php hit counter Review TV Sony A90J OLED - TechRadar

Review TV Sony A90J OLED

Review TV Sony A90J OLED


techradar.id – Sony memperkenalkan seni OLED dengan A90J.

Penilaian Kami

Sony A90J jauh dari TV OLED terbaik dengan harga yang wajar, tetapi Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

Kelebihan

  • Kualitas gambar bagus
  • Suara yang kuat
  • Sistem operasi baru yang bagus
  • Beberapa mendukung HDMI 2.1

Kekurangan

  • Tidak ada layanan TV yang cocok di Inggris
  • Tidak terlalu murah
  • Beberapa fitur utama tidak ada

Ulasan 1 Menit

Dinobatkan sebagai TV OLED Terbaik di TechRadar Choice Awards 2021. Sony tentu saja tidak menahan diri untuk menetapkan harga TV OLED HDR 4K A90J yang baru — tetapi versi 55 inci ini tentu memiliki kinerja yang sesuai dengan harganya.

Kualitas gambar, dari sumber mana pun, sebagus sekarang dari layar 4K. Di setiap bagian praktis — kontrol gerakan, kontras, definisi tepi, level detail, apa saja — XR-55A90J menghadirkan transformasi yang tak terlupakan.

Dan untuk saat-saat ketika Anda terjebak menonton konten kurang dari 4K, ini juga merupakan alat peningkatan yang cerdik. Sony A90J OLED juga lebih dari beberapa langkah di depan dalam hal kualitas audio.

Namun, menggunakan seluruh permukaan layar sebagai speaker baru yang kuat, dan mendukungnya dengan dua driver audio konvensional berarti XR-55A90J terdengar lebih lengkap, lebih langsung, adil, dan lebih baik daripada alternatif mana pun yang tidak memiliki audio off-board. sistem.

Tambahkan antarmuka pintar Google TV baru, pembuatan dan penyelesaian standar Sony yang biasa, memposisikan ulang kaki untuk mengakomodasi soundbar, layanan streaming film eksklusif, dan remote control asli yang dirancang dengan baik – mengabaikan kurangnya layanan pengambilan TV Inggris yang tak dapat dijelaskan The XR -55A90J terlihat seperti paket lengkap. Paket lengkap jarang yang murah.

Harga dan Tanggal Rilis

Rangkaian TV OLED Sony XR-A90J sekarang dijual. Ini tersedia dalam versi 65-inci ($7,999/£3,499/$4,999) dan besar 83-inci ($7,999 / £6,999), sedangkan versi 55-inci yang kami uji di sini akan membuat Anda membayar kembali $2,799 / £2,699.

Itu, bukan dua cara, harga premium ketika Anda mempertimbangkan (misalnya) LG C1 yang kami sebut “raja TV saat ini” akan membuat Anda membayar $1.799 / £1.699 / AU$3.499 untuk model 55-inci. Harga untuk 65 inci hanya dikonfirmasi di Australia untuk saat ini.

Desain

  • 6 mm pada titik tertipisnya, 41 mm pada ketebalan maksimumnya
  • Kaki diposisikan ulang untuk mengakomodasi speaker
  • HDMI 2.1 (hingga titik tertentu)

Karena Sony A90J OLED persis seperti yang Anda inginkan dan harapkan dari TV baru yang mahal: interferensi tanpa bingkai dengan layar besar.

Sony A90J adalah casing yang menarik, karena selain dapat dipasang di dinding, ia juga memiliki fitur kaki yang beroperasi di dua posisi.

Mereka dapat membiarkan bagian bawah layar dekat dengan permukaan tempat berdirinya (walaupun itu harus berupa permukaan yang lebar, seperti dalam kasus di mana kaki sebenarnya berada di luar tepi bingkai), atau mereka dapat menaikkan layar cukup tinggi. untuk menyesuaikan speaker di bawahnya.

OLED, di sisi lain, beroperasi seperti biasa – yang berarti Sony memiliki kedalaman 6mm yang menakjubkan, tetapi hanya untuk waktu yang singkat. Sisa waktu, itu tidak lebih dari 4cm, karena harus menyimpan elektronik Anda, driver speaker, dan apa yang Anda miliki di suatu tempat.

Ini tidak membengkak, dan akan terlihat bagus di dinding – tetapi perlu diingat bahwa baik LG (dengan seri TV OLED ‘Galeri’) dan Samsung (dengan alternatif Neo QLED MiniLED baru) akan menjual layar kepada Anda yang duduk lebih jauh dari flusher di dinding.

Di dalam, Sony diatur untuk membenarkan label harga itu. Anda pasti mendapatkan nilai uang Anda dalam hal input dan output: Empat input HDMI (dua di antaranya memiliki banyak kompatibilitas HDMI 2.1), tiga port USB, jack Ethernet, fungsi linkage dari dua TV tuner dan bahkan input video komposit harus cukup untuk memuaskan pengguna yang paling menuntut sekalipun. . Itu normal untuk memiliki koneksi Wi-Fi juga.

