Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Mendesain Rumah Pintar

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Mendesain Rumah Pintar

techradar.id – Anda memiliki kendali penuh atas rumah Anda dari mana saja. Mengontrol rumah Anda dengan hp atau tablet Anda telah dimungkinkan untuk beberapa waktu sekarang.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah teknologi baru telah muncul yang memberi siapa pun kesempatan untuk membuat rumah pintar khusus yang dikendalikan oleh hp tanpa gelar desain elektronik. Dari remote control pintar hingga keamanan, Anda memiliki kendali penuh atas rumah Anda, di mana pun Anda berada.

Perkembangan seperti HomeKit Apple dapat menandai masa depan perangkat terhubung yang berkomunikasi satu sama lain untuk menciptakan ekosistem rumah tempat semua perangkat pintar terhubung. Saat ini tidak ada standar universal yang mencegah adopsi lebih cepat dari teknologi ini, tetapi ini berubah dengan cepat.

Nest memiliki alarm asap dan pengontrol pemanas, tetapi ada enam platform lain yang dapat dipilih. Tidak ada platform yang berkomunikasi satu sama lain. British Gas, misalnya, saat ini sangat sukses dengan sistem Hive-nya, tetapi ada tiga pilihan lainnya, termasuk Lyric, Tado dan Passiv Systems, semuanya ditujukan untuk sistem pemanas rumah.

Hal-hal menjadi jauh lebih menarik jika Anda tidak fokus pada kontrol pemanas cerdas. Seperti yang dijanjikan Internet of Things, kita masih jauh dari rumah yang penuh dengan perangkat cerdas dan elektronik konsumen, tetapi kita tidak perlu menunggu teknologi ini tiba di Dunia PC.

Sekarang Anda dapat memilih teknologi untuk menciptakan lingkungan cerdas di rumah Anda. Kami sudah memiliki ketel pintar dan pembuat kopi, sensor pintar untuk menjaga Petunia tetap hidup, dan aplikasi Samsung Washer yang memungkinkan Anda mengontrol mesin cuci dari perangkat Android apa pun. Semua ini menunjukkan bahwa perangkat semakin pintar.

Pilihan Standar

Diperkenalkan pada tahun 1975, standar otomatisasi rumah X10 adalah satu-satunya cara untuk menciptakan lingkungan rumah pintar hingga saat ini. Standar untuk menggunakan sistem kabel listrik rumah yang ada sebagai jaringan untuk mengontrol berbagai perangkat telah berkembang dari awal.

Saluran listrik rumah masih dapat digunakan sebagai platform untuk rumah berjaringan yang menggunakan sistem seperti UPB. Anda sudah dapat membuat hotspot Wi-Fi di sekitar rumah Anda menggunakan saluran listrik rumah Anda, tetapi ada teknologi lain yang menawarkan lebih banyak fleksibilitas.

Contoh yang baik adalah Wink, yang memungkinkan Anda membangun rumah pintar yang dapat terhubung ke peralatan dan perangkat pintar dari beberapa merek besar. Hub yang dikembangkan oleh Wink memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat pintar utama lainnya dan kemudian berkomunikasi dengan aplikasi di hp Anda.

TRENDING  Apa itu Thread dan Mengapa Perangkat Rumah Pintar Membutuhkannya?

Produk seperti lampu dari GE dan Philips atau termostat Nest, sakelar lampu dari Quirky dan Tapt semuanya dikendalikan oleh aplikasi atau melalui Pengontrol Relay Kedipan yang terpasang di dinding. Z-Wave, protokol otomatisasi nirkabel yang menggunakan pita frekuensi 908.42 MHz, juga tersedia.

Sekarang ada lebih dari seribu produk untuk dihubungkan menggunakan Z-Wave. Satu keuntungan besar dari sistem ini adalah menggunakan sesuatu yang disebut ‘jaringan mesh’. Dengan kata lain, setiap perangkat yang terhubung melewati perintah hingga semua perangkat lain yang terhubung ke jaringan Z-Wave mencapai tujuan yang diinginkan.

