Review TV TCL 6-Series 2020 QLED dengan Mini LED

Review TV TCL 6-Series 2020 QLED dengan Mini LED


techradar.id – Semua yang dapat Anda harapkan dari TV 4K TCL seharga $650.

Penilaian Kami

TCL 6-Series R635 baru terus bersinar sebagai mercusuar bagi pembeli TV beranggaran rendah. Dimasukkannya teknologi Mini LED meningkatkan kontras Kelas 6, dan mesin AiPQ melakukan pekerjaan yang baik untuk meningkatkan video HD.

Penanganan gerakan masih sempurna dan ini bukan TV LED-LCD paling terang, tapi secara keseluruhan ini adalah nilai yang luar biasa.

Kelebihan

  • Menggunakan lampu latar LED kecil
  • Warna titik kuantum
  • Mesin AiPQ yang Dapat Diupgrade

Kekurangan

  • Kecerahan puncak rata-rata
  • Berurusan dengan gerakan yang buruk
  • Tidak dapat memainkan game pada 4K/120Hz

Ulasan 1 Menit

Meskipun telah digantikan oleh model TV 8K baru, TV TCL 6-Series 8K (R648), TCL 6-Series 2020 QLED (R635) masih merupakan nilai yang luar biasa.

Mulai dari $650 saja, TCL 6-Series R635 adalah TV Roku 4K yang menggunakan Mini LED — teknologi yang sering ditemukan di TV yang harganya tiga kali lipat — serta filter Quantum Dot untuk warna yang lebih cerah.

Hasil? Kelas 6 lebih terang dari sebelumnya, lebih berwarna dan tidak ada tanda-tanda halo atau pendarahan ringan. Ini dirancang dengan cara baru untuk menyembunyikan kabel Anda dan merupakan TV pertama yang hadir dengan Game Mode bersertifikasi THX untuk game 1440p/120Hz.

Ya, TV 8K masih memiliki kecerahan yang lebih tinggi dan jumlah piksel empat kali lipat, tetapi jika Anda membeli TV untuk menikmati menonton Netflix atau streaming Hulu tanpa melanggar anggaran, ini adalah TV 4K yang kami rekomendasikan untuk Anda.

  • Lihat TV TCL terbaik secara keseluruhan

Harga dan Tanggal Rilis TCL 6-Series 2020

TCL 6-Series R635 tersedia mulai Agustus 2020. Di AS, tersedia dalam tiga ukuran berbeda termasuk model 55, 65, dan 75 inci dengan harga masing-masing $649, $899, dan $1399.

Apa yang membuat Seri 6 unik adalah meskipun harganya terjangkau, ia menampilkan fitur-fitur yang Anda temukan di TV yang harganya dua kali lipat, menjadikannya nilai yang luar biasa.

Dalam hal kinerja, TCL 6-Series tahun ini sangat mirip dengan QLED TV Q80T full-array Samsung dan LG Nano 90, keduanya menggunakan variasi quantum-dot untuk akurasi warna yang lebih baik, tetapi 6 Series R635 berharga $300 hingga $650 lebih murah daripada opsi Either dan menggunakan TV Roku yang mudah dinavigasi.

Meskipun jalannya masih jauh, kami juga merekomendasikan untuk menyetel ke CES 2022 di mana kami kemungkinan akan melihat penerus TCL 6-Series. Kami akan berada di sana di tanah untuk menutupinya jika/ketika muncul, tetapi perlu disebutkan jika Anda ingin bertahan untuk anggota berikutnya dari keluarga Seri 6 TCL.

Desain

TCL 6-Series memiliki banyak keunggulan dalam hal desain (lihat: lampu latar LED mini itu), tetapi itu juga bukan karya seni seperti pada The Frame Samsung. Ini mungkin terdengar seperti bidikan besar, tetapi 6-Series R635 agak tebal untuk layar LED-LCD, dan tidak dapat menyentuh profil layar OLED yang sangat tipis.

