Review Termostat Pintar Tado

Review Termostat Pintar Tado

techradar.id – Jadikan radiator Anda pintar serta termostat Anda. Sistem pemanas cerdas Tado mencakup termostat pusat serta katup radiator yang terhubung ke internet, sehingga semua ruangan di rumah dipanaskan secara merata, atau tidak ada pemanas sama sekali saat kosong. Simak review kami tentang termostat pintar Tado ini.

Meskipun fitur-fiturnya luas, sistem termostat pintar Tado tentu saja dapat menyediakan fungsi yang lebih intuitif bagi pengguna pemula.

Kelebihan

  • Katup radiator dengan kontrol kamar demi kamar
  • Aktifkan HomeKit dan Alexa
  • Geofencing dapat membantu menghindari pemanasan rumah kosong.

Kekurangan

  • Tidak ada kontrol gerak
  • Antarmuka yang sedikit tidak intuitif
  • Tidak ada fungsi belajar mandiri

Pemanasan cerdas telah menjadi poster-mata untuk rumah pintar sejak Nest muncul pada tahun 2011, dan perusahaan seperti Tado telah mengambil teknologi lebih jauh sejak saat itu.

Sementara Nest menggunakan termostat tunggal yang dapat membaca suhu satu ruangan dan mengatur pemanasan di seluruh rumah, sistem Tado menambahkan serangkaian katup radiator yang terhubung ke internet untuk membaca dan menyesuaikan pemanasan di setiap ruangan di rumah.

Ini adalah sistem kaya fitur yang fenomenal, terutama bila dikombinasikan dengan integrasi HomeKit sistem untuk menjadikannya salah satu termostat pintar terbaik yang dapat Anda beli. Hanya karena termostat pusat berada di bagian terhangat rumah, Anda tidak akan membuang-buang uang untuk memanaskan ruangan kosong atau tidak menyalakan sistem pemanas.

  • Termostat Pintar Terbaik: Menggunakan Teknologi untuk Memanaskan Rumah Anda

Sebagai hasil dari efisiensi ini, kami menemukan bahwa sistem pemanas Tado mengurangi konsumsi energi sebesar 15% di musim dingin. Aspek hemat energi dari sistem sangat mengesankan, tetapi kami sedikit kurang terkesan dengan antarmuka kontrol yang kompleks daripada kompetisi.

Meskipun demikian, jika Anda siap untuk menginvestasikan waktu yang diperlukan untuk mempelajari cara mendapatkan hasil maksimal dari sistem Anda dan biaya memiliki perangkat keras di seluruh rumah Anda, Anda akan menemukan bahwa Tado sepadan dengan investasinya. , untuk lingkungan, jika bukan dompet Anda sendiri.

Harga dan Ketersediaan

Saat ini, termostat pintar Tado hanya tersedia di Inggris Raya dan negara-negara Eropa tertentu. Sistem Pendinginan Tado yang mengontrol sistem AC tersedia di AS dan Australia, sehingga Smart Thermostat suatu hari nanti juga dapat diterapkan di negara-negara ini.

Dari segi harga, itu tergantung pada berapa banyak radiator yang Anda miliki. Kit starter berharga £ 199 dan termasuk jembatan internet dan termostat pintar. Maka setiap termostat radiator tambahan adalah £59.

Instalasi dan Pengaturan

Untuk pengujian, kami melakukan instalasi termostat pintar Tado lengkap yang terdiri dari termostat pintar pusat yang didukung oleh empat termostat radiator pintar. Hal ini memungkinkan ruang atas (yang cenderung jauh lebih dingin daripada sisa denah lantai) dipanaskan bersama dengan sisa bangunan.

Karena itu, kami hanya memiliki dua radiator berklep di rumah kami tanpa klep radiator Tado. Saya memilih untuk tidak memasangnya di radiator di dapur dan ruang tamu karena kemungkinan besar suhunya akan sama dengan lorong dengan termostat pusat.

