techradar.id – Ada banyak pilihan, dan semuanya memiliki manfaatnya. Siapa pun yang terjun ke dunia mobil hibrida dan listrik untuk pertama kalinya, mungkin terkejut mengetahui bahwa ini bukan hanya tentang listrik atau bensin.
Ada beberapa jenis mobil hibrida, dan umumnya bervariasi menurut ukuran baterainya dan berapa lama, jika ada, mereka berjalan dengan tenaga listrik murni.
Perbedaan ini kemudian mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil yang bersangkutan – lebih banyak baterai berarti lebih banyak tenaga, sehingga mereka dapat memberi lebih banyak tenaga listrik ke roda dan memungkinkan mesin bensin untuk mengambil lebih banyak waktu, menggunakan lebih sedikit bahan bakar.
Jadi, inilah jenis mobil berbantuan listrik yang kemungkinan besar akan Anda lihat di halaman depan dekat Anda.
- Konektor Pengisian Kendaraan Listrik: Apa Itu dan Bagaimana Perbandingannya
- Semua yang kami ketahui tentang Apple Car
- Tesla Model S vs Tesla Model 3: Sedan Tesla Mana yang Harus Anda Beli?
EV (Kendaraan Listrik)
Sebuah mobil listrik bahkan tidak memiliki mesin pembakaran, dan tidak ada tempat untuk menaruh bensin – sebagai gantinya Anda memiliki soket pengisi daya yang mungkin akan berbeda tergantung di mana Anda tinggal.
Selain itu, mobil ini sama seperti mobil lain, meskipun cenderung berteknologi sangat tinggi, dengan layar dan tombol di mana mobil lain dapat memiliki dayung dan tuas persneling, dan sistem untuk memulihkan energi dari pengereman yang mengisi kembali baterai.
Mereka masih memiliki mesin, tentu saja, dan beberapa memiliki lebih dari satu, tetapi mereka lebih kecil dari motor listrik yang beratnya jauh lebih sedikit daripada mesin pembakaran internal.
Bobot dikembalikan oleh baterai, tetapi karena didistribusikan ke seluruh bodi mobil, Anda bisa mendapatkan distribusi bobot yang lebih baik.
Kendaraan listrik sepenuhnya bergantung pada pengisian daya, baik dari titik pengisian daya yang terhubung ke rumah Anda, terhubung ke meteran listrik, atau dari titik akses publik di tempat parkir dan stasiun layanan di seluruh negeri.
Seiring dengan kemajuan teknologi, jarak yang dapat dicapai mobil listrik penuh dari pengisian penuh semakin meningkat, hingga mereka mulai menyaingi apa yang dapat dilakukan mobil bensin di antara pengisian ulang.
Anda mungkin menemukan EV juga disebut sebagai BEV, yang merupakan singkatan dari Baterai Kendaraan Listrik.
- Penjelasan ukuran baterai EV, kecepatan dan jangkauan pengisian daya
PHEV (Kendaraan Hibrida Plug-in)
Terbaik dari kedua dunia? Bisa. Kendaraan ini memiliki baterai dan mesin bensin yang cukup besar, bersama dengan perangkat lunak manajemen yang memungkinkan mereka untuk beralih di antara keduanya dalam transparansi penuh, atau sakelar yang mematikannya dalam mode listrik penuh.
Terlepas dari ukuran baterainya, jangkauan all-electric cukup terbatas, sekitar 35 mil. Namun, harus membawa dan mengangkut mesin bensin di sekitar berdampak negatif pada jangkauan listrik, dan hibrida plug-in cenderung menjadi kendaraan yang lebih besar dan lebih berat (meskipun Prius dan Ionic berukuran hampir sama dengan pasangan hibrida mereka).
Saat menggunakan mesin bensin, sistem baterai membantu meningkatkan penghematan bahan bakar, sama seperti hibrida lainnya.