Meskipun tidak terlalu tipis, desain TV yang hampir bebas bezel ini cukup serbaguna. Kaki TV dapat diletakkan berdekatan agar sesuai dengan meja atau dudukan yang lebih kecil, atau dapat dipasang ke sudut luar TV untuk memberikan stabilitas yang lebih.

Berbicara tentang kaki, satu tambahan yang rapi tahun ini adalah kemampuan untuk menenun kabel melalui kaki itu sendiri, menciptakan ruang bebas kabel yang tidak berantakan.

Putar dan Anda akan menemukan pilihan port yang kuat. Diantaranya, Anda memiliki Ethernet, empat port HDMI 2.0b, salah satunya mendukung eARC, serta port AV yang mengambil input standar komposit (RCA merah, putih, dan kuning), USB, dan audio optik.

Perhatikan, tentu saja, ini bukan port HDMI 2.1 yang dapat membawa sinyal 4K/120Hz atau 8K – tetapi 4K/60 atau 1440p/120 masih sangat memungkinkan di sini.

Remote yang disertakan dengan TV mirip dengan remote Roku yang dikirimkan dengan model sebelumnya, tetapi menyelesaikan pekerjaan. Satu-satunya perubahan nyata kali ini adalah sekarang ada tombol untuk Disney Plus, yang mungkin lebih baik bagi kebanyakan orang daripada ESPN+ yang ada sebelumnya.

Smart TV (TV Roku)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, TCL 6-Series R635 menggunakan Roku TV, platform TV pintar setara yang memiliki fitur pencarian yang adil dan kuat serta sebagian besar aplikasi streaming utama.

Bagian penelitian itu penting, terutama jika Anda pernah menggunakan Apple TV atau Amazon Fire TV, keduanya lebih memilih streaming dari layanan streaming tambahan daripada layanan pihak ketiga mana pun.

Karena Roku tidak memiliki hubungan dengan layanan streaming utama — selain kesepakatan samar untuk memasukkan FandangoNow di layar beranda OS — itu tidak mendorong Anda ke arah mana pun yang tidak ingin Anda tuju.

Untungnya, Roku TV mendukung semuanya, mulai dari Netflix, Hulu, Sling TV, dan Amazon, hingga saluran yang kurang dikenal seperti Pluto.tv, tubi, Crackle, dan banyak lagi.

Satu-satunya aplikasi utama yang hilang dari grup adalah HBO Max, tetapi itu kemungkinan akan diselesaikan setelah kedua perusahaan mencapai kesepakatan dalam beberapa bulan ke depan.

Jika Anda seorang pemotong kabel, Anda akan menyukai bagian gratis unggulan di beranda yang menunjukkan kepada Anda apa yang tersedia secara gratis di berbagai layanan dan layanan streaming Roku, The Roku Channel, yang menawarkan koleksi sendiri film gratis yang berubah dalam dan keluar setiap beberapa bulan.

Ini adalah sumber daya yang tak ternilai bagi pemotong kabel yang ingin hidup tanpa kabel, dan alternatif yang bagus untuk berselancar saluran bagi orang-orang yang masih memiliki kotak.

Satu kejutan menyenangkan yang dibawa ke TV oleh TCL dan Roku adalah layarnya siap – fitur berguna yang memungkinkan Anda mentransmisikan konten dari perangkat seluler ke TV.

Ini bagus jika Anda memiliki sekelompok teman dan mereka semua menginginkan peran yang menunjukkan klip YouTube favorit mereka, atau jika Anda ingin menggunakan TV sebagai bingkai foto digital saat keluarga datang berkunjung.

Dalam hal asisten pintar, Roku TV menggunakan Asisten Roku, yang benar-benar bagus hanya untuk menemukan acara dan film, tetapi terhubung dengan Amazon Alexa dan Asisten Google jika Anda ingin mengontrol TV Anda menggunakan salah satu platform rumah pintar tersebut. .

