php hit counter Apa itu 4K? Penjelasan Dasar-dasar Ultra HD - TechRadar

Apa itu 4K? Penjelasan Dasar-dasar Ultra HD

Apa itu 4K Penjelasan Dasar-dasar Ultra HD

techradar.id – Resolusi 4K sekarang menjadi standar untuk TV baru, tetapi apa sebenarnya itu? Resolusi 4K adalah resolusi layar yang sangat jernih.

Sebagian besar TV saat ini adalah TV 4K, itulah sebabnya mereka telah melampaui HD dan Full HD untuk menjadi pilihan paling populer bagi pembuat TV, serta siapa saja yang membeli TV yang menginginkan gambar yang jernih dan berkualitas tinggi.

Tapi bagaimana cara kerja TV 4K? Dan apa yang perlu Anda ketahui jika Anda membeli TV 4K baru untuk rumah Anda? 4K adalah resolusi layar yang terkadang disebut UHD, 4K, atau 4K UHD oleh beberapa merek.

Apa pun namanya, Anda akan menemukan 4K hampir di mana-mana saat ini di sebagian besar TV — dengan pengecualian beberapa TV yang lebih kecil, yang cenderung muncul dalam Full HD — dan bahkan di sebagian besar layar komputer juga.

Hal utama yang perlu diketahui tentang 4K adalah hanya karena Anda memiliki TV 4K tidak berarti Anda perlu mengakses acara TV dan film 4K. TV 4K terbaik mampu menampilkan gambar beresolusi rendah.

Ini berarti acara TV dan film favorit Anda yang direkam dalam HD akan ditampilkan sebagaimana mestinya – atau bahkan ditingkatkan oleh TV Anda untuk memastikannya terlihat alami di layar 4K.

Resolusi 4K yang luar biasa mungkin mendorong Anda untuk membeli TV baru, tetapi ada teknologi hebat lainnya di banyak TV 4K baru terbaik yang juga dapat membuatnya layak untuk ditingkatkan. Ini termasuk panel Quantum Dot dan OLED, plus High Dynamic Range (HDR) juga.

Dalam panduan di bawah ini, Anda akan menemukan video yang menjelaskan 4K secara singkat, bersama dengan semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang jumlah piksel, jarak pandang, dan perbedaan 4K yang benar-benar membuat pengalaman menonton Anda.

Apa Itu Resolusi 4K?

Kami tahu pengalaman menonton kami telah ditingkatkan secara serius, tetapi apa itu 4K? Resolusi 4K, setidaknya seperti yang ditentukan sebagian besar perusahaan TV, adalah 3840 x 2160 piksel, atau 2160 piksel.

Sebagai gambaran, gambar Full HD 1080p hanya berukuran 1920 x 1080. Layar 4K berisi sekitar 8 juta piksel, empat kali lipat dari rentang 1080p saat ini yang dapat ditampilkan.

Pikirkan TV Anda sebagai kotak, dengan baris dan kolom. Gambar Full HD 1080p dengan tinggi 1080 baris dan lebar 1920 kolom. Gambar 4K hampir menggandakan angka di kedua arah, menghasilkan hampir empat kali lipat jumlah piksel.

Dengan kata lain, Anda dapat menempatkan setiap piksel 1080p pada seperempat layar 4K.

Kenapa Disebut 4K?

Disebut 4K karena lebar gambarnya sekitar 4000 piksel. Dan sebelum Anda bertanya, ya, resolusi 1080 dinamai menurut tinggi gambar, tetapi 4K dinamai menurut lebar gambar. Untuk kesenangan ekstra, Anda mungkin juga mendengar resolusi ini disebut sebagai 2160p. Selamat datang di masa depan. Ini membingungkan di sini.

Apakah Semua Piksel Ekstra Itu Penting?

Di sinilah ia menjadi lengket. Kita berbicara tentang lompatan yang sama dalam resolusi seperti dari SD (480 baris tinggi) ke HD (1080 baris tinggi). Layar 4K terasa lebih tajam daripada layar 1080p.

Tetapi jika Anda tetap menggunakan TV dengan ukuran yang kira-kira sama, dan Anda terbiasa duduk dekat dengan Anda, Anda mungkin tidak melihat banyak perbedaan—terutama jika Anda masih menonton sebagian besar konten HD daripada video 4K.

Seberapa Dekat Harus Duduk dengan Layar 4K?

