Review JBL Charge 5

techradar.id –¬†Speaker kecil, suara keras. JBL Charge 5 adalah iterasi dari formula pemenang. Speaker seri pengisian daya dikenal dengan suaranya yang lengkap, volume tinggi, dan masa pakai baterai yang lama, dan ini adalah generasi kelima.

Namun, Charge 5 telah ditingkatkan dalam segala hal dan dapat dengan mudah direkomendasikan bagi mereka yang menginginkan suara yang keras dan seimbang dengan daya tahan baterai sepanjang hari.

Kelebihan

  • Kualitas suara yang seimbang
  • Sangat bising
  • Masa pakai baterai yang lama

Kekurangan

  • Waktu pengisian yang lama
  • Distorsi pada volume tinggi
  • Tidak ada lagi jack Aux.

Ulasan 30 Detik

JBL memiliki sejarah panjang dalam membuat speaker Bluetooth yang hebat, dan lini Charge selalu menonjol karena nilainya. Secara historis, seri Charge telah menghasilkan suara yang sangat mengesankan untuk ukurannya. Daya tahan baterai selalu mengesankan, memungkinkan pengguna untuk menggunakan speaker Charge sebagai bank baterai dalam keadaan darurat.

Dalam hal fitur, JBL Charge 5 relatif mendasar dibandingkan dengan JBL Pulse 4. JBL Pulse 4 memberi pengguna pertunjukan cahaya yang dipersonalisasi. Kami telah mendengar semua speaker Charge sejak JBL Charge 2 dan sangat menarik untuk melihat garis speaker berevolusi dari monster bass menjadi lebih seimbang dan matang.

Singkatnya, JBL Charge 5 hanya menawarkan perubahan halus, tetapi menambah warisan speaker speaker Bluetooth portabel yang solid menciptakan pesaing serius untuk salah satu speaker Bluetooth terbaik di pasar.

Harga dan Ketersediaan

JBL Charge 5 dirilis pada tahun 2021 dan saat ini tersedia di seluruh dunia dengan harga $179 / £159 / AU$229. Ini sebenarnya harga yang cukup bagus mengingat apa yang ditawarkan di sini, tetapi ada speaker portabel yang lebih murah di luar sana bagi mereka yang tidak ingin menghabiskan banyak uang seperti JBL Flip 5, Anker SoundCore Flare 2, dan Tribit XSound Go.

Desain

Desain JBL Charge 5 adalah pengulangan dari desain silindris yang dimilikinya selama bertahun-tahun. Perubahan visual terbesar adalah logo JBL besar di bagian depan speaker. Di bagian depan, masing-masing LED daya bergerak dari dasar bawah ke strip LED di bawah logo JBL untuk tampilan yang lebih ramping.

Kontrol fisik tetap sama dengan tombol yang sedikit terangkat di bagian atas speaker. Ada tombol untuk mengontrol pemutaran, volume, daya, pemasangan Bluetooth, dan “Peningkatan Pesta” (lihat bagian Fitur untuk detailnya).

Di bagian belakang JBL Charge 5 terdapat penutup yang menyembunyikan port pengisian USB-C tahan air dan port USB-A yang dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone. Charge 5 akan menghentikan dukungan untuk jack bantu 3,5mm pada JBL Charge 4.

Charge 5 membuat driver bass tetap terbuka di sisi kiri dan kanan speaker sehingga Anda dapat melihat woofer bergerak masuk dan keluar. Pengemudi dilindungi oleh bibir di sekitar speaker, tetapi Anda masih dapat menyentuhnya tanpa merusaknya.

Satu perubahan halus adalah bahwa JBL Charge 5 memiliki bentuk trapesium dengan sisi miring ke dalam. Perbedaan ini bukan masalah besar sampai Anda memasang speaker secara vertikal sehingga terlihat seperti Menara Miring Pisa. Kami lebih menyukai stabilitas desain persegi Charge 4 untuk mempermudah penempatan vertikal.

Fitur

Dalam hal spesifikasi teknis, Charge 5 mencakup Bluetooth 5.1, kapasitas baterai 7500mAh, dan respons frekuensi dari 65Hz hingga 20kHz. Namun, seperti speaker portabel JBL lainnya, Charge 5 memiliki mode “PartyBoost” yang memungkinkan pengguna memasangkan speaker JBL kedua untuk meningkatkan musik atau menggunakannya sebagai pasangan stereo.

Fitur ini berguna saat Anda ingin memutar musik di area yang luas di mana beberapa speaker membantu memperkuat suara. Ini juga bagus untuk mendapatkan pemutaran stereo yang benar dari sepasang speaker.

