php hit counter Hi-Res Audio: Semua yang perlu Anda ketahui tentang Codec Musik Lossless - TechRadar
Hi-Res Audio Semua yang perlu Anda ketahui tentang Codec Musik Lossless

Hi-Res Audio: Semua yang perlu Anda ketahui tentang Codec Musik Lossless

techradar.id – Hi-Res Audio dibuat untuk menyanyikan musik Anda. Dalam hal headphone, speaker, DAC, dan penerima AV, kualitas penting. Dengan meningkatnya minat pada Audio Resolusi Tinggi, kualitas sumber musik kami telah terbukti sama pentingnya.

Kami sedang mempertimbangkan untuk membeli kit audio terbaik untuk mendapatkan kualitas suara terbaik. Kami kemudian menggunakan kit ini untuk memutar file MP3 ultra-kompresi yang telah kehilangan banyak detail artis yang ingin kami dengar.

Meskipun banyak dari kita telah terbiasa dengan file audio ultra-kompresi yang datang dengan unduhan musik dan streaming berikutnya, kehausan kita akan sumber asli yang lebih baik daripada CD semakin meningkat. Di situlah Hi-Res Audio masuk.

Platform streaming Audio Resolusi Tinggi profesional seperti Tidal dan Qobuz telah ada selama beberapa waktu, tetapi sekarang kami melihat layanan utama seperti Amazon Music mulai menawarkan trek berkualitas audiophile serta harga premium.

Dengan kemajuan teknologi Bluetooth, Audio Resolusi Tinggi tidak lagi diperuntukkan bagi audiophile yang lebih suka duduk sendiri dan mendengarkan musik dengan headphone over-ear besar yang terhubung ke penerima AV yang mahal. Saat ini, headphone nirkabel dan earbud nirkabel sejati memungkinkan Anda mendengarkan file audio dengan kualitas terbaik.

Ketika suara audiophile menjadi mainstream, Hi-Res Audio tampaknya menjadi prospek yang semakin menarik. Inilah mengapa dan bagaimana Hi-Res Audio dapat menjadi upgrade yang menghadirkan suara yang luar biasa di semua perangkat, termasuk ponsel.

Apa Itu Audio Resolusi Tinggi?

Hi-Res Audio (HRA) adalah audio lossless yang mampu mereproduksi suara dari rangkaian lengkap rekaman master dari sumber musik dengan kualitas lebih tinggi daripada CD, suara yang secara dekat meniru kualitas yang dikerjakan oleh musisi dan insinyur. Studio pada saat rekaman.

HRA mendapatkan popularitas baru-baru ini, tapi itu bukan hal baru. Bahkan, telah ada selama lebih dari satu dekade dan semakin banyak penggemar setia yang bersedia membayar sedikit uang untuk hak istimewa mendengarkan musik berkualitas Hi-Fi di rumah dan di perjalanan. Perbedaannya adalah bahwa kita menjadi lebih mudah diakses daripada sebelumnya.

Kedengarannya cukup mengejutkan, tetapi tidak sulit untuk memahami pembaruan lambat HRA. Lagi pula, file musik secara signifikan lebih besar dari MP3 atau AAC di iTunes, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk diunduh dan dapat menghabiskan ruang penyimpanan di perangkat seluler seperti Penguins. makan malam ikan.

Dibandingkan dengan file iTunes dan Amazon MP3, trek HRA lebih mahal untuk dibeli dan vendor musik digital paling populer bahkan (belum) menjual lagu Audio Resolusi Tinggi.

Juga benar bahwa pendengaran HRA membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat. Sebagian besar perangkat pemutaran, termasuk ponsel, pemutar musik portabel, dan laptop, tidak dilengkapi sebagai standar untuk mendapatkan semua manfaat.

Bahkan Sonos, penyedia musik multi-ruangan paling dominan di dunia, dengan tegas menolak adopsi dengan alasan Hi-Res Audio tidak cukup mainstream, tetapi yang lain, termasuk perusahaan seperti Bose, melakukannya.

Tapi penghalang mulai runtuh. Dengan penyimpanan yang semakin murah, perangkat keras pemutaran berkualitas lebih baik, broadband dan unduhan 4G yang lebih cepat dan murah, HRA tidak lagi terlalu mahal dibandingkan dengan MP3 dan file terlalu besar untuk diunduh dan disimpan.