Ingat ketika Apple membuat keributan besar tentang tampilan ‘retina’ dari beberapa iPhone lagi? “Retina” mengacu pada layar dengan resolusi yang cukup sehingga mata Anda pada jarak pandang normal tidak dapat membentuk piksel individual.

Cukup menjauh dari set 1080p, yang merupakan layar retina! Lebih penting lagi, pada jarak yang sama, bola mata Anda tidak akan dapat memeras lebih banyak detail dari gambar 4K daripada pada 1080.

Jika Anda berada pada “jarak retina” dari perangkat 1080p Anda sekarang dan tidak berencana untuk membawa sofa Anda lebih dekat, meningkatkan ke 4K mungkin Tidak membuat banyak perbedaan pada pengalaman Anda. Grafik ini menunjukkan seberapa dekat Anda dapat duduk pada ukuran layar tertentu untuk membedakannya.

4K vs UHD: Apa bedanya?

Secara teknis, “Ultra High Definition” sebenarnya merupakan turunan dari standar sinema digital 4K. Namun, sementara multipleks lokal menampilkan gambar asli beresolusi 4K 4096 x 2160, format konsumen Ultra HD yang baru memiliki resolusi yang sedikit lebih rendah yaitu 3840 x 2160.

Ini adalah salah satu alasan mengapa beberapa merek memilih untuk tidak menggunakan poster 4K sama sekali, dan tetap menggunakan Ultra HD atau UHD. Namun, sepertinya steno numerik akan terus berlanjut.

Mengapa Harus Peduli dengan 4K Ultra HD?

Ada banyak alasan mengapa 4K harus membuat Anda mempertimbangkan kembali pembelian TV Anda berikutnya (sebenarnya, ada sebelas dan Anda dapat membacanya di sini), dan semuanya tidak langsung terlihat jelas.

Fotografer yang secara rutin menonton pekerjaan mereka di HDTV melihat sebagian kecil dari detail yang melekat pada foto mereka ketika mereka melihatnya pada 2160p.

Layar Ultra HD menampilkan banyak nuansa dan detail – perbedaannya bisa luar biasa. Meskipun teknologi 3D telah terbukti menjadi media konversi yang modis, 4K hadir tanpa peringatan apa pun. Foto beresolusi tinggi lebih baik.

Kerapatan piksel panel 4K yang lebih tinggi juga memungkinkan Anda untuk menjadi sangat dekat tanpa struktur seperti kisi dari gambar itu sendiri menjadi terlihat – artinya Anda dapat melihat layar yang jauh lebih besar dari posisi duduk yang sama dengan panel Full HD saat ini.

Apa Itu 4K OLED?

Lebih banyak jalan pintas! Bukankah itu menyenangkan? OLED – dioda pemancar cahaya organik – telah ada selama beberapa waktu, tetapi memproduksi layar besar dengan teknologi ini terbukti terlalu mahal, sesuatu yang sejauh ini mencegah TV OLED menjadi proposisi arus utama.

Sangat disayangkan karena teknologi OLED bisa memukau, menghadirkan warna-warna cerah, hitam pekat, dan putih cerah. Tapi jangan putus asa dulu. Beberapa perusahaan (terutama LG) bekerja untuk membawa TV OLED ke 4K.

Mereka tentu saja hebat, meskipun harganya masih tinggi bahkan bertahun-tahun setelah mereka pertama kali muncul di pasar – dan secara umum diterima bahwa mereka tidak memiliki LCD yang tahan lama.

TV OLED semakin baik dari tahun ke tahun, dengan risiko burnout yang lebih rendah dan ukuran baru 48 inci yang ingin membuat perangkat OLED unggulan agak lebih terjangkau untuk dompet kelas menengah.

Baca lebih lanjut: Apa itu OLED?

Apakah Netflix 4K?

Ya – jika Anda membayarnya. Netflix memiliki paket harga berjenjang, dengan film dan acara TV 4K sekarang tersedia di tingkat Premium.

Tidak semua resolusi akan muncul pada layanan, meskipun ada cukup banyak konten Ultra HD yang tersedia – termasuk Dark, Star Trek: Discovery, Altered Carbon, dan banyak lagi. Pilihannya mungkin lebih terbatas daripada jumlah konten HD, tetapi semakin meningkat dari hari ke hari.

Netflix juga tidak jauh. Amazon masuk ke dalam game streaming 4K UHD dengan menawarkan beberapa acara berperingkat teratas — Transparan, Mozart in the Woods, Man in the High Castle, The Grand Tour, dan Mad Dogs — dalam definisi ultra-tinggi.