JBL memiliki aplikasi seluler yang bagus di mana Anda dapat menyesuaikan speaker Anda dan mengunduh pembaruan perangkat lunak, tetapi pembaruan firmware dapat memakan waktu hingga 15 menit atau lebih.

Dalam hal masa pakai baterai, JBL Charge 5, seperti Charge 4, mampu bermain selama 20 jam, tanpa masalah saat bermain pada volume 50%. Harapkan angka-angka itu turun jika Anda mendorong speaker ke volume yang lebih tinggi atau menggunakan ponsel Anda sebagai bank baterai.

Kualitas Audio

Secara keseluruhan, kualitas suara JBL Charge 5 tidak jauh berbeda dengan Charge 4. Charge 5 memiliki tweeter tambahan yang membantu dengan kejelasan keseluruhan, dan bass sedikit lebih berdampak daripada Charge 4.

Secara tonik, JBL Charge 5 memiliki suara yang seimbang pada volume sedang hingga rendah. Bassnya kuat dan dalam, dan luar biasa untuk speaker dengan suara ini. Saya pernah mendengar tentang speaker rak buku yang menghasilkan bass lebih sedikit daripada Charge 5. Midnya renyah dan hadir dengan vokal, sedangkan nada tinggi bergulir untuk presentasi yang hangat hingga Anda mulai menaikkan volume.

Baik JBL Charge 5 dan Charge 4 bermain sangat keras, tetapi masih terdistorsi pada volume yang lebih tinggi. Di atas volume 60%, distorsi dimulai, membuat nada tinggi menjadi keras dan nada terendah tidak lebih keras di luar titik ini, menciptakan keseimbangan nada yang cerah.

Untuk kualitas suara terbaik, kami sarankan untuk menjaga volume speaker sekitar 50-60%. Saat Anda harus melampaui volume ini, kebisingan sekitar sangat keras sehingga kualitas suara mungkin bukan prioritas utama Anda.

Seperti speaker Charge sebelumnya, Charge 5 terarah dengan tweeter dan woofer di belakang bagian depan speaker. Karena itu, jangan berharap suara yang berputar 360 derajat seperti di JBL Pulse 4.

Haruskah saya membeli JBL Charge 5?

Berikut adalah beberapa alasan yang sudah kami kumpulkan untuk menjadi bahan pertimbangan, kenapa Anda harus membeli atau tidak membeli speaker pintar JBL Charge 5 ini.

Beli kalau…

Anda menginginkan kualitas suara yang mengesankan untuk speaker kecil

JBL Charge 5 terdengar seperti speaker yang lebih besar dari yang sebenarnya. Ini memberikan jumlah bass yang mengesankan untuk ukurannya tanpa mengorbankan bass atau treble.

Anda harus memainkannya dengan keras.

Charge 5 sangat bising, terutama mengingat ukurannya. Speaker terdengar paling baik pada volume 50-60%, tetapi dapat mereproduksi sangat keras dengan beberapa distorsi dan kecerahan.

Paket baterai diperlukan

Charge 5 dinamai berdasarkan kemampuannya untuk mengisi daya ponsel Anda dengan sejumput. Masa pakai baterai 20 jam berarti Anda dapat menggunakannya sepanjang hari, dan saat baterai hampir habis, Anda dapat mengisi ulang baterai.

Jangan beli kalau…

Anda harus memainkannya dengan sangat keras.

Jika Anda mencari volume maksimum, Anda harus mencari speaker yang lebih besar. Secara fisik, Charge 5 tidak dapat mengimbangi speaker partai besar seperti JBL Xtreme 3 atau PartyBox 100.

Jika Anda mencari speaker portabel yang hemat anggaran

Dengan harga $ 179,95 / £ 159,99 / AU $ 229,95, Charge 5 adalah nilai yang baik untuk apa yang Anda dapatkan, tetapi jika Anda memiliki anggaran yang lebih ketat, lihat JBL Flip 5, Anker SoundCore Flare 2 atau Tribit XSound Go.

Anda ingin lebih banyak fitur unik

Jika Anda menginginkan speaker pesta dengan pertunjukan cahaya dan lainnya, lihat JBL Pulse 4 atau Sonos Roam. Ini memberi Anda fitur auto-switching pintar yang mendorong audio ke speaker Sonos lain saat Anda membawanya ke dalam.

  • Jangan lewatkan panduan kami untuk speaker nirkabel terbaik.