Dua input HDMI paling berbakat adalah 4K/120Hz, ALLM dan 48Gbps, dan salah satunya dapat menangani eARC juga.

Namun, belum ada dukungan untuk VRR. Konsol game PS5 Sony belum mendukung VRR, tetapi konsol Xbox Series X yang bersaing pasti mendukungnya. Tampaknya setiap gamer Xbox yang serius akan tertarik pada jajaran TV OLED LG, karena kompatibilitas penuh HDMI 2.1 telah lama menjadi norma sekarang.

Sony tidak sendirian di antara produsen TV yang menolak untuk menawarkan setiap standar HDR utama, meskipun kami mengakui bahwa kami merasa kekurangan HDR10+ di sini lebih sedikit daripada kurangnya Dolby Vision di beberapa TV baru Samsung. (Philips dan Panasonic, tentu saja, tidak membuat Anda memilih.)

Gambar tersebut ditangani oleh prosesor XR baru Sony, yang mengambil kemampuan AI dari prosesor X1 sebelumnya dan menambahkan sesuatu yang disebut Sony sebagai “kecerdasan kognitif”.

Jadi (setidaknya secara teori) Anda mendapatkan algoritme pembelajaran mesin yang meningkatkan kinerja gambar, serta analisis pemandangan yang lebih mendalam di berbagai wilayah berdasarkan kontras, warna, detail, kedalaman gambar, dan semua komponen gambar lainnya. . Idenya, tentu saja, adalah untuk menyajikan gambar yang paling realistis dan meyakinkan.

Di sisi audio, Sony terus memberi peringkat Acoustic Surface Audio+. Didukung oleh dua driver frekuensi rendah, teknologi ini menggunakan driver untuk mengubah seluruh permukaan layar menjadi speaker.

Ini adalah pengaturan yang mengesankan — dan Sony tertarik pada keseluruhan konsep, karena A90J sebenarnya memiliki koneksi speaker di panel belakang jika Anda ingin menggunakan TV sebagai saluran tengah untuk pengaturan suara surround Anda.

Smart TV

  • Google TV
  • Layanan streaming “Bravia Core”
  • Tidak ada aplikasi TV lanjutan di Inggris

Apakah ada yang benar-benar berduka atas keputusan Sony untuk membuang Android TV demi Google TV sebagai antarmuka cerdasnya? Aplikasi Google TV di A90J tentu saja memberikan pengalaman yang lebih responsif dan logis – lebih ramah dan lebih berguna.

Selain aplikasi layanan streaming wajib untuk Netflix, Amazon Prime Video, Disney Plus, dan Apple TV (dan beberapa lainnya), Sony juga telah mengintegrasikan layanan streaming film Bravia Core ke antarmuka Google TV.

Ini adalah fitur yang sangat berharga, dengan berbagai konten yang tersedia dan kemampuan untuk streaming dalam kualitas yang sangat tinggi jika broadband Anda mampu melakukannya – bahkan ada beberapa konten yang disempurnakan dengan IMAX di luar sana.

Sangat disayangkan bahwa memilih film IMAX Enhanced tidak secara otomatis memilih mode gambar “IMAX Enhanced” untuk TV. Menu pengaturan Sony khas untuk kejelasan, tetapi seharusnya tidak perlu mempelajarinya untuk alasan seperti ini.

Pelanggan Inggris akan kesal karena tidak menemukan penyebutan apa pun di iPlayer, All4, ITV Hub, atau layanan TV lainnya di sini.

Sony menjanjikan perbaikan yang akan menambahkannya ‘nanti’ pada tahun 2021 – tetapi kami kecewa LG meninggalkan layanan ini di layarnya untuk tahun 2020, dan kami kecewa melihat hal yang sama di sini, bahkan untuk sementara, mengingat tidak ada tanggal yang ditetapkan atau jaminan bahwa Ini akan relatif segera setelah peluncuran.

Antarmuka Google TV, menu pengaturan, dan yang lainnya dinavigasi menggunakan remote control yang didesain ulang. Terasa nyaman di tangan, tidak terbebani dengan tombol dan bahkan memiliki beberapa lampu latar (sangat disambut) untuk membantu visibilitas.

Kualitas Gambar

  • Gambar yang menyenangkan dan menarik dengan presisi
  • Perawatan gerak yang fantastis
  • Pemutakhiran selesai

Tampaknya hanya tepat untuk memulai pengujian dengan beberapa konten dari layanan streaming Bravia Core Sony – dan sementara kecepatan broadband yang ditemukan di sini tidak selalu cukup untuk menjamin ‘Pure Stream’ kualitas tertinggi, Ridley Scott’s All the Money in the World, dengan sertifikasi IMAX yang ditingkatkan Terlihat kurang bagus.

Tidak ada aspek industri foto yang tidak diunggulkan oleh A90J. Ini sangat terang menurut standar TV OLED (LG mengelola trik serupa dengan panel OLED “evo” – dan seperti yang kita semua tahu, LG menyediakan panel OLED mentah untuk setiap merek TV lain yang menginginkannya).

