php hit counter Alexa vs Asisten Google: Asisten Suara Mana yang Terbaik? - TechRadar
Alexa vs Asisten Google Asisten Suara Mana yang Terbaik

Alexa vs Asisten Google: Asisten Suara Mana yang Terbaik?

techradar.id – Asisten Suara Mana yang Terbaik untuk Rumah Pintar Anda? Haruskah saya memilih Alexa atau Asisten Google untuk memberi daya pada rumah pintar saya? Berikut adalah ulasan kami mengenai Alexa vs Asisten Google yang bisa jadi pertimbangan sebelum Anda menjatuhkan pilihan nantinya.

Beberapa tahun yang lalu, menjawab pertanyaan dari pembicara di rumah Anda atau meneriakkan perintah untuk merespons dengan mengontrol lampu, steker, atau perangkat pemanas tampak seperti prediksi futuristik dari film fiksi ilmiah lama.

Tetapi asisten suara telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir (menurut firma riset pasar Statistica, akan ada 8,4 miliar perangkat dengan asisten digital yang digunakan pada tahun 2024), jadi mereka pasti akan tetap di sini.

Dengan segalanya mulai dari ponsel cerdas hingga speaker pintar terbaik hingga layar pintar terbaik, mungkin sulit untuk memutuskan apakah Anda harus memilih Amazon Alexa atau Google Assistant sebagai asisten digital rumah pintar Anda, jadi kami telah melihat sorotannya. Anda perlu tahu apakah Anda mencoba mengambil keputusan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan banyak orang, ketika sedang membahas mana layar pintar atau asisten suara terbaik Alexa vs Asisten Google?

Apa Itu Asisten Suara?

Asisten suara adalah program komputer (juga disebut agen perangkat lunak) yang dapat melakukan tugas dan memberikan informasi sebagai tanggapan atas pertanyaan dan perintah yang dikeluarkan oleh pengguna. Asisten suara dapat diakses melalui smartphone, tetapi juga terintegrasi dengan speaker pintar, layar pintar, dan perangkat streaming TV.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Untuk memberikan perintah kepada asisten suara, Anda harus terlebih dahulu mengucapkan kata atau frasa ‘bangun’. Kemudian Anda mulai mengambil tindakan. Anda kemudian dapat mengajukan pertanyaan atau mengeluarkan perintah. Anda dapat merespons setelah beberapa milidetik dan mengajukan lebih banyak pertanyaan atau perintah terkait, atau mengakhiri percakapan.

Apakah saya perlu berlangganan?

Alexa dan Asisten Google tersedia tanpa berlangganan bulanan. Beli speaker pintar atau layar pintar built-in (atau unduh aplikasi gratis untuk ponsel cerdas Anda), ajukan pertanyaan atau berikan perintah dan kami akan menjawabnya secara gratis.

Pengenalan Suara

Baik Amazon Alexa dan Google Assistant sama-sama andal dalam mengenali dan merespons suara pengguna. Dalam pengujian menggunakan Amazon Echo Dot (2020) dan Google Nest Mini 2, asisten suara menjadi hidup dengan sempurna dalam seperseribu detik setelah mengucapkan kata-kata yang kami pelajari.

Berbicara tentang kata-kata bangun, Alexa memungkinkan Anda untuk mengubah frasa ini di aplikasi Alexa. Anda dapat menggunakan Amazon, Echo, atau Komputer sebagai gantinya jika Anda mau, tetapi Anda harus mengaktifkan perubahan pada perangkat yang mendukung Alexa di rumah Anda.

Speaker pintar Google Nest Tidak ada pilihan untuk menghindari kata-kata pemandu ‘Ok, Google’ atau ‘Hai, Google’ yang digunakan di layar pintar, tetapi stabilitas dapat sangat membantu saat berbicara dengan teknologi kecil.

Baik Alexa dan Asisten Google dapat melanjutkan percakapan, jadi setelah beberapa detik Anda tidak perlu mengulangi kata bangun jika Anda melakukan perintah awal atau perintah lain berdasarkan permintaan Anda. Amazon juga telah mengungkapkan bahwa di masa depan, Alexa akan dapat berbicara dengan lebih dari satu orang pada satu waktu, tetapi fitur ini belum tersedia pada saat penulisan.