Anda juga akan menemukan konten Ultra HD di Disney Plus, Hulu, Rakuten TV, dan layanan streaming TV lainnya seperti mereka – semua orang melakukannya! Bukannya beberapa layanan mengizinkan streaming 4K untuk semua pelanggan, seperti Disney Plus, daripada model Netflix berjenjang.

Apakah 4K dan HDR Adalah Hal yang Sama?

Tidak, tidak ada kekurangan akronim dalam hiburan rumah, dan itu pasti bisa membingungkan.

Rentang Dinamis Tinggi, atau HDR, pada dasarnya meningkatkan perbedaan antara bagian gambar yang lebih terang dan lebih gelap. Benar hitam menjadi gelap bukannya abu-abu susu, dan putih menjadi sangat terang.

Ini berarti bahwa gambar memiliki kedalaman yang lebih, dan Anda juga harus dapat melihat lebih banyak detail di bagian gambar yang lebih terang dan lebih gelap.

Netflix adalah penyedia konten pertama yang merilis video HDR pada tahun 2015, tetapi Amazon Prime Video juga menawarkan konten HDR. HDR juga disertakan dalam standar Blu-ray Ultra HD yang baru. Penjelasan lengkap tentang HDR bisa Anda baca di sini.

Mengapa TV 4K Tidak Disiarkan?

Karena setiap bingkai 4K berisi empat kali informasi HD, konten 4K empat kali lebih besar dari konten HD biasa dalam hal ukuran file mentah. Hal ini membuat Anda kesulitan untuk mendapatkannya.

Langkah-langkah sedang diambil untuk memasukkan konten 4K ke siaran TV. Di Inggris, Sky telah mulai menyiarkan olahraga tertentu dalam 4K, dan BT juga menggunakan teknologi IPTV untuk melakukan hal yang sama.

Di sisi siaran, bandwidth adalah masalah yang pasti. Bandwidth internet sudah didominasi oleh lalu lintas Netflix, yang telah membuat ISP mengejarnya untuk mendapatkan uang tambahan, dengan sebagian besar streaming di tingkat SD dan HD. Memutakhirkan semuanya ke 4K sepertinya belum menjadi pilihan yang masuk akal.

Meskipun memungkinkan untuk melakukan streaming konten 4K ke semua orang tanpa memutus internet, streaming konten 4K memerlukan koneksi internet cepat 25Mbps atau lebih cepat, yang lebih cepat daripada kebanyakan orang saat ini.

Bagaimana Kalau Bermain di 4K?

Game 4K tersedia di PC untuk sementara waktu sebelum konsol, tetapi versi konsol game Sony dan Microsoft yang lebih canggih sekarang pasti dapat bersaing.

Sony berhasil menguasai PS4 Pro, yang menggunakan bentuk upscaling tingkat lanjut untuk membuat gambar 4K. 4K mungkin tidak asli, tetapi menurut kami hasilnya luar biasa.

Meskipun Microsoft mencelupkan kakinya ke dalam air dalam 4K dengan Xbox One S yang sama-sama ditingkatkan, segalanya menjadi serius dengan rilis Xbox One X — konsol kuat yang memberikan resolusi 4K asli pada beberapa judul.

Anda sekarang bisa mendapatkan game 4K yang lebih canggih di konsol generasi berikutnya, termasuk Xbox Series X dan PS5, yang keduanya mendukung 4K asli dengan kecepatan bingkai hingga 120Hz (jika game juga mendukungnya).

Beberapa video game besar baru-baru ini yang tersedia dalam 4K di berbagai platform termasuk Red Dead Redemption 2, Marvel’s Spider-Man, dan God of War, di antara banyak lainnya.

Kami bahkan mendengar desas-desus tentang konsol Nintendo Switch 2 yang siap 4K, meskipun sejak Switch OLED diumumkan, kami kemungkinan tidak akan melihat model Ultra HD hingga setidaknya 2023.

Jenis Kabel Apa yang Diperlukan untuk 4K?

Dua kabel standar yang mungkin Anda gunakan adalah HDMI standar, atau jika Anda menyambungkan komputer ke monitor definisi ultra-tinggi, DisplayPort.

Kabel HDMI kini hadir dalam empat rasa: Kecepatan Tinggi dengan Ethernet; kecepatan tinggi tanpa ethernet; Kecepatan standar dengan Ethernet dan kecepatan standar tanpa Ethernet.