Tentu saja, penting untuk memilih peralatan Anda dengan hati-hati dan memahami apa yang membedakan HRA.

Oh, dan jika lawan Anda mengklaim bahwa manusia tidak dapat mendengar apa pun di atas 20kHz, ambil kesempatan untuk mendengarkan beberapa trek HRA dan lihat atau dengar sendiri perbedaan yang mereka buat.

File Mana yang Merupakan Audio Resolusi Tinggi?

Audio Hi-Res adalah istilah umum untuk audio lossless, jadi ada beberapa format file yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan lagu Anda.

Daftar utamanya adalah:

  • Apple Lossless Audio Codec (ALAC) dan Free Lossless Audio Codec (FLAC) adalah format audio digital lossless berkualitas studio berukuran sama yang menggunakan lebih sedikit ruang di komputer Anda daripada file AIFF dan WAV. ALAC kompatibel dengan iTunes dan pemutar lain dan merupakan format lossless yang direkomendasikan untuk iTunes.
  • APE adalah codec lossless gratis dan sangat efisien dari Monkey’s Audio.
  • Direct Stream Digital (DSD) adalah codec resolusi tinggi yang berasal dari Super Audio CD (SACD) dan umumnya digunakan untuk perekaman klasik.
  • Sertifikasi Mutu Master (MQA). Codec lossless baru sekitar 1/3 ukuran FLAC. Sidik jari digital diterapkan untuk memastikan bahwa file tersebut berasal dari rekaman master asli. File MQA kompatibel dengan dekoder FLAC, tetapi memerlukan dekoder MQA untuk memanfaatkan sepenuhnya.
  • WAV adalah file kualitas studio tidak terkompresi yang kompatibel dengan berbagai pemutar termasuk iTunes, Windows Media Player, dan Winamp.
TRENDING  Apple AirPods Mendapatkan Beberapa Peningkatan Baru di WWDC. Tapi di Mana AirPods 3?

Apa Perbedaan Sebenarnya dari Hi-Res Audio?

Mari kita lihat beberapa angka. Trek MP3 kualitas tertinggi memiliki bitrate 320 kbps, CD pada 1.411 kbps, dan file 24-bit/192 kHz pada 9.216 kbps. Yang terakhir adalah tingkat yang saat ini dianggap HRA.

Kedalaman bit HRA yang meningkat meningkatkan jangkauan dinamis, yang pada dasarnya memberi Anda jangkauan suara yang dapat didengar real-time yang lebih luas dalam rekaman Anda.

Cara terbaik untuk menjelaskannya adalah membayangkan melihat melalui jendela bernoda pada hari yang cerah melihat pemandangan pedesaan yang indah. Ini adalah versi MP3.

Membersihkan jendela akan memberi Anda CD yang jauh lebih detail dan tajam. Tetapi ketika saya membuka jendela ada versi Hi-Res. Di sini, mata dapat menunjukkan dengan tepat detail yang tidak dianggap hilang saat jendela ditutup.

Dengan peralatan Hi-Res yang layak, yang paling mungkin merusak pesta adalah musik yang belum direkam atau dikuasai dengan benar, seperti awan hitam raksasa yang menghalangi sinar matahari.

Tetapi mainkan trek favorit Anda, nikmati tingkat kenikmatan yang belum pernah ada sebelumnya, dan harapkan hubungan emosional yang tidak pernah Anda bayangkan.

Bagaimana Cara Streaming/Download Hi-Res Audio?

Ada lebih banyak opsi dari sebelumnya untuk streaming dan mengunduh HRA, dan meskipun langganan dan file ini harganya lebih mahal daripada audio standar, perbedaan kualitasnya sangat mencengangkan.

Klik galeri di bawah ini untuk melihat tempat terbaik untuk streaming dan mengunduh HRA.

Master Tiddle

Tidal adalah layanan streaming musik luar biasa yang ideal bagi siapa saja yang menyukai audio. Namun, jika Anda menggunakan Audio Resolusi Tinggi, Anda harus berlangganan ‘Tier Hi-Fi’ Tidal untuk mengakses Tidal Masters.