Tado mengiklankan bahwa semua peralatan dapat dengan mudah dipasang sendiri, tetapi kami memutuskan untuk memasang kami oleh pemasang bersertifikat. Ini dapat dikonfigurasi melalui situs web Tado.

Ketika penginstal tiba, menonaktifkan termostat terakhir dan menghubungkan sistem Tado adalah proses yang sangat sederhana. Satu-satunya bagian yang memakan waktu dari proses ini adalah menghubungkan masing-masing termostat radiator ke sistem (karena pengguna harus menetapkan masing-masing ke ruangan di aplikasi), tetapi seluruh instalasi membutuhkan waktu beberapa menit. Waktu tanpa terlalu banyak kerumitan.

Setelah perangkat keras dipasang, kami harus mengatur jadwal pemanasan, di mana segalanya menjadi jauh lebih rumit.

TRENDING  Penyedot Debu Robot Terbaik 2022 Rekomendasi Kami

Sistem pemanas sebelumnya adalah termostat Nest. Itu kurang canggih dan tidak memiliki katup radiator individual, tetapi fitur ‘belajar mandiri’ berarti Anda dapat mengaturnya ke suhu yang Anda inginkan setiap hari sampai dipelajari, daripada mengaturnya sepenuhnya jika Anda mau. Preferensi.

Namun, Tado tidak memiliki fitur ini, jadi Anda harus mengatur jadwal secara manual.

Penting untuk diingat bahwa pengaturan ini hanya perlu dilakukan sekali, dengan beberapa penyesuaian seiring waktu. Ketika saya pertama kali meninjau termostat pintar ini, saya sedikit lebih kecewa daripada kurangnya pilihan untuk menyalin jadwal dengan mudah untuk satu hari atau satu ruangan.

Ini berarti bahwa saya harus terus memasukkan informasi yang sama berulang-ulang ketika jauh lebih mudah untuk menjadwalkan sekali dan menyalin ke semua tanggal dan ruangan yang relevan.

Namun, Tado telah memperbaiki ini dan memungkinkan untuk menyalin jadwal untuk membuat pengaturan termostat pintar menjadi lebih mudah.

Desain

Dibandingkan dengan tampilan bundar Nest yang indah dan antarmuka seperti iPod, upaya Tado tidak terlalu mengesankan. Termostat pusat adalah persegi panjang putih yang relatif tidak jelas dengan tombol kecil di sudut kanan bawah, digunakan untuk membangunkannya dan menampilkan suhu saat ini.

Agak membingungkan, area di sebelah kiri tombol fisik digunakan sebagai touchpad untuk menaikkan atau menurunkan suhu. Kombinasi kontrol fisik dan kontrol sensitif sentuhan ini sedikit membingungkan teman flat non-profesional, dan secara keseluruhan pengalaman mengoperasikan termostat sedikit kurang intuitif daripada Nest.

Untungnya, masing-masing katup radiator terasa seperti alternatif yang jauh lebih menyenangkan dan jauh lebih mewah daripada katup ‘bodoh’ yang telah kami pasang sebelumnya. Silinder yang ramping dan tidak berfungsi saat tidak digunakan, unit ini menampilkan layar LCD kecil yang rapi yang menampilkan statusnya saat ini saat digunakan.

Cukup putar kenop katup radiator, yang berbunyi klik dengan puas, dan layar LCD menunjukkan suhu ruangan. Halus, memuaskan untuk digunakan, dan Anda tahu persis apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Bagian terakhir dari desain sistem adalah aplikasi yang membutuhkan waktu untuk membiasakan diri.

Kami telah melihat betapa menyakitkannya menggunakan aplikasi untuk mengatur jadwal pemanasan, tetapi kami juga menemukan bahwa ada elemen lain dari aplikasi yang bekerja di luar kotak dengan cara yang tidak intuitif.