Kabel kecepatan standar mampu 1080i, tetapi tidak dapat menangani bandwidth 4K. Kabel kecepatan tinggi dapat melakukan apa saja di atas 1080i. Sekarang, selama Anda menggunakan kelas kabel yang sama, tidak ada perbedaan mencolok dalam kinerja antara satu set kabel pabrikan dan yang lainnya.

Namun, kecepatan koneksi Anda akan tergantung pada jenis konektor. Konektor HDMI 1.4 mendukung resolusi 3820 x 2160 pada 30 frame per detik (fps), sedangkan HDMI 2.0 dapat menghasilkan video Ultra HD pada 60 fps, dan HDMI 2.0a berkemampuan HDR.

Spesifikasi terbaru, HDMI 2.1, sedikit lebih maju dengan 4K pada 120 fps, atau 8K pada 60 fps.

Intinya adalah bahwa jika kabel HDMI Anda dapat menangani 1080p (standar untuk beberapa tahun sekarang), itu juga harus dapat melakukan 4K. Jangan terkecoh dengan membeli kabel yang mahal.

Jenis kabel lain yang dapat Anda gunakan adalah DisplayPort. DisplayPort mentransmisikan gambar 4K dan sinyal audio dari sebagian besar kartu grafis kelas atas ke monitor tanpa cacat atau penundaan yang nyata.

Apakah Resolusi 4K Diperlukan ?

Pertanyaan ini menjadi lebih sulit dengan fakta bahwa sangat sedikit TV yang tidak 4K akhir-akhir ini. Meskipun sulit untuk melihat keuntungan 4K dalam set yang lebih kecil, tidak masuk akal untuk tidak mendapatkan layar 4K mengingat betapa bebasnya itu.

Untuk TV 32 inci, Anda hanya akan mengharapkan resolusi Full HD, karena Anda benar-benar tidak akan dapat melihat banyak perbedaan dengan layar 4K ukuran ini.

Untuk TV 40 inci, keunggulan ini bahkan lebih menonjol — jika tidak sejelas ukuran 55 inci, 65 inci, atau 75 inci yang lebih besar — ​​dan sekarang Anda akan melihat banyak teknologi TV premium dalam ukuran 40- atau 43 inci.

Panasonic HX800 memiliki dukungan format HDR yang luas, dengan Dolby Vision dan HDR10+ serta HLG (Hybrid Record Gamma), bersama dengan kualitas gambar yang sangat baik, meskipun merupakan rangkaian LED harga menengah.

TV desainer seperti Samsung The Frame TV juga hadir dalam ukuran yang sangat ringkas, yang berarti ukuran kecil tidak selalu berarti murah lagi.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kecerahan. Sebagian besar layar 40 inci tidak memiliki rentang pencahayaan yang diperlukan untuk membuat piksel tersebut bersinar dalam HDR — karena mereka membutuhkan sekitar 1.000 nits untuk efek yang diinginkan.

Apa Lanjutan dari 4K?

4K telah mengukuhkan dirinya sebagai kemampuan TV yang harus dimiliki, dan tidak lagi menjadi cadangan bagi mereka yang memiliki uang tunai yang serius untuk dibakar – ini sekarang 8K.

Kami tidak berharap melihat 4K hadir di layar yang lebih kecil daripada yang sudah kami lihat, hanya karena Anda tidak dapat melihat manfaatnya pada layar 24 inci atau 32 inci pada jarak pandang biasa.

Perubahan dan peningkatan utama untuk TV 4K di tahun-tahun mendatang akan ada pada teknologi terkait lainnya seperti HDR. Teknologi panel terus bergeser dan bersaing juga, karena OLED dan QLED bersaing untuk mendominasi, dan MicroLED dan mini-LED mulai memasuki grup premium.

Jadi tantangan berikutnya untuk 4K bukanlah tentang lebih banyak piksel, melainkan tentang piksel yang lebih baik – dengan teknologi inti yang lebih baik dan pemrosesan yang lebih baik untuk membuat foto 4K benar-benar bersinar.

  • Apa itu resolusi 8K? Melihat resolusi di luar 4K

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

2160p Adalah 4ks Apa Itu Uhd 4k Contoh Video 4k Perbedaan Full Hd Dan 4k Resolusi 4k Youtube Ukuran Film 4kVideo 4k Berapa Mb

Check Also

Review Google Pixel 4 XL

Review Google Pixel 4 XL

techradar.id – Kamera yang lebih baik, ekstra yang tak terlupakan. Terlepas dari kesederhanaannya, Google Pixel 4 …