Biayanya $19,99 (£19,99 / AU$23,99) per bulan untuk mengakses video HD, serta sekitar 30.000 trek beresolusi tinggi. Untuk saat ini, Anda hanya dapat melakukan streaming dalam kualitas ini dari desktop atau perangkat Android atau iOS Anda.

Qobuz

Qobuz adalah layanan streaming musik dan toko unduhan. Awalnya dirilis di Prancis, sekarang tersedia di Inggris dan menampilkan aliran musik audio resolusi tinggi dalam FLAC 16-bit/44.1kHz.

Langganan resolusi tinggi Qobuz memberi Anda pilihan layanan 320kbps $24,99 / £19,99 per bulan, atau $9,99 / £9,99, tetapi itu tidak benar-benar cocok dengan luasnya Spotify di sini. Saat ini hanya tersedia di Eropa dan dalam versi beta publik di AS.

Trek HD

Salah satu pelopor unduhan Audio Hi-Res paling awal adalah HDtracks yang berbasis di AS. Pilihan konten sangat luas, berkat dukungan dari label besar dari Sony Music Entertainment, Warner dan Universal, termasuk rilisan klasik seperti koleksi remaster Led Zeppelin, serta rekaman pop dan klasik esoteris yang lebih kontemporer.

Binaural+, format audio surround 3D dari CEO David Chesky, juga tersedia untuk diunduh. Formatnya termasuk ALAC dan AIFF (Audio Interchange File Format) yang ramah Apple, FLAC (Free Lossless Audio Codec), dan WAV (Waveform Audio File Format).

Resolusi tergantung pada bahan sumber asli. BAD Michael Jackson adalah unduhan 24-bit 96kHz dan Prokofiev’s Cout (alias The Buffoon) adalah 24-bit 192kHz.

7Digital

Jika Anda merasa bahwa katalog HD Track agak terbatas, cobalah 7Digital. 7Digital memiliki katalog dengan banyak rilisan terbaru serta trek dan album berkualitas studio.

Ini menawarkan bagian lengkap yang didedikasikan untuk Hi-Res Audio, tetapi 7Digital hanya menawarkan file FLAC, jadi pengguna Apple mungkin ingin mencari di tempat lain.

Amazon Musik HD

Amazon Music HD adalah tingkat baru dari layanan streaming musik perusahaan, yang pada akhirnya akan menampung lebih dari 50 juta lagu lossless dalam kualitas CD.

TRENDING  Review Apple AirPods

Amazon mengatakan akan menawarkan kedalaman bit hingga 24 bit dan kecepatan sampel hingga 192 kHz.

Tersedia sekarang di AS, Inggris, Jerman, dan Jepang, dengan harga $12,99 / £12,99 untuk anggota Perdana dan $14,99 / £14,99 untuk semua pengguna lain, kurang dari tingkat streaming lossless Tidal sebesar $19,99 / £. 19.99.

Peralatan Apa yang Saya Perlukan untuk Memutar Audio Resolusi Tinggi?

Memilih format file/layanan streaming yang tepat untuk Anda bergantung pada cara Anda mendengarkan musik. Misalnya, Apple Mac dapat memutar sebagian besar file HRA di iTunes, tetapi tidak FLAC.

Ini memerlukan perangkat lunak pemutar audio yang dapat diunduh gratis seperti VLC dan, menurut Home Theater Review, “mampu menghasilkan keluaran resolusi tinggi asli 24/96 dan 24/192”.

Jika Anda mencari sesuatu yang kurang mendasar, periksa Audivarna Plus, yang berharga $74 (sekitar £55/AU$100) dan dilengkapi dengan Tidal, Qobuz, dan layanan streaming resolusi tinggi terintegrasi lainnya.

Apakah Anda menggunakan PC? Biayanya sekitar $60 (£45/AU$80), lihat JRiver Media Center, yang bekerja dengan Windows, Linus dan Mac OS.

Jika Anda ingin mendengarkan musik saat bepergian, Anda memerlukan smartphone atau pemutar musik portabel yang mendukung resolusi tinggi. Samsung Galaxy S9, S9 Plus dan Note 9 semuanya mendukung HRA dan Dolby Atmos.