Alexa dan Asisten Google juga dapat mengenali suara yang berbeda di rumah Anda untuk memberikan hasil yang dipersonalisasi. Mengenai entri kalender atau kontak untuk dihubungi, misalnya. Dua asisten suara, yang disebut Voice Match (Google Assistant) dan Voice Profiles (Alexa), dapat mengenali hingga enam orang lain tanpa disabilitas, memberi Anda akses ke lebih banyak layanan pribadi.

TRENDING  Review Nest Thermostat E

Harga

Baik Amazon dan Google menawarkan berbagai speaker pintar dan layar pintar dengan akses ke asisten suara yang relevan pada titik harga yang berbeda. Cara termurah untuk mendapatkan Alexa atau Google Assistant adalah dengan memilih speaker pintar terkecil dari kedua merek. Amazon Echo Dot atau Google Nest Mini mulai dari $20 / £20 / AU$34.

Speaker pintar ini sering didiskon sepanjang tahun, pada Black Friday dan Amazon Prime Day, misalnya. Harga serendah $9,99 / £9,99 / AU$17,99.

Perangkat Rumah Pintar

Dalam hal jumlah perangkat rumah pintar teratas yang didukung, Alexa mengalahkan Asisten Google di sini. Dari lampu pintar LIFX, Philips Hue, dan TP-Link hingga termostat pemanas pintar Honeywell dan Tado, banyak kamera keamanan rumah terbaik dan perangkat milik Amazon seperti Ring yang menawarkan bel pintu video terbaik di pasar dengan colokan pintar, dikendalikan Alexa perangkat Ada banyak perangkat rumah pintar yang bisa.

Meskipun Asisten Google mungkin tertinggal dalam kuantitas, dukungan untuk perangkat baru ditambahkan secara teratur, dan Asisten Suara Google bekerja dengan nama-nama besar seperti LIFX, Philips Hue dan Arlo, bersama dengan perangkat rumah pintar mereka sendiri seperti Google Nest. . Bel pintu Hello Video dan termostat Google Nest Learning.

Kedua asisten suara dapat membuat otomatisasi (beberapa perangkat rumah pintar yang berbeda bekerja secara bersamaan dalam pola yang telah ditetapkan) pada waktu tertentu atau ketika sesuatu terjadi. Misalnya, lampu pintar yang menyala saat kamera keamanan rumah mendeteksi gerakan di luar rumah.

Rutinitas yang dikenal sebagai Alexa dan Asisten Google dapat diatur di aplikasi Alexa atau Google Home, tetapi Alexa menawarkan lebih banyak penyesuaian daripada Asisten Google saat membuat rutinitas. Misalnya, Anda dapat terhubung ke layanan seperti Audible dan If This Then That (IFTTT), memperluas cakupan otomatisasi yang dapat Anda buat.

Alexa juga dapat secara proaktif mengontrol gadget rumah pintar berdasarkan permintaan dan tindakan sebelumnya melalui fitur yang disebut Alexa Hunches, yang saat ini hanya tersedia di AS.

Musik dan Video

Kedua asisten suara dibangun ke dalam speaker pintar dan layar pintar, jadi tidak mengherankan jika Alexa dan Google Assistant dapat memutar musik dari layanan streaming.

Alexa secara mengejutkan dapat memainkan Musik Amazon dengan Apple Music, Deezer, Spotify, Pandora, Tidal dan Vevo, Asisten Google mendukung semuanya kecuali Tidal dan Amazon Music, dan menambahkan dukungan untuk YouTube Music.

Saat menguji menggunakan Spotify, Alexa dan Asisten Google dapat memutar album Rumours Fleetwood, serta ’00’s RnB’ dan ‘Michael Buble’ saat diminta, menyediakan stasiun radio yang relevan. Podcast Lockdown Parenting Hell dari Rob Beckett di Mac, saat kami memintanya.