Rumah yang lebih besar dapat diotomatisasi dengan baik dan daya akan rendah sehingga tidak terlalu membebani tagihan listrik Anda. Perangkat bertenaga baterai adalah kandidat ideal untuk sistem ini.

ZigBee didasarkan pada standar komunikasi nirkabel 802 dan merupakan dasar untuk semua perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi. ZigBee, sistem berdaya rendah, juga telah menonjol selama beberapa tahun terakhir karena otomatisasi rumah semakin populer. Tahun lalu, standar ZigBee 3.0 dirilis, menjauhkan interoperabilitas dari menciptakan sistem universal yang dapat dihubungkan dengan perangkat dari beberapa produsen.

Tobin J. M. Richardson, Presiden dan CEO ZigBee Alliance, mengatakan, “Aliansi ZigBee selalu percaya bahwa interoperabilitas sejati berasal dari standarisasi di semua tingkat jaringan, terutama di tingkat aplikasi, yang paling berdampak pada pengguna.”

Dia melanjutkan: “Pelajaran yang kami pelajari dari anggota Alliance ketika meluncurkan produk ke pasar global telah memungkinkan kami untuk menyatukan standar aplikasi kami menjadi satu standar. Dengan ZigBee 3.0, pengembang produk dapat menggunakan jaringan mesh dan Green Power Anda dapat memanfaatkan keunikan ZigBee. fitur seperti

Insteon juga dengan cepat mengembangkan rangkaian produknya. Hub Insteon, yang disebutkan baru-baru ini di WWDC Apple, sekarang dikirimkan dengan HomeKit bawaan Apple.

CEO Joe Dada mengatakan, “Dengan peluncuran Insteon Hub yang mendukung HomeKit dan peluncuran aplikasi seluler Insteon+, kami senang hidup di dunia di mana semua perangkat yang terhubung berada dalam harmoni yang sempurna untuk pasar konsumen.” contoh. “HomeKit menyederhanakan otomatisasi rumah untuk konsumen, mengintegrasikan beberapa produsen, dan menawarkan fitur-fitur canggih seperti remote control dan kontrol suara melalui integrasi dengan Siri.”

TRENDING  Apakah Colokan Pintar Menghemat Energi dan Mencegah Uang Terbuang Sia-sia

Tentu saja, Wi-Fi sendiri bisa dijadikan sebagai basis smart home. Namun kesuksesan Wi-Fi juga bisa menjadi kelemahan Anda. Interferensi dari beberapa perangkat berkemampuan Wi-Fi dapat mengurangi efisiensi karena perangkat tersebut bersaing untuk mendapatkan bandwidth yang tersedia di rumah Anda.

Selain itu, Wi-Fi haus daya, membuatnya tidak cocok untuk perangkat bertenaga baterai seperti kunci pintu elektronik baru yang ada di pasaran.

Investasi Kecil

Saat ini, ada banyak proyek yang tidak memerlukan investasi atau pengetahuan teknis yang signifikan jika memasang sistem rumah pintar yang lengkap tidak menarik.

Belkin memiliki sistem WeMo yang menyediakan jalur hemat biaya untuk menciptakan rumah pintar. Jika Anda mencari proyek rumah pintar berbiaya rendah, WeMo mungkin ideal. Otomatisasi pencahayaan dan kamera keamanan berkemampuan Wi-Fi.

Jika Anda ingin mengotori tangan Anda dan melakukan proyek otomatisasi rumah Anda sendiri, WeMo Maker bekerja dengan IFTTT. Ini adalah layanan yang memungkinkan Anda membuat koneksi yang kuat dengan perintah sederhana:

JIKA ini, maka itu. Anda dapat menggunakan sumber data apa pun di web untuk bertindak sebagai pemicu WeMo dan membuat aturan dan jadwal otomatisasi khusus yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

Misalnya, Anda dapat membuat pemicu yang membuka pintu hewan peliharaan anjing Anda saat matahari terbit atau saat Anda keluar dari email kantor di siang hari. Dengan WeMo dan IFTTT, imajinasi Anda adalah batasnya.

Anda mungkin telah melihat remote pembiakan sudah tersebar di sekitar rumah dan berpikir pasti ada cara yang lebih baik. Dengan sejarah panjang di bidang ini, sistem kendali jarak jauh Logitech Harmony menawarkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan.

Mengotomatiskan sistem home theater Anda adalah cara yang bagus untuk membenamkan diri Anda dalam dunia otomatisasi rumah. Ada banyak model dalam jajaran Harmony, dan Harmony Ultimate yang menawarkan fitur paling banyak. Anda juga dapat mengontrol rangkaian lampu Philips Hue dengan remote control ini.

Berkat kampanye Kickstarter yang sukses, sistem kontrol rumah pintar NEEO didasarkan pada desain kendali jarak jauh yang sudah dikenal. Remote terhubung ke stasiun pangkalan menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth dan juga memiliki fungsi inframerah untuk mengontrol perangkat IR.

TRENDING  Speaker Pintar Terbaik 2022 Rekomendasi Kami

NEEO juga merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai pengganti remote control. Remote juga mendukung protokol ZigBee dan Z-Wave, menjadikannya pengontrol yang ideal untuk rumah pintar Anda jika Anda memilih untuk menggunakan salah satu platform ini.

Buat Sistem

Tingkat kecanggihan yang Anda inginkan di seluruh rumah Anda akan menentukan platform mana yang Anda pilih. Tanyakan pada diri sendiri dua pertanyaan kunci ini:

1. Apakah Anda hanya ingin mengontrol sistem terpisah seperti pencahayaan dan pemanas?

Jika demikian, mengganti bohlam dengan sistem seperti bohlam yang kompatibel dengan Philips Hue atau WeMo adalah cara yang hemat biaya untuk mengontrolnya dengan aplikasi sederhana.

2. Apakah Anda ingin membangun sistem yang dapat menskalakan dan menskalakan dari waktu ke waktu?

Pilihannya di sini sedikit lebih rumit. Seperti pada tahap awal otomatisasi rumah, seperti yang disebutkan dalam artikel ini, ada banyak sistem yang bersaing. Saat ini, platform seperti ZigBee memiliki banyak perangkat yang dapat dicolokkan, tetapi interoperabilitas penuh dengan standar masih jauh. Namun, awasi NEEO karena ini mungkin sistem universal pertama yang dapat Anda instal.

Kepala penginjil internet Google, Vint Cerf, baru-baru ini mengatakan: Setiap 5 menit, ia memonitor suhu, kelembaban, dan pencahayaan rumah dan mengirimkan informasi itu ke server di ruang bawah tanah.

“Sekarang sensor kecil ini juga node jaringan, membentuk jaringan mesh sendiri, mengubah koneksi tergantung pada bagaimana koneksi jaringan terlihat, sehingga informasi dikirim melalui jaringan ke tujuan.”

Mampu mengambil kendali penuh atas rumah Anda hanya dengan aplikasi di ponsel Anda jelas merupakan ide yang menarik. Rumah pintar pasti akan datang, tetapi belum jelas bagaimana membangun lingkungan yang cerdas.

Pengembang besar seperti GE, Philips, dan Apple semuanya mencari solusi luar biasa yang menawarkan instalasi plug-and-play. Namun, hingga standar telekomunikasi dipilih dan diadopsi secara luas, Anda harus mengevaluasi dengan cermat apa yang ingin Anda lakukan sebelum memilih platform mana yang akan diadopsi untuk rumah pintar Anda.

  • Bagaimana rumah pintar akan menjadi lebih pintar sepanjang tahun 2015

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Pertimbangan Membuat Rumah Pintar Di Cirebon

Check Also

Apa itu Thread dan Mengapa Perangkat Rumah Pintar Membutuhkannya

Apa itu Thread dan Mengapa Perangkat Rumah Pintar Membutuhkannya?

techradar.id – Koneksi lebih cepat, lebih kuat, dan konsumsi energi lebih sedikit, apa yang tidak …