Untuk mengubah suhu di ruangan menggunakan aplikasi, Anda biasanya pergi ke bagian ruangan dan mengetuk bagian layar yang menampilkan suhu target. Di aplikasi iOS, ini menampilkan antarmuka iOS asli yang cukup jelek. Anda kemudian dapat menyalakan pemanas secara manual dan menggunakannya untuk memilih suhu yang diinginkan.

Karena kedengarannya seperti banyak langkah dan ada. Tidak ada gunanya menyalakan pemanas secara manual ketika Anda harus memilih suhu. Apakah pemanas akan menyala secara otomatis jika saya memilih suhu yang lebih tinggi dari suhu saat ini?

Juga, berhati-hatilah untuk tidak menurunkan suhu kembali saat Anda tidak ingin menyalakannya lagi, karena sistem diatur untuk mengubah suhu ‘sampai Anda mematikannya’ secara default. Direkomendasikan untuk mengubahnya ke ‘sampai perubahan otomatis berikutnya’ untuk menghindari pemanasan tanpa sengaja dibiarkan menyala semalaman.

Aplikasi ini memiliki beberapa masalah awal, tetapi itu tidak berarti mereka tidak dapat belajar untuk hidup bersama. Bersiaplah untuk meluangkan waktu untuk memastikan semuanya berfungsi, semuanya diatur agar berfungsi seperti yang diharapkan, dan tidak boleh mengalami masalah yang berkelanjutan.

Fitur

Kami telah membahas banyak fitur Tado, seperti termostat, katup radiator, dan aplikasi Tado, tetapi ada beberapa fitur tambahan yang layak untuk disentuh.

Yang pertama adalah bahwa Tado bekerja dengan beberapa sistem pihak ketiga untuk menambahkan lapisan otomatisasi ke rumah pintar. Tado mendukung semua ekosistem utama termasuk Alexa, Google Assistant, dan IFTTT.

TRENDING  Sistem Bioskop Rumah Terbaik Rekomendasi Kami

Dua yang pertama berguna jika Anda ingin dapat mengontrol penghangat menggunakan suara Anda, sedangkan yang kedua adalah cara yang bagus untuk memasangkan penghangat Anda dengan perangkat rumah pintar lainnya sehingga lampu mati saat Tado Anda mendeteksinya, misalnya. kamu meninggalkan rumah

Saya sangat terkesan dengan integrasi HomeKit, ekosistem rumah pintar Apple. Kami menyetel Tombol Elgato Eve untuk bertindak sebagai penghangat dan sakelar lampu sehingga saat Anda memasuki ruangan (dikontrol Tado), radiator dan (didukung Philips Hue) langsung menyala.

Jadwalnya bagus, tetapi memiliki fitur ini berarti Anda dapat mengatur ruangan tertentu untuk dipanaskan hanya saat Anda membutuhkannya, dan itu terasa sangat nyaman.

Sistem mengalami keterbatasan yang sama seperti perangkat berkemampuan HomeKit lainnya yang terkadang gagal mendaftar dengan menekan sebuah tombol. Itu tidak terasa dapat diandalkan seperti saklar lampu kuno, tetapi luasnya fitur berarti kami tidak terlalu peduli.

Mengecewakan, Tado tidak menyertakan segala bentuk deteksi gerakan untuk menentukan apakah Anda berada di rumah, seperti yang akan Anda dapatkan dari sistem Hive. Untuk menghindari pemanasan rumah kosong, Anda bergantung sepenuhnya pada telepon Anda.

Dengan kata lain, alih-alih mendeteksi gerakan dan menyesuaikan pemanasan dengan tepat, sistem mengandalkan semua orang di rumah untuk menginstal aplikasi Tado untuk berolahraga saat rumah kosong (sehingga Anda dapat menghindari pemanasan).

Jika anggota keluarga yang tidak memiliki telepon (seperti anak kecil atau seseorang yang tinggal bersama Anda dengan fobia teknologi) sendirian di rumah, bisa menjadi masalah jika pemanas tidak mau menyala.