Jika Anda memiliki lebih dari satu speaker pintar atau layar pintar yang kompatibel di rumah Anda, Alexa dan Asisten Google dapat membuat sistem audio multi-ruangan yang dapat memutar musik dari semua speaker secara bersamaan. Asisten Google Anda juga dapat mentransfer musik antara speaker dan layar pintar lainnya saat Anda bergerak di sekitar rumah. Alexa belum memiliki fitur ini.

TRENDING  Review LIFX Clean

Kedua asisten suara juga dapat mengontrol pemutaran layanan streaming seperti Prime Video dan Google Play saat menonton di perangkat streaming TV yang kompatibel. Amazon Fire TV untuk Alexa dan Google Chromecast untuk Google Assistant (atau TV dengan Chromecast bawaan).

Tetap Berhubungan

Selain mengontrol rumah pintar Anda dan memutar musik dan video, Alexa dan Asisten Google juga dapat melakukan panggilan handsfree, menghemat uang untuk tagihan telepon Anda.

Alexa dapat melakukan panggilan suara gratis ke ponsel dan telepon rumah dari speaker pintar atau layar pintar Amazon Echo mana pun. Selain itu, asisten suara Amazon dapat melakukan panggilan suara gratis dan panggilan video gratis antara speaker Amazon Echo lainnya dan layar pintar Amazon Echo, bahkan saat Anda jauh dari rumah. Anda juga dapat melakukan panggilan grup dari layar pintar Amazon.

Di AS, Alexa juga dapat melakukan panggilan video Zoom di layar pintar Amazon Echo Show 8 dan Amazon Echo Show 10.

Asisten Google juga menawarkan panggilan handsfree. Di AS, ini disebut Google Home Calling dan dapat digunakan untuk melakukan panggilan ke ponsel dan telepon rumah (kecuali nomor 911 atau 1-900) dari speaker pintar Google Nest atau speaker pintar Google Nest Anda tanpa biaya tambahan. Menunjukkan.

Di Inggris Raya dan Australia, Anda dapat menggunakan speaker atau layar smart Google Nest untuk melakukan panggilan telepon gratis menggunakan Google Duo. Tetapi tidak ada cara untuk memanggil speaker dan layar pintar Google Nest lainnya.

Untuk panggilan video, jika Anda memiliki Google Nest Hub Max, Anda dapat menggunakan Google Duo atau Zoom untuk melakukan panggilan video dua arah, dan dengan Google Nest Hub (generasi ke-2) atau Google Home Hub, Anda dapat: Untuk melihat pihak yang dipanggil dalam panggilan video, tetapi pihak lain tidak dapat melihat Anda karena layar pintar ini tidak memiliki kamera internal.

Pengetahuan Umum

Kami mengajukan pertanyaan pengetahuan umum dasar kepada Alexa dan Google, termasuk ‘apa gunung tertinggi di dunia’, ‘kapan Back to the Future dirilis’ dan ‘mengapa bumi itu bulat’.

Alexa mengungguli Google Assistant dengan menyediakan konteks, tetapi kedua asisten suara mampu merespons dengan jawaban yang benar hanya dalam hitungan detik. Sebagai contoh; Ketika ditanya tentang gunung tertinggi, Alexa memberikan rincian tentang Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia, tetapi juga berbicara tentang Mauna Kea, yang secara teknis merupakan gunung tertinggi. Asisten Google telah membuat daftar beberapa gunung tertinggi di Bumi.

Kami juga meminta dua asisten kami untuk mengonversi inci ke cm dan menyelesaikan matematika yang sulit (272 x 596), yang mereka selesaikan dengan mudah.

Memasak dan Makanan

Alexa dan Asisten Google juga dapat membantu di dapur. Selama pengujian, kedua asisten suara berhasil menemukan dan membaca resep dengan lantang dan menampilkannya di layar jika menggunakan layar pintar. Alexa dan Asisten Google juga dapat mengulangi langkah atau daftar bahan jika Anda memerlukan pengingat cepat saat memasak.