Performa

Area di mana Anda akan melihat peningkatan terbesar dalam seri TCL 6 tahun ini adalah kinerja – terutama di tingkat hitam, kontras, dan kurangnya halo yang mungkin Anda lihat pada model sebelumnya.

Ini semua berkat sistem lampu latar Mini LED baru yang menggunakan ribuan LED, bukan ratusan untuk tingkat hitam yang hampir sempurna di samping lampu terang.

Satu-satunya kekurangan di sini yang kami perhatikan adalah kecerahan puncak sebenarnya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan TV QLED lain yang tidak menggunakan LED Mini, seperti Samsung Q80T, Samsung Q90T, Vizio P-Series Quantum X, atau bahkan 8-seri TCL sendiri Tahun lalu mengukur kecerahan puncak lebih dari 1.300 nits.

Hasilnya, Seri 6 lebih dekat ke OLED dalam hal kecerahan dan kontras, tetapi memiliki keuntungan menggunakan titik-titik kuantum, seperti tahun lalu, yang berarti Anda akan melihat gamut warna lebar yang tampak menakjubkan.

Untuk menempatkan TCL 6-Series dengan tenang, kami mencoba banyak konten yang berbeda, dari Night on Earth (tersedia di Dolby Vision, tidak kurang) hingga berita lokal untuk melihat bagaimana TV meningkatkan konten HD untuk mengisi layar 4K.

Karena masih ada kelangkaan konten 4K/HDR, Seri 6 masih sangat bergantung pada mesin AiPQ untuk mengubah konten HD menjadi 4K. Ini dilakukan dengan menggunakan tiga algoritma – satu untuk warna, satu untuk kejelasan dan satu untuk kontras – dan hasilnya, sejauh ini, terlihat lebih baik daripada tahun lalu.

Untuk orang yang ingin benar-benar serius mengatur gambar TV, TCL menyertakan lima pengaturan gambar default, yang masing-masing dapat dioptimalkan di bidang warna, kontras, dll.

Untuk pengujian kami, kami menjauh dari gambar normal pengaturan Dengan sebagian besar teknologi pemrosesan gerakan dimatikan karena fakta bahwa itu menyediakan artefak animasi saat menonton film seperti Spider-Man: Into the Spiderverse.

Satu-satunya masalah lain dengan mesin AiPQ adalah bahwa terlepas dari modenya, kami telah memperhatikan bahwa prosesor dapat memproses area yang sangat terang, menjadikannya putih rata.

Kami melihatnya di awan yang kehilangan teksturnya di acara seperti Down to Earth di Netflix atau gedung putih cerah.

Semua lampu LED kecil dapat beroperasi di area tertentu sementara hanya beberapa yang harus, secara efektif meningkatkan kecerahan pemandangan sambil menutupi detail kecil pada gambar.

Bagi para gamer, Seri 6 dengan lampu LED seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, ini mendukung game pada 120Hz dan kecepatan refresh variabel.

Kelemahannya di sini adalah bahwa pada 120fps, resolusinya terbatas pada 1440p dan TV tidak mendukung teknologi GPU eksklusif seperti Nvidia G-Sync dan AMD Freesync.

Tentu saja lebih baik memiliki 1440p/120fps untuk game daripada 1080p/60, tetapi alangkah baiknya jika Anda menggunakan TCL HDMI 2.1 untuk mendapatkan manfaat penuh dari spesifikasi tersebut.

Suara

Suara dalam seri TCL 6 cukup dapat diterima. Anda tidak akan mendengar detail yang lebih baik dalam musik klasik atau tingkat suara yang luas dari sistem surround 5.1, tetapi Anda juga tidak akan memiliki keluhan tentang volumenya.

