php hit counter Apa Itu Dolby Vision? - TechRadar

Apa Itu Dolby Vision?

Apa itu Dolby Vision


techradar.id – Penjelasan format HDR yang dipilih dari Netflix untuk TV dan film. 
Dolby Vision HDR dapat mengubah cara Anda menonton semuanya.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Dolby Vision HDR, tetapi apa itu dan apa bedanya dengan pengalaman menonton Anda?

Anda mungkin pernah melihat tanda Dolby Vision di TV premium dari merek seperti Panasonic, Sony, LG, dan lainnya (meskipun bukan Samsung). Tapi itu juga termasuk dalam konsol game generasi berikutnya, seperti Xbox Series X, serta di pemutar Blu-ray 4K dan smartphone, termasuk iPhone XS, iPhone XS Max, dan Xiaomi Mi Mix Fold.

Tetapi meskipun ini adalah istilah yang mungkin akan sering Anda temui jika Anda berbelanja untuk teknologi baru, dunia HDR dapat membingungkan.

Itulah mengapa kami menyusun panduan ini tentang apa itu Dolby Vision, di mana tersedia, keuntungan apa yang mungkin Anda miliki dibandingkan format pesaing, dan yang paling penting, apakah itu hal yang Anda butuhkan di TV atau ponsel Anda berikutnya.

  • Dolby Vision ada di iPhone XS Max – inilah alasan Anda peduli

Meskipun Anda mungkin menemukan Dolby Vision di banyak iklan di toko-toko dan di dalam perangkat favorit Anda, itu masih harus dianggap sebagai kemajuan yang mengubah permainan bahwa TV membutuhkan waktu satu dekade.

4K memberi kita piksel ekstra, tetapi HDR-lah yang benar-benar membuat piksel itu bersinar tidak seperti sebelumnya. Yang penting, tidak semua TV HDR akan hadir dengan format HDR dinamis ini – minimum yang diperlukan adalah HDR10 dasar.

Tetapi mereka yang melakukannya dapat menawarkan pengalaman menonton yang benar-benar ditingkatkan di luar visual SDR biasa, yaitu, jika monitor yang Anda lihat dapat melakukan keadilan terhadap kemajuan ini.

Penggemar film akan senang mendengar bahwa Dolby Vision adalah format yang sekarang digunakan oleh banyak studio sehingga mereka dapat memanfaatkan potensinya untuk menghadirkan gambar yang berwarna, dinamis, dan dihitung adegan demi adegan.

Semuanya akan ditayangkan di TV di rumah dan membuat bioskop mendapatkan uangnya.

Sekarang dengan teknologi Dolby Vision IQ terbaru yang juga meningkatkan cara Dolby Vision ditampilkan di layar – menggunakan sensor kecerahan di TV kelas atas untuk mengkalibrasi pengaturan gambar secara otomatis berdasarkan tingkat pencahayaan di ruangan – ini adalah format berkelanjutan untuk menyampaikan semakin lama semakin lama beredar di pasaran.

Dolby Vision mungkin masih merupakan format yang relatif baru, tetapi dari apa yang telah kami uji, itulah yang dibutuhkan oleh pengaturan hiburan rumah untuk diubah menjadi bioskop rumah — kabar baik mengingat begitu banyak film terbaik yang pernah dibuat.

Dapatkan terapi 4K dan Dolby Vision. Kabar baiknya adalah bahwa itu tersedia bagi Anda untuk membawanya pulang sekarang. Mari kita cari tahu lebih banyak tentangnya dan jika Anda membutuhkannya.

Apa Itu Dolby Vision?

Dolby Vision adalah jenis HDR (High Dynamic Range) – mungkin yang paling populer kedua setelah standar HDR10 di mana-mana yang terpasang di semua TV dan pemutar HDR.

Meskipun sebagian besar teknologinya bergantung pada standar HDR inti (Lagi pula, Dolby memainkan peran pengembangan utama), ini adalah solusi yang lebih baik.

Peningkatan utama dari sudut pandang pengguna akhir adalah menempatkan lapisan informasi tambahan di atas sinyal video HDR10 dasar yang berisi informasi adegan demi adegan yang dapat digunakan Dolby Vision TV untuk meningkatkan cara mereka menyajikan gambar.

Ini berarti kecerahan yang lebih baik dan hitam yang lebih gelap, dan ini memungkinkan TV untuk menampilkan berbagai warna dalam Rec. Standar 2020. Jika HDR membuat Anda takut, tunggu sampai Anda melihat Dolby Vision.

Kami telah melihat Dolby Vision di Inggris pada beberapa aliran video di Netflix dan Amazon, dan juga tersedia melalui VUDU dan iTunes di AS.

Namun, “hal besar” bagi banyak penggemar AV adalah Blu-ray Ultra HD. Dolby Vision disertakan sebagai opsi pada lembar spesifikasi UHD BD, dan penggemar AV sangat ingin melihat seberapa besar perbedaan yang dapat dibuat Dolby dalam kualitas gambar dari sumber AV kualitas tertinggi di dunia.