Akan menyenangkan untuk dapat mengatur sistem untuk hanya memanaskan kamar orang di rumah, tetapi sayangnya fitur ini tidak tersedia (ini adalah faktor lain yang diyakini Tado ada di peta jalan untuk integrasi di masa mendatang).

Secara keseluruhan, dalam hal fungsionalitas, sistem Tado sangat kuat. Kontrol ruangan demi ruangan efektif, dan integrasi dengan ekosistem eksternal berarti sistem harus dapat bekerja secara harmonis dengan perangkat lainnya. Satu-satunya fitur yang hilang adalah deteksi gerakan, tetapi tergantung pada bagaimana Anda menggunakan sistem Anda, itu mungkin bukan masalah besar.

Performa

Bermain dengan semua yang ada di sistem pemanas pintar memang menyenangkan, tetapi ujian sebenarnya adalah seberapa banyak energi yang dihemat. Di dunia yang ideal, sistem seperti ini dapat menghemat energi yang cukup untuk membayar sendiri, tetapi kita belum sampai pada titik itu.

Dengan menggunakan sistem Tado, kami menemukan bahwa penggunaan energi dapat dikurangi kurang dari 15% selama pertengahan musim dingin dibandingkan dengan sistem pemanas non-pintar sebelumnya. Sebagai perbandingan, Nest menghemat 45% selama periode yang sama.

Namun, ada beberapa peringatan penting untuk informasi ini, dan pengalaman Anda dapat sangat bervariasi tergantung pada tata letak rumah Anda, bagaimana Anda terbiasa menggunakan pemanas, dan cuaca secara umum.

Pertama-tama, saya harus mengatakan bahwa musim dingin saya memasang sistem Tado jauh lebih dingin. Biro Meteorologi mencatat suhu rata-rata Inggris Selatan 4,6C selama musim dingin 2017 (periode uji Tado) dibandingkan dengan 5,4C pada 2016 (tahun pemasangan Nest) dan 7C pada 2015 (tanpa pemanasan cerdas). setiap). Ini akan berdampak signifikan pada penggunaan energi kita selama tiga periode ini.

Kedua, apartemen kami jauh lebih nyaman dengan Tado daripada dengan Nest.

Termostat utama kami ada di lantai bawah yang cenderung jauh lebih hangat. Pengaturan Sarang (yang mencatat suhu hanya pada satu titik di rumah) tidak mengenali saat dingin di lantai atas, sehingga tidak menyalakan pemanas.

Ini adalah kabar baik untuk tagihan pemanas kami, tetapi buruk bagi mereka yang memiliki kamar tidur dingin di lantai atas.

TRENDING  Apakah Colokan Pintar Menghemat Energi dan Mencegah Uang Terbuang Sia-sia

Sebaliknya, Tado jauh lebih konsisten. Apartemen dipanaskan secara merata dan tidak ada yang berakhir dengan kamar tidur yang dingin. Kelemahan dari ini adalah penggunaan energi yang sedikit lebih tinggi.

Jumlah kontrol yang diizinkan Tado dapat menghemat lebih banyak uang jika kami menjadwal ulangnya sedikit lebih banyak dengan lebih memperhatikan berapa banyak waktu yang dihabiskan orang di kamar mereka, tetapi tanpa kecerdasan belajar mandiri dari sistem Nest, ini akan jauh lebih dari yang kita inginkan. Itu akan menjadi proses yang lebih praktis.

Selain penggunaan energi, saya memiliki beberapa masalah dengan katup radiator. Hanya beberapa bulan setelah menginstal sistem, saya mendapat pemberitahuan baterai lemah di aplikasi dari salah satu termostat radiator saya. Tado mengiklankan bahwa katup ini harus memiliki daya tahan baterai yang cukup untuk bertahan hingga dua tahun.