Saat Anda memasak, asisten suara Anda dapat menyetel pengatur waktu, sehingga Anda tidak perlu mengotak-atik ponsel cerdas atau pengatur waktu dapur (jika Anda masih menggunakannya). Alexa unggul di sini. Seperti Asisten Google, asisten suara Amazon dapat mengatur dan memberi nama beberapa penghitung waktu, dan dapat melihat dan menghentikan penghitung waktu ini di speaker pintar lain atau layar pintar di rumah yang tidak bisa dilakukan oleh Asisten Google. melakukan.

TRENDING  Review Honeywell Evohome

Jika Anda tidak suka memasak, Anda dapat meminta Alexa dan Asisten Google memesan makan malam di AS, Inggris, dan Australia, tetapi pemesanan makanan Google saat ini terbatas di AS.

Petunjuk Arah

Ingin tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mulai bekerja? Asisten suara juga dapat membantu. Kami menemukan bahwa Asisten Google unggul dalam menyediakan rute langsung ke toko dan restoran lokal, bersama dengan informasi lalu lintas dan angkutan umum.

Tapi Alexa telah berjuang dengan menyediakan informasi transit, jadi jika Anda ingin menggunakan perangkat pintar Anda untuk berkeliling, ini adalah favorit Google.

Privacy

Asisten suara selalu mendengarkan kata atau frasa yang membangunkan Anda, dan setelah Anda menggunakan kata atau frasa itu, mereka dapat merekam permintaan Anda untuk diproses dan ditanggapi dengan benar, yang pasti akan mengarahkan calon pengguna ke beberapa masalah privasi.

Bagi sebagian orang, ini mungkin alasan mereka tidak menggunakan asisten suara sama sekali. Namun, Amazon dan Google mengatakan mereka menganggap serius privasi dengan mengizinkan rekaman ini dihapus di aplikasi pendamping atau dengan meminta asisten suara.

Saat digunakan pada speaker pintar atau layar pintar, itu juga dapat dimatikan berdasarkan permintaan atau cukup dengan menekan tombol pada perangkat itu sendiri.

Bahasa

Asisten Google tersedia di smart speaker Anda dalam bahasa Denmark, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Norwegia, Polandia, Portugis, Spanyol, dan Swedia. Tidak semua bahasa tersedia di semua wilayah dan beberapa bahasa hanya tersedia saat menggunakan Asisten Google melalui speaker pintar, tetapi tidak di layar pintar.

Selain itu, meskipun Asisten Google dapat memahami dua bahasa sekaligus, Anda tidak dapat beralih di antara keduanya dengan satu kueri. Asisten Google juga memiliki mode juru bahasa yang dapat menerjemahkan frasa secara efektif ke bahasa lain.

Alexa tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Portugis, dan Spanyol, dengan mode dwibahasa di wilayah tertentu. Misalnya, di Amerika Serikat, Anda dapat memilih untuk menggunakan asisten suara dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Itu tidak semulus atau secerdas Asisten Google dalam pengujian kami, tetapi itu mungkin menerjemahkan untuk Anda.

Kesimpulan

Alexa dan Google Assistant adalah asisten suara yang sangat baik, tetapi mereka unggul di bidang yang berbeda. Jika Anda mencari asisten digital untuk mengontrol perangkat rumah pintar dan mengotomatiskan rumah Anda, Alexa menawarkan lebih dari sekadar layanan suara Google.

Namun, Asisten Google mungkin lebih cocok untuk Anda, jadi ada baiknya juga mempertimbangkan perangkat yang sudah Anda miliki, layanan musik dan video langganan Anda, dan bagaimana Anda berencana menggunakan asisten suara Anda. Smartphone Android, terutama jika Anda menggunakannya secara teratur.

  • Lihat penawaran perangkat rumah pintar terbaik

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Alexa Milik Siapa Google Assistant Siapa Cortana Siri

Check Also

Apa itu Thread dan Mengapa Perangkat Rumah Pintar Membutuhkannya

Apa itu Thread dan Mengapa Perangkat Rumah Pintar Membutuhkannya?

techradar.id – Koneksi lebih cepat, lebih kuat, dan konsumsi energi lebih sedikit, apa yang tidak …