Hasil terbaru dari Dolby Vision Blu-ray, yang mencakup film Despicable Me, HBO’s West World, dan Star Wars Episode VIII: The Last Jedi, terlihat sangat menakjubkan — asalkan Anda memiliki perangkat keras untuk menontonnya.

Apa Itu Dolby Vision IQ?

Dolby Vision akan menjadi lebih baik tahun ini, berkat fitur baru di beberapa TV kelas atas – Dolby Vision IQ – yang akan membuat acara dan film tampak hebat di ruangan mana pun kapan pun sepanjang hari.

Fitur baru ini diumumkan di CES 2020 bersama dengan Panasonic HZ2000 OLED dan LG Gallery Series OLED, dua TV pertama yang menggunakan teknologi baru.

Cara kerja Dolby Vision IQ adalah dengan menggunakan metadata dinamis yang dikodekan dalam konten Dolby Vision bersama dengan sensor cahaya bawaan TV, menggunakan informasi untuk mengubah pengaturan gambar dan menampilkan gambar yang lebih akurat.

Pada dasarnya, Dolby Vision IQ dapat mengetahui bahwa Anda sedang menonton TV di ruangan yang terang benderang, di mana banyak detail gelap hilang.

Dengan demikian, TV akan dapat meningkatkan kecerahan secara otomatis tanpa harus masuk ke pengaturan gambar dan melakukannya sendiri. Dolby Vision IQ juga membantu mengubah pengaturan gambar agar sesuai dengan jenis konten yang sedang ditonton (film, olahraga, dll.).

  • Dolby Vision IQ akan membuat menonton TV HDR menjadi lebih baik

TV Apa yang Mendukung Dolby Vision?

Dolby Vision adalah platform video berlisensi yang memerlukan semua tautan dalam rantai video untuk mendukungnya. Jadi membeli disk Blu-ray 4K Despicable Me saja tidak akan cukup – Anda juga memerlukan TV yang mampu menerima Dolby Vision, dan pemutar Blu-ray 4K yang mampu memainkan Dolby Vision.

Semua TV LG OLED berkemampuan DV, yang berarti LG C1, LG G1, LG Z1, LG A1 dan LG B1 dari kisaran 2021 semuanya disertakan – bersama dengan semua LG OLED mulai 2017 dan seterusnya – seperti LCD Super UHD kelas atas TV. NS.

TV Sony dengan chipset X1 Extreme (ZD9, A1 OLED, XE93, XE94, serta 2018 X900F) menangani DV juga setelah pembaruan firmware, seperti halnya beberapa TV VIZIO dan TCL di AS.

Sebagian besar TV Panasonic 2019 (GX800, GX920, GZ1000, GZ1500, dan GZ2000) juga dilengkapi dengan dukungan Dolby Vision. Tambahan terbaru untuk keluarga Dolby Vision adalah konsol – termasuk Xbox One S dan Xbox One X – dan hp, meskipun model premium.

Formatnya dapat dilihat di iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone X, dan LG G6 yang semuanya baru, memberikan gambar dan warna yang sangat jelas untuk layar yang paling sering Anda gunakan.

Tentu saja, jika Anda menginginkan Dolby Vision dari disk fisik, hanya ada beberapa pemutar Blu-ray 4K yang saat ini mendukung Dolby Vision seperti Oppo UDP-203 dan Oppo 205 yang sekarang sudah dihentikan, tetapi lebih banyak model dari LG dan Sony seharusnya Untuk membantu mengisi bagian yang kosong.

Jika Anda cukup beruntung memiliki seperangkat alat yang layak, percayalah kepada kami: Anda pasti ingin membeli Blu-ray Dolby Vision sebanyak mungkin. Efek Dolby Vision pada visual kedua film harus dilihat untuk dipercaya.

Bisakah Bermain Game dengan Dolby Vision?

Iya dan tidak! Gamer bermata elang akan tahu bahwa Xbox Series X dan Xbox Series S mendukung Dolby Vision HDR, dan bahwa segelintir orang dalam Xbox saat ini menikmati uji beta format pada game Xbox.

PS5 tidak mendukung format tersebut, meskipun bisa di masa depan – tetapi bagaimanapun juga, belum ada game Dolby Vision yang tersedia secara komersial.

Kami berharap Halo Infinite menjadi salah satu yang pertama, dan kehadiran DV yang luas di TV 4K hari ini berarti akan ada banyak rumah yang dapat memanfaatkannya sebaik mungkin karena semakin meluas di dunia game.

Dolby Vision: Dunia Warna Baru

Ambil warna, misalnya. Menggabungkan Oppo 203 dan LG OLED55C7, film Dolby Vision Despicable Me menampilkan rangkaian nada dan nada halus yang belum pernah ada sebelumnya.

Semuanya, mulai dari warna kulit animasi hingga dinding dan lokasi latar belakang mengandung perbedaan halus dan akurasi warna yang tidak Anda dapatkan dengan HDR10 – perbandingan yang diverifikasi dengan memutar video HDR10 untuk cakram dengan pemutar Blu-ray Ultra HD Panasonic UB900 pada OLED55C7.

Ini membantu gambar secara instan tampak lebih detail dan halus, meskipun faktanya Dolby Vision hampir tidak dapat menambahkan lebih banyak piksel ke gambar sumber 4K.