PHEV memiliki jangkauan listrik yang cukup untuk pergi ke toko dan kembali, mengikuti tur sekolah atau perjalanan singkat, dengan fleksibilitas mesin bensin di sana untuk perjalanan yang lebih lama saat Anda menginginkannya.
Mereka juga memiliki sistem pemulihan energi yang sama seperti hibrida lainnya, sehingga Anda dapat mengisi kembali baterai besar itu saat Anda mengerem di jalan landai atau di bundaran.
Idealnya, Anda memerlukan pengisi daya rumah untuk PHEV – menunggu di tempat parkir saat penuh, dan berbelok ke sana, tidak sebanding dengan efisiensinya yang lebih besar.
Hibrida (alias hibrida ‘penuh’, hibrida ‘paralel’ atau hibrida ‘pengisian sendiri’)
Model klasik, sejak Prius diluncurkan di Jepang pada tahun 1997. Mesin hybridnya beralih antara listrik dan bensin, dan dapat berjalan dalam mode semua-listrik untuk waktu yang singkat.
Mereka mengandalkan sistem pemulihan energi untuk mengisi ulang baterai mereka, karena tidak ada port pengisian daya – oleh karena itu disebut “pengisian sendiri” – dan Anda tidak memerlukan titik pengisian daya untuk dipasang di rumah Anda (atau menggunakan outlet umum).
Sebagian besar waktu, motor listrik bertindak sebagai bantuan untuk mesin bensin, yang berarti perlu membakar lebih sedikit bahan bakar, biaya lebih sedikit untuk menjalankan, dan menghasilkan lebih sedikit emisi berbahaya dari pipa knalpot.
Hibrida seperti ini adalah solusi ideal bagi mereka yang ingin mengurangi tagihan bahan bakar dan dampak lingkungan. Ada beberapa alasan tersisa untuk membeli mobil diesel daripada hibrida jika Anda mencari efisiensi bahan bakar.
Sebuah pembakar minyak mungkin memiliki keuntungan dalam perjalanan jalan raya yang panjang, tetapi itu tidak akan bertahan lebih lama, dan banyak pabrikan yang secara bertahap menghentikan mobil diesel demi hibrida bensin, yang secara andal menghasilkan angka MPG (mil per galon) yang jauh lebih baik daripada mobil mereka.
Saudara kandung bensin murni dan mesin diesel kalah dalam perjalanan singkat dan dengan angka gabungan rata-rata.
Mild Hybrid
Sebuah kategori baru yang tampaknya merupakan upaya untuk melakukan sesedikit mungkin oleh produsen mobil yang dipaksa untuk melakukan perubahan, hybrid ringan adalah mobil dengan mesin bensin sederhana dan generator listrik daripada motor starter dan alternator.
Ini, bersama dengan baterai kecil, menghasilkan energi untuk menyalakan komponen listrik mobil, daripada menguras tenaga mesin untuk mereka.
Ini juga membantu mobil saat berakselerasi, dan membantu restart lebih mudah saat mesin berhenti, saat terjebak macet dan stasioner, misalnya.
Apa yang tidak bisa dilakukan adalah menyalakan mobil sendiri – mesin bensin selalu hidup saat mobil bergerak. Ini memiliki sifat regeneratif yang sama dengan hibrida lainnya, karena energi balik biasanya hilang sebagai panas selama pengereman untuk mengisi baterainya.
Kurangnya kerumitan dalam sistem juga dapat membuatnya lebih murah untuk dibeli, dan Anda bisa mendapatkannya dengan gearbox manual jika Anda tidak suka terjebak dalam transmisi otomatis.
Bahkan Audi membuatnya dengan mesin diesel. Meskipun efisiensi bahan bakarnya tidak setinggi model hibrida lainnya, mereka masih lebih murah untuk dioperasikan dan menghasilkan lebih sedikit emisi berbahaya daripada mobil yang hanya menggunakan mesin pembakaran internal.
- 5 cara mengemudi akan berubah dalam waktu dekat: Mobil pembersih udara untuk pengendalian pikiran