Sayangnya, iPhone tidak mendukung Audio Resolusi Tinggi secara asli, tetapi Anda dapat memperbaikinya dengan mengunduh aplikasi Audio Resolusi Tinggi seperti Onkyo Music dan menggunakan konverter digital-ke-analog eksternal (DAC).

DAC (Konverter Digital ke Analog)

Perangkat apa pun yang mengeluarkan musik mencakup beberapa bentuk DAC. Ini memungkinkan file musik digital diubah menjadi sinyal analog yang menggerakkan speaker atau headphone.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari musik Anda, Anda akan ingin membeli DAC eksternal untuk menggantikan chip audio berkualitas rendah yang disertakan dalam perangkat Anda. Jika Anda ingin audio resolusi tinggi benar-benar bernyanyi, ini harus ‘asinkron’.

Tanpa DAC asinkron, ada potensi kesalahan pengaturan waktu atau jitter pada audio.

Contoh yang baik adalah Chord Mojo ($599 / £399 / AU$899), yang melewati DAC bawaan komputer dan mengonversi file dari resolusi tinggi ke analog, sangat meningkatkan output halus komputer. Untuk smartphone seperti iPhone, cobalah Chord Hugo 2.

Pemutar Musik Portabel

Jika hp Anda tidak mendukung Audio Resolusi Tinggi, Anda bisa mendapatkan pemutar musik portabel. Pemutar MP3 tidak sepopuler 10 tahun yang lalu, tetapi bukan berarti teknologinya ketinggalan zaman.

Faktanya, pemutar MP3 modern melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik untuk menyimpan seluruh perpustakaan musik Anda pada bitrate yang lebih tinggi daripada yang dapat dilakukan iPod Shuffle 2009. Salah satu pemutar musik portabel terbaik adalah Onkyo DP-X1A, yang mendukung berbagai format musik termasuk FLAC, OGG, WAV, MP3, ALAC dan banyak lagi.

Di sisi perangkat keras, perangkat ini memiliki chipset yang menggerakkan seluruh unit dan yang menangani DAC dan amplifier, memberikan pengalaman bebas noise.

Tapi itu tidak berarti murah, dan label harga $799 (£559 / AU$649) mungkin cukup untuk menunda audiophile yang paling berpengalaman sekalipun.

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih murah, cobalah HiFiMan SuperMini. Dengan label harga $399 (£400 / AU$399), tidak ada penyimpanan internal. Anda harus membeli kartu microSD secara terpisah. Namun, ia mendukung berbagai format audio yang cukup luas termasuk FLAC, DSD, WAV, MP3 dan AIFF, dan audio dengan kecepatan sampel hingga 192 kHz.

Headphone HRA

Jika Anda membawa Hi-Res Audio, Anda pasti membutuhkan headphone yang fantastis. Favorit kami saat ini adalah Sony WH-1000XM3, headphone peredam bising yang dominan dengan lengan di belakangnya yang mengalahkan semua yang dimiliki Bose.

Ini karena, sementara Bose menghabiskan banyak waktu mengembangkan algoritme denoising selama bertahun-tahun, Sony menghabiskan waktu untuk membuat berbagai jenis algoritme adaptif, daripada membuat satu penghalang suara steril sambil menyempurnakan reproduksi audio. Anda dapat beradaptasi dengan situasi apa pun.

Headphone Sony ini tidak hanya unggul dalam memblokir kebisingan luar, mereka juga mendukung Audio Resolusi Tinggi, mendukung codec aptX, aptX HD dan LDAC, dan memiliki dukungan Google Assistant. Jika Anda membutuhkan headphone yang dapat menahan tantangan apa pun dan unggul di lingkungan apa pun, ini dia.

TRENDING  Apple AirPods Mendapatkan Beberapa Peningkatan Baru di WWDC. Tapi di Mana AirPods 3?

Harganya sedikit lebih mahal daripada headphone peredam bising rata-rata seharga $349 (£300 / AU$499), tetapi headphone ini bagus untuk bepergian.

Jika Anda mendengarkan sebagian besar musik di rumah, Anda dapat mencoba kaleng terbuka seperti headphone Grado GW100 Wireless.

GW100 memiliki desain belakang terbuka, dengan kisi-kisi terbuka sepenuhnya di luar cangkir telinga, memungkinkan pengemudi untuk mengirimkan suara masuk dan keluar dari cangkir.

Pada headphone cangkir tertutup, suara ini terperangkap di dalam cangkir, yang sangat baik untuk isolasi kebisingan, tetapi dapat menyebabkan bidang suara sempit yang membuat musik terasa seperti datang langsung dari kepala Anda daripada persis dalam mode mendengarkan alami Anda. .

  • Headphone terbaik tahun 2022

Sebaliknya, suara bergerak bebas masuk dan keluar dari cangkir headphone yang terbuka, memberi Anda panggung suara yang jauh lebih luas, seperti mendengarkan musisi di ruangan biasa. Ini ditingkatkan dengan desain ultra-angle GW100, yang semakin mengurangi rasa tersegel yang Anda dapatkan dari headphone tertutup.

Untuk GW100, efek dari desain open-back adalah menghadirkan ekspresi musik yang sangat alami dengan panggung suara yang hangat dan luas. Audio berkualitas tinggi dengan aptX Bluetooth.

Sekali lagi, dengan harga $249,99 (£199,95 / AU$365), itu tidak murah, tetapi lebih murah daripada Sony WH-1000MX3.

Speaker Stereo HRA

Sekarang sebagai pembicara; Ada banyak speaker pintar yang fantastis di pasaran saat ini, tetapi tidak ada yang mengalahkan pengaturan speaker stereo untuk suara berkualitas tinggi.

Tentu saja, Anda dapat menghabiskan $4,000 untuk speaker stereo favorit kami, Teknologi Definitif BP9080xs. Segera kami ingin memperjelas bahwa pasangan stereo ini adalah barang mewah yang dibuat hanya untuk penggemar audiophile di pasaran. Sebagian besar dari kita akan menemukan sesuatu yang sedikit lebih murah.

Satu set speaker stereo yang fantastis adalah sistem nirkabel KEF LSX dengan harga eceran yang disarankan sebesar $1099 (£1000 / AU$1895). Saat kami mengujinya, kami terkesan dengan pemisahan antara frekuensi yang berbeda dan suara yang seimbang.

Jika Anda benar-benar menghemat uang, periksa speaker Edifier R1280T. Speaker bergaya meja/rak buku yang ringkas ini menghadirkan akustik yang mengesankan dan tampak hebat, sekaligus menjaga label harganya di bawah $100 (£90 / AU$140) untuk sepasang.

HRA Streamer dan Sistem Hi-Fi

Jika Anda benar-benar berkomitmen pada audio berkualitas tinggi, Anda dapat berinvestasi dalam sistem Hi-Fi canggih seperti Ruark R5. Sistem ini adalah pemutar CD multi-format, DAB/FM dan tuner radio Internet serta aptX HD untuk streaming Bluetooth dan Wi-Fi.

Berkat input meja putar RIAA khusus, Anda juga dapat menghubungkannya ke meja putar Anda atau menggunakan port putar/pengisian USB untuk mengisi daya perangkat Anda.

Belum ada kabar tentang tanggal rilis resmi, tetapi Ruark mengatakan R5 akan tersedia dengan harga £999 (sekitar $1300 / AU$1800 pada tingkat konversi saat ini) dalam beberapa bulan ke depan.

Pilihan lainnya adalah mendapatkan streamer musik khusus seperti Cambridge Audio CXN.

Ulasan streamer tentang What Hi-Fi? “Semua input digital CXN mampu memutar file resolusi tinggi hingga 24-bit/192 kHz dan juga dapat ditingkatkan hingga 384 kHz. Ini termasuk input USB Tipe B untuk laptop dan optik dan masukan koaksial. Ia juga memiliki sepasang keluaran RCA dan XLR seimbang, bersama dengan dua keluaran digital.”

Ini tidak semurah Ruark M5 seharga $899,99 (£700 / sekitar AU$1275), jadi Anda mungkin ingin tetap streaming di laptop, ponsel cerdas, atau tablet Anda karena resolusi yang lebih tinggi menjadi lebih mudah diakses. Audio masih bisa terdengar fantastis.

Check Also

Review Apple AirPods

Review Apple AirPods

techradar.id – Apakah Apple AirPods asli masih layak dibeli? Meskipun Apple AirPods telah digantikan oleh AirPods …