Sony A90J sangat detail dalam segala kondisi. Palet warna dari mana ia digambar lebar, halus dan tidak diragukan lagi alami. Nada hitam yang mereka ciptakan dalam dan mencolok dalam mode OLED klasik, tetapi juga sarat dengan detail – berpadu dengan nada putih yang tajam dan mendetail yang ditawarkan A90J, dan kontrasnya seluas dan menarik seperti yang Anda ingin lihat dari layar OLED.

Mengelola bahkan pemandangan yang paling teruji adalah besi cor. Paul Getty dari Christopher Plummer mengenakan wol berburu klasik selama sepertiga pertama film ini, dan A90J mempertahankan cengkeraman mutlak pada gaya bertekstur dan kontras tinggi — bahkan saat sedang bergerak.

Faktanya, Sony telah terbukti luar biasa dalam menangani gerakan di layar dalam bentuk apa pun. Panci lambat, gerakan cepat, apa pun — Sony mengendalikannya dan menjelaskannya tanpa berkedip, ragu-ragu, berbayang, atau hal buruk lainnya yang dapat dinikmati oleh TV yang kurang mampu.

Ini terutama terlihat saat menonton beberapa pertandingan sepak bola Euro 2020 di BBC One HD (bukan iPlayer, dengan streaming 4K UHD, sayangnya), karena A90J meningkatkan streaming HD secara alami, sambil mempertahankan gerakan halus gerakan bola – bahkan jika itu bergerak Dalam arah yang berlawanan dengan cara kamera bergerak.

Area besar dengan warna seragam (atau “pitch”, seperti yang kadang-kadang disebut) tidak menimbulkan masalah apa pun, dan meskipun melakukan banyak peningkatan, Sony membuat warna dan tekstur kulit terlihat cerah dan detail.

Jika ada TV yang lebih berprestasi daripada yang saat ini tersedia dengan harga seperti ini, kami belum melihatnya.

Performa Audio

  • Suara yang sepenuhnya hidup dan dinamis
  • Pukulan yang berharga dan detail yang mengesankan
  • Gambarnya masih layak untuk speaker

Ini bukan pertama kalinya kami menyukai Audio+ Permukaan Akustik Sony dan tampaknya tidak akan menjadi yang terakhir. Ini adalah salah satu sistem suara TV built-in terbaik – dan yang kami maksud adalah TV yang paling menarik, paling jelas, dan paling dapat dipercaya yang dapat Anda beli.

Sebagian besar dari ini disebabkan oleh fakta bahwa seluruh layar berkontribusi – yang berarti bahwa gambar dan suara berpasangan lebih dekat daripada sistem lain. Khususnya ketika berbicara tentang dialog, sifat penyampaian audio yang lugas membantu nuansa sinematik dari pertunjukan tanpa akhir.

Dengan standar sistem audio TV, A90J adalah pemain yang benar-benar bertenaga dan dinamis. Ini dapat menghasilkan efek frekuensi rendah yang sebenarnya, berkat sepasang pengemudi yang menembak dari belakang, dan sulit untuk mobil yang paling eksplosif untuk menghilang.

Tetapi hampir tidak perlu dikatakan bahwa kualitas suara Sony A90J (walaupun mengesankan menurut standar mainstream) sebenarnya tidak sesuai dengan kualitas gambar. Jadi, di mana kami biasanya mengatakan bahwa TV yang bagus membutuhkan setengah speaker yang layak, Sony A90J OLED layak mendapatkan perangkat yang sangat layak.

Beli Kalau

Anda menginginkan performa sebanyak yang dapat dibeli dengan uang Anda

Dalam hal kualitas gambar dan suara, Sony sangat mengesankan di setiap departemen.

Tidak yakin apakah akan membeli speaker atau tidak

TV OLED Sony dapat ditempatkan dalam mode yang berbeda, yang berarti Anda dapat berubah pikiran tentang menyiapkan bioskop rumah saat bepergian.

Anda tetap tidak menyukai Android TV

Beralih ke Google TV sebagai antarmuka Sony Smart TV akan memuaskan hampir semua orang.

Jangan Beli Kalau

Anda menyukai kesepakatan

Sony A90J OLED adalah banyak hal, tetapi “murah” tidak ada di antara mereka.

Anda mengharapkan tubuh yang sangat ramping

Ini bukan TV OLED pertama yang terlalu menjanjikan dan berkinerja buruk dalam hal profil – dan ada siluet yang lebih ramping.

Nikmati menonton siaran TV Inggris

Menghapus iPlayer dan semua yang tersisa tidak dapat dimaafkan, meskipun itu hanya akan memengaruhi pemirsa Inggris.

Harapkan untuk melihat Sony A90J OLED di daftar TV 4K terbaik kami

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Sony A90j Indonesia Sony Oled Tv Sony Z9j Sony A90j 83 Sony A90j Review Sony A90j Vs A80j Sony A90j Wall MountSony Bravia Xr Oled

Check Also

Review Google Pixel 4 XL

Review Google Pixel 4 XL

techradar.id – Kamera yang lebih baik, ekstra yang tak terlupakan. Terlepas dari kesederhanaannya, Google Pixel 4 …