Transmisi Dolby Vision juga tidak menampilkan warna yang lebih akurat daripada transmisi HDR10. Beberapa warna juga terlihat sedikit berbeda dalam rona dan warna; Kesan kami selalu bahwa versi DV sudah final dan akurat.

Mencolok dalam kecemerlangannya adalah penguasaan cahaya Dolby Vision. Di satu sisi, teknologi ini tampaknya menghadirkan pencahayaan yang lebih bersih dan lebih terang daripada yang pernah kita lihat sebelumnya dari LG OLED, sekaligus menghadirkan pemandangan gelap dengan kekayaan yang lebih halus dan detail pencahayaan yang halus.

Faktanya, tampaknya ada lebih banyak definisi antara perbedaan pencahayaan yang lebih halus di setiap bagian gambar Dolby Vision, sehingga memberikan tampilan yang lebih mantap, lebih kaya, lebih dalam, dan solid yang terlihat hampir 3D versus gambar HDR10 dengan resolusi kurang.

Seolah itu tidak cukup mengesankan, pengaturan yang dirancang Dolby untuk OLED55C7 tampaknya menangani gerakan jauh lebih bersih dan lebih efisien daripada pemrosesan LG sendiri dengan HDR10.

Tambahkan semua manfaat Dolby Vision/Despicable Me bersama-sama dan Anda mendapatkan gambar yang belum pernah kita lihat sebelumnya di TV lokal, meskipun faktanya kita hanya membicarakan sepasang judul anime lama.

Setelah melihat versi sinematik Dolby Vision saat mengerjakan Guardians Of The Galaxy Vol. 2 Baru-baru ini, kita tidak bisa tidak membayangkan seperti apa tampilan Dolby Vision yang menakjubkan di rumah dengan judul-judul yang jauh lebih canggih dalam gaya daripada Despicable Me dan Despicable Me 2.

Rival Teknologi Dolby Vision

Perlu diingat pada titik ini bahwa merek kendaraan yang belum terdaftar dengan Dolby untuk Dolby Vision – terutama Samsung – cenderung menyarankan bahwa mereka dapat memberikan hasil yang setara DV dengan menerapkan kekuatan pemrosesan mereka ke HDR10 saja.

Setelah memutar disk Despicable Me dalam HDR10 di referensi Samsung UE65KS9500, meskipun kit ini menghasilkan puncak cahaya yang lebih terang daripada gambar Dolby Vision pada LG OLED, kit ini tidak dapat menandingi Dolby Vision untuk cahaya dan akurasi warna.

Samsung mengumumkan pada tahun 2017 bahwa mereka telah bermitra dengan Amazon Prime Video untuk mengembangkan format HDR baru yang disebut “HDR10+,” yang juga menerapkan lapisan yang disebut “metadata dinamis” (petunjuk adegan demi adegan) ke aliran HDR10.

Ini pada dasarnya adalah alternatif bebas royalti untuk Dolby Vision, yang dibangun ke dalam jajaran TV QLED kelas atas Samsung. Panasonic dan 21st Century Fox telah memberikan bobot mereka di belakang HDR10+, dijual sebagai format HDR open source yang lebih demokratis.

Panasonic baru-baru ini mengubah nadanya untuk yang satu ini, dan sekarang Anda bisa mendapatkan Dolby Vision di berbagai pemutar Blu Ray Panasonic 4K dan TV Panasonic.

Kami tidak harus mengatakan di sini bahwa TV Anda yang akan datang dan pemutar Blu-ray 4K pasti memiliki dukungan Dolby Vision. Lagi pula, formatnya harus bekerja dalam batas kecerahan dan warna untuk TV apa pun yang menerapkannya.

Ada TV non-Dolby Vision di luar sana yang (dalam kasus Samsung khususnya) mampu memberikan tingkat warna dan kecerahan melebihi yang dimungkinkan dari TV Dolby Vision saat ini. Tetapi masih ada banyak Blu-ray Dolby Vision Ultra HD yang tersedia, meskipun format “resmi” diluncurkan.

Apa yang tampaknya tidak diragukan lagi tentang Dolby Vision saat bekerja dari 4K Blu-ray, adalah bahwa ia melakukan pekerjaan luar biasa untuk mendapatkan yang terbaik dari layar apa pun yang bersentuhan dengannya. Dan dengan teknologi yang sejujurnya membingungkan dan penuh kesalahan seperti HDR saat ini, itu masalah yang cukup besar.

Ingin ringkasan singkat tentang perbedaannya? Berikut panduan lengkap kami tentang HDR10 dan Dolby Vision

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Beda Hdr Dan Hdr10Dolby Audio Adalah Dolby Vision Android Dolby Vision Download Dolby Vision Vs Hdr10 Film Dengan Sound Dolby Atmos Hdr Adalah Hdr10 Adalah

Check Also

Review Google Pixel 4 XL

Review Google Pixel 4 XL

techradar.id – Kamera yang lebih baik, ekstra yang tak terlupakan. Terlepas dari kesederhanaannya, Google Pixel 4 …