Kami mengganti baterai, tetapi setelah beberapa minggu kami menemukan bahwa ruangan itu terus-menerus memanas hingga tingkat yang jauh lebih panas dari yang kami tentukan. Namun, setelah mengirim email cepat ke Tado, teknisi dapat mendeteksi dari jarak jauh bahwa katup tidak berfungsi dan mengirim pengganti untuk kami pasang sendiri.

Katup lain memiliki masalah serupa, tetapi ini tampaknya merupakan kesalahan perangkat lunak yang dapat diperbaiki dari jarak jauh.

Tado hadir dengan garansi standar dua tahun, jadi sebaiknya pantau suhu ruangan dengan cermat untuk memastikan tidak ada malfungsi. Memiliki dua termostat radiator gagal jelas tidak ideal, tetapi Tado mengatasi masalah dengan cepat dan mudah.

Keputusan

Semua bagian tersedia untuk memastikan bahwa sistem pemanas cerdas Tado Anda menyediakan sistem pemanas yang hebat dan efisien dan, dalam banyak kasus, berhasil. Namun, ada beberapa masalah yang perlu diingat jika Anda berpikir untuk berinvestasi dalam suatu sistem.

Kami Menyukai

Penghematan energi keseluruhan 15% sangat bagus, tetapi yang lebih mengesankan adalah bahwa sistem Tado melakukan ini sambil menjaga agar flat tetap terasa indah dan hangat. Kita tidak perlu mengorbankan panas untuk menghemat energi, dan hanya itu yang dibutuhkan pemanasan cerdas.

Katup radiator dirancang dengan indah dan aplikasi ini mudah digunakan setelah Anda mengetahui apa yang Anda lakukan. Integrasi dengan layanan pihak ketiga seperti HomeKit dan Google Assistant semakin penting. Geofencing adalah cara yang bagus untuk menghindari membuang-buang uang untuk memanaskan rumah kosong.

Kami tidak Menyukai

Tidak mungkin Anda dapat membuat sistem mempelajari preferensi Anda secara otomatis seperti termostat Nest.

Termostat pusat agak tidak intuitif untuk digunakan karena kombinasi tombol fisik dan layar sentuh. Bersiaplah untuk menjelaskan cara kerjanya kepada anggota keluarga Anda yang lain. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi yang membutuhkan sedikit waktu untuk mengenalnya.

Kurangnya deteksi gerakan berarti semua orang di keluarga Anda perlu menginstal aplikasi Tado di ponsel mereka sehingga sistem tahu jika ada seseorang di rumah.

Ada beberapa masalah perangkat keras, tetapi Tado dengan senang hati mendiagnosis masalah dari jarak jauh dan mengirimkan perangkat keras pengganti sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Saat ini, tidak ada sistem pemanas cerdas yang sempurna. Nest memiliki antarmuka yang paling intuitif, tetapi itu menghalangi karena tidak memiliki dukungan pemanas yang dikategorikan. Honeywell’s Evohome memungkinkan Anda mengontrol radiator secara individual, tetapi tidak memiliki integrasi dengan layanan pihak ketiga seperti HomeKit dan Google Assistant yang benar-benar dapat memperluas fungsinya.

Tado mengambil terlalu banyak kotak yang tepat, tetapi kelemahan terbesarnya adalah agak tidak intuitif untuk diatur dan digunakan pertama kali. Meskipun demikian, ini bukan sesuatu yang tidak dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak di masa mendatang, dan menginvestasikan waktu untuk mempelajari cara memanfaatkan sistem Anda sebaik-baiknya akan memberi Anda penghematan energi yang signifikan sekaligus menjaga rumah Anda tetap hangat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Termostat Pintar Tado

Check Also

Apa itu Thread dan Mengapa Perangkat Rumah Pintar Membutuhkannya

Apa itu Thread dan Mengapa Perangkat Rumah Pintar Membutuhkannya?

techradar.id – Koneksi lebih cepat, lebih kuat, dan konsumsi energi lebih sedikit, apa yang tidak …