Pada bingkai, Anda memiliki dua tweeter 8W yang fokus pada frekuensi menengah dan tinggi daripada bass yang menggetarkan. Itu sedikit lebih rendah daripada beberapa TV lain yang menggunakan driver 10W atau bahkan 20W seperti Sony X950H yang kami ulas beberapa bulan yang lalu, tetapi selain dari suara Seri 6, itu tidak memberi kami banyak keluhan.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan dengan uang yang Anda hemat di TV adalah berinvestasi dalam soundbar Dolby Atmos seperti Vizio SB36512-F6, Sony HT-X8500, LG SL9YG, atau Samsung HW-Q70R. Karena TCL 6-Series memiliki jalur Atmos dan eARC, pengaturannya sangat sederhana dan layak untuk investasi.

Haruskah Anda membeli TV TCL 6-Series R635 4K?

Keharusan membeli barang tergantung dari setiap kebutuhan yang Anda. Bagi Anda yang ingin membeli TV ini, kami punya beberapa pertimbangan sebelum membelinya.

Beli Kalau

Anda menginginkan TV 4K yang bagus dengan harga yang luar biasa

Tidak dapat melupakannya, TCL 6-Series R635 adalah nilai yang luar biasa dan jelas merupakan TV terbaik yang dapat Anda beli dengan harga di bawah $700. Jika Anda tidak dapat membayangkan menghabiskan lebih dari jumlah yang besar di TV tetapi tetap menginginkan kinerja yang luar biasa, maka ini adalah TV yang harus dibeli.

Anda sudah selesai dengan kotak streaming dan pemutar media

Roku bukanlah platform pintar yang paling menakjubkan di planet ini, tetapi ini adalah yang paling andal dan salah satu yang paling sering diperbarui. Ini mendukung hampir setiap layanan streaming utama dan algoritma pencariannya tidak ada duanya.

Anda menginginkan yang terbaik dari OLED dan LED-LCD

Selama beberapa tahun terakhir, Anda harus memilih antara kontras, kecerahan, dan saturasi warna OLED untuk tampilan LED-LCD. Sekarang Anda tidak perlu melakukannya – TCL 6-Series R635 memiliki keduanya.

Jangan Beli Kalau

Anda sangat membutuhkan 4K/120Hz untuk konsol generasi berikutnya

Jika Anda ingin menyedot setiap daya dari Xbox Series X dan PS5, Anda memerlukan TV yang mendukung HDMI 2.1 dan mendukung 4K/120fps. Sayangnya Anda tidak akan menemukannya di sini.

Anda menyukai TV yang sangat terang

Sementara Seri 6 tidak kendur di departemen kecerahan, itu bukan dering lonceng ketika datang ke puncak bercahaya. Kami tidak memiliki masalah dengan ruang tamu yang dikendalikan cahaya, tetapi kami tidak dapat menjamin itu akan terlihat bagus dalam kondisi pencahayaan yang lebih menantang.

Anda tidak tahu cara mengubah pengaturan gerakan

Kami tidak memiliki masalah apa pun setelah pemrosesan gerakan dimatikan, tetapi jika Anda adalah seseorang yang tidak dapat diganggu tentang pengaturan, Anda mungkin dapat mengambil sesuatu yang lebih baik dikalibrasi langsung dari kotak atau bersedia memanggil seseorang untuk mengatur terserah Anda.

  • Harapkan untuk melihat TCL 6-Series R635 di daftar TV terbaik kami

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Tcl 55r635Tcl 6 Series 2021 Tcl 6 Series Indonesia Tcl 6 Series Review 2021 Tcl 6 Series Uk Equivalent Tcl 65 Inch Tv 6 Series Walmart Tcl Mini Led 6 Series Tcl Qled 85 Inch Tv

Check Also

Advanced Analytics with Domo BI: Leveraging Predictive and Prescriptive Insights

Understanding Predictive Analytics in Domo BI Predictive analytics is a powerful facet of business intelligence …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *