Review TCL 6-Series Roku TV (R615, R617)

Review TCL 6-Series Roku TV (R615, R617)

techradar.id – TV HDR 4K yang luar biasa untuk pembeli anggaran.

Penilaian Kami

TCL 6-Series adalah TV terbaik di bawah $1000. Mengemas gamut warna yang lebar, Dolby Vision, dan panel matriks penuh hanya dengan $650 untuk monitor 55R617 55 inci, ini adalah TV 4K ramah anggaran yang kami rekomendasikan kepada teman, keluarga, dan pembaca untuk sisa tahun ini .

Kelebihan

  • Kesepakatan yang fantastis
  • HDR cerah dan penuh warna
  • Mendukung Dolby Vision
  • TV Roku yang Menakjubkan

Kekurangan

  • Hilangnya detail yang lebih gelap
  • Pengaturan gerak terbatas
  • Kabel berantakan di belakang

TCL 6-Series Roku TV menawarkan nilai yang sangat baik untuk pembeli TV 4K pertama kali, baik Anda membelinya dengan layar standar 55 inci atau layar 75 inci yang lebih besar (baru dirilis), sebagai salah satu TCL terbaik TV di luar sana.

Ini juga menawarkan koreksi kursus yang signifikan untuk model Seri 6 yang lebih lama, banyak di antaranya terbatas pada satu ukuran, dan membatasi fleksibilitas pembeli — menjadikan model aneh yang membuat daftar TV terbaik kami semakin mengesankan.

Untungnya, masalah ini telah diperbaiki di TV Seri 6 baru yang menawarkan kontras 65 dan 55 inci, dan sejak 2019, versi 75 inci baru dengan lebih banyak area kontrol kontras.

Untuk panel itu sendiri, ada beberapa penyesuaian untuk tahun ini — TCL meningkatkan jumlah zona kontrol kontras dari 72 menjadi 96 pada model 55 inci, dan lebih dari 120 pada TV versi 65 inci. Versi 75-inci melampaui 160 zona kontrol kontras.

Tetapi Anda mendapatkan spesifikasi dasar yang hampir sama dari tahun lalu: TV 4K dengan tiga jenis dukungan HDR termasuk Dolby Vision, OS Roku bawaan, dan panel matriks penuh — yang semuanya dijual TCL dengan harga sangat rendah $649 untuk 55R617 55 inci, dan $999 untuk 65R617 65 inci. 75R615 75-inci baru adalah lompatan dan hanya dijual oleh Best Buy seharga $ 1.799.

Sederhananya, jika ada TV bernilai lebih baik di pasar, kita masih harus melihatnya.

Perlu juga dicatat bahwa TCL membawa merek TV murah melintasi perbatasan ke Kanada: Mulai November, Seri 6 premium akan tersedia di Kanada dalam dua versi, model 55 inci (55R617-CA) yang dijual secara eceran untuk CAD 849, dan model 65 inci ( 65R617-CA) seharga $1.249 CAD.

Desain

Sebelum kita masuk ke dalamnya, perlu dicatat bahwa ada tiga model TV yang berbeda, masing-masing tersedia dalam format 55, 65, dan 75 inci. Ada model R615, yang dilengkapi dengan remote control standar dan dapat ditemukan seharga $50 lebih murah daripada MSRP biasa dari kakak laki-lakinya, R617, yang menawarkan remote pintar dengan mikrofon pencarian suara yang terpasang langsung di dalamnya.

(Kiat pro: Pegas untuk Remote Control Suara Cerdas – ini membuat pencarian konten 100 kali lebih mudah daripada mengetiknya dengan tangan.)

Untuk ulasan kami, R617 55-inci dikirimkan, tetapi Anda dapat menerapkan sebagian besar dari apa yang dikatakan di sini untuk R615 dan R617 baik dalam versi 55 dan 65-inci.

Mari kita beralih ke seperti apa TV TCL yang lebih baru … yang, karena tidak ada kata yang lebih baik, kami gambarkan sebagai industri. Ini bukanlah hal yang buruk.

Faktor besar yang berkontribusi pada nuansa industri ini adalah eksterior logam yang disikat, tombol daya seperti permata, dan bezel kokoh yang mungkin setebal satu setengah inci.

Namun, meskipun TV TCL tidak memiliki bezel ultra-tipis yang pernah kita lihat sebelumnya di OLED dan beberapa TV LED/LCD dengan pencahayaan tepi dan terkadang terlihat sedikit rumit saat duduk di dudukan TV, mereka relatif tidak mengganggu – terutama Melihat apa yang ada di balik kap TV ini.

Apa yang ada di bawah, jika Anda memerlukan pengingat, adalah panel LED array penuh dengan area kontrol kontras yang luar biasa. TCL adalah satu dari hanya dua perusahaan yang mengumumkan jumlah zona yang mereka gunakan di TV Full Array mereka, dan sebagai perbandingan, ini benar-benar menghancurkan persaingan: VIZIO 2018 M-Series hanya menawarkan 32 zona peredupan lokal pada TV 55 inci dengan harga yang sama dibandingkan ke 96 yang ada Pada TCL 55R617.

Dudukan Seri 6 memiliki dua kaki logam berbentuk V yang memiliki bantalan karet di bagian bawah untuk mencegah tergelincir. Mereka dapat dipasang dengan relatif cepat, dan TV Anda akan aktif dan berjalan dalam hitungan menit jika Anda telah mengatur semua kabel dan siap untuk dicolokkan.

Dari segi koneksi, di bagian belakang R615 dan R617 Anda akan menemukan tiga port HDMI 2.0 dengan HDCP 2.2, satu dengan HDMI ARC, port USB 2.0, jack headphone 3.5mm, dan input optik digital, serta port AV In yang mengambil input komposit standar (RCA-Putih-Kuning RCA), bagus untuk game klasik atau perangkat AV antik.

Akan menyenangkan untuk melihat port HDMI lain di sini, tetapi tiga port HDMI seharusnya cukup untuk semua kecuali penggemar AV yang paling bersemangat.

Satu-satunya area yang kami ingin agar Seri 6 ditingkatkan tahun depan — kritik kecil — adalah desainnya yang terbuka dengan port HDMI yang mencuat dari samping menciptakan kekacauan kabel yang menggantung dari sisi TV baru Anda. . TCL 8-Series 8K Roku TV diumumkan, tetapi latar belakangnya tampak serupa.

Salah satu solusi yang mungkin adalah merancang sesuatu yang mirip dengan Samsung T-mount yang mengarahkan semua kabel melalui dasar dudukan, dan kemudian di sepanjang alur di bagian belakang TV.

Ini adalah solusi yang lebih rapi dan membantu TV terasa lebih berbeda bahkan jika kualitas gambar meninggalkan sesuatu yang diinginkan. Desain TL; DR: Seri 6 TCL sedikit tebal, tapi itu karena ia menampung panel array penuh yang sangat penting.

Smart TV (TV Roku)

Setelah Anda menyalakan TV, Anda akan bertemu dengan cangkang Roku TV yang sudah dikenal – sistem operasi yang sama-sama memiliki landasan yang dengan mudah mempertahankan tempatnya sebagai sistem operasi terbaik dari tahun ke tahun.

Mudah digunakan (jika sedikit membosankan) dan kurangnya tautan ke platform streaming tertentu memungkinkannya mengarahkan Anda ke semua tempat di mana konten dapat ditemukan tanpa bias.

Bagian terakhir ini penting, terutama jika Anda pernah menggunakan Apple TV atau Amazon Fire TV, keduanya lebih memilih streaming dari layanan streaming tambahan daripada layanan pihak ketiga mana pun.

Karena Roku tidak memiliki hubungan dengan layanan streaming utama — selain kesepakatan samar untuk memasukkan FandangoNow di layar beranda OS — itu tidak mendorong Anda ke arah mana pun yang tidak Anda inginkan dan dengan senang hati mendukung semuanya dari Netflix, Hulu, Sling TV, dan Amazon, hingga saluran yang kurang dikenal seperti Pluto.tv, tubi, Crackle, dan lainnya.

Tidak ada yang bisa dikatakan tentang layanan streaming Roku sendiri, yang diluncurkan pada akhir tahun lalu, yang menawarkan koleksi film gratisnya sendiri yang terus berubah setiap beberapa bulan.

Sebagian besar bukan sesuatu untuk ditulis di rumah, tetapi film paling menonjol bulan ini adalah Whiplash — yang, jika Anda belum pernah melihatnya, benar-benar layak untuk memanfaatkan tiket masuk gratis.

Jika hp Anda berguna saat menelusuri saluran, Anda dapat mengunduh aplikasi Roku TV yang akan membantu Anda mengelola konten Umpan Saya (daftar tontonan yang dikuratori pengguna yang akan memberi tahu Anda saat film atau acara TV hadir layanan streaming) dan akan memungkinkan hingga empat orang untuk mendengarkan TV dalam mode mendengarkan pribadi – fitur baru untuk tahun 2018.

Satu kejutan menyenangkan yang disertakan dengan TV dari TCL dan Roku adalah ia memiliki Chromecast bawaan – fitur praktis yang memungkinkan Anda mentransmisikan konten dari perangkat seluler ke TV.

Ini bagus jika Anda memiliki sekelompok teman dan mereka semua menginginkan peran yang menunjukkan klip YouTube favorit mereka, atau jika Anda ingin menggunakan TV sebagai bingkai foto digital saat keluarga datang berkunjung.

Meskipun akan menyenangkan untuk melihat masuknya kecerdasan buatan dan asisten pribadi di Roku TV – mirip dengan apa yang dilakukan LG dengan WebOS dan Samsung dengan Tizen dan SmartThings – semua hal dipertimbangkan, ini masih salah satu sistem operasi TV pintar terbaik.

TV Pintar TL; DR: Meskipun Anda tidak akan menemukan asisten pintar di sini atau kecerdasan buatan apa pun, Roku TV berfokus pada laser untuk melayani hampir setiap layanan streaming utama dan membuat katalog acara dan film dalam basis datanya yang kuat dan dapat dicari.

Performa HD/SDR

Salah satu kritik utama yang kami buat terhadap seri P6 adalah ketidakmampuannya untuk meningkatkan konten dengan benar dari HD/SDR ke 4K/HDR. Kabar baiknya adalah sebagian besar tidak demikian lagi – konten HD/SDR umumnya terlihat bagus di 55R617.

Ambil contoh, Guardians of the Galaxy 2. Dikenal karena pemandangannya yang cerah dan penuh warna, Seri Keenam meningkatkan gambar SDR 1080p film menjadi gambar yang subur mendekati 4K.

Apakah mungkin membuat film ini lebih cerah dan lebih berwarna? tentu. Apakah mungkin melakukan ini tanpa menonton Blu-ray dalam 4K HDR? Sebagian besar tidak.

Keuntungan nyata yang dimiliki TCL di sini adalah panel matriks penuh dan lusinan zona kontrol kontras – ini membantu setiap adegan mendapatkan kontras yang lebih tinggi dan bahkan konten SDR terlihat terbaik.

Artinya dalam praktiknya adalah Anda akan melihat kurangnya warna abu-abu pada TCL 6-Series yang mungkin Anda lewatkan dalam warna hitam pada TV sebelumnya yang Anda miliki. Menurut TCL, kinerja kontras 6-Series melebihi pesaing terkemuka sebesar 300% dan menempatkan rasio kontras di suatu tempat di rata-rata 12.000:1 dengan konten SDR.

Di mana ada ruang untuk perbaikan di sini adalah bagaimana TV menangani gerakan. Untuk sebagian besar, ini sangat bagus – bahkan jika Anda menonton konten yang bergerak cepat – tetapi cara Roku TV diterapkan di sini, Anda tidak memiliki banyak kendali atas cara menangani gerakan.

Hanya ada tiga pengaturan – tinggi, sedang, rendah – atau dapat dimatikan sepenuhnya.

Jelas tiga opsi lebih baik daripada tidak sama sekali, tetapi Samsung menawarkan skala 10 poin yang lebih terkontrol. Apa pun yang Anda lihat di kotak, itu hanya panel 60Hz – bahkan jika itu menyembunyikan fakta itu dengan cukup baik.

Poin terakhir yang layak disebutkan tentang kinerja HD/SDR adalah bahwa gamer dapat mengharapkan tingkat input lag yang sangat rendah pada Seri 6. TCL mengatakan mereka mengukurnya sekitar 17,7 ms, yang akan menempatkan Seri 6 jauh dari tempat kami mengukur LG OLED. E8 – TV Jauh lebih mahal.

Kinerja HD/SDR TL; DR: Performa HD/SDR Kelas 6 meningkat secara signifikan dibandingkan tahun lalu.

Performa 4K/HDR

Di mana kesuksesan TCL dalam HD/SDR sebagian besar tidak dapat disangkal, kinerjanya dengan konten 4K/HDR hampir seluruhnya baik dan jarang membutuhkan kualifikasi: ditumpuk melawan persaingan bahkan dalam kondisi yang paling tidak menguntungkan, Seri 6 adalah sama; Letakkan di tempat Seri 6 dapat berkembang, dan itu akan mengungguli TV yang harganya dua, tiga, dan bahkan empat kali lipat.

Jadi kemana seri keenam harus pergi?

Anda akan mendapatkan kinerja yang lebih baik di satu sisi jika TV ditempatkan di ruangan yang gelap. Detail di ujung spektrum cahaya – terutama dalam pemandangan yang terang dan terutama dalam pemandangan yang gelap – akan mempertahankan kemegahannya dan warnanya tidak akan pudar.

Di sini, dalam kenyamanan ruangan yang gelap, Seri 6 berdiri berdampingan dengan TV QLED terbaik Samsung, LG OLED, dan layar LED legendaris Sony.

Kuncinya di sini, bersama dengan mesin iPQ yang membantu memperluas kontras dan panel matriks penuh yang memiliki kontrol lebih besar daripada kebanyakan TV di pasaran, adalah kemampuan WCG (Wide Color Gamut) yang berasal dari teknologi NBP Photon miliknya.

NBP, atau Nano Band Phosphor, menggunakan LED keluaran tinggi dengan mikro-fosfor yang membantu Seri 6 menampilkan 93% ruang warna DCI-P3, hampir seluruhnya.

Tetapi pindahkan kelompok keenam ke ruangan yang terang benderang, katakanlah di ruang tamu dekat jendela, dan beberapa keuntungan ini mulai runtuh. Detail hitam mulai hilang, warna mulai memudar, dan kecerahan yang dulu dimiliki TV — atau, lebih tepatnya, yang Anda rasakan — menghilang.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan puncak luminance. TV seperti Samsung Q8FN menghasilkan dua kali output TCL 6-Series, yang berarti mereka terlihat lebih baik di ruangan yang terang, sementara OLED seperti Sony A1E dan LG C8 OLED dapat menghasilkan warna hitam lebih baik.

Tentu saja, TCL tidak akan turun tanpa perlawanan ke ruangan yang terang benderang – ada cara untuk meningkatkan pencahayaan dengan mengorbankan tingkat hitam.

Salah satu metode tersebut adalah dengan HDR Pro Gamma yang memungkinkan Anda untuk mengubah dari mode Dark HDR untuk home theater biasa, ke Bright HDR untuk ruang tamu yang diterangi jendela dan HDR Normal di antara keduanya.

Ini membantu memerangi warna kusam dan gambar bercahaya, tetapi hanya membantu masalah pencahayaan TV. Tetapi semua ini mungkin memberi Anda kesan bahwa Seri 6 berkinerja buruk di wilayah HDR 4K ini bukan.

Ini hanya satu area di mana ia kehilangan tempatnya di depan TV di mana ia dengan mudah unggul di setiap departemen lainnya. Jika Anda dapat mengatasi beberapa masalah – yang, percayalah kepada kami – tidak terlalu sulit untuk dilakukan, Anda akan disuguhi foto yang tampak bagus.

Ini menjadikannya mitra yang hebat untuk Xbox One X dan PS4 Pro. Bermain God of War di PS4 Pro benar-benar menyenangkan, dan Forza Motorsport 7 di Xbox One X adalah game mengemudi yang selalu kami inginkan.

Mengambil kinerja HDR TCL selangkah lebih maju adalah dukungan untuk Dolby Vision – format yang digunakan studio film dan produser TV untuk efek yang luar biasa.

Saat menonton Daredevil di Netflix, Dolby Vision memberikan lebih banyak detail cahaya rendah dan kecerahan superior daripada yang dapat disediakan oleh HDR10 standar sendiri. Memilikinya di sini di TV pada titik harga ini menunjukkan banyak nilai yang telah diciptakan TCL dan Dolby di sini.

Tidak ada konten demo Dolby Vision? jangan khawatir tentang itu. Yang baru tahun ini adalah aplikasi Dolby yang menawarkan klip gratis konten Dolby Vision dan Dolby Atmos yang dapat Anda gunakan untuk melihat TV baru Anda.

Mendidik, menghibur, dan yang terbaik dari semuanya, gratis, ini adalah tambahan yang disambut baik untuk koleksi menakjubkan TCL.

TL Kinerja 4K/HDR; DR: Pendamping sempurna untuk game dan film (terutama yang ada di Dolby Vision), Seri 6 memiliki bobot yang jauh.

Suara

Dalam hal suara, tidak banyak yang bisa dilaporkan dengan TCL 6-Series.

Seperti P607 tahun lalu, R617 menggunakan dua speaker 8 watt yang menghasilkan sedikit kebisingan — cukup untuk mengisi ruangan kecil seperti kamar tidur atau memotong ruangan berukuran besar hingga sedang tanpa mengorbankan terlalu banyak detail.

Dalam hal keseimbangan nada, TCL dengan bijak berfokus pada mid dan high daripada bass yang menggetarkan. Ini berarti bahwa TV berkinerja baik dalam acara dan film di mana dialog adalah jenis suara yang paling penting atau menonjol, tetapi kurang dalam musik atau permainan di mana ledakan mendominasi.

Ini tidak sepenuhnya kendur di sini, tetapi jika Anda mencari bass yang akan menggetarkan dinding, Anda akan ingin berinvestasi dalam speaker.

Namun, perlu dicatat bahwa Seri 6 mendukung passthrough Dolby Atmos. Ini berarti Anda dapat menghubungkannya ke sesuatu seperti Creative X-Fi Sonic Carrier atau sistem home theater Focal Sib Evo Dolby Atmos dan Anda akan mendapatkan suara imersif yang belum pernah Anda dengar sebelumnya. Ini adalah fitur yang pasti.

Papan Lain untuk Dipikirkan

Pesaing yang jelas adalah Samsung NU8000 – ia menawarkan kinerja serupa dalam banyak hal tetapi sedikit lebih mahal daripada Seri 6.

Kabar baiknya jika Anda memilih Samsung daripada TCL adalah Anda mendapatkan sistem Smart Tizen yang sama hebatnya, yang kini menawarkan integrasi Samsung SmartThings bersama dengan algoritme peningkatan HDR Samsung yang sedikit lebih baik, HDR+.

Apa yang akan Anda lewatkan, bagaimanapun, adalah panel full-matrix pada TCL di mana NU8000 menggunakan layar edge-lit. NU8000 lebih cerah dan lebih berwarna dengan konten HDR 4K, tetapi keseluruhan konten HD/SDR terlihat lebih bagus pada TCL 6-Series. Anda tidak bisa salah, tetapi untuk harga, Seri 6 adalah pilihan kami.

Jika Anda mempertimbangkan ponsel LG, maka Anda harus melihat LG SK8000, yang merupakan bagian dari jajaran Super UHD. TV Super UHD didasarkan pada Teknologi Quantum Dot yang dengan mudah mengungguli Mesin iPQ TCL di departemen warna.

Di LG SK9000, kakak laki-laki SK8000, kami menyukai warna hitam yang ditingkatkan dan fitur AI hebat yang disertakan dalam webOS tahun ini tetapi terhambat oleh kinerja audio TV. Meskipun Anda akan mendapatkan kinerja yang sedikit lebih baik daripada SK8000, Anda harus membayar lebih untuk itu karena LG 55SK8000 55-inci saat ini berharga $899 setelah diskon $300 yang sudah curam.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki kantong dalam dan buku cek penuh cek kosong, kami akan meminta Anda untuk menggali dan menemukan hanya TV terbaik di pasar – LG OLED W8 atau Q9FN QLED ultra-terang LG. Tapi ini tidak realistis. Bagi sebagian besar dari kita, anggaran belanja TV kita di bawah $1.000 — dan seringkali kurang dari itu.

Untuk itu, sangat adil untuk mengatakan bahwa TCL 6-Series adalah TV terbaik yang bisa Anda dapatkan dalam kisaran harga ini. Performanya untuk setiap dolar tidak tertandingi dan kualitas gambarnya – meskipun ada beberapa kekurangan kecil – akan sangat mengesankan Anda.

  • Lihat TV terbaik

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Tcl 6 Series Processor Tcl 6 Series R615 Tcl 6 Series Roku Tv R635 Tcl 6 Series Watts Tcl R615 Vs R617 Tcl R617 Tcl R617 RtingsTcl R617 Vs R635

Check Also

Exploring the Realm of Big Data Analytics: Unleashing Insights from Data Deluge

In the era of digital transformation, the proliferation of data has reached unprecedented levels. Every …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *