihat seperti 10 kaki di atas kepala Anda.

Idealnya, ruangan Anda harus dipenuhi dengan suara dari segala arah. Jika tidak, periksa kembali koneksi atau selami kembali pengaturan.

Dolby Atmos bekerja paling baik di ruangan yang lebih kecil dengan langit-langit datar. Mengubah kemiringan tamper atap dengan sudut pantulan suara surround.

Atmos Sangat Mirip dengan 4K

Dolby menentukan tiga sumber utama konten Atmos: ada game PC seperti Star Wars Battlefront dan Battlefield 1, Blu-ray yang kompatibel dengan Dolby Atmos dan film dari layanan streaming seperti Netflix dan Vudu, layanan streaming video Walmart.

Sekarang, bermasalah, Anda mungkin tidak memiliki semua hal ini di tangan. Adegan masih sedikit tersebar saat ini. Ini adalah sesuatu yang Dolby telah lakukan yang terbaik untuk diperbaiki, tetapi karena itu bergantung pada kemitraan untuk membawa konten ke massa (lihat: Microsoft, LG, Netflix, Vudu, Oppo, dll …) menemukan semua konten di satu tempat adalah, di sini titik, sebuah kemustahilan teknis. .

Kabar baiknya adalah bahwa teknologi ini masih dalam masa pertumbuhan. Dalam percakapan dengan para insinyur senior Dolby, mereka mengakui bahwa masih ada beberapa kekusutan dalam proses distribusi yang mereka harap akan lancar seiring dengan pertumbuhan platform yang lebih besar dan lebih kuat.

Menurut pendapat kami, teknologi ini masih sangat cerdas dan menarik yang akan merevolusi home cinema setelah menjadi standar, daripada sesuatu yang dimaksudkan untuk audiophiles seperti saya.

Seperti Ultra-HD, tidak banyak konten untuk mendukung teknologi ini, tetapi lakukan riset dan Anda akan menemukan beberapa permen telinga asli.

Haruskah Meningkatkan ke Dolby Atmos?

Pertanyaan besarnya: Haruskah Anda memutakhirkan sistem Anda ke Dolby Atmos?

Jika Anda seorang pecandu hiburan dan mendambakan teknologi terbaru dan terhebat – Anda sudah memiliki TV 4K dan sistem suara surround yang hebat – maka ya. Tetapi jika saya penggemar film atau TV biasa, saya akan menunggu sampai teknologi mulai normal dan harga turun sedikit.

Teknologi ini hampir siap untuk konsumsi arus utama dengan sejumlah pengembang game yang mengerjakan judul yang mendukung Atmos dan dengan Hollywood tampaknya menyukai teknologi yang berarti sekarang mungkin waktu terbaik untuk ikut-ikutan.

Seperti TV 4K beberapa tahun yang lalu, Dolby Atmos bukan untuk semua orang. Ini bukan hal termudah untuk berkeliling dan kontennya bukan prasmanan seperti makan malam tiga hidangan yang luar biasa. Ini adalah investasi di masa depan teknologi audio, yang akan membuahkan hasil tetapi sekarang terasa agak berisiko.

  • Yakin? Lihat speaker Dolby Atmos terbaik, atau soundbar terbaik secara umum

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Dolby Atmos Apk Dolby Atmos App Dolby Atmos Download Dolby Atmos Headphones Dolby Atmos Pc Dolby Atmos Samsung Dolby Atmos SoundbarDolby Atmos Windows 10 Dolby Atmos Xiaomi

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *